pt tap talk teknologi blog
Siap Hadapi Era Digitalisasi! OneTalk, Solusi Komunikatif untuk Bisnis Anda

TapTalk.io - Siap Hadapi Era Digitalisasi! OneTalk, Solusi Komunikatif untuk Bisnis Anda

By Jessica Jacob
17 / 11 / 2023

Digitalisasi telah membawa sektor ekonomi terbang ke level berikutnya. Di mana pada era industri 4.0 ini, digitalisasi telah membuka begitu banyak peluang dan potensi dalam dunia bisnis modern. Dalam artikel ini, kita akan membahas mengapa digitalisasi sangat penting, dan bagaimana kita dapat menghadapi tantangan serta memanfaatkan teknologi ini untuk mengembangkan bisnis kita. 

Siap Hadapi Era Digitalisasi! OneTalk, Solusi Komunikatif untuk Bisnis Anda

Peran Digitalisasi dalam Dunia Bisnis

Dahulu, untuk mendapatkan barang atau jasa, kita harus pergi ke toko atau pasar. Namun, saat ini, teknologi telah mengubah konsep ini. Digitalisasi telah memangkas batasan waktu dan ruang, sehingga kita dapat berbelanja atau mendapatkan layanan apa pun dari kenyamanan rumah kita. Ini semua berkat internet, yang memungkinkan kita terhubung dalam dunia digital.

Menurut survei yang dilakukan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), jumlah pengguna internet di Indonesia telah mencapai 215,63 juta orang atau sekitar 77% dari seluruh populasi Indonesia pada tahun 2023. Ini berarti tiga perempat dari penduduk Indonesia telah terkoneksi dengan dunia maya, menciptakan peluang besar bagi bisnis di era digital.

Baca juga: Mengenal Bisnis Digital, Jenis, Hingga Ide Bisnisnya

Pentingnya Terhubung di Era Digitalisasi

Kehadiran digitalisasi tentu merubah cara berbisnis di era modern. Untuk itulah penting bagi para pelaku bisnis untuk memahami peran teknologi ini, terutama dalam hal menghubungkan bisnis dengan pelanggan Anda. Terlepas dari apapun jenis usaha yang Anda jalani, baik itu e-commerce, layanan profesional, atau usaha kecil lokal, penggunaan teknologi digital dapat memberikan manfaat besar.

1. Meningkatkan efisiensi

Salah satu peran penting digitalisasi dalam bisnis adalah mengoptimalkan sistem pengelolaan dari yang sebelumnya manual menjadi otomatis. Sehingga proses produksi dan kegiatan operasional dapat berjalan dengan efektif dan efisien. 

2. Memberikan akses data yang komprehensif

Informasi merupakan kuda hitam dalam dunia bisnis. Sebuah informasi yang relevan dapat digunakan untuk merancang, membuat dan mengevaluasi strategi bisnis sehingga pemilik bisnis dapat mengambil keputusan terbaik guna mencapai tujuan bisnisnya yakni meraih keuntungan yang optimal. 

3. Memberikan pengalaman terbaik kepada pelanggan

Salah satu tolak ukur kesuksesan sebuah bisnis adalah ketika produk ataupun brand bisnis tersebut disukai oleh pelanggan.Hal ini akan ditandai dengan pembelian berulang atau repeat order. Tentunya hal ini tidak akan terjadi jika pelanggan Anda memiliki pengalaman yang buruk terhadap bisnis Anda. 

Dan cara terbaik untuk memberikan pengalaman berbelanja yang maksimal adalah dengan menjaga hubungan dan komunikasi yang baik dengan pelanggan Anda. Kabar baiknya, melakukan hal tersebut tidaklah sulit.T erlebih lagi jika Anda menggunakan layanan omnichannel seperti OneTalk dari TapTalk.io yang memungkinkan Anda untuk berinteraksi dengan pelanggan melalui berbagai channel komunikasi seperti WhatsApp, Instagram, dan media sosial lainnya. 

“Sukses dalam berbisnis ditentukan dari berbagai aspek, salah satu yang terpenting adalah bagaimana cara sebuah bisnis dapat menjaga hubungan yang baik dengan para customernya. Responsif menjadi poin terpenting karena customer tidak dapat melihat langsung produk Anda sampai mereka benar-benar menerimanya.” ujar Ritchie Nathaniel, CEO TapTalk.io. 

