pt tap talk teknologi blog
Mengenal Bisnis Digital, Jenis, Hingga Ide Bisnisnya

Mengenal Bisnis Digital, Jenis, Hingga Ide Bisnisnya

By Jessica Jacob
20 / 01 / 2023

Apakah Anda seorang calon pengusaha yang berencana untuk memulai bisnis digital, tapi tidak yakin harus mulai dari mana? Atau, Anda seorang pemilik bisnis berpengalaman yang menjalankan bisnis offline dan ingin mencobanya secara online? Apa pun masalahnya, "digital" adalah kata kunci baru dan telah menjadi kebutuhan!

Di masa sekarang, Anda mungkin tidak bisa melakukan banyak hal tanpa kehadiran online—baik itu situs web, akun media sosial, atau aplikasi e-commerce. Namun, ruang digital sangat luas dan seringkali membingungkan, dan wajar jika tidak tahu harus mulai dari mana. 

Haruskah Anda membangun situs web terlebih dahulu atau mengembangkan aplikasi seluler? Apakah YouTube lebih baik daripada Twitter dalam menjangkau pelanggan?

Pada artikel ini, kami membahas apa itu bisnis digital, konsep bisnisnya, dan apa saja model bisnis digital.

Mengenal Bisnis Digital, Jenis, Hingga Ide Bisnisnya

Key Takeaways

  • Bisnis digital adalah bisnis yang menggunakan teknologi untuk menjual kepada pelanggannya dan menyelesaikan operasi sehari-hari. 
  • Bisnis digital bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas, memiliki biaya operasional yang rendah, dan mempermudah pengambilan keputusan.
  • Terdapat 11 model bisnis digital yang dapat Anda temui sehari-hari
  • Untuk membangun bisnis digital, Anda perlu otomatisasi, melatih tim Anda, tetap gesit, berinvestasi dalam digital marketing, dan jangan takut mengambil aksi.

Apa itu Bisnis Digital?

Bisnis digital adalah bisnis yang menggunakan teknologi untuk menjual kepada pelanggannya dan menyelesaikan operasi sehari-hari. 

Bisnis digital menggunakan teknologi tidak hanya untuk mengotomatiskan proses bisnis harian mereka, tetapi juga menciptakan nilai baru dalam model bisnis, pengalaman pelanggan, dan kemampuan internal mereka.

Secara umum, bisnis digital mengandalkan teknologi untuk beroperasi dan berkembang. Bergantung pada industri bisnis Anda, hal ini mungkin terlihat seperti:

  • Menggunakan aplikasi produktivitas dan sistem manajemen tugas untuk mengotomatiskan alur kerja
  • Memanfaatkan Artificial Intelligence (AI) untuk meningkatkan pengalaman pelanggan
  • Menangkap data untuk meningkatkan kecerdasan bisnis
  • Atau, untuk perusahaan online, melakukan 100 persen pekerjaan Anda melalui platform digital

Beberapa contoh perusahaan luar negeri yang menerapkan bisnis digital adalah Amazon, Netflix, dan Uber.

Manfaat Bisnis Digital

Terdapat banyak keuntungan dalam mengubah bisnis konvensional menjadi bisnis digital. Selain itu juga meningkatkan produktivitas. Berikut beberapa kelebihan bisnis digital.

1. Meningkatkan Produktivitas

Mengotomatiskan proses manual memiliki dampak yang sangat besar. Misalnya, bayangkan Anda mengotomatiskan sektor perakitan di dalam industri Anda. Sekarang, tidak ada lagi kebutuhan tenaga kerja manual untuk bekerja di sektor tersebut karena semuanya akan dilakukan dengan bantuan robot. 

Dengan demikian, hanya akan ada sedikit kesalahan. Selain itu, prosesnya juga lebih cepat.

2. Biaya Operasional Lebih Rendah

Tujuan utama dari setiap bisnis adalah untuk menghemat waktu dan uang. Melakukan proses dan tugas manual sangat memakan waktu dan relatif lebih lambat daripada teknik otomatis. Selain itu, Anda juga perlu membayar pekerja secara bulanan atau per jam, yang akan membutuhkan banyak uang.

Ketika proses dilakukan secara manual, ada kemungkinan kesalahan yang lebih tinggi. Dalam kasus seperti itu, digitalisasi bisnis akan lebih efisien dan lebih murah.

