pt tap talk teknologi blog
Jangan Anggap Remeh! Ini Manfaat Customer Value Dalam Bisnis

Jangan Anggap Remeh! Ini Manfaat Customer Value Dalam Bisnis

By Jessica Jacob
09 / 03 / 2023

Pernahkah Anda menilik lebih dalam nilai yang sedang dihargai pasar sebelum menciptakan produk? Yakinkah Anda telah menunjukkan kelebihan layanan Anda secara tepat sasaran? Jika belum, mungkin Anda perlu pelajaran lebih detail soal customer value

Kemampuan untuk memperlihatkan dengan tepat customer value suatu produk atau layanan di depan mata pelanggan menjadi sangat krusial bagi bisnis Anda kini. Hal yang sangat berguna untuk meyakinkan pelanggan agar fokus pada biaya total dan tidak mencari produk brand lain yang lebih murah. Maka dari itu, Perusahaan harus memiliki pemahaman yang akurat tentang nilai dan fungsi produk yang dihargai pelanggannya melebihi nilai yang ditawarkan kompetitor.

Sebagian besar pelanggan memang memahami kebutuhan mereka, tetapi belum tentu tahu ukuran sukses suatu produk dapat memenuhi kebutuhan tersebut. Kurangnya pemahaman ini merupakan kesempatan untuk menunjukkan secara persuasif nilai dari produk Anda, juga membantu pelanggan membuat keputusan pembelian yang cerdas.

Jangan Anggap Remeh! Ini Manfaat Customer Value Dalam Bisnis

Hanya sebagian kecil perusahaan di pasar bisnis yang dapat memanfaatkan pengetahuan mereka tentang customer value, untuk mendapatkan keuntungan pasar atas pesaing yang kurang berpengetahuan. Jika ingin unggul di pasar, perusahaan tentunya harus mengembangkan model customer value atau representasi nilai dari aktivitas perusahaan yang masih rencana atau telah dilakukan.

Model customer value didasarkan pada penilaian biaya dan manfaat dari produk atau layanan di sebuah perusahaan kepada pelanggan. Bergantung pada keadaan, seperti ketersediaan data dan kerja sama pelanggan, perusahaan dapat membangun model customer value untuk pelanggan individu atau segmen pasar.

Model customer value tidak mudah untuk dikembangkan. Namun pengalaman perusahaan yang telah berhasil membangun dan menggunakannya meyakini bahwa mengaplikasikan customer value berdampak besar pada perkembangan bisnis mereka.  

Key takeaways: 

  • Customer value didefinisikan sebagai data tingkat kepuasan pelanggan atas nilai yang didapat setelah menggunakan produk atau layanan Anda. Walaupun sering dikaitkan dengan kesesuaian harga suatu produk dengan pemenuhan kebutuhan pelanggan, terdapat aspek lain yang dapat meningkatkan customer value
  • Customer value adalah hal penting yang perlu dimiliki perusahaan Anda. Perusahaan yang memiliki nilai lebih akan menarik loyalitas pelanggan dan pembelian berulang. Hal ini tentunya akan sangat baik untuk perkembangan jangka panjang perusahaan.
  • Kunci utama untuk meningkatkan customer value adalah komunikasi dengan pelanggan. Anda tentu harus berinteraksi langsung dengan pelanggan untuk mengetahui sudut pandang pelanggan terhadap nilai produk Anda. 
  • Gunakan OneTalk by TapTalk.io untuk meningkatkan komunikasi dan mencapai customer value yang tinggi. OneTalk akan memberi Anda komunikasi yang lancar dengan para pelanggan. 

Apakah Customer Value Penting? 

Sebelum memasuki pembahasan yang lebih mendalam, mungkin pertanyaan ini ada di benak Anda. Jika iya, jawabannya adalah sangat penting. Memberikan produk atau layanan yang dapat meningkatkan customer value adalah kunci untuk mempertahankan hubungan jangka panjang dengan pelanggan yang sudah ada dan mendapatkan pembelian berulang. 

