Back to Home

Instagram

Kiat-Kiat Melakukan Instagram Ads Yang Sukses

BY
Regita Larasati

Regita Larasati

Content Strategic Associate
Regita adalah seorang Content Strategist dan Copywriter yang memulai karirnya sebagai Marketing Intern di TapTalk.io pada tahun 2021 dan secara konsisten menunjukkan dedikasinya hingga mencapai posisinya sekarang. Dengan memanfaatkan latar belakang pendidikan Sastra Jerman dari Universitas Indonesia yang memberinya kemampuan analitis dan kreatif dalam mengembangkan strategi konten yang efektif serta menulis copy yang menarik, menjadikannya aset berharga dalam membangun image dan komunikasi brand di berbagai platform digital.
instagram ads

Kini, social media ads menjadi salah satu komponen penting dari strategi marketing. Beriklan di social media memberikan banyak manfaat, seperti meningkatkan brand/product awareness, memperoleh customer baru, dan meningkatkan penjualan.

Dengan lebih dari 1 miliar pengguna aktif, Instagram menjadi salah satu social media terbesar di dunia. Selain itu, survei yang dilakukan Ipsos dengan Facebook menunjukkan 54% pengguna Instagram melakukan pembelian setelah atau pada saat melihat produk di platform-nya.

Namun, bagaimana cara agar banyak pengguna bisa melihat post Anda dan membeli produk? Di sinilah Instagram Ads berperan. Dengan Instagram Ads, Anda bisa menjangkau 928,5 juta pengguna, termasuk akun yang belum mengetahui bisnis Anda.

Apa itu Instagram Ads?

Instagram Ads adalah post atau story yang dibayar oleh sebuah bisnis untuk dipromosikan ke pengguna Instagram. Mereka dapat terlihat seperti post biasa, tetapi selalu dikenali dengan label "sponsored".

Selain untuk beriklan, Instagram Ads sering digunakan untuk meningkatkan brand awareness, traffic website, dan memperoleh followers baru. Instagram Ads dapat menjadi cara efektif untuk bisnis Anda agar bisa terhubung dengan calon customers Anda.

Cara Beriklan di Instagram

Proses membuat iklan di Instagram dapat dilakukan melalui dua cara, melalui Facebook Ads Manager dan aplikasi Instagram langsung. Anda bisa memilih salah satu dari kedua medium ini berdasarkan strategi marketing Anda.

Apabila Anda ingin memasang iklan melalui Facebook Ads Manager, tujuan iklan Anda lebih luas dan beragam. Anda bisa memilih untuk meningkatkan awareness, traffic, sales, dan masih banyak lagi. Selain itu, Anda bisa memilih untuk memasang iklan di Facebook juga atau tidak.

Namun, jika Anda hanya ingin meningkatkan profile visit, website visit, dan more messages. Anda bisa langsung memasang iklan melalui aplikasi Instagram.

Untuk memahami lebih dalam tentang perbedaannya dan menentukan medium yang tepat. Anda bisa simak langkah-langkah berikut ini.

Membuat Iklan Instagram dengan Facebook Ads Manager

Jika Anda ingin membuat Instagram Ads dengan Facebook Ads Manager, Anda harus memiliki halaman Facebook. Jika Anda belum memiliki halaman Facebook, Anda dapat membuatnya dengan mudah dengan memasukkan nama brand dan alamat email Anda. Berikut langkah membuat iklan Instagram melalui Facebook Ads Manager.

01. Tautkan Akun Bisnis Instagram Anda

Setelah Anda membuat halaman Facebook, Anda dapat menautkannya ke akun Instagram Anda. Caranya, pilih “Business Setting” di halaman Facebook Anda.

Lalu, buka “Instagram Account” dan klik “+ Add” untuk menambahkan akun Instagram Anda. Tambahkan nama pengguna dan password untuk akun yang sesuai dan klik “Save Changes”.

