Back to Home

WhatsApp

Gunakan WhatsApp Business Untuk Memaksimalkan Bisnis Anda

BY
Carissa Tirta Wijaya

Carissa Tirta Wijaya

Carissa adalah strategis konten dan desainer grafis dengan keahlian mendalam dalam mengembangkan strategi konten yang meningkatkan keterlibatan dan konversi. Sejak 2021, ia telah memimpin inisiatif desain dan konten di TapTalk.io, menerapkan solusi kreatif yang memajukan tujuan bisnis. Dengan latar belakang yang kuat dalam desain dan komunikasi visual dari BINUS University, Carissa menggabungkan pendekatan analitis dan kreatif dalam setiap proyek. Pengalamannya mencakup pekerjaan dengan berbagai brand di Indonesia, di mana ia menyempurnakan kemampuannya dalam desain dan strategi konten.

Apakah Anda masih memakai SMS? Di zaman yang serba internet, mungkin kalian sudah tidak menggunakan SMS dan memilih aplikasi chatting lainnya,seperti WhatsApp. 

Orang beralih menggunakan WhatsApp karena fiturnya lebih lengkap, serta harganya lebih murah dibandingkan SMS. Selain itu, jumlah kata yang Anda tulis juga tidak terbatas seperti SMS. Anda bisa mengirim pesan sepanjang apa pun melalui WhatsApp.

Dengan WhatsApp, Anda gratis untuk mengobrol dengan customer yang bahkan ada di luar negeri. Bayangkan jika Anda menggunakan SMS, berapa banyak biaya yang dibutuhkan untuk mengirim pesan internasional. 

whatsapp business
whatsapp business

Mengirim pesan di WhatsApp juga lebih aman dibandingkan SMS. Keamanan pesan yang ada kirim menggunakan SMS bergantung pada keamanan jaringan selulernya. Karena SMS tidak bersifat end-to-end encrypted, maka ada kemungkinan pihak ketiga yang bisa melihat pesan Anda.

WhatsApp adalah salah satu messaging app yang bersifat end-to-end encrypted. Dengan begitu, yang dapat melihat pesan adalah pengirim dan penerima pesan.

Kemungkinan pesan Anda menjangkau customer sangatlah tinggi. Seorang pengguna memeriksa WhatsApp lebih dari 23 kali sehari. Maka dari itu, banyak perusahaan yang menggunakan WhatsApp untuk berkomunikasi dengan customer.

Aplikasi ini sangat ideal untuk menjangkau customer Anda, membangun koneksi, mempromosikan brand/ produk/ layanan Anda, serta berkomunikasi dengan customer secara real-time.

Tidak hanya itu, untuk mempermudah keperluan bisnis Anda, WhatsApp meluncurkan aplikasi WhatsApp Business. 

WhatsApp Business untuk Kepentingan Bisnis Anda

WhatsApp Business dapat digunakan untuk kepentingan bisnis Anda karena tingkat keamanannya yang tinggi, serta lebih practical. Hanya dengan satu nomor, Anda sudah bisa membuat ‘Profil Bisnis’ pada akunmu. Hal ini juga memungkinkan customer untuk segera mengetahui dengan siapa mereka mengobrol atau menerima pesan.

WhatsApp menyediakan informasi pengiriman yang reliable, Anda dapat mengetahui apakah pesan sudah terkirim dan dibaca. 

Keuntungan WhatsApp Business

1. Brand Menjadi Lebih Kredibel

Adanya 'Profil Bisnis' dapat membuat sebuah identitas bisnis jadi unik dan lengkap. Ini memungkinkan Anda untuk memberikan informasi spesifik seperti kontak email dan telepon, tautan media sosial, alamat toko, URL website, dan detail atau penawaran bisnis.

WhatsApp juga memverifikasi semua akun bisnis, jadi customer yakin akun tersebut bukanlah penipu.

