pt tap talk teknologi blog
Inilah Update Harga WhatsApp Business API per Juni 2023

Inilah Update Harga WhatsApp Business API per Juni 2023

By Jessica Jacob
09 / 07 / 2024

Pesan online sekarang sudah bukan lagi kebutuhan sekunder, apalagi tersier, tetapi sudah menjadi kebutuhan primer yang setiap orang harus miliki dan aktif menggunakannya. Tidak hanya untuk menerima dan mengirim pesan pribadi, platform pesan online kini juga sering digunakan oleh bisnis besar maupun kecil.

Berbicara soal platform penyedia layanan pesan online, tentunya Anda sering mendengar atau bahkan menggunakan WhatsApp sebagai aplikasi utama. WhatsApp merupakan anak perusahaan dari Meta dibawah pimpinan Mark Zuckerberg.

Namun tahukah Anda bahwa WhatsApp tidak hanya menyediakan layanan pesan online reguler? WhatsApp juga menyediakan layanan WhatsApp Business API yang memungkinkan bisnis berinteraksi dengan pelanggan mereka melalui platform WhatsApp. Ini adalah versi WhatsApp yang dirancang khusus untuk penggunaan bisnis dan berbeda dari aplikasi WhatsApp biasa yang digunakan oleh individu.

Untuk bisa mendapatkan layanan yang maksimal dari produk ini, terdapat harga yang telah ditetapkan WhatsApp. Artikel ini akan memberikan informasi terkait update harga WhatsApp Business API per Juni 2023. Selain itu, Anda juga akan mendapat informasi terkait kategori-kategori, mekanisme dan metode pembayaran, serta fitur-fitur WhatsApp Business API.

Inilah Update Harga WhatsApp Business API per Juni 2023

Key Takeaways:

  • Di dalam layanannya, WhatsApp Business membagi percakapan menjadi 4 kategori, yaitu marketing, utility, authentication, dan service. Selain memiliki fungsi yang berbeda, masing-masing dari kategori tersebut juga memiliki harga yang berbeda.
  • Untuk metode dan mekanisme pembayarannya, WhatsApp Business menggunakan model harga berbasis percakapan. Jika bisnis Anda mengirimkan pesan ke pelanggan melalui Platform WhatsApp Business, Anda akan dikenai biaya per percakapan, yang meliputi semua pesan yang dikirim dalam periode 24 jam.
  • WhatsApp Business API memiliki segudang fitur yang dapat berguna untuk memaksimalkan pekerjaan marketing.

Kategori-Kategori Pesan WhatsApp Business API

Meta membedakan harga WhatsApp Business API berdasarkan 4 kategori percakapan seperti berikut (Meta, 2024).

1. Pemasaran (Marketing)

Pesan yang masuk dalam kategori marketing meliputi percakapan yang berisi promosi, pembaruan informasi, atau ajakan untuk pelanggan agar menanggapi atau mengambil tindakan bisnis.

Berikut adalah template pesan yang masuk dalam kategori marketing:

  • “Selamat! Anda mendapatkan voucher belanja di toko kami. Silakan gunakan kode PROMO50 untuk mendapatkan diskon 50% untuk pesanan berikutnya!”
  • “Kami dari TapTalk.io sekarang siap melayani melalui WhatsApp!”
  • “Halo, selamat datang di profil kami di WhatsApp!”
  • “Maaf atas keterlambatan ini, nama saya XX, ada yang bisa saya bantu?”
  • “Mohon maaf, kami akan tutup setiap hari Minggu.”
  • “Kabar baik! Produk yang Anda simpan sudah tersedia kembali.”
  • “Lupa sesuatu? Kami sudah menyimpan barang Anda di keranjang.”

2. Utilitas (Utility)

Pesan yang masuk dalam kategori utilitas berisi informasi yang ditujukan kepada pelanggan terkait proses transaksi yang sedang berlangsung. Pesan yang masuk dalam kategori ini memfasilitasi permintaan atau transaksi tertentu seperti konfirmasi transaksi, info terkini transaksi, serta notifikasi pasca pembelian.