4. Tantangan Bisnis di Era Digital

Meski membuka banyak peluang namun digitalisasi juga mendatangkan sejumlah tantangan baru seperti ketatnya persaingan global, keamanan siber yang semakin kompleks, perubahan perilaku konsumen yang cepat, kebutuhan akan keterampilan digital yang lebih tinggi, dan perubahan regulasi yang sering kali sulit diikuti. Untuk itulah para pelaku bisnis perlu terus belajar dan beradaptasi dengan perkembangan teknologi yang ada sehingga bisnis yang dijalankan dapat tetap bersaing secara kompetitif dan relevan dengan kebutuhan pelanggan. 

5. Solusi untuk Menghadapi Persaingan Bisnis di Era Digital

Sebagai upaya untuk membantu para pelaku bisnis dalam menghadapi tantangan digitalisasi, TapTalk.io mengadakan sebuah acara gathering dengan tema "Digital Mastery Unlocked: Tools for Business Success." yang dilaksanakan pada 3 November 2023, bertempat di Connext, Jakarta. 

Dibuka dengan kata pengantar oleh CEO TapTalk.io, Ritchie Nathaniel, acara ini menawarkan rangkaian kegiatan yang penuh inspirasi dan informasi, seperti update fitur terbaru OneTalk yang dibawakan oleh Jessica Jacob, selaku Vice President Business Development TapTalk.io. Jessica berbagi insight mengenai cara memanfaatkan fitur-fitur terbaru OneTalk untuk meningkatkan komunikasi dan produktivitas bisnis di era digital ini. 

Pentingnya Terhubung di Era Digitalisasi

Lalu, ada juga diskusi interaktif dengan salah satu klien TapTalk.io, Minuman.com, yang diwakili oleh Jasper Manifold untuk berbagi wawasan berharga tentang bagaimana mereka berhasil menghadapi tantangan digitalisasi bersama TapTalk.io. Consultation Booth juga disediakan oleh TapTalk.io untuk berkonsultasi langsung dengan tim TapTalk.io yang membantu mengatasi tantangan khusus yang mungkin dihadapi dalam bisnis di era digital.

“Kami berharap dengan adanya pemanfaatan tools secara optimal, seperti TapTalk.io dengan berbagai fitur yang dimiliki, bisnis di berbagai industri dan di berbagai skala bisa terus berkembang dan terus bersaing di era digital, hingga bisa menjadi yang terbaik di kelasnya.” tutup Ritchie Nathaniel, CEO TapTalk.io.

Trial Akun Demo TapTalk
Jessica Jacob
Jessica Jacob memiliki lebih dari empat tahun pengalaman dalam pengembangan strategis di sektor teknologi, dengan latar belakang kuat dalam penjualan korporat dan manajemen proyek. Di TapTalk.io, dia berfokus pada inovasi dan pertumbuhan bisnis, membangun kemitraan strategis lintas industri. Sebelumnya, Jessica berperan aktif dalam mengembangkan kemitraan kanal baru dan memimpin tim lintas fungsi yang berhasil meningkatkan penjualan tahunan sebesar 45%.
linkedin penulisemail penulis

Related Posts

By Ardian

23 / 11 / 2020

Customer Experience One of the biggest challenges when starting a CX project is that the aspects are so diverse, that few people share the same definition. This guide will help define and uncover some terms and provide some world-class examples of leading organizations. Customer experience is the integration of the interactions between organizations and their […]

Read More

By Ardian

14 / 12 / 2020

NOW is the right time for you to turn this pandemic situation into a competitive advantage, especially for IT businesses. All consumption behavior has shifted into a more remote and mobile behavior. Which is the reason that you should take more time and energy to plan what we call Digital Marketing Strategy. What is Digital […]

Read More

By Ardian

24 / 08 / 2020

These days, companies need to find the best way to grow in every direction. Business development is crucial in every aspect that matters, those who know how to use and invest their resources can grow faster than their competitors. When you take care of your companies growth, you have to realize that building your pillar […]

Read More
1 2 3 33
TapTalk
PowerTalk
OneTalk
SendTalk
whatsappfacebooktwitterinstagramlinkedin

Reach us by phone at (021) 27939266

Business Park Kebon Jeruk blok C2-3, Jl. Meruya Ilir Raya no.88, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, 11620

© 2020 - 2023 TapTalk.io (PT Tap Talk Teknologi)

tap talk logo for footer