Customer value adalah bagian penting dalam memenuhi kebutuhan dan harapan pelanggan serta mempelajari perubahan yang terjadi dari waktu ke waktu. Mengetahui perasaan pelanggan tentang produk dan pelayanan yang berkualitas adalah kunci untuk membangun loyalitas pelanggan dan meningkatkan customer value.

Layanan berkualitas dapat menambah customer value. Terdapat laporan yang membahas hal ini, berikut temuannya:

  • 93% pelanggan akan membelanjakan lebih banyak di perusahaan yang menawarkan opsi untuk menjangkau layanan pelanggan.
  • 90% pelanggan akan membelanjakan lebih banyak di perusahaan yang mempersonalisasikan layanan pelanggan yang mereka tawarkan.
  • 64% pemimpin bisnis mengatakan bahwa layanan pelanggan berdampak positif pada pertumbuhan perusahaan mereka.
  • 60% pemimpin bisnis mengatakan customer value meningkatkan retensi pelanggan.
  • 47% pemimpin bisnis melaporkan peningkatan kemampuan mereka untuk menjual, karena layanan pelanggan yang baik.

Maka dari itu, tak ada alasan untuk mengabaikan customer value.

Jika Anda telah mengerti seberapa penting customer value untuk bisnis Anda, tentu harus mengaplikasikannya dalam keseharian bisnis Anda. 

Pengertian Customer Value  

Mungkin Anda pernah mendengar istilah ini sebelumnya, tetapi belum sepenuhnya mengerti. Pengertian customer value adalah tingkat kepuasan yang didapatkan konsumen ketika membeli sebuah produk dan layanan yang sesuai dengan harga dan pemenuhan kebutuhan.

Pun demikian, harga bukan satu-satunya sumber kepuasan. Ada banyak aspek lain yang mempengaruhi kepuasan pelanggan, termasuk brand, kualitas produk, dan manfaat jangka panjang.

Customer value juga bersifat subjektif. Konsumen bisa saja tidak puas dengan value produk yang Anda tawarkan. Alasannya, produk tersebut memang tidak sesuai dengan keinginan atau kebutuhan.

Lantas untuk apa customer value diaplikasikan jika kontrolnya hanya ada di tangan konsumen?

Walaupun bergantung pada keinginan dan kebutuhan pelanggan, Anda juga punya kendali atas hal ini. Anda tentu saja tidak dapat memenuhi semua keinginan pembeli, tetapi Anda dapat menanamkan pengaruh di kepala mereka untuk menggunakan produk atau layanan Anda. Dalam hal ini, strategi pasar menjadi sangat penting. 

Setelah memahami pengertian customer value, Anda tentu harus tahu cara mengukurnya.

Cara Mengukur Customer Value 

Marketing campaign yang memiliki pengaruh kuat jadi nilai plus untuk mengembangkan bisnis Anda. Namun ingat, sebelum melakukan marketing campaign, Anda perlu mengukur customer value terlebih dahulu. Berikut cara-cara mengukur customer value:

1. Temui Pelanggan 

Mendapatkan pemahaman yang komprehensif tentang customer value mungkin nampak sulit. Namun, hal ini tidak mustahil dilakukan. Langkah pertama adalah menyusun tim riset yang tepat. Tim tersebut harus mencakup orang-orang yang memiliki pengertian fundamental terkait produk, teknik riset lapangan, dan pengalaman pemasaran, serta tenaga penjualan atau sales yang berpikiran maju. 

Melibatkan sales sangatlah penting. Mereka mengerti pelanggan dan cara kerja penawaran suatu produk. Mereka juga paham pelanggan yang mau bekerja sama dalam penelitian customer value. Tenaga penjualan yang menjadi bagian pengukuran customer value sejak awal tentu lebih berkemungkinan untuk memahami dan menghargai sample audiens penelitian. Setelah mendapat hasil, sales yang berkontribusi dalam penelitian pun dapat menularkan ilmu yang didapat pada rekan-rekannya. 

