Format konten yang kita andalkan saat ini sangat mirip dengan format konten yang kita andalkan sejak lama — postingan blog terlihat seperti artikel cetak, presentasi terlihat seperti buku, dan deck slide terlihat seperti presentasi.
Meskipun tidak ada salahnya menggunakan format seperti ini untuk pemasaran, kini pemasar sudah mulai mengubah konten dari “baik” menjadi "luar biasa" menggunakan pemasaran interaktif atau interactive marketing.
Interactive marketing memberi pemasar peluang besar untuk melibatkan pelanggan pada tingkat yang jauh. Pengguna awalnya membuktikan bahwa jika pemasar ingin mengatasi kebisingan, mereka tidak bisa hanya melakukan apa yang selalu mereka lakukan. Mereka perlu memperbarui pekerjaan mereka.
Tapi Anda jelas tidak dapat memanfaatkan interactive marketing dengan baik jika Anda masih belum mengetahui semua tentang strategi ini. Untuk itu, mari baca artikel di bawah untuk memahami semua tentang interactive marketing, strategi ampuh untuk digital marketing Anda.
Poin Kunci:
Interactive marketing adalah taktik pemasaran menggunakan visual atau video yang menarik untuk membuat audiens Anda terlibat dengan konten digital Anda. Bentuk pemasaran ini menarik perhatian audiens Anda, menyenangkan mereka, dan secara kreatif menyajikan produk atau layanan Anda.
Interactive marketing melibatkan inisiatif pemasaran yang berasal dari perilaku dan preferensi pelanggan. Untuk alasan ini, interactive marketing memasarkan produk dengan berkembang dari cara yang tradisional. Sebuah strategi yang berpusat pada kebutuhan konsumen, interactive marketing melibatkan interaksi dengan tindakan pelanggan dan berusaha untuk memenuhi harapan dan tuntutan mereka.
Agar pemasar dapat menerapkan upaya interactive marketing yang berhasil, mereka harus memiliki akses ke teknologi yang memberikan pandangan 360 derajat penuh kepada pelanggan.
Interactive marketing memberi pelanggan potensial kesempatan untuk melakukan pembelian segera. Misalnya, menyertakan ajakan bertindak di tempat pembelian adalah teknik interactive marketing yang populer dan efektif. Saya yakin Anda pernah melihat tombol selama iklan digital yang mengatakan "Beli Sekarang" atau berbagai poin di situs web yang menyertakan tombol "Tambahkan ke Troli".
Menghibur audiens Anda adalah kunci untuk melibatkan mereka - itulah sebabnya taktik seperti kuis online, konten yang dipersonalisasi, dan video interaktif sangat membantu. Ini memberi audiens pengalaman unik yang membuat interaksi dengan bisnis Anda menjadi menyenangkan. Jika audiens Anda terhibur, mereka cenderung tetap setia dan berpotensi mendukung perusahaan Anda.
Anda dapat dengan mudah dan cepat mengukur bagaimana perasaan audiens Anda tentang perusahaan Anda melalui taktik seperti kuis dan jajak pendapat. Apakah situs web Anda mudah dinavigasi? Apakah produk Anda memenuhi harapan? Apakah ada area yang perlu ditingkatkan? Dengan interactive marketing, Anda dapat terhubung lebih baik dengan audiens Anda dan membiarkan suara mereka didengar, sehingga Anda dapat melihat apa yang berhasil dan apa yang tidak.
Baca juga: Tahapan Marketing Funnel, Strategi, dan Cara Menggunakannya
Interactive marketing menawarkan beberapa kelebihan, antara lain:
Ada beberapa tipe umum untuk menerapkan interactive marketing pada strategi pemasaran sebuah perusahaan. Berikut beberapa contoh jenis interactive marketing:
Menggunakan video adalah cara yang bagus untuk menjelaskan suatu topik atau menghibur pemirsa. Pemasar berpengalaman telah menemukan cara baru untuk melibatkan pemirsa dengan menambahkan ajakan bertindak dalam video yang mendorong mereka untuk berlangganan atau berpartisipasi dalam percakapan secara real time. Beberapa memungkinkan pemirsa menjawab pertanyaan dengan mengetuk serangkaian jawaban pilihan ganda tepat di layar. Format lain membenamkan pemandangan dalam lanskap yang menakjubkan - sebuah teknologi yang menjadi semakin populer dengan meluasnya penggunaan video 360 derajat.
Kuis dan jajak pendapat adalah cara yang menyenangkan untuk membuat pengunjung berinteraksi dengan situs Anda — dan Anda dapat membuatnya untuk hampir semua topik. Buzzfeed telah unggul di bidang ini, tetapi tidak jarang melihatnya digunakan untuk perjalanan, pencarian rumah, dan situs web desain interior. Mereka adalah alat pemasaran media sosial yang populer juga.
