pt tap talk teknologi blog
Hal yang Harus Dihindari dalam Menggunakan WhatsApp Business API

Hal yang Harus Dihindari dalam Menggunakan WhatsApp Business API

By Jessica Jacob
20 / 12 / 2021

Selain memiliki aplikasi perpesanan yang biasa Anda kenal, WhatsApp juga memiliki dua produk khusus untuk bisnis, yaitu WhatsApp Business App dan WhatsApp Business API.

Secara singkat, perbedaan dua WhatsApp itu terletak pada skala bisnis. WhatsApp Business diperuntukan untuk bisnis skala kecil dan menengah melalui aplikasi di smartphone. Sedangkan, WhatsApp Business API memberikan solusi untuk bisnis skala besar. Berbeda dari WhatsApp Business, WhatsApp API memiliki aturan yang lebih ketat.

Hal yang Harus Dihindari dalam Menggunakan WhatsApp Business API

Berikut ini terdapat larangan-larangan yang perlu diperhatikan agar bisnis Anda tidak di-banned.

Bisnis yang Tidak Boleh Menggunakan WhatsApp Business API

Sebelum Anda mulai menggunakan WhatsApp Business API, penting bagi Anda untuk memahami kebijakan WhatsApp Business dan Commerce.

Berikut ini adalah kumpulan bisnis yang tidak diperbolehkan WhatsApp.

  1. Memfasilitasi kegiatan kriminal, termasuk teroris, mengeksploitasi atau menyebabkan kerugian fisik, keuangan, atau lainnya terhadap orang, bisnis, atau hewan.
  2. Bertransaksi dalam operasi atau pertukaran produk atau layanan ilegal.
  3. Menjual produk tembakau atau peralatan tembakau.
  4. Menjual alkohol.
  5. Menjual suplemen yang tidak aman untuk dikonsumsi, sebagaimana ditentukan oleh WhatsApp atas kebijakannya sendiri (seperti: Anabolic steroids, Chitosan, Comfrey, Dehydroepiandrosterone, Ephedra, dan Human growth hormone).
  6. Menjual senjata, amunisi, atau bahan peledak.
  7. Menjual hewan apa pun (jasa adopsi hewan masih diperbolehkan).
  8. Menjual produk atau layanan untuk orang dewasa.
  9. Menjual bagian tubuh atau cairan tubuh manusia.
  10. Mentransaksikan produk perawatan kesehatan tertentu, termasuk peralatan medis, dan produk yang mengandung nikotin untuk program berhenti merokok.
  11. Menyediakan produk atau layanan dengan cara yang menjurus ke arah seksual.
  12. Memperdagangkan atau memfasilitasi perjudian,seperti lotre, casino online, taruhan olahraga, bingo, atau poker jika uang adalah perjudian.
  13. Memfasilitasi layanan kencan.
  14. Bisnis yang memfasilitasi penjualan dan pembaruan layanan digital, seperti streaming dan subscription.
  15. Menawarkan atau menjual produk yang menipu, palsu, menyesatkan, atau mengganggu.
  16. Bertransaksi dalam penjualan mata uang nyata, virtual, atau palsu.
  17. Melakukan transaksi konten yang melanggar atau melanggar hak kekayaan intelektual pihak ketiga, termasuk hak cipta atau merek dagang. 

Selama Anda tidak menggunakan WhatsApp Business API untuk hal-hal tersebut, Anda tentunya tidak perlu khawatir.

Bisnis yang menjual produk dan layanan yang dilarang di atas masih bisa menggunakan WhatsApp Business untuk mengirim pesan. Namun, mereka hanya bisa menggunakannya untuk interaksi pra dan pasca penjualan tertentu.

Baca juga: Cara Menggunakan WhatsApp Business dengan Multi User

Larangan dalam WhatsApp Business API 

Selain mengatur bisnis apa saja yang tidak diperbolehkan, WhatsApp juga memiliki beberapa larangan dalam mengoperasikan API-nya.

1. Dilarang Spam

Sejak awal, WhatsApp telah berhati-hati untuk menghindari memfasilitasi atau terlibat dalam tindakan yang menghasilkan spam atau pesan mengganggu lainnya.

Pesan spam yang dimaksud adalah pesan template yang berisi penawaran atau promosi tentang layanan dan produk. Facebook telah menetapkan aturan tentang jenis pesan apa yang dapat digunakan sebagai template sehingga bisnis tidak dapat membuat pesan tanpa persetujuan dari WhatsApp.

Sebagai pengguna, Anda sendiri juga pasti tidak suka menerima pesan terus-menerus dari nomor telepon yang sama. Oleh karena itu, WhatsApp sangat melarang pengguna WhatsApp Business yang mengirim spam.