Memilih segmen pasar yang tepat untuk dibidik adalah langkah selanjutnya. Karena perusahaan perlu melakukan penilaian customer value dengan setidaknya dua hingga 12 pelanggan, ada baiknya memulai dengan segmen yang memiliki hubungan kolaboratif dan sangat dekat. Tarik sebanyak mungkin pengetahuan tentang produk yang paling sering dipermasalahkan, hingga yang relatif berjalan mulus. Sebelum mendekati pelanggan, tim harus memikirkan pertanyaan untuk mendapat informasi tersebut.

2. Bertanya Pada Pelanggan

Untuk mengukur customer value, Anda tentunya perlu berkomunikasi langsung dengan pelanggan. Tanyakan terkait nilai yang diberikan bisnis Anda dan cara produk-produk di dalamnya dapat terus menjadi pilihan. Banyak perusahaan mengumpulkan umpan balik pelanggan dengan mengirimkan survei reguler melalui email atau menelepon secara langsung.

Pertama, ajukan serangkaian pertanyaan kecil yang memungkinkan Anda mengukur customer value. Misalnya, Anda dapat bertanya kepada pelanggan bagaimana produk atau layanan Anda membantu mereka mencapai tujuan atau bagaimana perusahaan Anda dapat meningkatkan atau memberikan nilai lebih.

3. Beban dan Keuntungan 

Selain pertanyaan kualitatif, Anda juga harus mengajukan pertanyaan kuantitatif untuk mengevaluasi nilai produk atau layanan Anda. Anda dapat meminta pelanggan menilai seberapa puas mereka terhadap pembeliannya berdasarkan skala satu sampai lima. Kemudian, Anda dapat mengambil peringkat numerik rata-rata dan menentukan tingkat nilai yang perusahaan Anda berikan. 

Setelah mendapat ulasan pelanggan, rangkum jawaban tersebut sehingga menemukan kelebihan dan kekurangan dari customer value yang dimiliki bisnis Anda.

4. Pastikan Keuntungan yang Didapat Produk Anda Lebih Besar

Terakhir, Anda dapat mulai melihat kelebihan, seperti kenyamanan, kualitas, dan reputasi brand, lebih besar daripada biayanya. Biaya tidak melulu soal uang, tetapi juga investasi waktu dan stres emosional dalam menggunakan produk atau layanan yang Anda jual. Meskipun mengukur customer value akan menghabiskan banyak waktu dan tenaga, wawasan yang Anda peroleh akan sangat berharga.

Sebelum mengaplikasikan cara-cara tersebut, ada baiknya mengenal faktor-faktor yang mempengaruhi customer value terlebih dahulu.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Customer Value

Customer value suatu produk dipengaruhi oleh beberapa faktor, baik dari sisi internal perusahaan maupun target konsumen. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

  • Fungsi produk atau layanan
  • Unique selling point
  • Harga
  • Kualitas
  • Sumber daya produk atau layanan
  • Branding dan pemasaran
  • Preferensi target konsumen
  • Tingkat pendapatan target konsumen
  • Pengalaman target konsumen dalam menggunakan produk atau layanan serupa

Di antara poin-poin di atas, Anda dapat melihat, terdapat tiga faktor yang bergantung pada target konsumen. Faktor-faktor tersebut tidak dapat sepenuhnya dapat Anda kontrol. Tentu tak ada cara untuk mencengkram penuh preferensi target konsumen dan customer journey yang didapat dari kompetitor.

Bertahan dan unggul di tengah ketatnya persaingan industri tentu saja tidak mudah. Kebanyakan konsumen biasanya telah memiliki preferensi pribadi terkait brand yang ingin mereka pakai. Untuk itu, Anda harus memiliki strategi untuk memenangkan hati konsumen. Caranya dengan menganalisis segmentasi pasar.