Maksimalkan akun bisnis instagram anda! Baca disini

02. Pilih Tujuan Iklan

Sekarang, Anda dapat memilih satu atau beberapa opsi di antara berbagai tujuan iklan yang diberikan Ads Manager. Jadi, bergantung pada sasaran bisnis Anda, Anda dapat memilih salah satu dari tiga tujuan berikut:

  • Awareness: Brand Awareness, Reach
  • Consideration: Traffic, Engagement, App Installs, Tampilan Video, Perolehan Prospek, Pesan
  • Conversion: Konversi, Penjualan Katalog, Store Visit

Pilihlah tujuan iklan Anda berdasarkan sasaran bisnis atau atas dasar di mana target audience Anda berada.

03. Pilih Audience Target Anda

Pada tahap ini, Anda dapat menambahkan beberapa lapisan penargetan, seperti memilih usia, jenis kelamin, serta lokasi target audience Anda. 

Anda juga dapat membuat audience khusus yang terdiri dari mereka yang mungkin telah terlibat dengan konten Anda, mengunjungi website Anda, atau menonton video Anda.

04. Penempatan Iklan Anda

Setelah Anda menargetkan audience yang ideal, sekarang saatnya memilih penempatan iklan Anda! Ini penting jika tujuan promosi Anda hanya menampilkan iklan di Instagram. Jika Anda memilih untuk mengabaikan langkah ini, Facebook akan mengizinkan iklan Anda muncul di platformnya juga.

Anda harus memilih Automatic Placements atau Manual Placements.

Automatic Placements adalah tempat iklan secara otomatis ditempatkan di tempat yang cenderung berkinerja terbaik. Iklan dapat ditempatkan di Instagram, Facebook, Messenger, dan Audience Network.

Jika Anda memilih Manual Placement, Anda dapat memilih di mana iklan Anda muncul. Misalnya, jika Anda ingin membatasi iklan Anda agar hanya muncul di Instagram Stories, atau hanya di Instagram Feed.

05. Pilih Budget dan Durasi Iklan 

Setelah Anda memilih tujuan, audience, dan penempatan iklan, Anda dapat melanjutkan untuk menentukan budget dan jadwal Anda. Ini untuk menentukan jumlah budget yang ingin Anda gunakan, serta berapa lama Anda ingin menjalankan iklan tersebut.

Anda dapat menggunakan budget harian, yang menawarkan jumlah pengeluaran maksimum untuk hari tertentu. Pilihan lainnya adalah menggunakan budget yang ditetapkan untuk jangka waktu iklan tertentu. Anda juga dapat memilih untuk menjalankan iklan selama batas waktu tertentu dalam sehari atau menjalankannya terus menerus.

Dalam menetapkan budget untuk iklan, Anda dapat melihat skala Estimated Daily Reach untuk memperkirakan jumlah orang yang akan dijangkau oleh iklan Anda setiap hari.

06. Siapkan Iklan Anda

Setelah Anda menyiapkan tujuan, target audience, penempatan, serta budget dan jadwal iklan, Anda dapat melanjutkan untuk membuat iklan.

Ada 6 jenis format iklan Instagram, yaitu :

  1. Story Ads

Story Ads adalah iklan foto atau video berbatas waktu yang muncul di antara Stories pengguna Instagram.

Iklan Story akan mendominasi layar pengguna, meminimalkan gangguan, dan menarik perhatian.  Selain itu, Anda bisa bagikan behind the scene bisnis Anda untuk membangun kesadaran brand.

  1. Photo Ads

Ini adalah format iklan Instagram yang paling standar dan yang paling sering Anda lihat di feed Anda sendiri. Photo Ads biasanya muncul dalam bentuk persegi atau landscape. Iklan jenis ini terlihat sederhana dan mudah diproduksi.

  1. Video Ads

Video Ads kurang lebih sama dengan Photo Ads, hanya saja tampilannya berbentuk video. 

Seperti Photo Ads, iklan ini akan muncul di feed pengguna dan semua opsi penargetan audience yang sama berlaku. Iklan video Anda bisa dalam format landscape atau persegi dan berdurasi hingga 60 detik.

  1. Carousel Ads

Carousel Ads memungkinkan pengguna menggeser untuk melihat foto atau video tambahan. Anda dapat menampilkan 3-5 foto atau video per carousel dan masing-masing dapat memiliki call to action (CTA) sendiri.

Selain itu, Anda memiliki banyak kesempatan untuk memberi impression pada audience Anda dengan foto produk atau seri panorama yang mencolok.

