pt tap talk teknologi blog
Chatbot Tokopedia Sebagai Implementasi Artificial Intelligence

Chatbot Tokopedia Sebagai Implementasi Artificial Intelligence

By Jessica Jacob
26 / 03 / 2024

Perkembangan zaman yang terus berkembang tentu saja akan menghasilkan banyak penemuan dan inovasi terbaru terutama di dalam bidang teknologi, kini sedang ramai diperbincangkan mengenai mobil listrik yang penggunaannya semakin masif, serta juga dukungan dari pemerintah dalam menyiapkan infrastruktur kelistrikan yang memadai.

Selain mobil listrik, kecerdasan buatan atau artificial intelligence juga sedang menjadi bahan perbincangan saat ini. Semakin banyak perusahaan yang berlomba-lomba mengembangkan teknologi artificial intelligence, sebut saja seperti Microsoft dan raksasa teknologi lainnya. Kehadiran AI memang tidak dapat dipungkiri lagi sukses membantu kehidupan manusia, misalnya saja Anda sedang berbelanja di aplikasi online dan menghadapi suatu kendala, jika beberapa waktu lalu Anda akan dibantu oleh tim customer service, kini pertanyaan Anda akan dibantu jawab oleh AI (artificial intelligence), walaupun memang pengembangan AI belum mencapai ke tahap yang sempurna.

Tokopedia sebagai salah satu startup yang sudah melantai di bursa saham Indonesia mulai menerapkan teknologi kecerdasan buatan, misalnya saja dengan menerapkan gudang pintar yang dapat memprediksi permintaan pasar, adanya rekomendasi produk, serta layanan virtual assistance yang disebut sebagai TANYA.

Dalam kesempatan kali ini, kita akan membahas lebih lanjut mengenai bagaimana Tokopedia melakukan implementasi chatbot Tokopedia yang tentunya akan semakin mempermudah para pengguna aplikasi Tokopedia.

Chatbot Tokopedia Sebagai Implementasi Artificial Intelligence

Key Takeaways:

  • Saat ini artificial intelligence atau kecerdasan buatan sedang ramai diperbincangkan oleh khalayak. Kehadiran teknologi ini memang tidak dapat dipungkiri dapat membantu kehidupan manusia.
  • Chatbot adalah salah satu program kecerdasan buatan yang dirancang untuk bisa berkomunikasi dengan pengguna melalui percakapan.
  • Chatbot memiliki beberapa fungsi sesuai dengan kebutuhan e-commerce, antara lain seperti mendukung pelanggan secara penuh, membantu pencarian dan informasi produk, serta membantu proses pembelian. 

Apa Itu Chatbot?

Pernahkah Anda mendengar tentang chatbot? Mungkin sebagian besar dari Anda pernah atau bahkan pernah menggunakan layanan chatbot untuk membantu menjawab pertanyaan Anda. Chatbot adalah program kecerdasan buatan yang dirancang untuk berkomunikasi dengan pengguna melalui percakapan. Chatbot sendiri dapat merespon banyak bahasa tergantung dari mana asal si penggunanya, chatbot biasanya mampu merespon pertanyaan-pertanyaan yang relevan terkait dengan produk atau layanan yang mereka sediakan. Kini, chatbot sendiri telah memiliki flow builder, yakni percakapan sudah diatur sedemikian rupa.

Selain itu, chatbot dapat diintegrasikan dengan berbagai jenis e-commerce, proses integrasi ini tentunya diharapkan dapat membantu pengguna baik dalam segi transaksi ataupun dalam menjawab pertanyaan pengguna.

Fungsi Chatbot

Di dalam dunia e-commerce, peran chatbot kini cukup sentral karena kemampuannya dalam menanggapi keluhan serta pertanyan user, sehingga segala jenis keluhan dapat langsung diselesaikan dengan cepat.

Berikut ini merupakan beberapa fungsi chatbot yang sesuai dengan kebutuhan e-commerce:

1. Adanya Dukungan Pelanggan

Dengan menggunakan chatbot, pelanggan dapat mendapat dukungan selama 24/7 dengan informasi yang diberikan oleh chatbot bersifat cepat dan akurat. Dengan demikian, pelanggan tidak perlu menunggu tim customer service untuk dapat membalasnya di hari kerja berikutnya.

