pt tap talk teknologi blog
WhatsApp Beta vs WhatsApp Business API: Mana Pilihan Terbaik untuk Bisnismu?

WhatsApp Beta vs WhatsApp Business API: Mana Pilihan Terbaik untuk Bisnismu?

By Jessica Jacob
14 / 12 / 2021

Dalam beberapa waktu ini, WhatsApp terus menerus mengembangkan WhatsApp Beta dan fitur-fiturnya. Salah satunya adalah bisa beroperasi tanpa harus terhubung dengan handphone.

Namun, tidak semua orang bisa langsung menikmati fitur ini. Hanya mereka yang menggunakan program beta, yang bisa menikmati sejumlah fitur terbaru WhatsApp.

WhatsApp Beta vs WhatsApp Business API: Mana Pilihan Terbaik untuk Bisnismu?

Apa itu WhatsApp Beta?

WhatsApp Beta sendiri adalah suatu program yang memberikan akses lebih awal bagi penggunanya untuk mencoba versi baru dari WhatsApp Web, Desktop, dan Portal.

Sederhananya, WhatsApp Beta hanyalah beberapa versi trial dari versi WhatsApp yang sebenarnya. Melalui Beta, WhatsApp telah meluncurkan beberapa fitur baru yang tadinya tidak bisa digunakan di platform-platform tersebut. Berikut ini terdapat beberapa fitur menarik yang bisa bisnis Anda gunakan dengan WhatsApp Beta.

Fitur-Fitur Baru dari WhatsApp Beta

1. Multiple Device Tanpa Internet

Baru-baru ini, WhatsApp menambahkan fitur multi-device untuk semua pengguna beta. 

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengakses platform di beberapa perangkat meskipun tidak ada konektivitas di smartphone utama. Pengguna dapat menautkan satu akun WhatsApp dengan hingga empat perangkat lagi.

Selain itu, semua pesan, media, dan panggilan pribadi pengguna akan tetap terenkripsi end-to-end.  Fitur ini baru bisa digunakan untuk para pengikut program beta sebelum peluncuran resminya.

2. WhatsApp Sync dari Berbagai Platform

Sejalan dengan fitur multi-device, WhatsApp telah membangun sistem yang mempertahankan enkripsi end-to-end sambil membiarkan penggunanya menyinkronkan data seperti nama kontak, arsip, dan pesan berbintang di seluruh perangkat.

3. WhatsApp Communities

Untuk sekilas, mungkin fitur ini terlihat sama dengan fitur group chat. Namun, WhatsApp Communities lebih mirip dengan Discord.

Pasalnya, admin dapat membuat beberapa grup atau channel di dalam komunitas, seperti yang dapat Anda lakukan di Discord. Dan tentunya, semua obrolan di komunitas akan dienkripsi end-to-end

Fitur ini juga akan menguntungkan bagi bisnis Anda yang memiliki komunitas karena fitur ini memberikan memungkinkan jumlah anggota yang melebihi batas group WhatsApp pada umumnya.

Anda juga bisa membagikan segmen pelanggan Anda dengan fitur ini.

4. Foto HD WhatsApp

WhatsApp juga sedang mengerjakan fitur yang disebut Foto HD. Seperti namanya, ini akan memungkinkan pengguna berbagi foto berkualitas. 

Saat ini, fitur ini tersedia untuk penguji beta Android. WhatsApp memberikan tiga opsi berbeda, termasuk Kualitas terbaik, mode Penghemat Data, dan mode Otomatis. Fitur ini diharapkan bisa membantu banyak pengguna untuk bertukar foto.

Dengan fitur ini, Anda bisa membagikan foto produk yang lebih jelas kepada para pelanggan.

Namun, perlu diperhatikan bahwa foto akan tetap terkompresi bahkan setelah menggunakan fitur ini, dan satu-satunya perbedaan adalah kompresinya akan lebih rendah.

WhatsApp Beta vs WhatsApp Business API

Dari beberapa fitur yang sudah disebutkan di atas, Anda mungkin berpikir bahwa WhatsApp beta sangatlah cocok untuk bisnis, contohnya fitur multiple log in.