Berikut contoh template percakapan utilitas yang umum bisnis gunakan:

  • “Pesanan Anda #0077 telah dikonfirmasi!”
  • “Reservasi Anda telah berhasil dilakukan! Sampai jumpa besok.”
  • “Pembayaran Anda telah diterima! Kami harap Anda menikmati konsernya!
  • “Anda telah berhasil check in! Ini boarding pass untuk penerbangan Anda.”
  • “Pesanan Anda sudah dikirim! Kami akan mengirim pesanan Anda paling lambat sampai hari Jumat.”
  • “Pengingat: Janji temu Anda adalah jam 1 siang pada hari Selasa.”
  •  “Pembayaran Anda gagal, klik di sini untuk mencoba lagi.”
  • “Terima kasih, pembayaran Anda telah disetujui.”

3. Autentikasi (Authentication)

Kategori pesan autentikasi di WhatsApp Business API berfungsi untuk mengirimkan kode sandi sekali pakai ketika ada percobaan login (misalnya: verifikasi akun, pemulihan akun, tantangan integritas). Kode yang umum digunakan umumnya terdiri dari 4-8 digit angka.

Berikut cara untuk mengaktifkan percakapan autentikasi di WhatsApp:

  • Gunakan template pesan autentikasi WhatsApp yang sudah disiapkan sebelumnya, yang mencakup tambahan opsional seperti pilihan penolakan keamanan dan pemberitahuan kadaluarsa.
  • Sesuaikan tombol sandi satu kali (pilih untuk menyalin kode atau mengeklik sekali).
  • Patuhi pembatasan konten: Tidak diizinkan penggunaan URL, media, atau emoji dalam konten atau parameter template otentikasi. Batas panjang setiap parameter, yaitu maksimal 15 karakter.

Setelah itu, pelanggan akan menerima pesan autentikasi seperti contoh berikut:

  • “XXXX adalah kode verifikasi Anda.”
  • “XXXX adalah kode verifikasi Anda. Demi keamanan Anda, jangan bagikan kode ini.”
  • “XXXX adalah kode verifikasi Anda. Kode ini akan habis masa berlakunya dalam 5 menit.”

4. Layanan (Service)

Untuk kategori pesan layanan (service) dimaksudkan untuk membantu Anda menangani pertanyaan dari pelanggan. Percakapan layanan akan dimulai saat Anda merespon pesan kepada pelanggan untuk melayani pelanggan.

Dengan catatan, pada periode tersebut tidak ada 3 jenis percakapan lainnya, maka proses tersebut termasuk dalam percakapan berbasis layanan (service).

Sebagai contoh, ada pelanggan yang mengirimkan pesan kepada Anda yang menanyakan perihal pelayanan pelanggan. Kemudian, Anda membalas pesan pelanggan tersebut dengan bebas selama rentang waktu 24 jam.

Baca juga: Whatsapp Business API: Penjelasan dan Cara Menggunakannya

Harga WhatsApp Business API di Indonesia per Juni 2023

Mulai pada tanggal 1 Juni 2023, WhatsApp mempublikasikan update harga untuk layanan WhatsApp Business API.

Berikut adalah pricelistnya:

Harga WhatsApp Business API di Indonesia per Juni 2023
  • Untuk harga percakapan WhatsApp Business kategori utility dikenakan tarif Rp.285,32.
  • Untuk harga percakapan WhatsApp Business kategori marketing dikenakan biaya Rp.586,33.
  • Untuk harga percakapan WhatsApp Business kategori authentication dikenakan biaya Rp.427,97.
  • Untuk harga percakapan WhatsApp Business kategori service dikenakan biaya Rp.270,48.

Metode Pembayaran dan Mekanisme Penagihan WhatsApp Business API

Platform WhatsApp Business menggunakan model harga berbasis percakapan. Jika bisnis Anda mengirimkan pesan ke pelanggan melalui Platform WhatsApp Business, Anda akan dikenai biaya per percakapan, yang meliputi semua pesan yang dikirim dalam periode 24 jam.

