pt tap talk teknologi blog
Omnichannel Solusi Notifikasi Pelanggan Lebih Mudah & Murah

Omnichannel Solusi Notifikasi Pelanggan Lebih Mudah & Murah

By Jessica Jacob
11 / 03 / 2022

Ketika pelanggan memiliki pilihan, mereka akan menghargai brand dengan langkah yang lebih mudah untuk dibeli. Bisnis yang unggul adalah yang berhasil membuat orang-orang tetap terinformasi, dengan komunikasi yang membutuhkan sedikit tenaga.

Kita semua memiliki saluran komunikasi yang kita gunakan setiap hari dengan teman dan keluarga. Setiap usaha berharap bisa dengan mudah mengintegrasikan pesan marketing mereka ke dalam kehidupan sehari-hari pelanggan.

Banyak bisnis yang belum sepenuhnya memanfaatkan semua saluran komunikasi yang tersedia untuk memberikan notifikasi kepada pelanggan hingga saat ini. Mereka pikir, semakin banyak saluran berarti semakin rumit dan mengeluarkan lebih banyak biaya.

Faktanya? Belum tentu!

Omnichannel Solusi Notifikasi Pelanggan Lebih Mudah & Murah

Omnichannel Mempermudah Komunikasi

Omnichannel membuat semua hal rumit menjadi mungkin. Anda dapat dengan mudah berkomunikasi dengan pelanggan meskipun melalui banyak saluran. Bagaimana caranya? 

Misalnya, Anda perlu menyampaikan pesan ke beberapa pelanggan sekaligus atau seluruh pelanggan Anda. Anda ingin memastikan bahwa semua orang melihatnya. 

Sementara itu, pelanggan Anda memiliki saluran pilihan. Mereka ingin prosedur notifikasi dan komunikasi apapun sederhana dan lugas, tidak menyulitkan.

Integrasi omnichannel akan mempermudah hal ini, karena akan menyatukan semua pesan yang masuk ke dalam satu dasbor.

Pesan dan update akan masuk melalui saluran apa pun yang paling sesuai (tergantung pada urgensi dan preferensi pelanggan). Dan akan ada lebih banyak kemungkinan bahwa setiap pesan dari Anda akan dilihat dan ditindaklanjuti.

Untuk memahami kenapa omnichannel dapat mempermudah komunikasi, mari lihat apa itu omnichannel.

Apa Itu Omnichannel Messaging?

Omnichannel adalah istilah yang mengintegrasi berbagai saluran yang digunakan oleh konsumen termasuk WhatsApp Messenger, Facebook Messenger, Instagram, email, Telegram, Twitter, dan lainnya. Omnichannel mendorong dan mempertimbangkan bagaimana brand dapat menggunakannya untuk membangun hubungan pelanggan. 

Pesan dapat diprogram untuk dikirim pada waktu tertentu - seperti dengan promosi penjualan - atau sebagai tanggapan atas tindakan pelanggan tertentu seperti pendaftaran akun.

Baca juga: Pentingnya Omnichannel untuk Sosial Media Customer Service

Menggunakan Omnichannel Untuk Menyatukan Berbagai Saluran

Kenyataannya adalah bahwa omnichannel sebagian besar akan tetap berada di luar jangkauan organisasi yang mencoba mengelolanya secara manual. Ini bukan pilihan yang berkelanjutan dan tidak dapat memberikan kelincahan yang dibutuhkan perusahaan modern untuk membuat pelanggan tetap terlibat.

Ketika semua saluran terhubung melalui satu aplikasi, pemberitahuan omnichannel menggunakan berbagai aplikasi messenger menjadi sederhana. Tanpa perlu khawatir tentang bagaimana Anda akan mengirim pemberitahuan, ada lebih banyak waktu untuk memikirkan tentang pemberitahuan apa yang perlu Anda kirim untuk memberi tahu orang-orang dan meningkatkan pengalaman pelanggan.

Bagaimana cara menggunakan omnichannel untuk menyatukan berbagai saluran pesan?

Jawabannya: OneTalk by TapTalk.io

OneTalk memungkinkan bisnis Anda mengintegrasi banyak saluran messenger seperti Instagram DM, LINE, Telegram, email, WhatsApp, Twitter, dan lainnya ke dalam satu dasbor. 

WhatsApp Business API juga memastikan Anda memberikan interaksi terbaik untuk pelanggan, yang secara resmi didukung oleh WhatsApp. 

Broadcast Message memungkinkan Anda memberikan notifikasi kepada banyak pelanggan sekaligus. Fitur Broadcast Message di OneTalk dilengkapi dengan Contact Segments, Personalized Broadcast, Multiple Message Broadcast, dan Scheduled Broadcast.