2. Membantu Pencarian dan Informasi Produk

Ada kalanya ketika pelanggan masih belum dapat memutuskan jenis produk apa yang harus dibelinya karena perlu membandingkan dengan merek lainnya, chatbot memiliki kemampuan untuk memberikan rekomendasi terbaik terhadap produk yang Anda inginkan serta yang sesuai dengan preferensi Anda.

Chatbot juga dapat memberikan informasi detail produk seperti ketersediaan stok, harga produk, serta ulasan pelanggan yang tentunya akan sangat membantu Anda.

3. Membantu Proses Pembelian

Fitur lain dari penggunaan chatbot adalah kemampuannya untuk membantu pengguna dalam proses pembelian, mulai dari menambahkan barang ke dalam keranjang sampai dengan ke proses pembayaran. Dengan demikian, user akan mendapatkan panduan lengkap mengenai langkah demi langkah melakukan transaksi di dalam aplikasi pembelian berbasis digital.

Baca juga: 10 Cara Jualan di Tokopedia untuk Pemula, Pasti Sukses!

Chatbot Tokopedia dan Bagaimana Cara Menggunakannya

Seperti pada pembahasan sebelumnya mengenai apa itu chatbot beserta dengan fungsinya, kini Anda juga dapat menggunakan chatbot Tokopedia yang selalu siap merespons pertanyaan Anda dan pengguna lainnya secara live 24/7. Tokopedia memiliki chatbot yang diberi nama dengan TANYA, TANYA adalah virtual assistant Tokopedia berbasis artificial intelligence yang diprogram untuk siap membantu menjawab semua pertanyaan Toppers. Selain itu, TANYA juga berperan sebagai persona untuk chatbot dan seluruh sistem otomatisasi dari layanan digital yang disediakan oleh Tokopedia Care.

Dengan menggunakan TANYA, Anda akan mendapati respons hanya dalam hitungan detik saja, tentunya TANYA ini dapat menjawab semua pertanyaan seputar transaksi di Tokopedia. Walau begitu, ketika keluhan Anda memerlukan investigasi lebih lanjut, Anda masih perlu menghubungi Customer-First Squad Tokopedia Care.

Berikut ini cara untuk menggunakan chatbot Tokopedia - TANYA:

  1. Masuk ke dalam aplikasi Tokopedia, lalu klik icon titik tiga di pojok kanan atas atau “Menu Utama”.
  2. Pada menu “Pusat Bantuan”, silakan klik tombol “Bantuan Tokopedia Care”.
  3. Klik “Mulai Chat” di bagian pop-up menu TANYA.
  4. Pilih transaksi yang terkendala atau klik masalah lainnya.

Implementasi Kecerdasan Buatan Lainnya di Tokopedia

Selain memiliki chatbot yang sudah berbasis kecerdasan buatan, nyatanya Tokopedia juga memanfaatkan tren kecerdasan buatan untuk sektor-sektor lainnya dengan tujuan yang sama yaitu untuk memberikan pelayanan maksimal kepada pelanggan.

Berikut ini merupakan beberapa sektor yang juga merasakan dampak positif dari implementasi kecerdasan buatan:

1. Gudang Pintar dengan Label “Dilayani Tokopedia”

Tokopedia memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan untuk proses logistic & fulfillment dengan menerapkan demand prediction untuk menghadirkan gudang pintar yang juga biasa disebut dengan julukan “Dilayani Tokopedia”. Dengan adanya demand prediction, penjual dapat menerima informasi mengenai informasi lokasi-lokasi mana saja yang memiliki permintaan tinggi terhadap produk mereka, sehingga para penjual dapat mempersiapkan stok barang agar tidak terjadi kelangkaan stok.

Selain itu, dengan para penjual melakukan penyetokan barang di gudang pintar Tokopedia, penjual mendapatkan manfaat seperti pengemasan produk, penerimaan pesanan, pengembalian produk, penyerahan barang ke kurir, pembaharuan stok produk, hingga pembalasan chat mengenai produk barang.

2. Rekomendasi Produk Secara Personal

Dengan adanya AI, Tokopedia bisa merekomendasikan produk secara lebih personal dan relevan dengan ketertarikan pengguna. Dengan banyaknya pilihan produk yang ada di Tokopedia, penggunaan AI bisa memberikan prediksi dan rekomendasi produk yang sedang diminati pengguna berdasarkan data historis pengguna tersebut.