2. Meningkatkan Customer Service

WhatsApp Business memiliki beberapa alat yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan komunikasi dengan customer, seperti:

Quick Replies 

Anda dapat membuat template jawaban dari pertanyaan-pertanyaan umum. Fitur ini akan menghemat waktu yang Anda habiskan untuk mengetik jawaban atas pertanyaan yang berulang. Customer juga akan lebih cepat mendapatkan jawaban atas pertanyaan mereka.

Label

Anda dapat menggunakan label untuk mengatur dan mengkategorikan customer dan pesan. Fitur ini akan membantu Anda menyortir pesan berdasarkan urgensi dan mengenali customer yang sama. Anda dapat menggunakan label template yang sudah ada atau membuat label baru sesuai dengan bisnis Anda.

Away Messages dan Greeting Messages

Dengan fitur ini, pelanggan Anda akan mendapatkan tanggapan instan, meskipun Anda tidak dapat merespons. Anda bisa membuat pesan otomatis untuk menjawab pelanggan ketika mereka menghubungi di luar jam kerja bisnis Anda.

3. Mengirim Pesan Broadcast

Jika Anda ingin mengingatkan customer tentang peluncuran produk baru atau konten lainnya, WhatsApp adalah alat yang sempurna untuk Anda. WhatsApp dapat secara otomatis mengirim pesan yang Anda buat ke pelanggan yang Anda pilih.

Anda dapat mengirim pesan broadcast menggunakan broadcast list yang ada di aplikasi.

Namun, perlu diingat bahwa WhatsApp ingin melindungi pengguna dari spamming di platform mereka. Oleh karena itu, pesan broadcast yang Anda kirim hanya dapat menjangkau kontak yang menyimpan nomor WhatsApp Business Anda di Kontak mereka.

4. Membuat Katalog

Dengan fitur ini, customer Anda dapat melihat-lihat produk Anda tanpa meninggalkan aplikasi.

Fitur ini berguna untuk menyoroti produk baru, koleksi musiman, atau produk terlaris.

Selain itu, Anda dapat mengunggah maksimal 500 produk atau layanan, menyertakan gambar, nama dan deskripsi produk, serta membagikan tautan dari katalog di percakapan WhatsApp.

Anda juga dapat membaca disini: Tips dan strategi whatsapp marketing yang baik.

WhatsApp Business API

WhatsApp Businesss sebenarnya memiliki 2 versi. Pertama, aplikasi WhatsApp Business gratis yang dibuat untuk bisnis mikro dan kecil.

Kedua, WhatsApp Business API yang dirancang untuk perusahaan menengah dan besar. Aplikasi ini cocok untuk bisnis yang berkomunikasi dengan banyak pelanggan dalam satu hari. Tidak seperti aplikasinya, API dapat mendukung pengguna dan perangkat dalam jumlah yang tidak terbatas. Artinya, beberapa agent Anda dapat mengakses chat WhatsApp secara bersamaan.

Selain itu, jika ingin mengirim pesan broadcast, aplikasi WhatsApp Business hanya bisa mengirim pesan ke 256 kontak. Sedangkan dengan API, jumlah penerima pesan tidak dibatasi.

WhatsApp Business API adalah solusi berbayar yang menawarkan menawarkan manfaat lainnya seperti:

  • Akun lebih kredibel karena terdapat centang hijau di samping profil akun
  • Akun tersebut dapat digunakan oleh seluruh tim di beberapa perangkat.
  • Dapat dihubungkan ke CRM (percakapan WhatsApp muncul dan dapat direspons di CRM).
  • Dapat disesuaikan tergantung pada kebutuhan perusahaan.
  • Melacak kinerja tim.
  • Terdapat chatbot dalam obrolan WhatsApp.

Biasanya, pendaftaran akun WhatsApp Business API membutuhkan waktu yang lama dan aturan yang kompleks. Namun, jika Anda tertarik untuk membuat akun WhatsApp Business API, Anda dapat menggunakan OneTalk.

Masih bingung dengan perbedaan WhatsApp Bisnis Biasa dan WhatsApp Business API? Baca disini

Menggunakan WhatsApp untuk Mengirim OTP

Selain untuk berkomunikasi, Anda juga bisa mengirim pesan OTP melalui WhatsApp. Seperti namanya, kode ini hanya berlaku satu kali selama satu sesi login atau transaksi. Mungkin Anda lebih sering menerima pesan OTP melalui SMS.

