pt tap talk teknologi blog
7 Strategi Pemasaran yang Efektif untuk Tingkatkan Penjualan

7 Strategi Pemasaran yang Efektif untuk Tingkatkan Penjualan

By Jessica Jacob
22 / 09 / 2022

Mengembangkan bisnis bukanlah hal yang mudah. Pertama, Anda membutuhkan ide yang layak. Setelah itu, Anda perlu menentukan target dan memiliki sesuatu yang bernilai untuk dijual. 

Untuk bisa menjalankan bisnis yang sukses, Anda perlu memiliki strategi pemasaran yang tepat untuk membangun brand awareness dan menarik pelanggan. 

Oleh karena itu, baca terus artikel ini untuk mengetahui lebih lanjut tentang apa itu strategi pemasaran, mengapa itu penting, berbagai jenis strategi pemasaran, dan apa yang perlu Anda lakukan untuk membuatnya sendiri.

7 Strategi Pemasaran yang Efektif untuk Tingkatkan Penjualan
Strategi Pemasaran

Apa itu Strategi Pemasaran?

Strategi pemasaran adalah rencana jangka panjang dari setiap perusahaan atau bisnis apa pun yang bertujuan untuk mencapai keunggulan kompetitif yang berkelanjutan dengan memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan.

Strategi yang luas ini mencakup segala hal mulai dari bagaimana perusahaan memposisikan dirinya, hingga kreatif, mitra strategis, hubungan media, serta channel dan taktik.

Strategi pemasaran mengacu pada keseluruhan rencana permainan perusahaan untuk menjangkau calon konsumen dan mengubah mereka menjadi pelanggan. Ini juga berisi proposisi nilai perusahaan, pesan utama brand, data tentang target audiens dan demografi pelanggan, serta elemen lainnya.

Apa Saja Tujuan Strategi Pemasaran?

Membuat dan menjalankan strategi pemasaran sangat penting untuk menetapkan arah tidak hanya untuk aktivitas terkait pemasaran Anda, tetapi juga untuk seluruh kegiatan bisnis.

Menurut survei CoSchedule, perusahaan yang memiliki strategi pemasaran terdokumentasi 313% lebih mungkin sukses daripada mereka yang tidak.

Masih merasa kurang yakin apa tujuan dari strategi pemasaran? Berikut ini terdapat beberapa alasan mengapa Anda harus mempunyai strategi pemasaran:

1. Mendapatkan Keunggulan Kompetitif

Strategi pemasaran membantu Anda mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan Anda dan membandingkannya dengan kompetitor. Dengan informasi ini, Anda dapat memperbaiki kelemahan dan fokus pada kekuatan Anda. 

Strategi pemasaran memungkinkan Anda untuk mendapatkan keunggulan kompetitif di pasar dan memperkuat posisi Anda melawan pesaing yang muncul. Hal ini juga membantu menunjukkan manfaat produk atau layanan yang ditawarkan bisnis Anda.

2. Membangun Basis Pelanggan 

Strategi pemasaran memungkinkan Anda mengidentifikasi pasar baru dan memanfaatkan pelanggan baru dari yang sudah ada. 

Riset pelanggan memungkinkan Anda membuat lebih banyak profil pelanggan berdasarkan selera, tingkat pendapatan, dan selera. Ini memudahkan departemen pemasaran untuk membuat strategi periklanan yang lebih bertarget dan pada akhirnya meningkatkan konversi serta brand awareness.

3. Membangun Brand 

Strategi pemasaran menyoroti kekuatan produk Anda dan mengapa produk itu lebih baik daripada kompetitor. Pendekatan pesan yang konsisten dan seragam membantu membangun brand Anda dan memberi identitas unik di pasar yang kompetitif.

4. Membantu dalam Pengembangan Produk dan Layanan yang Lebih Baik

Riset pesaing dan pelanggan memberi Anda pandangan mendalam tentang pasar dan produk serta layanan apa yang dibutuhkannya. 