Dari menyapa pelanggan dengan nama di email hingga mengatur iklan spesifik yang menargetkan kebutuhan individu mereka, menambahkan sentuhan pribadi memberi kesan bahwa Anda berbicara langsung kepada mereka. Pernahkah Anda meninggalkan item di keranjang Anda dan menerima email pengingat tentangnya nanti? Ini adalah tindakan pemasaran khusus.
Mungkin sulit untuk membuat pembaca tetap terlibat dengan artikel yang panjang - itulah sebabnya penceritaan interaktif dapat menjadi sumber yang kuat bagi pemasar. Ini menggunakan bagan, animasi, video, peta yang dapat diklik, bagan, dan alat bantu visual lainnya untuk membantu memecah teks dan mencegah pembaca menjadi kewalahan atau bosan.
Meskipun kalkulator tidak terlihat sangat menarik, kalkulator ini sangat berguna bagi organisasi yang ingin melihat data. Mencari rumah? Anda mungkin telah menggunakan kalkulator KPR untuk mendapatkan perkiraan kasar pembayaran bulanan Anda.
Inisiatif interaksi dua arah adalah inti dari pemasaran interaktif karena mereka memberikan konsumen “platform” untuk berpartisipasi secara aktif. Misalnya menggunakan messaging platform untuk berkomunikasi dengan pelanggan.
Baca juga: 7 Strategi Pemasaran yang Efektif untuk Tingkatkan Penjualan
Masih bingung menggunakan interactive marketing? Di bawah ini terdapat beberapa contoh penerapan strategi ini untuk beberapa brand.
Telusuri di: https://pudding.cool/2018/02/stand-up/
Cara The Pudding menyajikan data dengan konsep interaktif satu ini sungguh menarik! Dengan membedah pertunjukkan seorang stand-up comedian yang mungkin pernah Anda saksikan, Ali Wong, The Pudding membedah data menjadi sesuatu yang menarik.
Kelebihan dari strategi interactive marketing oleh The Pudding:
Untuk memecah audiens mereka sebanyak mungkin, mereka memastikan cerita rutin mereka mengalir mulus dari satu ke yang lain. Namun, beberapa komedian seperti Ali Wong melakukan persiapan stand-up mereka ke tingkat yang sangat berbeda.
Dengan menguraikan seluruh rutinitasnya secara visual, The Pudding mengungkapkan bagaimana Ali Wong telah menjalin semua bagiannya menjadi sebuah cerita, membangun dunianya dan persepsi hidupnya dengan cara yang benar-benar dapat dipahami oleh audiensnya, membuat mereka memiliki rasa empati yang lebih dalam, makna, dan akhirnya humor.
Scotland From the Sky: Glen Coe
https://www.youtube.com/watch?v=nn1phYYFhG8
Alasan utama mengapa tontonan ini memiliki value adalah karena Glen Coe, lembah Skotlandia yang membelah reruntuhan gunung berapi raksasa kuno, adalah salah satu pemandangan paling spektakuler di dunia.
Melalui video 360 derajat Glen Coe yang imersif, BBC Scotland dapat memikat audiens karena mereka dapat mengalami lanskap dari sudut pandang yang intim di setiap sudut yang memungkinkan, membuat mereka merasa seperti apa adanya.
Kelebihan strategi oleh BBC:
Baca juga: Panduan Sukses Conversational Marketing di WhatsApp
Kampanye dalam artikel ini akan memberi Anda beberapa kiat untuk diterapkan pada pemasaran Anda. Saat membuat konten yang bagus, Anda juga harus mempertimbangkan:
Dengan menerapkan konsep seperti ini, Anda akan berada dalam posisi untuk menciptakan sensasi, membuat konten Anda lebih konsisten, meningkatkan pengalaman, dan menggerakkan roda Anda.
Itu dia semua tentang interactive marketing yang bisa mengoptimalkan strategi pemasaran digital perusahaan. Pengemasan konten yang kini semakin beragam dan imersif membuat interactive marketing menjadi sebuah kebutuhan bagi perusahaan.
Jadikan OneTalk by TapTalk.io bagian dari perjalanan interactive marketing Anda. Menggunakan Omnichannel messaging platform yang terpercaya seperti OneTalk, interaksi Anda tidak hanya berhenti di konten, tetapi mengiringi pelangan hingga retensi luar biasa.
Hubungi agent kami untuk berkolaborasi dan wujudkan interactive marketing Anda yang tak terlupakan.