Namun, apakah Anda tahu kalau mengirim OTP melalui SMS masih kurang aman? SMS sendiri dibangun ke dalam rancangan jaringan selulernya. Jadi, keamanan pesan SMS Anda bergantung pada keamanan jaringan tersebut, atau kekurangannya. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, terdapat kemungkinan layanan jaringan seluler Anda bisa melihat pesan tersebut. Maka dari itu WhatsApp lebih aman digunakan untuk mengirim pesan OTP.

Kenapa Menggunakan WhatsApp untuk Mengirim OTP?

Ketika Anda mengirim OTP melalui WhatsApp, pesan itu akan dienkripsi dan hanya penerima yang dapat melihat pesan tersebut. Jadi, pengguna tidak perlu khawatir kode itu diketahui orang lain.

Selain lebih aman, mengirim OTP melalui WhatsApp juga lebih murah. Anda tidak perlu mengeluarkan pulsa untuk mengirim SMS satu per satu.

Salah satu penyedia jasa OTP via WhatsApp yang ada di Indonesia adalah SendTalk by TapTalk.io. Selain untuk mengirim pesan OTP, Anda juga bisa mengirimkan pemberitahuan seperti aktivitas akun, pengingat, konfirmasi pembelian, pemberitahuan pengiriman, bahkan peringatan kepada customer Anda.

Dengan SendTalk, biaya untuk mengirim OTP via WhatsApp lebih murah dibandingkan via SMS. Jika Anda menggunakan SMS, Anda membutuhkan Rp350 untuk mengirim satu pesan OTP. Sedangkan dengan SendTalk, biaya yang diperlukan hanya Rp75/pesan. Anda juga bisa melihat perbandingan harganya di sini.

Selain itu, pengiriman OTP dengan WhatsApp lebih konsisten karena tidak perlu bergantung pada sinyal seluler. Anda hanya perlu menggunakan internet. 

Share this article

Carissa Tirta Wijaya

Carissa adalah strategis konten dan desainer grafis dengan keahlian mendalam dalam mengembangkan strategi konten yang meningkatkan keterlibatan dan konversi. Sejak 2021, ia telah memimpin inisiatif desain dan konten di TapTalk.io, menerapkan solusi kreatif yang memajukan tujuan bisnis. Dengan latar belakang yang kuat dalam desain dan komunikasi visual dari BINUS University, Carissa menggabungkan pendekatan analitis dan kreatif dalam setiap proyek. Pengalamannya mencakup pekerjaan dengan berbagai brand di Indonesia, di mana ia menyempurnakan kemampuannya dalam desain dan strategi konten.

Apakah Anda masih memakai SMS? Di zaman yang serba internet, mungkin kalian sudah tidak menggunakan SMS dan memilih aplikasi chatting lainnya,seperti WhatsApp. 

Orang beralih menggunakan WhatsApp karena fiturnya lebih lengkap, serta harganya lebih murah dibandingkan SMS. Selain itu, jumlah kata yang Anda tulis juga tidak terbatas seperti SMS. Anda bisa mengirim pesan sepanjang apa pun melalui WhatsApp.

Dengan WhatsApp, Anda gratis untuk mengobrol dengan customer yang bahkan ada di luar negeri. Bayangkan jika Anda menggunakan SMS, berapa banyak biaya yang dibutuhkan untuk mengirim pesan internasional. 

whatsapp business
whatsapp business

Mengirim pesan di WhatsApp juga lebih aman dibandingkan SMS. Keamanan pesan yang ada kirim menggunakan SMS bergantung pada keamanan jaringan selulernya. Karena SMS tidak bersifat end-to-end encrypted, maka ada kemungkinan pihak ketiga yang bisa melihat pesan Anda.

WhatsApp adalah salah satu messaging app yang bersifat end-to-end encrypted. Dengan begitu, yang dapat melihat pesan adalah pengirim dan penerima pesan.