  1. Collection Ads

Seperti iklan carousel, Collection Ads berisi banyak gambar atau video. Namun, pengguna bisa melakukan pembelian langsung melalui iklan ini.  Pengguna memiliki opsi untuk membeli produk langsung dari iklan. Saat pengguna mengklik iklan, mereka akan diarahkan ke Instagram Instant Experience Storefront.

  1. Instagram Ads di Explore

Iklan di Explore muncul sama dengan iklan feed, tetapi Anda dapat menggunakan materi iklan feed yang ada untuk mengisi iklan di Explore. Jadi, Anda tidak perlu membuat materi iklan dari awal.

Setelah menentukan ingin menggunakan format iklan yang diinginkan, Anda dapat menambahkan tombol call to action yang relevan, seperti shop now, learn more, get offer, dan masih banyak lagi.

Perlu Tools untuk Instagram ads anda? Lihat disini 7 instagram marketing tools yang berguna untuk bisnis

Membuat Iklan Melalui Aplikasi Instagram

Cara termudah untuk mulai beriklan di Instagram adalah dengan menggunakan postingan yang ada di profil Instagram Anda. 

Jika Anda memiliki post yang berkinerja baik dan mempunyai banyak engagement, mempromosikannya dalam aplikasi adalah metode yang cepat dan mudah untuk menjangkau lebih banyak pengguna.

Pertama, Anda harus memiliki akun bisnis atau creator di Instagram untuk melakukan ini. Kemudian navigasikan ke posting yang Anda pilih dan klik "Promote" di bawah post tersebut.

Jika Anda belum menghubungkan Facebook Business Page ke akun Instagram Anda, Anda harus melakukannya sekarang. Pilih akun Facebook yang ada atau buat yang baru seperti yang diminta.

Kemudian, cukup lengkapi opsi untuk memilih siapa yang akan melihat iklan Anda, ke mana Anda ingin mengirim mereka, berapa banyak yang ingin Anda jangkau, dan untuk berapa lama Anda ingin iklan Anda berjalan.

Terakhir, pilih “Create Promotion”.

Sekarang, Anda dapat memantau hasilnya di tab “Promotion” pada profil Instagram Anda.

Tips dalam membuat Instagram Ads

Sekarang Anda sudah mengetahui langkah teknis yang diperlukan untuk membuat Instagram Ads. Tapi, itu saja tidak cukup! Agar iklan di Instagram Anda semakin sukses, berikut beberapa tip berguna untuk membuat Instagram Ads yang bagus,

01. Jangan membuat ‘iklan’ Anda terlihat seperti iklan

Instagram merupakan platform yang unik karena sepenuhnya berunsur visual. Audience Anda dapat membandingkan postingan yang terlihat seperti konten alami dengan konten promosi produk yang mencolok. Jika terasa seperti iklan yang terlalu ‘memaksa untuk membeli’, pengguna lebih berkemungkinan untuk mengabaikannya.

02. Cobalah berkolaborasi dengan influencer

Bekerja dengan influencer dapat membantu membangun kredibilitas, sambil meningkatkan brand awareness ke audience baru. Sebuah survei oleh CivicScience menemukan bahwa hampir setengah dari pengguna Instagram telah melakukan pembelian karena rekomendasi influencer.

03. Terus mencoba (A-B Testing)

Jika Anda tidak melihat hasil yang signifikan, ubah strateginya. Anda dapat menyesuaikan audience atau hanya memposting iklan pada waktu yang berbeda dalam sehari. Coba berbagai jenis konten juga agar mengetahui minat audience.

Instagram adalah salah satu media sosial terbesar di dunia, yang berarti peluang jangkauannya tidak terbatas. Sama seperti iklan sosial dan digital lainnya, Instagram Ads tidak boleh dibuat seadanya. Pastikan mereka juga mengikuti strategi brand dan marketing perusahaan Anda. 

Ingat, dalam menyiapkan iklan Instagram, Anda harus memikirkan tujuan, siapa yang ingin dijangkau, dan jenis pesan apa yang akan memotivasi audience Anda untuk terlibat dengan iklan Anda.

Jadi tunggu apalagi? Mulailah dengan merencanakan strategi Instagram Ads Anda sekarang!

