Saat ini WhatsApp menjadi salah satu sosial media dengan database pengguna terbesar di dunia yang menurut data dari wikipedia memiliki jumlah Monthly Active Users sebesar 2 milyar users diseluruh dunia pada tahun 2020. Angka ini membuatnya unggul dibandingkan FB Messenger sebesar 1.3 milyar dan LINE sebesar 194 juta.
Tapi bagaimanakah cara efektif untuk berjualan menggunakan WhatsApp? Mari membahas cara tersebut lebih mendalam mulai dari mengupas sedikit tentang aplikasi WhatsApp.
Baca juga: Tips dan strategi whatsapp marketing yang terbaik
Table of Contents
WhatsApp adalah aplikasi mobile gratis yang menggunakan koneksi internet ponsel untuk Anda chat dengan pengguna WhatsApp lainnya, tanpa biaya pesan teks SMS. WhatsApp memiliki fitur-fitur yang dapat mendukung Anda untuk lebih mudah berkomunikasi dengan customer Anda, antara lain berbagi file, gambar, lokasi, serta mendukung panggilan suara dan video gratis.
Aplikasi WhatsApp juga tersedia di berbagai operating system yangmana membuat WhatsApp menjadi sangat populer, terutama di wilayah dengan biaya SMS tinggi, termasuk Brasil, Meksiko, dan Malaysia di mana 60 persen penduduknya menggunakan WhatsApp.
Keberadaan WhatsApp saat ini juga sudah masuk ke ranah bisnis. Ada banyak pemilik bisnis dan toko online yang menggunakan WhatsApp sebagai saluran pemasaran dan juga komunikasi dengan customer. Melihat fenomena ini maka tidak mengherankan jika WhatsApp merilis aplikasi tambahan bernama WhatsApp Business. Sebuah aplikasi WhatsApp yang ditujukan untuk mendukung kegiatan bisnis. WhatsApp Business ini fitur-fiturnya juga lebih banyak dan sesuai untuk bisnis daripada aplikasi WhatsApp biasa.
Kemudian, mengapa WhatsApp Business dapat mendukung penjualan dari bisnis Anda?
Salah satu alasan terbaiknya adalah mungkin karena sudah banyak customer bisnis Anda yang menggunakan messenger channel ini. Jadi yang mudah termudah untuk dijangkau dapat menjadi sebuah poin tambahan di mata customer Anda.
Berikut adalah beberapa tips dan trik untuk memaksimalkan penggunaan dari WhatsApp Business:
Dengan menggunakan WhatsApp business kita dapat menyediakan informasi yang lebih rinci seperti Foto profile, Alamat lengkap, Kategori bisnis, Deskripsi bisnis, Hari dan jam operasional, Alamat email bisnis, Alamat website
Salah satu alasan terbaiknya adalah mungkin karena sudah banyak customer bisnis Anda yang menggunakan messenger channel ini.
Prinsip dari label ini adalah menandai dan mengkategorikan chat berdasarkan kriteria tertentu. Tujuannya supaya memudahkan bisnis untuk melakukan follow-up. Salah satu use case nya adalah untuk membedakan chat mana sudah melakukan pembayaran dan mana yang belum.
WhatsApp Business menyediakan label default antara lain :
Yang mana label-label ini dapat di custom sesuai dengan kebutuhan bisnis.
Tips dan trik WhatsApp Business untuk bisnis yang terakhir adalah mengintegrasikan dengan saluran pemasaran lainnya. Ingat bahwa harapan dari penggunaan messenger seperti WhatsApp adalah untuk respons yang lebih cepat, jadi dalam menggunakan WhatsApp untuk bisnis pastikan Anda memiliki sumber daya untuk mengelola, membalas pesan-pesan dengan cepat.
Salah satu cara yang dapat anda lakukan untuk mengoptimalkan WhatsApp Business anda adalah dengan menghubungkan WhatsApp Business API dengan OneTalk sehingga nomor WhatsApp yang anda gunakan untuk berkomunikasi dengan customer dapat diakses oleh beberapa agent/admin yang anda miliki secara bersamaan.
Agen anda juga dapat di assign ke topik-topik yang paling sering jadi bahasan customer Anda, sehingga dikemudian hari saat data ini dibutuhkan, Anda dapat menemukannya dengan mudah.
Dan anda dapat dengan langsung mencoba fitur-fitur ini langsung dengan mengklik tautan dibawah ini:
Demikianlah beberapa tips dan trik cara menggunakan WhatsApp Business untuk bisnis, semoga bermanfaat.
Baca juga: Perbedaan WhatsApp Business dan WhatsApp Business API
By Regita
Setiap bisnis perlu menemukan cara berkomunikasi yang efektif kepada pelanggan. Memberikan customer service terbaik kepada pelanggan menjadi salah satu aspek penentu keberhasilan bisnis Anda. Jika pelanggan tidak senang dengan layanan yang Anda berikan, besar kemungkinan mereka akan beralih ke tempat lain yang menawarkan pelayanan yang lebih baik. Ada banyak cara untuk berkomunikasi dengan pelanggan, yang […]
By Jessica Jacob
“Halo min, boleh minta price list terbaru?” “Pagi min, mau lihat katalog bulan ini dong. Trims” “Min, kok pesanan saya belum datang?” Masih membalas pesan-pesan kayak gitu? Stop menugaskan admin Anda untuk membalas pesan yang sering ditanyakan dan memiliki jawaban yang sama. Saatnya mengalihkan pekerjaan admin untuk hal yang lebih penting dan mendesak dibanding hanya […]
By Ardian
As Covid-19 shows its big hit to the business world, it has proven that the effect it causes to the business needs to be taken seriously. As world cases exceeded 11 million cases—with the number going every minute, the executives have to prepare the workforce to survive. Recent surveys from McKinsey said that according to […]
Reach us by phone at (021) 27939266
© 2020 - 2023 TapTalk.io (PT Tap Talk Teknologi)