Selain itu, digitalisasi dapat menghemat hingga 90% biaya operasional perusahaan.

3. Kualitas dan Konsistensi Tinggi

Keuntungan utama memiliki bisnis digital adalah dapat menjamin bahwa semua operasi dilakukan secara konsisten. Ini memberikan output berkualitas tinggi.

Misalnya, mengotomatisasi sektor layanan pelanggan akan memberi konsumen informasi dan dukungan berkualitas tinggi.

4. Tata Kelola dan Keandalan

Anda dapat mengandalkan proses otomatis karena dapat diandalkan untuk menjalankan perusahaan Anda. Keandalan otomatisasi alur kerja memastikan bahwa proses selalu berjalan sesuai dengan aturan yang ada.

5. Pengambilan Keputusan yang Lebih Baik

Analisis informasi mengubah data menjadi pengetahuan, dan pengetahuan membantu orang membuat keputusan yang lebih baik. Oleh karena itu, digitalisasi dan manajemen informasi berjalan beriringan.

Konsep Bisnis Digital

Konsep Bisnis Digital

Menjadi bisnis digital adalah perubahan mendasar, jadi penting untuk mempertimbangkan konsep utama yang memandu transformasi Anda.

Apa yang ingin dicapai bisnis dengan menjadi digital? Sebagian besar organisasi mengutip empat konsep bisnis digital berikut:

1. Fleksibilitas

Fleksibilitas dapat membantu Anda mengembangkan strategi yang gesit dan bersiap untuk menghadapi situasi apa pun. Ini adalah salah satu konsep bisnis digital yang penting. 

Tidak ada yang terobsesi dengan poin-poin penting dari apa yang ingin mereka lihat; sebaliknya, mereka fokus pada apa yang berhasil. 

Tidak apa-apa jika hipotesis awal Anda tentang apa yang mungkin berhasil ternyata tidak berhasil. Yang paling penting adalah bagaimana Anda menangani peluncuran yang tidak memuaskan itu.

2. Skalabilitas

Saat Anda terus menambahkan sumber daya yang diperlukan untuk memenuhi permintaan yang terus meningkat, skalabilitas adalah kapasitas untuk membuat, menjual, dan mengirimkan lebih banyak barang dan jasa tanpa mengorbankan kualitas atau harga. 

3. Budaya

Bisnis digital memerlukan perubahan cara Anda beroperasi, dan ini dimulai dengan mengubah cara berpikir Anda. 

Untuk benar-benar menjadi bisnis digital, Anda membutuhkan staf Anda untuk bergabung. Meskipun pemimpin teknologi di organisasi Anda mungkin berada di garis depan pekerjaan ini, membangun filosofi produktivitas, efisiensi, dan otomatisasi ke dalam misi setiap departemen sangat penting untuk kesuksesan.

4. Kualitas

Konsep bisnis digital terakhir ini mungkin tampaknya mudah, tetapi penting untuk diingat bahwa kualitas adalah kunci saat Anda membuat perubahan besar. 

Seringkali, kita terhanyut dalam inovasi demi inovasi. Namun, ini tidak akan menambah nilai bagi bisnis Anda. Jika proses baru Anda tidak meningkatkan kualitas, Anda perlu memikirkan kembali strategi Anda.

Apa saja Model Bisnis Digital?

Model bisnis digital pada dasarnya adalah bagaimana perusahaan Anda menghasilkan pendapatan secara online atau bagaimana Anda menggunakan internet untuk menukar barang dan jasa dengan uang tunai. 

Untuk memotivasi upaya online Anda, mari kita lihat beberapa model yang paling sukses:

1. Model Bisnis Gratis

Model bisnis gratis mengandalkan dan dibiayai oleh iklan dari situs web seperti Facebook dan Google. Tujuan di balik strategi bisnis ini adalah untuk menyediakan layanan tanpa biaya, serta menjadikan pelanggan sebagai produk.

2. Model Bisnis Freemium

Perusahaan mengembangkan versi produk mereka yang disederhanakan dan menawarkannya secara gratis kepada pelanggan. LinkedIn, Skype, WordPress, dan bisnis terkenal lainnya adalah beberapa contoh model bisnis digital freemium.