Anda perlu lakukan riset untuk memahami kebutuhan-kebutuhan konsumen yang belum disediakan kompetitor. Dengan begitu, Anda dapat menciptakan customer value yang belum pernah didapatkan golongan konsumen tertentu.

Tips Mengembangkan Customer Value

Tips Mengembangkan Customer Value

Terdapat beberapa cara untuk mengembangkan customer value dalam bisnis Anda, seperti: 

1. Komunikasi Personal Dengan Pelanggan

Jika agent Anda mengirimkan kalimat yang sama di setiap pesan atau percakapan telepon, pelanggan Anda tentu tidak akan memiliki kesan tersendiri. Cara berkomunikasi dengan pelanggan adalah hal yang perlu Anda pertimbangkan. Tingkatkan nilai perusahaan Anda kepada setiap pelanggan dengan pelayanan yang personal. Ini tidak hanya membuat pelanggan merasa lebih dihargai, tetapi juga dapat meraih loyalitas pelanggan. Pola komunikasi personal akan membuat pelanggan merasa perusahaan Anda benar-benar memahami mereka dan mengembangkan customer value

Baca juga: Pasti Ampuh, Ini Dia Tips Berkomunikasi dengan Pelanggan!

2. Maksimalkan Tim Customer Support dan Customer Success 

Tips mengembangkan customer value kedua adalah dengan customer support dan customer success. Tim customer support sangat penting untuk menyelesaikan masalah pelanggan jangka pendek dan masalah teknis, sementara tim customer success sama pentingnya untuk memastikan keberhasilan pelanggan dalam penggunaan produk atau layanan. Alih-alih berfokus pada pemecahan masalah yang muncul ketika pelanggan mengadu, customer success mengantisipasi kebutuhan klien dan membantu mereka mencapai tujuan jangka panjang dengan menggunakan produk atau layanan perusahaan.

Memiliki staf yang berdedikasi untuk membantu pelanggan berhasil membuat perusahaan Anda lebih mudah untuk memberikan pengalaman personal dan meningkatkan retensi. 

3. Pelayanan di Berbagai Platform

Masukan dari pelanggan tentu sangat penting. Oleh karena itu, Tebar layanan di berbagai saluran, seperti email, telepon, dan media sosial sehingga pelanggan dapat menghubungi Anda di platform yang mereka sukai. Cari tahu platform yang paling disukai target audiens Anda dan pastikan Anda melayani di platform tersebut. Ini akan membuat Anda mendapat lebih banyak masukan dari pelanggan yang membangun.

Untuk memberikan pengalaman pelanggan yang lebih mudah di berbagai saluran yang Anda tawarkan, omnichannel messaging akan sangat membantu. Karena, kemampuan untuk melanjutkan percakapan di seluruh platform memungkinkan interaksi pelanggan yang mulus, saling menguntungkan bagi agent dan pelanggan.

Tingkatkan Customer Value Dengan OneTalk

Jika Anda sedang mempertimbangkan menggunakan omnichannel messaging untuk meningkatkan customer value di perusahaan Anda, maka OneTalk by TapTalk.io adalah pilihan yang tepat. OneTalk by TapTalk.io akan membantu Anda melihat secara utuh customer journey dan mendapatkan pandangan umum terkait kemajuan mereka. 

Anda dapat menentukan target audiens yang harus dipenuhi perusahaan Anda dengan interaksi aktif dengan pelanggan. Karena, OneTalk membuat bisnis Anda terhubung cepat dan mudah dengan pelanggan melalui media-media yang populer, seperti Instagram dan Whatsapp. 

Merujuk pada pembahasan terkait cara meningkatkan customer value, maka tim customer support dan customer success Anda harus tanggap dalam memberikan pelayanan personal pada pelanggan. Anda dapat mengoptimalkan customer support dan customer success perusahaan Anda dengan Instagram DM API fitur terbaru OneTalk yang akan meningkatkan efisiensi, responsivitas dan kepuasan pelanggan di Instagram.