Baca juga: Yuk Kenali Cara Jualan di Tokopedia Tanpa Modal dengan Mudah

Gunakan Layanan Chatbot dari OneTalk untuk Raih Customer Engagement!

Gunakan Layanan Chatbot dari OneTalk untuk Raih Customer Engagement!

Untuk memaksimalkan pelayanan pelanggan di Tokopedia maupun di berbagai platform chat lainnya, Anda bisa mengimplementasikan strategi Omnichannel. Omnichannel bisa Anda gunakan untuk mempermudah Anda dalam menangani pesan masuk dari berbagai platform chat hanya dari satu inbox terpusat. Jadi, Anda tidak perlu repot lagi untuk membuka aplikasi satu per satu untuk membalas pesan dari pelanggan. Dengan menggunakan strategi Omnichannel, Anda bisa meningkatkan customer engagement, customer experience, dan customer satisfaction sekaligus secara efisien dan praktis.

TapTalk.io memiliki produk layanan omnichannel yaitu OneTalk. OneTalk bisa meningkatkan customer engagement dengan fitur-fitur menarik yang ditawarkannya. OneTalk bisa terintegrasi dengan berbagai platform chat, seperti WhatsApp, Instagram DM, Facebook Messenger, dan channel terbaru yaitu, Tokopedia. Selain itu, OneTalk juga memiliki fitur chatbot berbasis ChatGPT yang bisa merespon pelanggan Anda dengan cepat dan efisien di berbagai platform. Dengan adanya bantuan chatbot, pesan pelanggan akan terbalas dengan cepat dan otomatis sehingga kepuasan pelanggan pun meningkat. 

Segera kunjungi website resmi kami di sini untuk mendapatkan informasi selengkapnya.

Trial Akun Demo TapTalk
Jessica Jacob
Jessica Jacob memiliki lebih dari empat tahun pengalaman dalam pengembangan strategis di sektor teknologi, dengan latar belakang kuat dalam penjualan korporat dan manajemen proyek. Di TapTalk.io, dia berfokus pada inovasi dan pertumbuhan bisnis, membangun kemitraan strategis lintas industri. Sebelumnya, Jessica berperan aktif dalam mengembangkan kemitraan kanal baru dan memimpin tim lintas fungsi yang berhasil meningkatkan penjualan tahunan sebesar 45%.
linkedin penulisemail penulis

Related Posts

By Jessica Jacob

18 / 05 / 2023

Pernahkah Anda teringat beberapa hal setelah mendengar salah satu nama brand? Atau paham betul karakteristik dari suatu brand? Jika iya, hal tersebut bukan suatu kebetulan, melainkan telah direncanakan. Produk dan layanan umumnya memang merencanakan pesan yang ingin ditancap ke benak khalayak atau konsumen. Proses ini disebut branding.   Branding adalah proses pembentukan citra atau identitas brand […]

Read More

By Jessica Jacob

18 / 09 / 2023

Di tengah banjir informasi dan iklan yang setiap hari makin deras, perusahaan-perusahaan baik besar maupun startup dengan berbagai brand/merek yang mereka bawa semakin gencar mencari pendekatan yang lebih kreatif untuk menarik perhatian dan membangun hubungan dengan konsumen. Di sinilah storytelling marketing mengambil peran utama. Melalui kekuatan cerita, merek-merek tidak hanya mempromosikan produk dan layanan mereka, […]

Read More

By Jessica Jacob

31 / 03 / 2024

Tak hanya terus-terusan menjadi pegawai kantoran, beberapa kalangan masyarakat justru ingin memulai usaha atau bisnisnya sendiri. Kini mulai banyak UMKM ataupun perusahaan start-up yang bermunculan. Jenis usahanya pun sangat beragam, mulai dari makanan dan minuman, fashion, jasa desain foto dan video, hingga jasa mengisi kuesioner pun dapat diakses dengan mudah.  Berbagai jenis usaha tersebut dapat […]

Read More
1 2 3 99
TapTalk
PowerTalk
OneTalk
SendTalk
whatsappfacebooktwitterinstagramlinkedin

Reach us by phone at (021) 27939266

Business Park Kebon Jeruk blok C2-3, Jl. Meruya Ilir Raya no.88, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, 11620

© 2020 - 2023 TapTalk.io (PT Tap Talk Teknologi)

tap talk logo for footer