3. Model Bisnis On-Demand

Kerangka kerja tradisional, di mana pelanggan harus menggunakan layanan berdasarkan jadwal dan format sumber, telah digantikan oleh model berdasarkan permintaan (on-demand), yang sangat populer di kalangan penyedia media dan konten. Spotify dan Netflix adalah dua layanan on-demand yang paling populer dan terkenal.

4. Model Bisnis E-commerce

E-Commerce adalah jenis bisnis digital yang terkenal. Ini mudah diterapkan oleh organisasi mulai dari nol, online, dan perusahaan offline yang ingin merangkul transformasi digital. Pelanggan dari seluruh dunia telah menggunakan Amazon, platform E-Commerce paling populer.

5. Model Bisnis Marketplace

Dalam konsep ini, pembeli dan penjual memperdagangkan barang dan jasa di marketplace dua sisi (penjual dan pembeli) yang dijalankan oleh pihak ketiga. Contoh strategi bisnis ini antara lain eBay berbasis produk, Etsy, dan Uber berbasis layanan.

6. Model Bisnis Ekosistem

Ekosistem adalah salah satu model yang paling menjanjikan. Untuk menawarkan pengalaman yang menyeluruh, perusahaan memulai dengan satu produk utama dan secara bertahap memperkenalkan produk terkait lainnya. Google adalah salah satu bisnis model ekosistem paling sukses.

7. Model Bisnis Sharing

Jenis bisnis ini sering disebut sebagai model akses-melalui-kepemilikan. Pelanggan dapat memanfaatkan produk menggunakan model ini tanpa membelinya. Airbnb adalah salah satu bisnis yang menggunakan model sharing.

8. Model Bisnis Pengalaman

Model bisnis ini menambahkan nilai pada hal-hal yang tidak mungkin dilakukan tanpa menggunakan teknologi digital. Misalnya, Tesla mengubah industri otomotif dengan mengintegrasikan layanan digital dan bahkan ekosistem digital ke dalam mobilnya, yang kini menjadi pendorong utama model ekonominya.

9. Model Bisnis Berlangganan

Model bisnis berbasis langganan memungkinkan organisasi untuk menurunkan “biaya akses” klien mereka ke barang dan jasa mereka. Konsep ini dapat diterapkan pada hampir semua layanan dan berbagai macam produk, tetapi ini bekerja paling baik dengan penerbit digital, produk SaaS, dan layanan streaming.

10. Model Bisnis Open-source

Firefox adalah salah satu contoh bisnis digital open-source paling populer. Program ini dapat diakses untuk diunduh, digunakan, dan kontribusi komunitas di seluruh dunia. 

Bisnis menyebar dengan cepat karena Firefox gratis dan memiliki komunitas kontributor yang besar. Ini biasanya menarik banyak sumber daya (gratis) untuk menyempurnakan perangkat lunak. Model bisnis Firefox bergantung pada kemitraan dan royalti dari search engine (mesin pencari).

11. Model Bisnis Hidden Revenue Generation 

Hidden Revenue Generation adalah model bisnis di mana perusahaan tidak membebankan biaya kepada klien untuk menggunakan produk mereka dan sebaliknya menghasilkan pendapatan dari pihak lain. 

Meskipun Google dan Facebook menawarkan layanan gratis kepada penggunanya, jenis bisnis ini menghasilkan pendapatan dari iklan berdasarkan informasi pengguna.

Hambatan Umum untuk Transformasi Digital

Meskipun keuntungan transformasi digital sudah jelas, ada beberapa alasan mengapa banyak organisasi kesulitan menerapkan strategi bisnis digital secara efektif. Hambatan umum untuk transformasi digital meliputi:

  • Kurangnya talent IT yang berdedikasi
  • Budaya bisnis dan struktur organisasi yang tidak fleksibel
  • Infrastruktur teknologi lama
  • Proses bisnis yang tidak efisien

Inti dari hambatan ini adalah kurangnya mobilitas data secara umum. Organisasi sering beroperasi sebagai departemen yang terpisah, masing-masing dengan manajemen data dan praktik pelaporannya sendiri.

Transformasi digital membutuhkan kerja sama lintas organisasi, yang bisa menjadi sulit ketika informasi tidak mudah diakses atau dibagikan di seluruh organisasi. Mengkonsolidasikan penyimpanan lama dapat membantu memberi bisnis mobilitas data yang mereka butuhkan untuk menerapkan strategi bisnis digital yang nyata.