Omnichannel Lebih Hemat Biaya

Mengirim notifikasi melalui beberapa saluran lebih murah daripada yang lain. Ada biaya berbeda yang terlibat dalam pengiriman pesan melalui WhatsApp atau Facebook Messenger. Memastikan bahwa sebanyak mungkin notifikasi dikirim dan diterima pada saluran dengan biaya terendah dapat menghemat jumlah anggaran yang signifikan bagi perusahaan besar.

Notifikasi menggunakan omnichannel meningkatkan peluang yang dimiliki bisnis untuk mengembangkan hubungan dengan calon pelanggan dan pelanggan baru setelah mereka melakukan pembelian atau pendaftaran awal. Jika Anda menggunakannya secara efektif, notifikasi akan meningkatkan value setiap pelanggan.

Omnichannel menjadi nilai yang dapat menguntungkan bisnis ketika:

  • Memberikan pilihan kepada bisnis untuk memprioritaskan saluran dengan biaya terendah, terutama untuk pemberitahuan yang tidak terlalu memakan waktu.
  • Izinkan kontrol penuh atas saluran berdasarkan aturan bisnis yang Anda pilih.
  • Memberikan visibilitas total atas efektivitas setiap saluran, dengan analitik dan wawasan untuk membantu menentukan campuran keterlibatan saluran yang ideal.
  • Sepenuhnya sesuai dengan peraturan legislatif dan penyedia telekomunikasi lokal yang terkait dengan setiap saluran.

Bagaimana Omnichannel dapat menghemat biaya?

Bagaimana Omnichannel dapat menghemat biaya?

1. Retensi pelanggan

Retensi pelanggan adalah manfaat yang kuat dari menggunakan omnichannel. Alasannya tidak terlalu mengada-ada; dengan omnichannel yang tepat, organisasi dapat melihat kontak pelanggan, membaca riwayat pelanggan, komunikasi yang lebih baik, dan lain-lain. Semua fitur luar biasa ini mendorong pelanggan untuk tetap setia pada bisnis. Efek dari loyalitas pelanggan adalah berkurangnya biaya yang harus dikeluarkan untuk mendapatkan pelanggan baru dan tidak stabil. 

2. Otomatisasi tugas

Tugas yang berulang dapat mengganggu, menuntut, dan memakan biaya, sekaligus menekan kreativitas. Namun, dengan omnichannel, dukungan pelanggan, laporan, evaluasi data, tanggapan terhadap pertanyaan, dan sebagainya telah disederhanakan. 

Omnichannel mempersingkat proses yang biasanya membutuhkan staf dalam jumlah besar. 

Yang Anda butuhkan hanyalah alat analitik yang dapat menyederhanakan semua proses keterlibatan pelanggan ini. Operational Report dan Case Detail dapat mengurangi beban kerja pada karyawan Anda. Agent Anda dapat fokus untuk memberikan lebih banyak dukungan kepada pelanggan Anda, yang akan mempertahankan mereka.

3. Optimalkan waktu dan biaya untuk layanan pay-per-time

Untuk bisnis yang membayar klien mereka per unit waktu bekerja, mereka dan staf mereka semua bisa mendapatkan keuntungan secara bersamaan. Dengan beban kerja yang lebih rendah, karyawan dapat menyelesaikan pekerjaan mereka tepat waktu dan kembali ke keluarga mereka atau melarikan diri untuk mengejar janji lain sementara pemilik bisnis dapat senang bahwa waktu kerja yang lebih sedikit akan berarti biaya yang lebih rendah untuk staf, tanpa menipu siapa pun.

4. Mengurangi biaya interpretasi data dan konsultasi

Tidak perlu lagi menggunakan alat pengumpulan data dan membawanya ke analyst atau konsultan untuk memberi Anda petunjuk tentang apa yang harus dilakukan. Konsultan tidak berkonsultasi secara gratis! 

Dengan omnichannel yang efisien dan dipersonalisasi, Anda dapat melacak data yang berkaitan dengan bisnis Anda dan melaporkannya, yang kemudian dapat Anda lihat untuk mendapatkan wawasan yang dapat ditindaklanjuti. Operational Report memerlukan sedikit atau tanpa pengetahuan tentang pengelompokan data karena perangkat lunak akan menyederhanakan dan mungkin meningkatkan visualisasi data dalam bentuk yang mudah dimengerti dan ditafsirkan.

5. Pemasaran Menjadi Mudah

Pemasaran bisa dibilang hal paling mahal yang harus Anda lakukan setelah mendirikan bisnis Anda. Namun, dengan data dan sistem komunikasi terpusat, Anda dapat bertemu pelanggan Anda di lokasi seluler yang nyaman. 

Tidak ada biaya untuk menjangkau pelanggan Anda untuk memberi tahu mereka tentang penawaran, diskon, dan bisnis yang luar biasa. Pemasaran menjadi lebih mudah dilakukan bagi mereka yang pernah melakukan kontak dengan brand menggunakan Broadcast Messages.