Ini membantu Anda dalam pengembangan produk baru atau bagaimana Anda dapat meningkatkan penawaran saat ini. Riset pemasaran juga memberi Anda gambaran yang jelas tentang pasar saat ini, penawaran pesaing, peraturan pemerintah, dan faktor lain yang memengaruhi penjualan.

Bagian dari meningkatkan produk dan layanan Anda adalah memiliki rencana distribusi yang efektif. Ini termasuk toko konvensional dan penjualan online. Strategi pemasaran dapat menyarankan pengembangan jaringan distribusi yang lebih kuat. Ini dapat melibatkan pembuatan layanan online untuk produk dan atau penggunaan mitra afiliasi untuk distribusi.

5. Membantu dalam Perencanaan Anggaran Pemasaran

Setiap departemen di perusahaan memainkan peran dalam promosi dan pengembangannya di masa depan. Strategi pemasaran mempertimbangkan hal ini dan mengidentifikasi peran spesifik apa yang harus diambil setiap departemen dan berapa banyak sumber daya yang harus dialokasikan.

Strategi pemasaran yang terkoordinasi dan terencana dengan baik memastikan bahwa anggaran didistribusikan dengan tepat. Ini membantu Anda fokus pada strategi pemasaran yang memberikan pengembalian investasi terbaik. Hal ini juga membantu menyelaraskan upaya perusahaan secara keseluruhan untuk mencapai tujuan dan sasaran bisnis.

Baca juga: Segmen Pasar: Definisi, Jenis, dan Manfaatnya Bagi Bisnis

Contoh Strategi Pemasaran

Berikut 7 contoh penggunaan strategi marketing dapat menarik pelanggan baru dan mengubah audiens menjadi pelanggan setia:

1. Dorong Lebih Banyak Traffic dengan Pemasaran Konten 

Pemasaran konten adalah salah satu strategi pemasaran utama yang dapat membantu Anda membawa brand ke hadapan audiens.

Ini adalah cara mendidik pelanggan tentang produk dan layanan yang Anda tawarkan.

Strategi pemasaran konten adalah definisi dari win-win solution. Audiens Anda belajar bagaimana mengatasi masalah tertentu dan di saat yang sama Anda menghasilkan prospek dan meningkatkan penjualan.

Katakanlah Anda adalah perusahaan yang menjual suplemen dan Anda mulai menulis blog tentang pentingnya memilih suplemen yang tepat, apa saja bahannya, keamanannya, dan sebagainya. Jenis konten ini akan membantu Anda mulai membangun kepercayaan, menjadikan brand Anda kandidat yang baik untuk pembelian. Inilah yang menjadikan pemasaran konten sebagai bentuk strategi promosi tidak langsung yang berharga.

Berikut adalah beberapa jenis pemasaran konten digital yang dapat Anda coba:

- Postingan Blog

Postingan blog adalah salah satu bentuk pemasaran yang kuat dan bisa mempromosikan konten internal maupun eksternal. Tidak hanya itu, tipe pemasaran konten ini juga bisa menyertakan informasi produk atau layanan Anda sehingga bisa mengedukasi audiens.

Artikel blog adalah cara sempurna untuk meningkatkan peringkat situs web dan meningkatkan landing page Anda secara gratis. Anda hanya perlu melakukan sedikit riset sebelum menulis.

- Infografis

Infografis adalah bentuk visualisasi yang bagus antara gambar dan data. Bentuk pemasaran digital ini menarik dan mudah dimengerti, karena dibangun berdasarkan teks pendek, angka, data, dan grafik.

Anda dapat membagikannya sebagai satu konten mandiri atau memasukkannya ke dalam posting blog.

- Video

Saat ini, pemasaran video online mendorong lebih banyak engagement.

96% orang menonton video penjelasan untuk mengetahui lebih lanjut tentang suatu produk atau layanan. Untuk situasi ini, ada baiknya menyiapkan video informatif untuk pemasaran konten video Anda.

Selain itu, pemasaran video adalah cara ampuh untuk meningkatkan konversi dan meningkatkan ROI. Buktinya, 87% marketer mengatakan video telah meningkatkan traffic situs web mereka

2. Explore Kekuatan Media Sosial.

Dengan lebih dari 3,6 miliar orang menggunakan media sosial di seluruh dunia, pemasaran media sosial adalah cara yang bagus untuk membagikan konten promosi Anda.