Baca juga: Tingkatkan Instagram Anda dengan menggunakan SEO

Share this article

Regita Larasati

Content Strategic Associate

Regita adalah seorang Content Strategist dan Copywriter yang memulai karirnya sebagai Marketing Intern di TapTalk.io pada tahun 2021 dan secara konsisten menunjukkan dedikasinya hingga mencapai posisinya sekarang. Dengan memanfaatkan latar belakang pendidikan Sastra Jerman dari Universitas Indonesia yang memberinya kemampuan analitis dan kreatif dalam mengembangkan strategi konten yang efektif serta menulis copy yang menarik, menjadikannya aset berharga dalam membangun image dan komunikasi brand di berbagai platform digital.

instagram ads

Kini, social media ads menjadi salah satu komponen penting dari strategi marketing. Beriklan di social media memberikan banyak manfaat, seperti meningkatkan brand/product awareness, memperoleh customer baru, dan meningkatkan penjualan.

Dengan lebih dari 1 miliar pengguna aktif, Instagram menjadi salah satu social media terbesar di dunia. Selain itu, survei yang dilakukan Ipsos dengan Facebook menunjukkan 54% pengguna Instagram melakukan pembelian setelah atau pada saat melihat produk di platform-nya.

Namun, bagaimana cara agar banyak pengguna bisa melihat post Anda dan membeli produk? Di sinilah Instagram Ads berperan. Dengan Instagram Ads, Anda bisa menjangkau 928,5 juta pengguna, termasuk akun yang belum mengetahui bisnis Anda.

Apa itu Instagram Ads?

Instagram Ads adalah post atau story yang dibayar oleh sebuah bisnis untuk dipromosikan ke pengguna Instagram. Mereka dapat terlihat seperti post biasa, tetapi selalu dikenali dengan label "sponsored".

Selain untuk beriklan, Instagram Ads sering digunakan untuk meningkatkan brand awareness, traffic website, dan memperoleh followers baru. Instagram Ads dapat menjadi cara efektif untuk bisnis Anda agar bisa terhubung dengan calon customers Anda.

Cara Beriklan di Instagram

Proses membuat iklan di Instagram dapat dilakukan melalui dua cara, melalui Facebook Ads Manager dan aplikasi Instagram langsung. Anda bisa memilih salah satu dari kedua medium ini berdasarkan strategi marketing Anda.

Apabila Anda ingin memasang iklan melalui Facebook Ads Manager, tujuan iklan Anda lebih luas dan beragam. Anda bisa memilih untuk meningkatkan awareness, traffic, sales, dan masih banyak lagi. Selain itu, Anda bisa memilih untuk memasang iklan di Facebook juga atau tidak.

Namun, jika Anda hanya ingin meningkatkan profile visit, website visit, dan more messages. Anda bisa langsung memasang iklan melalui aplikasi Instagram.

Untuk memahami lebih dalam tentang perbedaannya dan menentukan medium yang tepat. Anda bisa simak langkah-langkah berikut ini.

Membuat Iklan Instagram dengan Facebook Ads Manager

Jika Anda ingin membuat Instagram Ads dengan Facebook Ads Manager, Anda harus memiliki halaman Facebook. Jika Anda belum memiliki halaman Facebook, Anda dapat membuatnya dengan mudah dengan memasukkan nama brand dan alamat email Anda. Berikut langkah membuat iklan Instagram melalui Facebook Ads Manager.

01. Tautkan Akun Bisnis Instagram Anda

Setelah Anda membuat halaman Facebook, Anda dapat menautkannya ke akun Instagram Anda. Caranya, pilih “Business Setting” di halaman Facebook Anda.

Lalu, buka “Instagram Account” dan klik “+ Add” untuk menambahkan akun Instagram Anda. Tambahkan nama pengguna dan password untuk akun yang sesuai dan klik “Save Changes”.

Maksimalkan akun bisnis instagram anda! Baca disini

02. Pilih Tujuan Iklan

Sekarang, Anda dapat memilih satu atau beberapa opsi di antara berbagai tujuan iklan yang diberikan Ads Manager. Jadi, bergantung pada sasaran bisnis Anda, Anda dapat memilih salah satu dari tiga tujuan berikut:

  • Awareness: Brand Awareness, Reach
  • Consideration: Traffic, Engagement, App Installs, Tampilan Video, Perolehan Prospek, Pesan
  • Conversion: Konversi, Penjualan Katalog, Store Visit

Pilihlah tujuan iklan Anda berdasarkan sasaran bisnis atau atas dasar di mana target audience Anda berada.

