pt tap talk teknologi blog

Jualan Melalui WhatsApp Business

By Ardian
05 / 06 / 2020
jualan melalui whatsapp business

Saat ini WhatsApp menjadi salah satu sosial media dengan database pengguna terbesar di dunia yang menurut data dari wikipedia memiliki jumlah Monthly Active Users sebesar 2 milyar users diseluruh dunia pada tahun 2020. Angka ini membuatnya unggul dibandingkan FB Messenger sebesar 1.3 milyar dan LINE sebesar 194 juta.

Tapi bagaimanakah cara efektif untuk berjualan menggunakan WhatsApp? Mari membahas cara tersebut lebih mendalam mulai dari mengupas sedikit tentang aplikasi WhatsApp.

Baca juga: Tips dan strategi whatsapp marketing yang terbaik

Apa Itu WhatsApp?

WhatsApp adalah aplikasi mobile gratis yang menggunakan koneksi internet ponsel untuk Anda chat dengan pengguna WhatsApp lainnya, tanpa biaya pesan teks SMS. WhatsApp memiliki fitur-fitur yang dapat mendukung Anda untuk lebih mudah berkomunikasi dengan customer Anda, antara lain berbagi file, gambar, lokasi, serta mendukung panggilan suara dan video gratis.

Aplikasi WhatsApp juga tersedia di berbagai operating system yangmana membuat WhatsApp menjadi sangat populer, terutama di wilayah dengan biaya SMS tinggi, termasuk Brasil, Meksiko, dan Malaysia di mana 60 persen penduduknya menggunakan WhatsApp.

Keberadaan WhatsApp saat ini juga sudah masuk ke ranah bisnis. Ada banyak pemilik bisnis dan toko online yang menggunakan WhatsApp sebagai saluran pemasaran dan juga komunikasi dengan customer. Melihat fenomena ini maka tidak mengherankan jika WhatsApp merilis aplikasi tambahan bernama WhatsApp Business. Sebuah aplikasi WhatsApp yang ditujukan untuk mendukung kegiatan bisnis. WhatsApp Business ini fitur-fiturnya juga lebih banyak dan sesuai untuk bisnis daripada aplikasi WhatsApp biasa.

Kemudian, mengapa WhatsApp Business dapat mendukung penjualan dari bisnis Anda?

WhatsApp Business

Salah satu alasan terbaiknya adalah mungkin karena sudah banyak customer bisnis Anda yang menggunakan messenger channel ini. Jadi yang mudah termudah untuk dijangkau dapat menjadi sebuah poin tambahan di mata customer Anda.

Berikut adalah beberapa tips dan trik untuk memaksimalkan penggunaan dari WhatsApp Business:

Melakukan Optimalisasi Business Profile

Dengan menggunakan WhatsApp business kita dapat menyediakan informasi yang lebih rinci seperti Foto profile, Alamat lengkap, Kategori bisnis, Deskripsi bisnis, Hari dan jam operasional, Alamat email bisnis, Alamat website

Salah satu alasan terbaiknya adalah mungkin karena sudah banyak customer bisnis Anda yang menggunakan messenger channel ini.

Menggunakan Label

Prinsip dari label ini adalah menandai dan mengkategorikan chat berdasarkan kriteria tertentu. Tujuannya supaya memudahkan bisnis untuk melakukan follow-up. Salah satu use case nya adalah untuk membedakan chat mana sudah melakukan pembayaran dan mana yang belum.

WhatsApp Business menyediakan label default antara lain :

  • New customer
  • New order
  • Pending payment
  • Paid
  • Order complete

Yang mana label-label ini dapat di custom sesuai dengan kebutuhan bisnis.

Integrasikan dengan saluran pemasaran lainnya

Tips dan trik WhatsApp Business untuk bisnis yang terakhir adalah mengintegrasikan dengan saluran pemasaran lainnya. Ingat bahwa harapan dari penggunaan messenger seperti WhatsApp adalah untuk respons yang lebih cepat, jadi dalam menggunakan WhatsApp untuk bisnis pastikan Anda memiliki sumber daya untuk mengelola, membalas pesan-pesan dengan cepat.

Salah satu cara yang dapat anda lakukan untuk mengoptimalkan WhatsApp Business anda adalah dengan menghubungkan WhatsApp Business API dengan OneTalk sehingga nomor WhatsApp yang anda gunakan untuk berkomunikasi dengan customer dapat diakses oleh beberapa agent/admin yang anda miliki secara bersamaan.

Agen anda juga dapat di assign ke topik-topik yang paling sering jadi bahasan customer Anda, sehingga dikemudian hari saat data ini dibutuhkan, Anda dapat menemukannya dengan mudah.

Dan anda dapat dengan langsung mencoba fitur-fitur ini langsung dengan mengklik tautan dibawah ini:

Demikianlah beberapa tips dan trik cara menggunakan WhatsApp Business untuk bisnis, semoga bermanfaat.

Baca juga: Perbedaan WhatsApp Business dan WhatsApp Business API

Trial Akun Demo TapTalk
Ardian
linkedin penulisemail penulis

Related Posts

By Jessica Jacob

24 / 11 / 2022

Sudah bukan rahasia jika customer engagement adalah hal penting untuk menjaga pelanggan setia Anda. Selain berguna untuk retensi pelanggan, customer engagement juga dapat mengundang pelanggan baru yang datang karena rekomendasi pelanggan setia.  Apa itu customer engagement? Bagaimana mengukur customer engagement? Seberapa penting customer engagement? Bagaimana meningkatkan customer engagement? Baca artikel di bawah ini untuk memahaminya. […]

Read More

By Jessica Jacob

14 / 07 / 2023

Dalam menjalankan bisnis Anda tentu memerlukan target waktu untuk menyelesaikan proses transaksi. Periode waktu tersebut ditentukan untuk menjaga fokus perusahaan dalam menjalankan aktivitas bisnisnya. Pemilik usaha pun harus mengatur secara rinci hal-hal yang harus dilakukan dalam waktu tersebut.  Jika Anda belum familiar, periode waktu tersebut memiliki istilah lead time. Penasaran makna lead time dalam dunia […]

Read More

By Jessica Jacob

22 / 01 / 2024

Di tengah kemajuan ilmu marketing dan teknologi, banyak perusahaan besar dan kecil melibatkan konsumen melalui berbagai saluran secara terkoordinasi dan terpadu. Cross channel marketing muncul sebagai kunci strategis untuk mengoptimalkan interaksi pelanggan dan memastikan bahwa pesan merek mencapai targetnya di setiap titik kontak. Dengan latar belakang perubahan perilaku konsumen dan kemajuan teknologi, perusahaan harus beradaptasi […]

Read More
1 2 3 121
TapTalk
PowerTalk
OneTalk
SendTalk
whatsappfacebooktwitterinstagramlinkedin

Reach us by phone at (021) 27939266

Business Park Kebon Jeruk blok C2-3, Jl. Meruya Ilir Raya no.88, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, 11620

© 2020 - 2023 TapTalk.io (PT Tap Talk Teknologi)

tap talk logo for footer