Untungnya, Anda dapat menggunakan beberapa platform media sosial, tergantung pada audiens yang ingin Anda targetkan. Bereksperimenlah dengan iklan Facebook, Instagram, Pinterest, Linkedin, TikTok, atau YouTube, dan lihat mana yang paling cocok untuk Anda.

Pemasaran media sosial adalah mediator hebat antara pelanggan potensial dan brand Anda. Jadi, seringlah berkomunikasi dengan audiens Anda secara online.

3. Gunakan Email Marketing untuk Mendorong Engagement dan Penjualan

Kampanye email marketing berfokus pada membangun hubungan dengan pembaca daripada mengirim spam yang terlalu promosi.

Strategi email marketing harus memperhitungkan beberapa hal, seperti value dan waktu.

Setelah Anda membuat daftar alamat email, itu berarti Anda memiliki sekumpulan orang yang benar-benar tertarik dengan produk atau layanan Anda. 

Selanjutnya, satu-satunya hal yang harus Anda lakukan untuk kampanye email adalah menyediakan konten berkualitas kepada pelanggan, yang sebaiknya ditargetkan melalui segmentasi.

Kirimlah newsletter, peluncuran fitur baru, undangan acara, atau informasi menarik lainnya. Anda juga dapat menggunakan kampanye email untuk mengingatkan orang tentang kehadiran media sosial Anda sehingga mereka dapat mengikuti Anda.

Baca juga: Template Email Marketing yang Efektif untuk Bisnis Anda

4. Bekerja sama dengan Influencer untuk Meningkatkan Brand Awareness

Bekerja sama dengan influencer adalah versi digital dari pemasaran mouth to mouth. Dan ini lebih mudah diukur karena Anda dapat menilai kinerjanya melalui like, share, engagement, referral, click, dan conversion.

89% pemasar mengklaim ROI sama baiknya atau bahkan lebih baik daripada strategi pemasaran lainnya.

Coba bayangkan saja, seorang influencer telah membangun komunitas pengikut setia media sosial yang memercayainya. Setelah Anda memutuskan untuk bekerja dengan influencer itu, Anda sekarang dapat menjangkau ribuan pelanggan potensial.

Berikut beberapa tips yang bisa Anda ikuti sebelum memulai kerja sama dengan influencer

- Pilihlah dengan hati-hati

Mereka harus relevan untuk industri Anda dan terspesialisasi dalam topik dan kategori tertentu yang sesuai dengan niche Anda. 

Cobalah untuk mempersempit kriteria sebelum memilih influencer untuk memastikan Anda dapat menemukan kecocokan terbaik untuk kampanye marketing.

- Bekerja dengan lebih dari satu influencer

Influencer terkenal di industri Anda mungkin tidak begitu populer di antara banyak follower, terutama jika mereka berada di tahap mikro-influencer. Pilihlah lebih dari satu influencer untuk mengiklankan brand Anda dan menjangkau lebih banyak orang sekaligus.

- Tetapkan tujuan kampanye

Tentukan target kampanye Anda untuk mengetahui apa yang harus diharapkan dari influencer yang bekerja sama dengan Anda. 

Apakah Anda ingin mendorong konversi, meningkatkan jangkauan brand, meningkatkan jumlah followers di media sosial, atau menjadi lebih dikenal di pasar baru? 

Lakukan sedikit riset sebelum memilih influencer untuk melihat apakah itu cara yang tepat untuk membantu Anda mencapai target.

- Biarkan mereka berkreasi dan menambahkan sentuhan mereka sendiri

Setelah Anda memutuskan mitra periklanan Anda, biarkan mereka melakukan keajaiban mereka. 

Influencer tahu cara terbaik untuk terlibat dengan follower mereka dan cara terbaik untuk mempromosikan brand tanpa terlihat palsu atau memaksa.

