Ramadan hampir tiba. Artinya sekarang sudah waktunya untuk memulai kampanye marketing Ramadan Anda. Berdasarkan hasil survey yang dilakukan Snapcart, sebanyak 46% orang berencana untuk meningkatkan pengeluarannya selama Ramadan.
Table of Contents
Selama momen ini, banyak orang mempersiapkan hari raya Idul Fitri dengan membeli baju baru untuk keluarga, hadiah untuk orang tersayang dan makanan untuk perayaan Idul Fitri.
Pembeli sekarang juga jauh lebih pandai dengan elektronik. Mereka telah beralih dari tradisional ke belanja online dalam upaya untuk menghindari keramaian, tetap aman, dan mendapatkan penawaran terbaik.
Sebuah studi dari Criteo menemukan bahwa minggu ketiga Ramadan adalah kesempatan emas bagi ritel online untuk terlibat dengan pelanggan mereka. Penelitian tersebut menunjukkan adanya peningkatan 67% dalam penjualan.
Oleh karena itu, Ramadan menjadi salah satu kesempatan bagus bagi bisnis untuk melakukan kampanye marketing.
Sebelum Anda mulai membuat strategi marketing Ramadan, ketahui dulu apa saja yang paling banyak dicari konsumen di bulan ini.
Berikut ini adalah beberapa produk yang paling sering dibeli selama Ramadan.
Alasan lain mengapa belanja baju meningkat di bulan Ramadan adalah Idul Fitri, hari raya pendek dan hari raya, di mana konsumen membeli baju baru untuk merayakannya.
Baca juga: Pebisnis Wajib Tahu! 9 Tren Customer Experience Tahun 2022
Ada banyak peluang bagi bisnis untuk meningkatkan penjualan melalui channel online selama Ramadan. Anda bisa mencoba tips-tips berikut untuk membantu menciptakan kampanye Ramadan yang bagus.
Tidak seperti peristiwa besar lainnya yang dirayakan untuk periode waktu yang lebih singkat, Ramadan ini berlangsung selama 30 hari. Karena itu, Anda harus menyiapkan strategi sebelum Ramadan dan bisa bertahan dalam waktu yang cukup lama.
Ramadan adalah hari raya yang menitikberatkan pada rasa syukur, kebersamaan, keluarga, dan doa. Seperti kampanye lainnya, tujuan Anda harus menghormati budaya market yang ingin Anda jangkau.
Anda harus berhati-hati saat menentukan pesan iklan yang akan digunakan selama Ramadan. Pastikan pesan tersebut selalu menghormati budaya dan tradisi muslim.
Dalam upaya membuat iklan yang menarik, beberapa marketer bisa salah dengan menggambarkan sesuatu atau mengatakan sesuatu yang dianggap menyinggung. Jadi, pastikan segala bahan pemasaran Anda tidak menyinggung audiens yang ditargetkan.
Idul Fitri adalah kesempatan yang tepat untuk membuat penawaran menarik. Di momen ini, konsumen banyak mencari pakaian baru, perhiasan, dan item tiket yang lebih besar, serta memikirkan rencana perjalanan (pulang kampung).
Anda bisa membuat promo-promo spesial yang hanya berlaku selama Ramadan.
Saat menentukan ide kampanye Ramadan, penting untuk mempertimbangkan waktu yang tepat dalam memposting konten ke audiens Anda. Bila Anda mempostingnya pada waktu yang salah, tidak ada seorang pun akan melihatnya dan berinteraksi dengannya.
Jadi, lakukan riset Anda, ketahui kapan konsumen Anda aktif di berbagai platform media sosial, dan bertindaklah berdasarkan itu.
Anda bisa mengubah tema desain situs web, media sosial, atau kampanye Google Ads.
Namun, bukan berarti Anda perlu mengubah citra identitas visual bisnis, Anda hanya perlu menambahkan item dan simbol Ramadan ke visual brand Anda selama bulan ini.
Selama bulan Ramadan, perilaku membeli meningkat dan berubah juga. Produk seperti pakaian, elektronik, makanan, dan perhiasan sangat diminati.
Ini adalah momen yang tepat untuk menggunakan sebagian besar anggaran pemasaran Anda untuk tetap bersaing. Uji budget iklan online yang bervariasi setiap minggu jika Anda tidak yakin berapa banyak yang perlu Anda keluarkan untuk bisnis Anda.
Buat kampanye yang selaras dengan semangat Ramadan dan terasa lebih personal daripada konten yang sangat iklan. Ingat, ini adalah bulan memberi, jadi promosikan nilai-nilai seperti amal, kedermawanan, kegiatan komunitas, dan pengabdian.