2. Menggunakan Penyedia Jasa WhatsApp Business API Ilegal

Untuk menggunakan WhatsApp Business API, Anda harus bekerja sama dengan pihak ketiga yang official, yaitu WhatsApp Business Solution Provider (BSP).

Menggunakan apa pun selain BSP resmi dapat mengakibatkan penghapusan akses Anda ke WhatsApp atau banned. Ini juga dapat mengakibatkan nomor Anda diblokir secara permanen dari WhatsApp.

WhatsApp sendiri secara aktif mengejar perusahaan tidak resmi ini dengan tindakan hukum. Algoritma mereka bisa mendeteksi perilaku yang dilarang. Jadi, hanya masalah waktu sebelum perusahaan nakal ditemukan.

Jika Anda bekerja dengan pihak ketiga yang ilegal, segera hentikan dan hubungi penyedia resmi seperti OneTalk by Taptalk. OneTalk adalah salah satu penyedia layanan omnichannel di Indonesia yang menyediakan WhatsApp Business API.

Sebenarnya, WhatsApp jenis ini tidak memiliki aplikasi, sehingga perusahaan besar harus mengakses data mentah melalui API yang memerlukan tindakan teknis. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena OneTalk mempermudah segala tindakan teknis.

Integrasi OneTalk dengan WhatsApp API hanya membutuhkan langkah-langkah sederhana. OneTalk memungkinkan WhatsApp API Anda dalam satu dasbor perpesanan omnichannel. 

Selain terhubung dengan channel lainnya dalam satu dasbor, akun WhatsApp Anda juga akan otomatis mempunyai Centang Hijau. Sangat menguntungkan bukan? Jadi tunggu apalagi? Dapatkan WhatsApp Business API dengan OneTalk dengan menghubungi agent kami di sini.

Baca juga: WhatsApp Beta vs WhatsApp Business API: Mana Pilihan Terbaik untuk Bisnismu?

Trial Akun Demo TapTalk
Jessica Jacob
Jessica Jacob memiliki lebih dari empat tahun pengalaman dalam pengembangan strategis di sektor teknologi, dengan latar belakang kuat dalam penjualan korporat dan manajemen proyek. Di TapTalk.io, dia berfokus pada inovasi dan pertumbuhan bisnis, membangun kemitraan strategis lintas industri. Sebelumnya, Jessica berperan aktif dalam mengembangkan kemitraan kanal baru dan memimpin tim lintas fungsi yang berhasil meningkatkan penjualan tahunan sebesar 45%.
linkedin penulisemail penulis

Related Posts

By Jessica Jacob

02 / 06 / 2023

Memahami dan memenuhi kebutuhan pelanggan menjadi kunci kesuksesan sebuah perusahaan. Maka dari itu, kuesioner kepuasan pelanggan menjadi alat yang sangat berharga dalam memperoleh wawasan tentang persepsi dan pengalaman pelanggan terhadap produk atau layanan yang disediakan. Kuesioner kepuasan pelanggan merupakan instrumen yang efektif untuk mengumpulkan umpan balik yang berharga, memahami ekspektasi pelanggan, serta mengidentifikasi area yang […]

Read More

By Jessica Jacob

26 / 09 / 2023

Memahami kebutuhan pelanggan adalah hal terpenting untuk mencapai kesuksesan dalam bisnis. Pelanggan adalah sumber kehidupan bisnis apa pun, dan memenuhi kebutuhan serta keinginan mereka sangat penting untuk pertumbuhan dan profitabilitas. Salah satu kerangka kerja ampuh yang dapat membantu kita memahami dan memprioritaskan kebutuhan pelanggan adalah Hierarki Kebutuhan Abraham Maslow.  Simak artikel ini lebih lanjut untuk […]

Read More

By Jessica Jacob

06 / 07 / 2023

Google Maps adalah salah satu layanan yang paling banyak digunakan dari Google. Jutaan orang menggunakan Google Maps setiap hari.  Selama bertahun-tahun, Google Maps telah berubah dari peta online menjadi sumber daya untuk menemukan tempat baru yang disarankan, meneliti bisnis lokal, dan merencanakan perjalanan yang menyeluruh.  Selain itu, Google Maps juga memiliki berbagai manfaat bagi bisnis […]

Read More
1 2 3 110
TapTalk
PowerTalk
OneTalk
SendTalk
whatsappfacebooktwitterinstagramlinkedin

Reach us by phone at (021) 27939266

Business Park Kebon Jeruk blok C2-3, Jl. Meruya Ilir Raya no.88, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, 11620

© 2020 - 2023 TapTalk.io (PT Tap Talk Teknologi)

tap talk logo for footer