Bila Anda masih bingung bagaimana cara bekerja sama dengan influencer, berikut terdapat tiga ide mudah yang bisa diterapkan saat bekerja dengan mereka:

* Beri mereka kode diskon

Salah satu cara untuk meningkatkan penjualan dan membuat produk/layanan Anda lebih terlihat adalah dengan berkolaborasi dengan influencer, sehingga mereka mengumumkan kode diskon unik untuk produk yang Anda tawarkan.

* Jalankan lomba dan hadiah

Anda dapat memilih influencer yang mengumumkan aturan lomba di akun media sosial mereka. Mereka mungkin termasuk langkah-langkah seperti:

  • Tag seorang teman
  • Like postingannya
  • Follow media sosial brand 
  • Share postingan
  • Buat konten yang terkait dengan brand 
  • Tinggalkan komentar

* Kirim produk untuk di-review

Anda dapat mengembangkan kerja sama dengan influencer dan mengirimi mereka produk untuk di-review. Ini adalah situasi yang saling menguntungkan. Mereka akan mendapatkan produk gratis, dan Anda mendapatkan iklan.

Dengan bekerja sama dengan influencer, Anda akan mendapatkan beberapa keuntungan seperti:

  • Anda akan segera membangun merek yang dapat dipercaya;
  • Produk/layanan Anda akan menjangkau audiens target Anda dengan cepat;
  • Meningkatkan kesadaran merek dan mengubah pelanggan menjadi duta merek.

Ketika memilih platform media sosial untuk mempromosikan brand melalui kampanye pemasaran influencer, fokuslah pada platform di mana target audiens Anda menghabiskan waktunya.

5. Gunakan Sampel Gratis, Kupon, dan Promosi untuk Meningkatkan Penjualan 

Siapa sih yang tidak menyukai diskon? Baik itu diskon, sampel gratis, kupon, itu semua sebenarnya bisa menjadi contoh yang bagus dari strategi pemasaran.

Bayangkan ketika Anda memutuskan untuk membeli langganan bulanan untuk brand tertentu. Setelah melihat harganya, Anda merasa kurang yakin untuk berlangganan.

Namun, ketika brand memberikan uji coba dan demo gratis. Bukankah kita menjadi lebih tertarik untuk mencobanya?

Strategi pemasaran ini menunjukkan bahwa brand sudah yakin kalau orang yang mencoba produk secara gratis akan bersedia membayar jumlah penuh untuk mengulangi pengalamannya. 

Di sisi lain, pelanggan lebih dari bersedia untuk mencoba sesuatu secara gratis tanpa pamrih. Jadi, ini menjadi situasi win-win bagi kedua pihak.

Pembelian yang berulang akan menciptakan jenis keakraban tertentu dengan produk yang dapat dengan cepat berubah menjadi loyalitas.

6. Tawarkan Pengembalian Dana untuk Membuat Pelanggan Senang

Pengembalian uang adalah salah satu strategi klasik dalam promosi produk.

Pengembalian dana merupakan cara untuk menjamin pelanggan Anda tentang kualitas produk Anda. Apakah “jaminan uang kembali” terdengar familiar bagi Anda? Taktik pemasaran promosi ini bekerja seperti reverse psychology. Mengetahui bahwa Anda bisa mendapatkan uang kembali jika Anda tidak puas dengan produk akan membuat Anda ingin mencobanya.

Tentu saja, bisnis yang mengadopsi jenis strategi promosi ini kebanyakan tahu bahwa pelanggan tidak akan meminta uang mereka kembali karena mereka akan jatuh cinta dengan brand tersebut.

Jadi, sebelum Anda menerapkan strategi semacam ini, pastikan Anda menawarkan produk yang berkualitas baik.

7. Program Loyalitas Pelanggan dan Hadiah untuk Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Merek telah memberi penghargaan kepada pelanggan setia mereka bahkan sebelum konsep ini ada. Bisa berupa poin dan skor klien atau hanya bonus sederhana di ulang tahun pelanggan mereka, program loyalitas dan hadiah mengikuti jalur strategi pemasaran yang menarik.

Selain itu, membuat pelanggan merasa dihargai akan menciptakan ikatan pribadi khusus antara klien dengan brand itu sendiri.

Strategi pemasaran ini biasanya ditemui pada bisnis-bisnis yang memiliki sentuhan korporat.

