Selain memiliki aplikasi perpesanan yang biasa Anda kenal, WhatsApp juga memiliki dua produk khusus untuk bisnis, yaitu WhatsApp Business App dan WhatsApp Business API.
Secara singkat, perbedaan dua WhatsApp itu terletak pada skala bisnis. WhatsApp Business diperuntukan untuk bisnis skala kecil dan menengah melalui aplikasi di smartphone. Sedangkan, WhatsApp Business API memberikan solusi untuk bisnis skala besar. Berbeda dari WhatsApp Business, WhatsApp API memiliki aturan yang lebih ketat.
Berikut ini terdapat larangan-larangan yang perlu diperhatikan agar bisnis Anda tidak di-banned.
Table of Contents
Sebelum Anda mulai menggunakan WhatsApp Business API, penting bagi Anda untuk memahami kebijakan WhatsApp Business dan Commerce.
Berikut ini adalah kumpulan bisnis yang tidak diperbolehkan WhatsApp.
Selama Anda tidak menggunakan WhatsApp Business API untuk hal-hal tersebut, Anda tentunya tidak perlu khawatir.
Bisnis yang menjual produk dan layanan yang dilarang di atas masih bisa menggunakan WhatsApp Business untuk mengirim pesan. Namun, mereka hanya bisa menggunakannya untuk interaksi pra dan pasca penjualan tertentu.
Baca juga: Cara Menggunakan WhatsApp Business dengan Multi User
Selain mengatur bisnis apa saja yang tidak diperbolehkan, WhatsApp juga memiliki beberapa larangan dalam mengoperasikan API-nya.
Sejak awal, WhatsApp telah berhati-hati untuk menghindari memfasilitasi atau terlibat dalam tindakan yang menghasilkan spam atau pesan mengganggu lainnya.
Pesan spam yang dimaksud adalah pesan template yang berisi penawaran atau promosi tentang layanan dan produk. Facebook telah menetapkan aturan tentang jenis pesan apa yang dapat digunakan sebagai template sehingga bisnis tidak dapat membuat pesan tanpa persetujuan dari WhatsApp.
Sebagai pengguna, Anda sendiri juga pasti tidak suka menerima pesan terus-menerus dari nomor telepon yang sama. Oleh karena itu, WhatsApp sangat melarang pengguna WhatsApp Business yang mengirim spam.
Untuk menggunakan WhatsApp Business API, Anda harus bekerja sama dengan pihak ketiga yang official, yaitu WhatsApp Business Solution Provider (BSP).
Menggunakan apa pun selain BSP resmi dapat mengakibatkan penghapusan akses Anda ke WhatsApp atau banned. Ini juga dapat mengakibatkan nomor Anda diblokir secara permanen dari WhatsApp.
WhatsApp sendiri secara aktif mengejar perusahaan tidak resmi ini dengan tindakan hukum. Algoritma mereka bisa mendeteksi perilaku yang dilarang. Jadi, hanya masalah waktu sebelum perusahaan nakal ditemukan.
Jika Anda bekerja dengan pihak ketiga yang ilegal, segera hentikan dan hubungi penyedia resmi seperti OneTalk by Taptalk. OneTalk adalah salah satu penyedia layanan omnichannel di Indonesia yang menyediakan WhatsApp Business API.
Sebenarnya, WhatsApp jenis ini tidak memiliki aplikasi, sehingga perusahaan besar harus mengakses data mentah melalui API yang memerlukan tindakan teknis. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena OneTalk mempermudah segala tindakan teknis.
Integrasi OneTalk dengan WhatsApp API hanya membutuhkan langkah-langkah sederhana. OneTalk memungkinkan WhatsApp API Anda dalam satu dasbor perpesanan omnichannel.
Selain terhubung dengan channel lainnya dalam satu dasbor, akun WhatsApp Anda juga akan otomatis mempunyai Centang Hijau. Sangat menguntungkan bukan? Jadi tunggu apalagi? Dapatkan WhatsApp Business API dengan OneTalk dengan menghubungi agent kami di sini.
Baca juga: WhatsApp Beta vs WhatsApp Business API: Mana Pilihan Terbaik untuk Bisnismu?
By Ardian
Ketika kita mendengar “pemasaran lewat media sosial”, platform sosial seperti Facebook dan Twitter langsung muncul di benak Anda. Namun, aplikasi messenger seperti WhatsApp telah mengikuti jejaring sosial utama dalam hal basis pengguna, dan itulah mengapa Anda memerlukan strategi pemasaran WhatsApp. Pada Januari 2018, WhatsApp meluncurkan Aplikasi Bisnis WhatsApp yang sangat dinanti-nantikan ke pasar terbatas. Sejak […]
By Jessica Jacob
Customer service adalah sesuatu yang penting untuk membangun brand loyalty, tetapi banyak konsumen yang berpendapat bahwa perusahaan kini mulai melupakan aspek penting ini. Karena akses cepat menggunakan internet, harapan konsumen telah bergeser. Perusahaan harus menemukan cara untuk memenuhi harapan mereka dan menemukan cara untuk mengikutinya saat harapan dan keinginan tersebut terus berubah. Pelanggan menghargai kecepatan […]
By Jessica Jacob
Bisnis modern harus tersedia di saluran favorit pelanggan mereka. Masa-masa di mana hanya alamat email dan nomor telepon yang cukup sudah berakhir dan kadaluarsa. Jika grup target Anda ada di Instagram, Anda juga harus ada di sana. Dan dilihat dari jumlahnya, Instagram memiliki peluang yang besar untuk Anda. Pada tahun 2018, 71% dari semua bisnis […]
Reach us by phone at (021) 27939266
© 2020 - 2021 TapTalk.io (PT Tap Talk Teknologi)