Bagaimana Cara Membangun Bisnis Digital

Memulai bisnis digital membutuhkan waktu lebih singkat dan tidak memerlukan investasi besar dalam aset fisik atau produk seperti ruang kantor atau inventaris. Karena ketersediaan berbagai alat SaaS gratis, membangun bisnis digital menjadi lebih mudah.

Ingin mengubah bisnis konvensional menjadi digital atau memulai perusahaan dari nol, berikut adalah lima tip untuk membantu Anda membangun bisnis digital yang sukses.

1. Otomatisasi

Bisnis digital memiliki satu kesamaan: mereka mengotomatiskan semuanya. Mengapa membuang-buang waktu melakukan tugas-tugas biasa yang dapat dilakukan AI untuk Anda ketika Anda dapat menghabiskan waktu itu untuk mengembangkan bisnis Anda? Periksa proses Anda dan mulailah mengotomatiskan jika memungkinkan.

2. Latih Tim Anda

Orang adalah dasar dari semua yang Anda lakukan. Investasikan dalam meningkatkan tim Anda sehingga mereka merasa percaya diri menggunakan teknologi baru. 

Mereka akan membantu Anda menemukan cara baru untuk memanfaatkan teknologi seiring pertumbuhan bisnis Anda.

3. Tetap Gesit

Transformasi digital membutuhkan waktu, dan tetap gesit adalah salah satu hal dasar bisnis digital. 

Dengan melakukan penyesuaian mikro pada strategi bisnis digital Anda seiring berjalannya waktu, Anda akan memiliki produk akhir yang lebih memuaskan. 

Evaluasi transformasi Anda sesering mungkin dan kumpulkan data sebanyak mungkin untuk membantu Anda membuat keputusan jangka panjang yang tepat.

4. Berinvestasi dalam Digital Marketing

Anda dapat memiliki organisasi yang paling efisien di dunia, tetapi tidak ada gunanya bagi Anda jika Anda tidak memiliki pelanggan. Investasikan dalam strategi digital marketing cerdas untuk organisasi Anda. 

Latih tim pemasaran Anda tentang strategi digital marketing terbaik untuk pasar saat ini, mulai dari search engine optimization hingga pengelolaan media sosial dan seterusnya.

Baca juga: Interactive Marketing: Strategi Ampuh Digital Marketing

5. Jangan Takut 

Bisnis digital memiliki ruang besar untuk berkembang, jadi jangan menetapkan target Anda terlalu rendah. Tidak ada yang tahu ke mana teknologi baru ini bisa membawa Anda.

10 Ide Bisnis Digital Terbaik

Memulai bisnis adalah impian bagi banyak pengusaha yang bercita-cita tinggi, tetapi menemukan ide dan meluncurkan usaha Anda bisa jadi menantang. Di era digital, berjualan online — baik menjual produk maupun layanan — dapat menghadirkan opsi startup yang unik dan terjangkau bagi calon wirausahawan. 

Kuncinya adalah mencocokkan minat, kekuatan, dan keterampilan Anda dengan peluang bisnis online yang menguntungkan.

Berikut beberapa contoh ide bisnis digital yang bisa Anda coba.

1. Konsultan Online

Konsultan menasihati bisnis dan individu tentang berbagai masalah dan aspek bisnis. Melakukan konsultasi online menawarkan jangkauan klien tanpa batas, dan Anda dapat memulai dengan cepat dan mudah.

Beberapa peluang konsultan online paling populer saat ini termasuk konsultan digital marketing, konsultan SEO, dan konsultan media sosial.

2. Pengembang Aplikasi

Aplikasi mobile lebih populer dari sebelumnya. Ada banyak orang yang bersedia membayar banyak uang untuk pembuatan aplikasi. Jika Anda memiliki ide baru yang bagus untuk sebuah aplikasi dan tahu cara coding, pertimbangkan untuk membuat aplikasi. 

Anda juga bisa menjadi pengembang aplikasi seluler untuk bisnis yang harus membuat aplikasi berpemilik.

3. Bisnis Dropship

Jika Anda ingin menjalankan situs e-commerce, Anda mungkin khawatir dengan manajemen inventaris dan penyimpanan. 