Namun, sebenarnya fitur-fitur baru ini dirancang untuk pengguna biasa, bukan bisnis. Misalnya, jika handphone Anda mati karena suatu alasan dan masih perlu mengirim pesan ke teman dan keluarga, fitur log in tadi bisa menjadi penyelamat. 

Fitur WhatsApp Beta ini juga tidak memiliki fungsi penting untuk mengalokasikan pesan ke agent lain dan menunjukkan dengan tepat siapa yang berbicara dengan pelanggan mana.

Berikut ini terdapat beberapa perbedaan yang bisa Anda pertimbangkan untuk mengetahui versi WhatsApp terbaik untuk bisnis.

WhatsApp BetaWhatsApp Business API
Dirancang untuk pengguna biasaDirancang untuk bisnis menegah dan besar
Bisa terhubung ke 4 deviceBisa terhubung lebih dari 4 device
Tidak memiliki Green BadgeMemiliki Green Badge
Memiliki tampilan profil yang sama dengan pengguna biasa, tetapi Anda bisa menyembunyikan informasi Anda (seperti foto profile) dari kontak tertentu.Mempunyai profil bisnis seperti alamat, deskripsi bisnis, alamat email, dan situs web Anda.
Tidak bisa mengirim pesan otomatisBisa mengirim pesan otomatis, seperti Welcome dan Away Message

WhatsApp Business API dengan OneTalk by TapTalk.io

Namun, bisa log in di multi-device saja tidak cukup untuk menjalankan bisnis yang baik. Anda juga harus bisa memiliki fitur-fitur lain yang bisa mendukung operasional bisnis, seperti marketing dan sales.

Solusi yang merangkup log in multi-device dan banyak fitur lainnya adalah WhatsApp Business API yang disediakan OneTalk by TapTalk

Omnichannel yang satu ini memungkinkan Anda untuk memiliki beberapa agent yang bisa log in di dalam waktu yang sama. Jadi, Anda tidak perlu lagi khawatir terlambat dalam menjawab pesan pelanggan.

Selain itu, Anda juga bisa mengirimkan broadcast untuk menginfokan produk baru, promo, dan sebagainya. Pesan broadcast ini juga bisa ditujukan kepada segmen customer tertentu, misalnya khusus untuk pelanggan setia.

Setelah mengirimkan pesan broadcast, Anda juga bisa mendapatkan laporan analisis untuk mengetahui apakah tujuan yang ingin disampaikan melalui broadcast tercapai atau tidak. Dari laporan ini, Anda juga bisa menentukan strategi bisnis selanjutnya atau strategi yang lebih tepat.

Bisa log in multi-device, bisa broadcast, bisa mendapatkan pesan dari banyak channel, dan masih bisa banyak lagi! Jadi, tunggu apa lagi? Hubungi agent kami di sini.

Baca juga: Cara Menggunakan WhatsApp Business dengan Multi User

Share this article

Related Posts

By Ardian

06 / 05 / 2022

Public vs. Private Social Networks: Why One-on-One 'Pace for Social Efficiency' is Needed?Social media has gone through a few generations so far. Before people were “on” with Instagram, Snapchat, and even Vine, there had been the first generation of social media, which is Facebook and Twitter, that of course still going strong to this day. […]

Read More

By Ardian

14 / 12 / 2020

Dampak kecerdasan buatan (AI) pada customer service telah menjadi salah satu topik yang diperdebatkan secara luas dalam beberapa tahun terakhir. Dengan munculnya chatbot, yang didukung oleh AI, interaksi brand dan customer service telah bergeser ke bentuk baru. Facebook, Kik, dan bahkan Telegram meluncurkan platform bot di atas messenger mereka, dan semua orang dan siapa pun […]

Read More

By Ardian

14 / 08 / 2020

How to get customers to be interested in your products and/or services? The first thing that must be done is to introduce the product and service. Through marketing and sales campaign, the customer will know the definition and characteristics of the product and service offered. This will bring up the customer’s awareness to use the […]

Read More
1 2 3 53
TapTalk
PowerTalk
OneTalk
SendTalk
whatsappfacebooktwitterinstagramlinkedin

Reach us by phone at (021) 27939266

Jl. Kyai Maja No.25c, RT.12/RW.2, Gunung, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12120

© 2020 - 2021 TapTalk.io (PT Tap Talk Teknologi)

tap talk logo for footer