1. Metode Pembayaran

  • Jika Anda adalah pebisnis yang mengembangkan perusahaan atau organisasi sendiri, bukan atas nama klien, Anda bisa menambahkan kartu kredit ke akun WhatsApp Business. Metode pembayaran kartu kredit tersedia jika Anda tinggal di salah satu negara yang mendukung pembayaran metode kredit.
  • Jika Anda adalah penyedia suatu solusi bisnis, Anda bisa mengajukan permohonan lini kredit untuk akun WhatsApp Business.
  • Jika Anda bekerja sama dengan Business Solution Provider (BSP), Anda perlu langsung menghubungi mereka untuk mengkoordinasi pembayaran.
  • Jika bisnis Anda tidak memiliki metode pembayaran dan telah melebihi 1.000 pesan per bulan, Anda tidak akan bisa mengirim atau menerima pesan.

2. Mekanisme Penagihan

Percakapan dimulai saat pesan bisnis pertama di percakapan dikirim dan berakhir setelah 24 jam kemudian. Pesan pertama ini bisa diinisiasi oleh pelaku bisnis atau bisa merupakan balasan bisnis dari pesan pengguna.

Dengan model harga berbasis percakapan, percakapan Platform WhatsApp Business dibagi menjadi 2 kategori dengan penetapan harga yang berbeda:

  • Diinisiasi oleh pengguna: Percakapan yang diinisiasi untuk membalas pesan pengguna. Kapan pun pelaku bisnis membalas pesan pengguna dalam periode layanan pelanggan selama 24 jam, pesan tersebut akan dikaitkan dengan percakapan yang diinisiasi oleh pengguna. Pelaku bisnis bisa mengirim pesan berformat bebas dalam periode layanan pelanggan selama 24 jam ini.
  • Diinisiasi oleh pelaku bisnis: Percakapan yang diinisiasi oleh pelaku bisnis yang mengirimkan pesan ke pengguna di luar periode layanan pelanggan 24 jam. Pesan yang memulai percakapan yang diinisiasi oleh pelaku bisnis akan memerlukan template pesan.

Tarif percakapan yang diinisiasi oleh pelaku bisnis dan diinisiasi oleh pengguna berbeda-beda sesuai pasar (negara atau wilayah). Biaya percakapan ditentukan berdasarkan kode negara pengguna (penerima).

Jenis Percakapan yang Tidak Dikenakan Biaya (Gratis)

1. Percakapan tingkat gratis

1.000 percakapan pertama yang dilakukan akun WhatsApp Business Anda setiap bulannya tidak dikenai biaya. Percakapan tingkat gratis bisa diinisiasi oleh pelaku bisnis atau pengguna. Jika 1.000 percakapan gratis setiap bulan tersebut tidak Anda gunakan seluruhnya, percakapan yang tersisa tidak bisa ditambahkan ke bulan berikutnya.

2. Percakapan titik entri gratis

Percakapan tidak akan dikenai biaya jika pengguna mengirimkan pesan ke pelaku bisnis menggunakan tombol ajakan bertindak di Iklan yang mengarahkan ke WhatsApp atau Halaman Facebook. Percakapan titik entri gratis hanya bisa diinisiasi oleh pengguna. Hanya percakapan pertama yang dimulai dari poin entri ini yang gratis. Percakapan awal dari poin entri tidak dikenai biaya selama 3 hari. Percakapan selanjutnya dengan pengguna yang sama akan dikenai biaya.

Baca juga: Hal yang Harus Dihindari dalam Menggunakan WhatsApp Business API

Dapatkan Harga Spesial WhatsApp Business API dari TapTalk.io

Dapatkan Harga Spesial WhatsApp Business API dari TapTalk.io

Supaya memiliki pemasaran bisnis yang maksimal, sudah pasti Anda perlu mendaftarkan diri dan menggunakan layanan WhatsApp Business pada perusahaan atau organisasi Anda. Apa lagi bila layanan WhatsApp Business perusahaan Anda semakin efektif dan efisien dalam menanggapi pelanggan dan menyebarkan kampanye marketing Anda di dunia digital.

Sebelum mengimplementasikannya, penting bagi Anda untuk mengevaluasi kebutuhan dan tujuan spesifik bisnis. Apakah diperlukan kemampuan untuk mengirim pesan massal, respon otomatis kepada pelanggan, dan lainnya. Anda juga dapat mempertimbangkan faktor-faktor lain seperti ukuran bisnis, besar volume komunikasi, kebutuhan integrasi, hingga persyaratan kepatuhan.