Dengan bisnis dropship, Anda dapat menerima pesanan pelanggan di toko online dan mengirimkannya langsung ke pengecer pihak ketiga. Selama model bisnis Anda melibatkan penjualan barang dengan harga lebih tinggi dari yang akan Anda bayarkan ke pengecer pihak ketiga, bisnis dropshipping Anda akan sukses.

4. Bisnis Afiliasi

Semakin berkembangnya teknologi, semakin banyak juga sumber pendapatan yang bisa diperoleh. Salah satunya adalah melalui program afiliasi. 

Ide bisnis digital berikut sebenarnya memasarkan barang atau produk orang lain dengan imbalan komisi jika produk tersebut dijual melalui tangan Anda. Biasanya, Anda akan mendapatkan kode referral yang digunakan saat calon pelanggan membeli produk yang Anda jual. Sudah banyak platform e-commerce yang menjalankan program afiliasi.

5. Jasa Desain Grafis

Ide bisnis digital selanjutnya adalah menjalankan bisnis desain grafis. Bagi Anda yang memiliki keahlian desain grafis, Anda bisa mencoba membuka jasa tersebut.

Dengan kemampuan desain grafis yang dimiliki, Anda dapat membuat jasa pembuatan logo bisnis, poster, spanduk, dan lain-lain. Dunia bisnis yang selalu berkembang selalu membuka peluang positif bagi jasa desain grafis. Jika Anda belum memiliki keterampilan tersebut, tidak ada salahnya untuk mulai belajar sekarang!

6. Influencer atau Content Creator

Siapa yang tidak bisa lepas dari media sosial setiap hari? Tidak hanya sebagai sarana hiburan, tetapi media sosial bisa menjadi sarana pembelajaran. 

Jika Anda memiliki konten yang menarik di feed Anda, jumlah pengikut yang banyak, dan tingkat keterlibatan yang tinggi, Anda memiliki kesempatan untuk menjadi influencer atau content creator

Jika Anda memenuhi kriteria tersebut, Anda berkesempatan untuk mendapatkan endorsement atau bentuk kerjasama lainnya dari brand yang sedang menjalankan kampanye digital. 

7. Penerjemah Online

Jika Anda memiliki kemampuan bahasa asing seperti bahasa Inggris, Jepang, Korea, ini bisa menjadi ide bisnis digital selanjutnya. 

Selain menjadi pengajar online, Anda bisa menjadi penerjemah profesional untuk keperluan menerjemahkan jurnal ilmiah, artikel, proposal dan lain-lain. Target pelanggan bisnis digital ini bisa berasal dari kalangan akademisi, korporasi, dan mahasiswa.

8. Penulisan Artikel

Penulisan artikel adalah ide bisnis yang menguntungkan bagi orang-orang yang mahir menggunakan kata-kata. Anda akan melakukan pekerjaan seperti menulis untuk koran, majalah, jurnal, dan lainnya. Tulisan Anda ini akan menyampaikan berita, hasil penelitian, analisis akademik, debat, dan sebagainya.

Bisnis ini membutuhkan banyak penelitian dan keterampilan menulis dan untuk menjadi penulis yang sukses.

9. Tutor Online

Jika Anda selalu ingin mengajar, tetapi merasa kelas terlalu mengintimidasi, tutor online mungkin merupakan pilihan bisnis yang bagus. Apakah keahlian Anda adalah matematika, sains, atau bahasa Inggris, akan selalu ada sekelompok orang yang membutuhkan dukungan Anda!

Anda dapat mencari platform yang memungkinkan Anda untuk bekerja dari jarak jauh, mendapatkan bayaran dengan jadwal reguler, dan kesempatan untuk mengajar siswa dari segala usia.

10. Asisten Virtual

Asisten virtual adalah seseorang yang serba bisa, yang dapat mengelola media sosial bisnis, menerima panggilan atau tugas, mengatur email, mengelola keuangan mereka, dan banyak lagi. Perubahan tugas ini bagus jika Anda ingin setiap hari kerja berbeda.

Meskipun Anda membantu bisnis dengan tugas harian mereka, pada akhirnya Anda adalah bos Anda sendiri. Terima klien sebanyak yang Anda suka agar sesuai dengan jadwal Anda. Anda akan menikmati fleksibilitasnya.

