Pesan online sekarang sudah bukan lagi kebutuhan sekunder, apalagi tersier, tetapi sudah menjadi kebutuhan primer yang setiap orang harus miliki dan aktif menggunakannya. Tidak hanya untuk menerima dan mengirim pesan pribadi, platform pesan online kini juga sering digunakan oleh bisnis besar maupun kecil.
Berbicara soal platform penyedia layanan pesan online, tentunya Anda sering mendengar atau bahkan menggunakan WhatsApp sebagai aplikasi utama. WhatsApp merupakan anak perusahaan dari Meta dibawah pimpinan Mark Zuckerberg.
Namun tahukah Anda bahwa WhatsApp tidak hanya menyediakan layanan pesan online reguler? WhatsApp juga menyediakan layanan WhatsApp Business API yang memungkinkan bisnis berinteraksi dengan pelanggan mereka melalui platform WhatsApp. Ini adalah versi WhatsApp yang dirancang khusus untuk penggunaan bisnis dan berbeda dari aplikasi WhatsApp biasa yang digunakan oleh individu.
Untuk bisa mendapatkan layanan yang maksimal dari produk ini, terdapat harga yang telah ditetapkan WhatsApp. Artikel ini akan memberikan informasi terkait update harga WhatsApp Business API per Juni 2023. Selain itu, Anda juga akan mendapat informasi terkait kategori-kategori, mekanisme dan metode pembayaran, serta fitur-fitur WhatsApp Business API.
Key Takeaways:
Table of Contents
Meta membedakan harga WhatsApp Business API berdasarkan 4 kategori percakapan seperti berikut (Meta, 2024).
Pesan yang masuk dalam kategori marketing meliputi percakapan yang berisi promosi, pembaruan informasi, atau ajakan untuk pelanggan agar menanggapi atau mengambil tindakan bisnis.
Berikut adalah template pesan yang masuk dalam kategori marketing:
Pesan yang masuk dalam kategori utilitas berisi informasi yang ditujukan kepada pelanggan terkait proses transaksi yang sedang berlangsung. Pesan yang masuk dalam kategori ini memfasilitasi permintaan atau transaksi tertentu seperti konfirmasi transaksi, info terkini transaksi, serta notifikasi pasca pembelian.
Berikut contoh template percakapan utilitas yang umum bisnis gunakan:
Kategori pesan autentikasi di WhatsApp Business API berfungsi untuk mengirimkan kode sandi sekali pakai ketika ada percobaan login (misalnya: verifikasi akun, pemulihan akun, tantangan integritas). Kode yang umum digunakan umumnya terdiri dari 4-8 digit angka.
Berikut cara untuk mengaktifkan percakapan autentikasi di WhatsApp:
Setelah itu, pelanggan akan menerima pesan autentikasi seperti contoh berikut:
Untuk kategori pesan layanan (service) dimaksudkan untuk membantu Anda menangani pertanyaan dari pelanggan. Percakapan layanan akan dimulai saat Anda merespon pesan kepada pelanggan untuk melayani pelanggan.
Dengan catatan, pada periode tersebut tidak ada 3 jenis percakapan lainnya, maka proses tersebut termasuk dalam percakapan berbasis layanan (service).
Sebagai contoh, ada pelanggan yang mengirimkan pesan kepada Anda yang menanyakan perihal pelayanan pelanggan. Kemudian, Anda membalas pesan pelanggan tersebut dengan bebas selama rentang waktu 24 jam.
Baca juga: Whatsapp Business API: Penjelasan dan Cara Menggunakannya
Mulai pada tanggal 1 Juni 2023, WhatsApp mempublikasikan update harga untuk layanan WhatsApp Business API.
Berikut adalah pricelistnya:
Platform WhatsApp Business menggunakan model harga berbasis percakapan. Jika bisnis Anda mengirimkan pesan ke pelanggan melalui Platform WhatsApp Business, Anda akan dikenai biaya per percakapan, yang meliputi semua pesan yang dikirim dalam periode 24 jam.
Percakapan dimulai saat pesan bisnis pertama di percakapan dikirim dan berakhir setelah 24 jam kemudian. Pesan pertama ini bisa diinisiasi oleh pelaku bisnis atau bisa merupakan balasan bisnis dari pesan pengguna.
Dengan model harga berbasis percakapan, percakapan Platform WhatsApp Business dibagi menjadi 2 kategori dengan penetapan harga yang berbeda:
Tarif percakapan yang diinisiasi oleh pelaku bisnis dan diinisiasi oleh pengguna berbeda-beda sesuai pasar (negara atau wilayah). Biaya percakapan ditentukan berdasarkan kode negara pengguna (penerima).
1.000 percakapan pertama yang dilakukan akun WhatsApp Business Anda setiap bulannya tidak dikenai biaya. Percakapan tingkat gratis bisa diinisiasi oleh pelaku bisnis atau pengguna. Jika 1.000 percakapan gratis setiap bulan tersebut tidak Anda gunakan seluruhnya, percakapan yang tersisa tidak bisa ditambahkan ke bulan berikutnya.