03. Pilih Audience Target Anda

Pada tahap ini, Anda dapat menambahkan beberapa lapisan penargetan, seperti memilih usia, jenis kelamin, serta lokasi target audience Anda. 

Anda juga dapat membuat audience khusus yang terdiri dari mereka yang mungkin telah terlibat dengan konten Anda, mengunjungi website Anda, atau menonton video Anda.

04. Penempatan Iklan Anda

Setelah Anda menargetkan audience yang ideal, sekarang saatnya memilih penempatan iklan Anda! Ini penting jika tujuan promosi Anda hanya menampilkan iklan di Instagram. Jika Anda memilih untuk mengabaikan langkah ini, Facebook akan mengizinkan iklan Anda muncul di platformnya juga.

Anda harus memilih Automatic Placements atau Manual Placements.

Automatic Placements adalah tempat iklan secara otomatis ditempatkan di tempat yang cenderung berkinerja terbaik. Iklan dapat ditempatkan di Instagram, Facebook, Messenger, dan Audience Network.

Jika Anda memilih Manual Placement, Anda dapat memilih di mana iklan Anda muncul. Misalnya, jika Anda ingin membatasi iklan Anda agar hanya muncul di Instagram Stories, atau hanya di Instagram Feed.

05. Pilih Budget dan Durasi Iklan 

Setelah Anda memilih tujuan, audience, dan penempatan iklan, Anda dapat melanjutkan untuk menentukan budget dan jadwal Anda. Ini untuk menentukan jumlah budget yang ingin Anda gunakan, serta berapa lama Anda ingin menjalankan iklan tersebut.

Anda dapat menggunakan budget harian, yang menawarkan jumlah pengeluaran maksimum untuk hari tertentu. Pilihan lainnya adalah menggunakan budget yang ditetapkan untuk jangka waktu iklan tertentu. Anda juga dapat memilih untuk menjalankan iklan selama batas waktu tertentu dalam sehari atau menjalankannya terus menerus.

Dalam menetapkan budget untuk iklan, Anda dapat melihat skala Estimated Daily Reach untuk memperkirakan jumlah orang yang akan dijangkau oleh iklan Anda setiap hari.

06. Siapkan Iklan Anda

Setelah Anda menyiapkan tujuan, target audience, penempatan, serta budget dan jadwal iklan, Anda dapat melanjutkan untuk membuat iklan.

Ada 6 jenis format iklan Instagram, yaitu :

  1. Story Ads

Story Ads adalah iklan foto atau video berbatas waktu yang muncul di antara Stories pengguna Instagram.

Iklan Story akan mendominasi layar pengguna, meminimalkan gangguan, dan menarik perhatian.  Selain itu, Anda bisa bagikan behind the scene bisnis Anda untuk membangun kesadaran brand.

  1. Photo Ads

Ini adalah format iklan Instagram yang paling standar dan yang paling sering Anda lihat di feed Anda sendiri. Photo Ads biasanya muncul dalam bentuk persegi atau landscape. Iklan jenis ini terlihat sederhana dan mudah diproduksi.

  1. Video Ads

Video Ads kurang lebih sama dengan Photo Ads, hanya saja tampilannya berbentuk video. 

Seperti Photo Ads, iklan ini akan muncul di feed pengguna dan semua opsi penargetan audience yang sama berlaku. Iklan video Anda bisa dalam format landscape atau persegi dan berdurasi hingga 60 detik.

  1. Carousel Ads

Carousel Ads memungkinkan pengguna menggeser untuk melihat foto atau video tambahan. Anda dapat menampilkan 3-5 foto atau video per carousel dan masing-masing dapat memiliki call to action (CTA) sendiri.

Selain itu, Anda memiliki banyak kesempatan untuk memberi impression pada audience Anda dengan foto produk atau seri panorama yang mencolok.