Contohnya poin bank untuk penggunaan kartu kredit hingga kuota gratis dari perusahaan telekomunikasi.

Elemen Penting dalam Strategi Pemasaran

Elemen Penting dalam Strategi Pemasaran

Pemasaran adalah lautan dengan berbagai kemungkinan. Karena itu, Anda dapat mencoba apa saja dan segalanya. 

Banyak strategi, alat, dan media telah muncul untuk pemasaran, terutama di era pemasaran digital. Untuk membantu menentukan strategi pemasaran, berikut lima elemen penting yang perlu dipertimbangkan:

  • Produk (Product) – Apa yang ingin Anda jual?
  • Harga (Price) – Margin keuntungan, anggaran pemasaran, dan lainnya.
  • Tempat (Place) – Saluran atau platform apa yang akan Anda gunakan? (Misalnya, apakah Anda akan beriklan di media sosial, memanfaatkan pemasaran email, atau offline?) Pertimbangkan di mana pelanggan Anda sudah menghabiskan waktu mereka untuk lokasi pemasaran yang optimal.
  • Promosi (Promotion)– Apa yang ingin Anda capai? (Apakah Anda berharap untuk membangun kehadiran media sosial, meningkatkan persepsi brand, mempromosikan produk baru, atau yang lainnya?)
  • Orang (People)– Siapa target pasar Anda?

Setelah Anda menjawab pertanyaan-pertanyaan ini, Anda akan berada dalam posisi yang fantastis untuk mulai membangun strategi pemasaran perusahaan Anda.

Baca juga: Tahapan Marketing Funnel, Strategi, dan Cara Menggunakannya

Menemukan Strategi Promosi Pemasaran yang Tepat

Sebenarnya, suatu strategi pemasaran bukanlah satu hal yang cocok untuk semua jenis bisnis.

Anda tidak bisa begitu saja mengikuti beberapa langkah dan mengharapkan kesuksesan karena ada banyak faktor yang mempengaruhinya.

Kesuksesan tersebut hampir selalu berkaitan dengan kualitas produk, kekuatan pembelian pasar, ekonomi, tren, kebutuhan, akses ke produk atau layanan, dan lainnya.

Namun, berikut terdapat beberapa tips sebelum memulai strategi pemasaran:

  • Tetapkan tujuan Anda sehingga Anda memiliki gambaran realistis tentang cara mencapainya.
  • Tetapkan anggaran untuk membantu Anda memprioritaskan tindakan atau langkah.
  • Tentukan target audiens Anda untuk mengetahui pendekatan yang akan digunakan dalam kampanye Anda.
  • Pilih jenis promosi yang paling efektif dan sesuai dengan tujuan dan anggaran.
  • Mulailah mengerjakan pesan utama dari kampanye Anda.
  • Ukur hasil kampanye Anda secara teratur untuk melihat apakah ada yang perlu diubah atau kembangkan.

Kesimpulan

Saat memilih kampanye pemasaran, pikirkan tentang fitur produk atau layanan Anda yang paling berharga dan mulailah membuat rencana dari sana, dengan fokus untuk menghadirkan fitur itu di depan target audiens.

Bila Anda bingung harus mulai dari mana, Anda bisa mulai menggunakan strategi pemasaran Omnichannel, seperti OneTalk by TapTalk.io yang merupakan aplikasi pesan instan.

Dengan Omnichannel ini, Anda dapat melakukan strategi marketing email dan sosial media sekaligus dalam satu dashboard. Tidak hanya itu, strategi marketing Omnichannel juga memberikan berbagai keuntungan bagi bisnis, seperti:

1. Retensi dan Loyalitas Pelanggan yang Tinggi

Konsumen akan selalu membeli dari brand yang mereka percaya. Pemasaran omnichannel memberikan pengalaman yang konsisten di berbagai channel.

2. Perjalanan Pelanggan yang Lebih Lancar

Memahami bagaimana pelanggan berperilaku di seluruh channel penjualan Anda pasti akan meningkatkan kinerja dan mengecilkan titik henti dalam perjalanan konsumen.