Percakapan tidak akan dikenai biaya jika pengguna mengirimkan pesan ke pelaku bisnis menggunakan tombol ajakan bertindak di Iklan yang mengarahkan ke WhatsApp atau Halaman Facebook. Percakapan titik entri gratis hanya bisa diinisiasi oleh pengguna. Hanya percakapan pertama yang dimulai dari poin entri ini yang gratis. Percakapan awal dari poin entri tidak dikenai biaya selama 3 hari. Percakapan selanjutnya dengan pengguna yang sama akan dikenai biaya.
Baca juga: Hal yang Harus Dihindari dalam Menggunakan WhatsApp Business API
Supaya memiliki pemasaran bisnis yang maksimal, sudah pasti Anda perlu mendaftarkan diri dan menggunakan layanan WhatsApp Business pada perusahaan atau organisasi Anda. Apa lagi bila layanan WhatsApp Business perusahaan Anda semakin efektif dan efisien dalam menanggapi pelanggan dan menyebarkan kampanye marketing Anda di dunia digital.
Sebelum mengimplementasikannya, penting bagi Anda untuk mengevaluasi kebutuhan dan tujuan spesifik bisnis. Apakah diperlukan kemampuan untuk mengirim pesan massal, respon otomatis kepada pelanggan, dan lainnya. Anda juga dapat mempertimbangkan faktor-faktor lain seperti ukuran bisnis, besar volume komunikasi, kebutuhan integrasi, hingga persyaratan kepatuhan.
Pada akhirnya, WhatsApp Business API dapat membantu bisnis terhubung dengan pelanggan, meningkatkan efisiensi operasional. dan mendorong pertumbuhan kelanjutan. Oleh karena itu, WhatsApp Business API tidak hanya sebagai alat komunikasi, melainkan juga bentuk investasi bisnis dalam membangun hubungan pelanggan dan memperluas jangkauan di era digital ini. Jadi, segera adopsi WhatsApp Business API dan rasakan manfaatnya.
Untuk itu, TapTalk.io hadir menjadi solusi bisnis Anda. TapTalk.io menawarkan harga WhatsApp Business spesial dan terbaik bagi bisnis Anda. Bahkan, TapTalk.io melalui layanan OneTalk menjamin pemasaran bisnis Anda meningkat berkali-kali lipat, dan tentunya dengan harga yang terjangkau.
Mengapa demikian? Ini karena OneTalk by TapTalk.io merupakan layanan omnichannel messaging yang telah resmi terintegrasi dengan platform-platform media sosial besar, seperti Instagram, Whatsapp, Facebook, dll. Dengan kata lain, jika menggunakan OneTalk by TapTalk.io, Anda tidak hanya memaksimalkan performa WhatsApp Business Anda, namun juga pada media sosial yang lain!
Selain itu, OneTalk telah menggunakan teknologi AI dalam operasinya untuk memaksimalkan pembalasan dan pengaturan, serta dapat tetap stay on 24/7 untuk membalas chat dari para konsumen.
Tidak hanya itu, dengan menggunakan OneTalk, pemasaran bisnis Anda akan dapat jauh lebih efektif lagi ketika mengirim pesan ke semua social messenger karena dapat diatur menjadi satu dashboard!
Jadi, tunggu apalagi? Kunjungi situs ini untuk mendapatkan harga dan performa yang terbaik pada setiap sosial media perusahaan Anda!
By Jessica Jacob
Pernahkah Anda berpikir tentang bagaimana chatbot dapat membantu dalam mengelola call center Anda? Nah, jika jawabannya tidak, sekaranglah waktunya untuk memikirkan kembali hal ini dan mengetahui dampak implementasi chatbot. Menurut Forbes, pasar chatbot diperkirakan mencapai $1,25 miliar pada tahun 2025. Di zaman sekarang, di mana pelanggan percaya bahwa pengalaman yang diberikan perusahaan sama pentingnya dengan […]
By Jessica Jacob
Yuna & Co adalah sebuah perusahaan fashion yang membantu wanita tampil maksimal melalui berbagai jenis styling yang mereka sediakan. Menjadi sebuah perusahaan yang menjangkau kebutuhan personal setiap pelanggannya, tentu Yuna & Co. membutuhkan layanan customer service yang kuat di balik performa digitalnya. Sebagai bisnis yang yang mengutamakan kepuasan pelanggannya, relasi yang erat dengan customer tentu […]
By Ardian
Today's great customer service is about reaching customers wherever they are. And now, there's one forum where more future clients are than everywhere else: live chat. Think of the way you speak to people every day. You're probably using iMessage and WhatsApp for family and friends, and you're probably spending more time talking to coworkers […]
Reach us by phone at (021) 27939266
© 2020 - 2023 TapTalk.io (PT Tap Talk Teknologi)