Kemungkinan pesan Anda menjangkau customer sangatlah tinggi. Seorang pengguna memeriksa WhatsApp lebih dari 23 kali sehari. Maka dari itu, banyak perusahaan yang menggunakan WhatsApp untuk berkomunikasi dengan customer.

Aplikasi ini sangat ideal untuk menjangkau customer Anda, membangun koneksi, mempromosikan brand/ produk/ layanan Anda, serta berkomunikasi dengan customer secara real-time.

Tidak hanya itu, untuk mempermudah keperluan bisnis Anda, WhatsApp meluncurkan aplikasi WhatsApp Business. 

WhatsApp Business untuk Kepentingan Bisnis Anda

WhatsApp Business dapat digunakan untuk kepentingan bisnis Anda karena tingkat keamanannya yang tinggi, serta lebih practical. Hanya dengan satu nomor, Anda sudah bisa membuat ‘Profil Bisnis’ pada akunmu. Hal ini juga memungkinkan customer untuk segera mengetahui dengan siapa mereka mengobrol atau menerima pesan.

WhatsApp menyediakan informasi pengiriman yang reliable, Anda dapat mengetahui apakah pesan sudah terkirim dan dibaca. 

Keuntungan WhatsApp Business

1. Brand Menjadi Lebih Kredibel

Adanya 'Profil Bisnis' dapat membuat sebuah identitas bisnis jadi unik dan lengkap. Ini memungkinkan Anda untuk memberikan informasi spesifik seperti kontak email dan telepon, tautan media sosial, alamat toko, URL website, dan detail atau penawaran bisnis.

WhatsApp juga memverifikasi semua akun bisnis, jadi customer yakin akun tersebut bukanlah penipu.

2. Meningkatkan Customer Service

WhatsApp Business memiliki beberapa alat yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan komunikasi dengan customer, seperti:

Quick Replies 

Anda dapat membuat template jawaban dari pertanyaan-pertanyaan umum. Fitur ini akan menghemat waktu yang Anda habiskan untuk mengetik jawaban atas pertanyaan yang berulang. Customer juga akan lebih cepat mendapatkan jawaban atas pertanyaan mereka.

Label

Anda dapat menggunakan label untuk mengatur dan mengkategorikan customer dan pesan. Fitur ini akan membantu Anda menyortir pesan berdasarkan urgensi dan mengenali customer yang sama. Anda dapat menggunakan label template yang sudah ada atau membuat label baru sesuai dengan bisnis Anda.

Away Messages dan Greeting Messages

Dengan fitur ini, pelanggan Anda akan mendapatkan tanggapan instan, meskipun Anda tidak dapat merespons. Anda bisa membuat pesan otomatis untuk menjawab pelanggan ketika mereka menghubungi di luar jam kerja bisnis Anda.

3. Mengirim Pesan Broadcast

Jika Anda ingin mengingatkan customer tentang peluncuran produk baru atau konten lainnya, WhatsApp adalah alat yang sempurna untuk Anda. WhatsApp dapat secara otomatis mengirim pesan yang Anda buat ke pelanggan yang Anda pilih.

Anda dapat mengirim pesan broadcast menggunakan broadcast list yang ada di aplikasi.

Namun, perlu diingat bahwa WhatsApp ingin melindungi pengguna dari spamming di platform mereka. Oleh karena itu, pesan broadcast yang Anda kirim hanya dapat menjangkau kontak yang menyimpan nomor WhatsApp Business Anda di Kontak mereka.

4. Membuat Katalog

Dengan fitur ini, customer Anda dapat melihat-lihat produk Anda tanpa meninggalkan aplikasi.

Fitur ini berguna untuk menyoroti produk baru, koleksi musiman, atau produk terlaris.

Selain itu, Anda dapat mengunggah maksimal 500 produk atau layanan, menyertakan gambar, nama dan deskripsi produk, serta membagikan tautan dari katalog di percakapan WhatsApp.

Anda juga dapat membaca disini: Tips dan strategi whatsapp marketing yang baik.