Jadi, tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk mendapatkan data atau mencoba menjangkau orang yang berbeda di saluran yang berbeda. Ingat, mendapatkan pelanggan setia untuk membeli dari Anda lebih murah daripada mendapatkan pelanggan baru. Biaya yang dipersempit dapat dioptimalkan dan dikembangkan secara strategis untuk mempersempit iklan dan pemasaran untuk menjangkau pelanggan baru di berbagai saluran.

6. Laporan Menjadi Lebih Sederhana

Report atau laporan adalah tugas mengganggu lain yang biasanya diserahkan kepada orang-orang setelah memberikan mereka data mentah dari metriks yang diamati. Dengan omnichannel, menyiapkan laporan standar dapat disederhanakan karena kemampuan pelaporan dapat dimanfaatkan untuk mengedit angka dan teks guna mengembangkan dokumentasi peristiwa dan tren yang tepat dan ringkas.

Kesimpulannya, omnichannel memungkinkan bisnis untuk mengukur dan mengarahkan sumber daya ke sumber yang lebih tepat, sehingga menghemat biaya. Kembangkan strategi omnichannel dan sasaran yang diharapkan dengan tujuan jelas yang Anda antisipasi sebelum Anda memulai.

Baca juga: Sikat Tuntas Conversion Rate, Dukung Penjualan Pakai Omnichannel

Keuntungan Pakai Omnichannel untuk Bisnis Anda

Keuntungan Pakai Omnichannel untuk Bisnis Anda

Menghemat Biaya 

Perusahaan dapat mengkoordinasikan keterlibatan mereka dengan memberikan notifikasi melalui saluran yang paling murah dan mengoptimalkan pemanfaatan saluran untuk percakapan yang tidak terlalu penting. 

Notifikasi Otomatis

Push notification adalah sarana komunikasi utama untuk kategori bisnis dengan aplikasi mobile. Bagian tersulit dari menambahkan failover untuk peringatan Push yang tidak terkirim biasanya adalah mencari tahu bagaimana melakukannya.

Organisasi berjuang untuk memberikan pengalaman yang konsisten karena mengintegrasikan banyak saluran dianggap memakan waktu dan sumber daya yang mahal. 

Customer Loyalty dan Pengembangan Funnel

Tingkatkan bisnis Anda untuk berinteraksi dengan pelanggan Anda. Pesan yang tepat yang disampaikan pada waktu yang tepat dapat membantu Anda menciptakan momen kegembiraan pelanggan yang meningkatkan loyalitas.

Jangan lewatkan segudang keuntungan yang bisa bisnis Anda dapatkan dengan OneTalk by TapTalk.io. Lakukan bisnis sesuai impian, gunakan omnichannel untuk bisnis Anda sekarang juga. Langsung saja, hubungi agent kami di sini.

Share this article

Related Posts

By Ardian

19 / 08 / 2020

Ketika customer ingin mengetahui informasi tentang suatu produk atau jasa yang dibutuhkan, customer biasanya akan mengunjungi sebuah website. Dan ketika customer ingin mengetahui informasi lebih lanjut berkaitan dengan produk dan jasa, customer lalu akan mencari kontak produsen. Messaging platform for sales, marketing and support dibutuhkan untuk memudahkan customer dalam mencari informasi yang dibutuhkan.  Masalah yang […]

Read More

By Jessica Jacob

08 / 06 / 2022

Customer reward telah menjadi rahasia umum sebagai alat promosi yang rendah biaya. Namun, sistem ini sudah beredar lebih dari 1 dekade, membuat banyak perusahaan mulai menerapkan hal yang sama satu sama lain. Dari maskapai penerbangan yang menawarkan penawaran frequent flier hingga perusahaan telekomunikasi yang menurunkan biaya mereka untuk mendapatkan lebih banyak volume, organisasi menghabiskan jutaan […]

Read More

By Jessica Jacob

19 / 08 / 2022

Customer loyalty atau loyalitas pelanggan dapat membantu bisnis Anda berkembang pesat di saat-saat terbaik, tetapi juga dapat membantu Anda bertahan di masa-masa sulit atau menantang. Key takeaways: Customer loyalty sangat penting selama pandemi COVID-19, karena konsumen sangat sadar akan anggaran yang mereka keluarkan. Pelanggan tetap atau berulang cenderung menghabiskan lebih banyak uang untuk brand Anda […]

Read More
1 2 3 53
TapTalk
PowerTalk
OneTalk
SendTalk
whatsappfacebooktwitterinstagramlinkedin

Reach us by phone at (021) 27939266

Jl. Kyai Maja No.25c, RT.12/RW.2, Gunung, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12120

© 2020 - 2021 TapTalk.io (PT Tap Talk Teknologi)

tap talk logo for footer