Official WhatsApp Business API oleh OneTalk adalah solusi terbaik untuk bisnis Anda dalam menjangkau dan menjalin komunikasi dengan pelanggan. Official WhatsApp Business API memudahkan Anda menjangkau pelanggan melalui WhatsApp dari dashboard yang disediakan OneTalk. Alhasil, Anda bisa mengikuti perkembangan para pelanggan. 

Ingin melihat seberapa intens kinerja agent Anda dalam mengelola media? OneTalk menyediakan fitur untuk kebutuhan tersebut. Anda dapat memantau kinerja agent Anda dengan Real-Time Agent Activity Tracker, karena fitur ini mencatat setiap waktu media Anda aktif.

Tidak hanya itu, OneTalk mengizinkan Anda mengirim pesan ke semua social messenger hanya dengan satu dashboard! 

Pelayanan terbaik yang Anda tawarkan pun akan menjadi nilai lebih untuk pelanggan. OneTalk juga akan membantu Anda mengirim Welcome Message secara otomatis. Fitur ini tentu sangat berguna untuk membuat kesan kepada pelanggan bahwa pesan mereka sudah diterima. Selain itu, pelanggan juga dapat merasa lebih dekat dengan perusahaan Anda dengan welcome message yang personal. 

Ayo tingkatkan customer value bisnis Anda dengan mengunjungi situs ini dan hubungi agent kami. 

Trial Akun Demo TapTalk
Jessica Jacob
Jessica Jacob memiliki lebih dari empat tahun pengalaman dalam pengembangan strategis di sektor teknologi, dengan latar belakang kuat dalam penjualan korporat dan manajemen proyek. Di TapTalk.io, dia berfokus pada inovasi dan pertumbuhan bisnis, membangun kemitraan strategis lintas industri. Sebelumnya, Jessica berperan aktif dalam mengembangkan kemitraan kanal baru dan memimpin tim lintas fungsi yang berhasil meningkatkan penjualan tahunan sebesar 45%.
linkedin penulisemail penulis

Related Posts

By Jessica Jacob

31 / 10 / 2023

Digital marketing (pemasaran digital) telah menjadi strategi marketing utama untuk usaha kecil dan perusahaan skala besar. Anda mungkin pernah mendengar istilah digital marketing sebelumnya, tetapi pemasaran ini mencakup banyak strategi berbeda untuk bisnis. Pemasaran digital adalah istilah umum yang mencakup berbagai bidang, mulai dari SEO hingga penulisan blog dan channel distribusi hingga budget. Artikel blog […]

Read More

By Ardian

18 / 01 / 2021

Strategi pemasaran terdiri dari banyak elemen: pembuatan dan distribusi konten, media sosial, pengoptimalan mesin telusur, dll. Dipilih dengan bijak, ini dapat membantu perusahaan Anda menjadi sangat populer atau, sebaliknya, membuatnya tidak relevan dan bahkan dijauhi. Seseorang dapat menjadi kreatif dengan upaya pemasaran mereka hari ini hanya untuk kehilangan semuanya besok. Pada artikel ini, kita akan […]

Read More

By Jessica Jacob

05 / 01 / 2023

Model AIDA, yang melacak perjalanan pelanggan melalui Awareness, Interest, Desire, dan Action, mungkin merupakan model pemasaran klasik yang paling dikenal di dunia bisnis. Banyak pemasar menganggap AIDA bermanfaat karena menerapkan model ini setiap hari, secara sadar atau tidak sadar, saat merencanakan strategi komunikasi pemasaran. Khususnya selama periode inflasi ini, memelihara pelanggan potensial selama proses pengambilan […]

Read More
1 2 3 106
TapTalk
PowerTalk
OneTalk
SendTalk
whatsappfacebooktwitterinstagramlinkedin

Reach us by phone at (021) 27939266

Business Park Kebon Jeruk blok C2-3, Jl. Meruya Ilir Raya no.88, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, 11620

© 2020 - 2023 TapTalk.io (PT Tap Talk Teknologi)

tap talk logo for footer