WhatsApp Business API

WhatsApp Businesss sebenarnya memiliki 2 versi. Pertama, aplikasi WhatsApp Business gratis yang dibuat untuk bisnis mikro dan kecil.

Kedua, WhatsApp Business API yang dirancang untuk perusahaan menengah dan besar. Aplikasi ini cocok untuk bisnis yang berkomunikasi dengan banyak pelanggan dalam satu hari. Tidak seperti aplikasinya, API dapat mendukung pengguna dan perangkat dalam jumlah yang tidak terbatas. Artinya, beberapa agent Anda dapat mengakses chat WhatsApp secara bersamaan.

Selain itu, jika ingin mengirim pesan broadcast, aplikasi WhatsApp Business hanya bisa mengirim pesan ke 256 kontak. Sedangkan dengan API, jumlah penerima pesan tidak dibatasi.

WhatsApp Business API adalah solusi berbayar yang menawarkan menawarkan manfaat lainnya seperti:

  • Akun lebih kredibel karena terdapat centang hijau di samping profil akun
  • Akun tersebut dapat digunakan oleh seluruh tim di beberapa perangkat.
  • Dapat dihubungkan ke CRM (percakapan WhatsApp muncul dan dapat direspons di CRM).
  • Dapat disesuaikan tergantung pada kebutuhan perusahaan.
  • Melacak kinerja tim.
  • Terdapat chatbot dalam obrolan WhatsApp.

Biasanya, pendaftaran akun WhatsApp Business API membutuhkan waktu yang lama dan aturan yang kompleks. Namun, jika Anda tertarik untuk membuat akun WhatsApp Business API, Anda dapat menggunakan OneTalk.

Masih bingung dengan perbedaan WhatsApp Bisnis Biasa dan WhatsApp Business API? Baca disini

Menggunakan WhatsApp untuk Mengirim OTP

Selain untuk berkomunikasi, Anda juga bisa mengirim pesan OTP melalui WhatsApp. Seperti namanya, kode ini hanya berlaku satu kali selama satu sesi login atau transaksi. Mungkin Anda lebih sering menerima pesan OTP melalui SMS.

Namun, apakah Anda tahu kalau mengirim OTP melalui SMS masih kurang aman? SMS sendiri dibangun ke dalam rancangan jaringan selulernya. Jadi, keamanan pesan SMS Anda bergantung pada keamanan jaringan tersebut, atau kekurangannya. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, terdapat kemungkinan layanan jaringan seluler Anda bisa melihat pesan tersebut. Maka dari itu WhatsApp lebih aman digunakan untuk mengirim pesan OTP.

Kenapa Menggunakan WhatsApp untuk Mengirim OTP?

Ketika Anda mengirim OTP melalui WhatsApp, pesan itu akan dienkripsi dan hanya penerima yang dapat melihat pesan tersebut. Jadi, pengguna tidak perlu khawatir kode itu diketahui orang lain.

Selain lebih aman, mengirim OTP melalui WhatsApp juga lebih murah. Anda tidak perlu mengeluarkan pulsa untuk mengirim SMS satu per satu.

Salah satu penyedia jasa OTP via WhatsApp yang ada di Indonesia adalah SendTalk by TapTalk.io. Selain untuk mengirim pesan OTP, Anda juga bisa mengirimkan pemberitahuan seperti aktivitas akun, pengingat, konfirmasi pembelian, pemberitahuan pengiriman, bahkan peringatan kepada customer Anda.

Dengan SendTalk, biaya untuk mengirim OTP via WhatsApp lebih murah dibandingkan via SMS. Jika Anda menggunakan SMS, Anda membutuhkan Rp350 untuk mengirim satu pesan OTP. Sedangkan dengan SendTalk, biaya yang diperlukan hanya Rp75/pesan. Anda juga bisa melihat perbandingan harganya di sini.

Selain itu, pengiriman OTP dengan WhatsApp lebih konsisten karena tidak perlu bergantung pada sinyal seluler. Anda hanya perlu menggunakan internet. 

Related Posts