Pada akhirnya, WhatsApp Business API dapat membantu bisnis terhubung dengan pelanggan, meningkatkan efisiensi operasional. dan mendorong pertumbuhan kelanjutan. Oleh karena itu, WhatsApp Business API tidak hanya sebagai alat komunikasi, melainkan juga bentuk investasi bisnis dalam membangun hubungan pelanggan dan memperluas jangkauan di era digital ini. Jadi, segera adopsi WhatsApp Business API dan rasakan manfaatnya.

Untuk itu, TapTalk.io hadir menjadi solusi bisnis Anda. TapTalk.io menawarkan harga WhatsApp Business spesial dan terbaik bagi bisnis Anda. Bahkan, TapTalk.io melalui layanan OneTalk menjamin pemasaran bisnis Anda meningkat berkali-kali lipat, dan tentunya dengan harga yang terjangkau.

Mengapa demikian? Ini karena OneTalk by TapTalk.io merupakan layanan omnichannel messaging yang telah resmi terintegrasi dengan platform-platform media sosial besar, seperti Instagram, Whatsapp, Facebook, dll. Dengan kata lain, jika menggunakan OneTalk by TapTalk.io, Anda tidak hanya memaksimalkan performa WhatsApp Business Anda, namun juga pada media sosial yang lain!

Selain itu, OneTalk telah menggunakan teknologi AI dalam operasinya untuk memaksimalkan pembalasan dan pengaturan, serta dapat tetap stay on 24/7 untuk membalas chat dari para konsumen.

Tidak hanya itu, dengan menggunakan OneTalk, pemasaran bisnis Anda akan dapat jauh lebih efektif lagi ketika mengirim pesan ke semua social messenger karena dapat diatur menjadi satu dashboard!

Jadi, tunggu apalagi? Kunjungi situs ini untuk mendapatkan harga dan performa yang terbaik pada setiap sosial media perusahaan Anda!

Trial Akun Demo TapTalk
Jessica Jacob
Jessica Jacob memiliki lebih dari empat tahun pengalaman dalam pengembangan strategis di sektor teknologi, dengan latar belakang kuat dalam penjualan korporat dan manajemen proyek. Di TapTalk.io, dia berfokus pada inovasi dan pertumbuhan bisnis, membangun kemitraan strategis lintas industri. Sebelumnya, Jessica berperan aktif dalam mengembangkan kemitraan kanal baru dan memimpin tim lintas fungsi yang berhasil meningkatkan penjualan tahunan sebesar 45%.
linkedin penulisemail penulis

Related Posts

By Jessica Jacob

06 / 01 / 2023

Pernahkah Anda berpikir tentang bagaimana chatbot dapat membantu dalam mengelola call center Anda? Nah, jika jawabannya tidak, sekaranglah waktunya untuk memikirkan kembali hal ini dan mengetahui dampak implementasi chatbot. Menurut Forbes, pasar chatbot diperkirakan mencapai $1,25 miliar pada tahun 2025. Di zaman sekarang, di mana pelanggan percaya bahwa pengalaman yang diberikan perusahaan sama pentingnya dengan […]

Read More

By Jessica Jacob

20 / 05 / 2022

Yuna & Co adalah sebuah perusahaan fashion yang membantu wanita tampil maksimal melalui berbagai jenis styling yang mereka sediakan. Menjadi sebuah perusahaan yang menjangkau kebutuhan personal setiap pelanggannya, tentu Yuna & Co. membutuhkan layanan customer service yang kuat di balik performa digitalnya. Sebagai bisnis yang yang mengutamakan kepuasan pelanggannya, relasi yang erat dengan customer tentu […]

Read More

By Ardian

16 / 03 / 2021

Today's great customer service is about reaching customers wherever they are. And now, there's one forum where more future clients are than everywhere else: live chat. Think of the way you speak to people every day. You're probably using iMessage and WhatsApp for family and friends, and you're probably spending more time talking to coworkers […]

Read More
1 2 3 101
TapTalk
PowerTalk
OneTalk
SendTalk
whatsappfacebooktwitterinstagramlinkedin

Reach us by phone at (021) 27939266

Business Park Kebon Jeruk blok C2-3, Jl. Meruya Ilir Raya no.88, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, 11620

© 2020 - 2023 TapTalk.io (PT Tap Talk Teknologi)

tap talk logo for footer