Saat brand Anda meluncurkan kampanye yang disukai secara sosial dan mengundang partisipasi konsumen, Anda memiliki peluang terbaik untuk terhubung dengan mereka di tingkat yang lebih pribadi.
Perilaku konsumen biasanya berbeda selama Ramadan. Bahkan traffic media sosial yang lebih besar pada jam 3 pagi bisa meningkat hingga 200 persen.
Pelanggan Anda akan menggunakan media sosial untuk koneksi dan hiburan – tetapi juga untuk menemukan produk dan belanja. Anda bisa Maksimalkan audiens ini dengan membuat CTA untuk mendorong pelanggan Anda untuk berbelanja.
Manfaatkan bulan suci ini dengan memperpanjang waktu pelayanan Anda kepada pelanggan.
Anda tetap bisa memberikan layanan online pada sore hingga pagi hari (setelah sahur). Penerapan strategi ini dengan lebih mudah jika Anda memiliki akses ke software yang tepat. Nantinya, Anda dapat melayani pelanggan Anda dari mana saja.
Apakah Anda menyadari bahwa parsel selalu menjadi hal yang penting selama Ramadan? Bundling produk sebenarnya bukan lagi strategi yang unik, karena hampir semua pengecer telah menggunakannya selama beberapa dekade.
Namun, parser sepertinya selalu berhasil mempengaruhi keputusan pembelian pelanggan, karena akan selalu ada pelanggan yang ingin berbagi kepada orang terdekatnya. Jadi, tidak ada salahnya Anda mencoba strategi ini.
Ramadan menghadirkan peluang luar biasa bagi bisnis untuk terhubung dengan pelanggan mereka. Semua tips ini menyoroti hal-hal yang perlu Anda pertimbangkan untuk memiliki strategi yang terencana dengan baik untuk Ramadan 2022.
Dalam menyiapkan strategi marketing selama Ramadan, Anda bisa menggunakan layanan omnichannel untuk mendukung marketing.
Selama momen ini, pelanggan akan browsing dan membeli secara online. Para konsumen ini tentunya memiliki channel favorit mereka sendiri untuk menghubungi bisnis. Jadi, Anda harus memastikan brand Anda bisa memenuhi itu.
Baca juga: 7 Rekomendasi Tren Digital Marketing di Tahun 2022
Strategi omnichannel juga sangat penting untuk membantu Anda lebih mudah ditemukan oleh konsumen di mana pun mereka berada.
Ketika menghadapi Ramadan, Anda harus memastikan bahwa customer bisa mendapatkan respon yang cepat. Hal ini dapat dengan mudah diatasi dengan omnichannel seperti OneTalk.
Layanan omnichannel asal Indonesia ini menyediakan FAQ chatbot yang dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan konsumen. Selain itu, Anda juga bisa membuat pesan yang memberitahu pelanggan ketika agent Anda tersedia untuk mengobrol dan merespons dengan pesan otomatis di luar jam kantor.
Mari maksimalkan marketing selama Ramadan dengan OneTalk! Bila Anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang fitur yang ditawarkan, agent kami selalu tersedia untuk menganggapi Anda di sini.
By Jessica Jacob
Pandemi COVID-19 telah mengganggu banyak aspek kehidupan sehari-hari, termasuk bagaimana kita saat ini menerima perawatan kesehatan dan bagaimana itu akan dikonsumsi di masa depan. Sebelum pandemi, biasanya pasien akan datang ke klinik terdekat untuk berkonsultasi tentang kesehatan mereka. Namun, sekarang mereka menjadi lebih waswas untuk pergi ke luar karena harus memikirkan resiko terpapar virus. Dalam […]
By Jessica Jacob
Sasaran penjualan adalah elemen kunci dalam strategi pemasaran dan manajemen bisnis. Hal tersebut memberikan panduan yang jelas tentang apa yang ingin dicapai oleh tim penjualan dan membantu perusahaan merumuskan langkah-langkah yang tepat untuk mencapainya. Dalam artikel ini, Anda akan mengetahui apa itu sasaran penjualan, tujuan, jenis sasaran penjualan, dan cara menentukan sasaran penjualan yang efektif. […]
By Ardian
Menjalani rutinitas customer service memang selalu berwarna. Tentu selalu ada berbagai macam kepribadian dan model pelanggan yang kita hadapi sehari-hari. Namun, bagaimana kita harus bersikap saat menghadapi pelanggan yang marah dan disaat yang sama harus tetap menjaga sikap kita? Karena agen adalah citra perusahaan, bagaimana menyikapi pelanggan yang marah akan menjadi suatu hal yang penting. […]
Reach us by phone at (021) 27939266
© 2020 - 2023 TapTalk.io (PT Tap Talk Teknologi)