Baca juga: E-commerce adalah: Jenis dan Perbedaannya dengan Marketplace

Mulailah Bisnis Digital Anda dengan Omnichannel

Omnichannel adalah model bisnis lintas channel yang menekankan pengalaman pelanggan yang berkualitas. Pelanggan dari perusahaan atau brand yang menerapkan strategi Omnichannel dapat berbelanja atau mendapatkan informasi menggunakan berbagai channel sekaligus, baik online maupun offline.

Channel apa pun yang digunakan pelanggan, atau bahkan saat mereka menggunakan beberapa channel sekaligus, solusi Omnichannel ini dapat memberikan informasi lengkap tentang perjalanan pelanggan di seluruh saluran tersebut. Semua aktivitas pelanggan dari berbagai channel ini dapat diketahui secara real-time oleh agent, sehingga mereka dapat mengetahui apa yang harus dilakukan selanjutnya, dan channel apa yang paling tepat untuk berkomunikasi dengan pelanggan.

Dengan digitalisasi ini, perusahaan dapat mengoptimalkan produktivitas agent dan karyawan. Omnichannel membuat pekerjaan menjadi mudah, cepat, efisien, dan membantu Anda menganalisis pasar dan membangun strategi. Dengan teknologi Omnichannel, Anda dapat mencapai tujuan lebih cepat, sehingga perusahaan Anda akan berkembang pesat.

Mulailah Bisnis Digital Anda dengan Omnichannel

OneTalk by TapTalk.io adalah salah satu Omnichannel asal Indonesia yang bisa Anda coba dalam memulai bisnis digital. Dengan OneTalk, dashboard Anda dapat terhubung dengan berbagai macam channel, seperti WhatsApp, Facebook Messenger, DM Instagram dan lainnya.

Dengan demikian, Anda dapat mendukung kebutuhan pelanggan Anda dan memusatkan komunikasi mereka dari berbagai saluran dengan mudah dengan kemampuan untuk melihat informasi pelanggan, riwayat kasus mereka yang lain, dan banyak fitur lainnya.

Yuk, dapatkan kemudahan dalam membuat bisnis digital dengan OneTalk! Hubungi agent kami di sini untuk informasi lebih lanjut.

Trial Akun Demo TapTalk

Related Posts

By Jessica Jacob

02 / 06 / 2023

Di tengah persaingan bisnis yang semakin ketat, perubahan dapat menjadi kunci untuk menghadapi tantangan dan memenangkan hati konsumen. Inilah mengapa rebranding telah menjadi strategi yang populer bagi perusahaan yang ingin menghidupkan kembali citra mereka dan menjangkau khalayak yang lebih luas. Dalam era yang terus berkembang ini, di mana tren, preferensi, dan harapan konsumen terus berubah, […]

Read More

By Jessica Jacob

01 / 11 / 2023

Sasaran penjualan adalah elemen kunci dalam strategi pemasaran dan manajemen bisnis. Hal tersebut memberikan panduan yang jelas tentang apa yang ingin dicapai oleh tim penjualan dan membantu perusahaan merumuskan langkah-langkah yang tepat untuk mencapainya.  Dalam artikel ini, Anda akan mengetahui apa itu sasaran penjualan, tujuan, jenis sasaran penjualan, dan cara menentukan sasaran penjualan yang efektif. […]

Read More

By Ardian

08 / 07 / 2020

Banyak orang mencari informasi bagaimana cara meningkatkan penjualan dengan cara promosi di WhatsApp. Sebenarnya ada beberapa tips promosi menggunakan aplikasi WhatsApp untuk meningkatkan penjualan. Namun, tidak semua pengusaha mengetahui dan mempraktekkannya dengan baik. Promosi WhatsApp yang benar dan efektif akan mampu mendatangkan banyak pembeli. Sebagian besar pemilik toko online, penjual di internet, dropshipper, reseller maupun […]

Read More
1 2 3 109
TapTalk
PowerTalk
OneTalk
SendTalk
whatsappfacebooktwitterinstagramlinkedin

Reach us by phone at (021) 27939266

Business Park Kebon Jeruk blok C2-3, Jl. Meruya Ilir Raya no.88, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, 11620

© 2020 - 2023 TapTalk.io (PT Tap Talk Teknologi)

tap talk logo for footer