OneTalk menyediakan berbagai channel yang sudah pasti digunakan oleh semua orang, seperti Facebook Messenger, WhatsApp, Twitter, Instagram, dan Telegram.

Jadi Anda tidak perlu khawatir pelanggan tidak bisa menghubungi Anda.

3. Pertumbuhan Pendapatan Instan

Peningkatan ROI (Return on Investment) adalah salah satu tolak ukur terpenting dalam setiap upaya pemasaran. Dengan segmentasi dan personalisasi yang akurat, strategi pemasaran omnichannel bisa sangat sukses.

Keterlibatan pelanggan yang lebih tinggi akan menghasilkan lebih banyak konversi dan ROI yang lebih tinggi.

4. Bisnis Lebih Terintegrasi

Multisaluran memiliki satu keuntungan luar biasa —daripada memiliki unit berbeda yang bekerja masing-masing untuk tujuan yang berbeda, di sini Anda memiliki sistem dengan berbagai unit yang bekerja bersama untuk satu tujuan.

Jadi, Anda akan memiliki layanan pelanggan terintegrasi, penjualan, pemasaran, dan perencanaan sumber daya yang bekerja menuju satu tujuan.

5. Wawasan Pelanggan yang Lebih Baik

Dengan fitur Disposition Omnichannel OneTalk, Anda dapat mengumpulkan dan menyatukan data pelanggan dari channel dan sistem yang berbeda.

Selain itu, omnichannel juga dapat dengan mudah mengukur bagaimana setiap channel berkontribusi pada tujuan keseluruhan. Dengan cara ini, Anda dapat mengetahui apa yang tidak berfungsi dan memperbaikinya, dan Anda juga dapat mengetahui apa yang berfungsi dan memanfaatkannya.

Seperti yang telah dibahas sejauh ini, pemasaran Omnichannel menyediakan peluang baru bagi bisnis untuk meningkatkan pengalaman membeli pelanggan mereka dan meningkatkan loyalitas merek. 

Jadi tunggu apa lagi? Gunakan strategi Omnichannel OneTalk sekarang dan lihat bisnis Anda memperoleh pelanggan baru serta dapatkan keunggulan kompetitif terlepas dari industri apa pun yang Anda jalani.

Anda bisa menghubungi kami di sini untuk mengetahui lebih lanjut soal Omnichannel dan OneTalk.

Share this article

Related Posts

By Regita

12 / 06 / 2021

Customer Experience (CX) adalah pengalaman pelanggan yang penting diketahui setiap bisnis. Customer Experience (CX) fokus pada User Experience (UX) dan User Interface (UI), dua hal ini adalah salah satu investasi paling penting yang bisa dilakukan sebuah brand dalam lingkungan bisnis yang kompetitif. Strategi CX patut dilakukan untuk mendorong pertumbuhan bisnis dan meningkatkan kepuasan, keterlibatan, dan […]

Read More

By Ardian

08 / 02 / 2021

Tim sales dan marketing selalu dikenal memiliki hubungan yang buruk karena kurangnya keselarasan kerja. Meskipun kedua tim tersebut memiliki tujuan bisnis yang sama, proses kerja mereka sangatlah berbeda sehingga dapat saling bertumpang tindih bahkan berlawanan. Tim marketing terkadang menyalahkan tim sales karena tidak memanfaatkan semua prospek atau konten yang mereka buat. Sebaliknya, tim sales berpikir […]

Read More

By Jessica Jacob

18 / 02 / 2022

The era of advanced customers has arrived. They have more access to knowledge on the internet, are well-informed, and are aware that they have more alternatives.  That is why, when people interact with a business, they anticipate a positive experience. A good product is not the only key. If your customer service is useless, unreliable, […]

Read More
1 2 3 53
TapTalk
PowerTalk
OneTalk
SendTalk
whatsappfacebooktwitterinstagramlinkedin

Reach us by phone at (021) 27939266

Jl. Kyai Maja No.25c, RT.12/RW.2, Gunung, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12120

© 2020 - 2021 TapTalk.io (PT Tap Talk Teknologi)

tap talk logo for footer