  1. Collection Ads

Seperti iklan carousel, Collection Ads berisi banyak gambar atau video. Namun, pengguna bisa melakukan pembelian langsung melalui iklan ini.  Pengguna memiliki opsi untuk membeli produk langsung dari iklan. Saat pengguna mengklik iklan, mereka akan diarahkan ke Instagram Instant Experience Storefront.

  1. Instagram Ads di Explore

Iklan di Explore muncul sama dengan iklan feed, tetapi Anda dapat menggunakan materi iklan feed yang ada untuk mengisi iklan di Explore. Jadi, Anda tidak perlu membuat materi iklan dari awal.

Setelah menentukan ingin menggunakan format iklan yang diinginkan, Anda dapat menambahkan tombol call to action yang relevan, seperti shop now, learn more, get offer, dan masih banyak lagi.

Perlu Tools untuk Instagram ads anda? Lihat disini 7 instagram marketing tools yang berguna untuk bisnis

Membuat Iklan Melalui Aplikasi Instagram

Cara termudah untuk mulai beriklan di Instagram adalah dengan menggunakan postingan yang ada di profil Instagram Anda. 

Jika Anda memiliki post yang berkinerja baik dan mempunyai banyak engagement, mempromosikannya dalam aplikasi adalah metode yang cepat dan mudah untuk menjangkau lebih banyak pengguna.

Pertama, Anda harus memiliki akun bisnis atau creator di Instagram untuk melakukan ini. Kemudian navigasikan ke posting yang Anda pilih dan klik "Promote" di bawah post tersebut.

Jika Anda belum menghubungkan Facebook Business Page ke akun Instagram Anda, Anda harus melakukannya sekarang. Pilih akun Facebook yang ada atau buat yang baru seperti yang diminta.

Kemudian, cukup lengkapi opsi untuk memilih siapa yang akan melihat iklan Anda, ke mana Anda ingin mengirim mereka, berapa banyak yang ingin Anda jangkau, dan untuk berapa lama Anda ingin iklan Anda berjalan.

Terakhir, pilih “Create Promotion”.

Sekarang, Anda dapat memantau hasilnya di tab “Promotion” pada profil Instagram Anda.

Tips dalam membuat Instagram Ads

Sekarang Anda sudah mengetahui langkah teknis yang diperlukan untuk membuat Instagram Ads. Tapi, itu saja tidak cukup! Agar iklan di Instagram Anda semakin sukses, berikut beberapa tip berguna untuk membuat Instagram Ads yang bagus,

01. Jangan membuat ‘iklan’ Anda terlihat seperti iklan

Instagram merupakan platform yang unik karena sepenuhnya berunsur visual. Audience Anda dapat membandingkan postingan yang terlihat seperti konten alami dengan konten promosi produk yang mencolok. Jika terasa seperti iklan yang terlalu ‘memaksa untuk membeli’, pengguna lebih berkemungkinan untuk mengabaikannya.

02. Cobalah berkolaborasi dengan influencer

Bekerja dengan influencer dapat membantu membangun kredibilitas, sambil meningkatkan brand awareness ke audience baru. Sebuah survei oleh CivicScience menemukan bahwa hampir setengah dari pengguna Instagram telah melakukan pembelian karena rekomendasi influencer.

03. Terus mencoba (A-B Testing)

Jika Anda tidak melihat hasil yang signifikan, ubah strateginya. Anda dapat menyesuaikan audience atau hanya memposting iklan pada waktu yang berbeda dalam sehari. Coba berbagai jenis konten juga agar mengetahui minat audience.

Instagram adalah salah satu media sosial terbesar di dunia, yang berarti peluang jangkauannya tidak terbatas. Sama seperti iklan sosial dan digital lainnya, Instagram Ads tidak boleh dibuat seadanya. Pastikan mereka juga mengikuti strategi brand dan marketing perusahaan Anda. 

Ingat, dalam menyiapkan iklan Instagram, Anda harus memikirkan tujuan, siapa yang ingin dijangkau, dan jenis pesan apa yang akan memotivasi audience Anda untuk terlibat dengan iklan Anda.

Jadi tunggu apalagi? Mulailah dengan merencanakan strategi Instagram Ads Anda sekarang!

Baca juga: Tingkatkan Instagram Anda dengan menggunakan SEO

Related Posts