Manfaat dan Fungsi In-app Chat Yang Harus Anda Ketahui

Home / Insight / Manfaat dan Fungsi In-app Chat Yang Harus Anda Ketahui

Perkembangan dunia komunikasi telah berkembang dari pesan yang lambat bagaikan siput menjadi obrolan super cepat seperti cheetah. Jumlah orang yang menggunakan chat dan messenger akan terus naik dan akan terus digunakan di masa mendatang. 

Hal ini juga terjadi karena banyak orang yang cenderung lebih suka dengan timbal balik yang cepat. Karenanya, banyak messenger yang terus berinovasi untuk memberikan kecepatan dan interaktivitas pada pengguna.

Menanggapi lanskap yang berubah ini, bisnis harus dapat mengadaptasi strateginya. 

Jika Anda ingin pengguna terus terlibat di platform Anda, Anda harus memberi mereka opsi komunikasi langsung dengan bisnis Anda. Hal ini biasanya dicapai dengan menambahkan in-app chat di dalam platform atau aplikasi sebuah bisnis.

Tetapi, seringkali orang-orang menyalah artikan in-app chat dan menyamakannya dengan in-app messaging. Apakah Anda tahu, bahwa kedua hal itu adalah dua hal berbeda? Artikel ini akan membahas perbedaan keduanya, fungsi in-app chat dan manfaat memasangnya di aplikasi atau Anda.

in-app chat

Apa Itu In-App Chat?

In-App Chat adalah sebuah chat interface yang biasanya ada di dalam sebuah aplikasi atau produk, yang memungkinkan pengguna melakukan obrolan secara personal atau dalam grup. Fiturnya dapat sesimpel seperti memungkinkan pesan untuk dikirim antar pengguna, atau dapat menyertakan sejumlah fitur obrolan lanjutan seperti indikator pengetikan, profil pengguna, daftar pengguna, atau push notification.

Biasanya, percakapan ini dimulai oleh pengguna karena dia membutuhkan bantuan, memiliki pertanyaan, atau ingin melaporkan suatu masalah. Dengan cara ini, In-App Chat berfungsi untuk membantu pengguna dengan menyediakan customer support yang efisien dan dapat diakses.

Contoh In-App Chat:

  • Customer service chat di situs e-commerce: Pembeli dapat mengajukan pertanyaan dan mendapatkan dukungan dari perwakilan layanan langsung atau chatbot.
  • Chat dalam game dengan banyak pemain: Gamer dapat berkomunikasi satu sama lain secara real-time langsung di antarmuka game.
  • Chat yang disematkan dalam aplikasi kolaborasi (misal pada Google Docs): Anggota tim dapat berkomunikasi satu sama lain dalam lingkungan kolaborasi mereka yang lebih besar.
  • Live chat dalam sebuah live streaming: Penonton yang menonton streaming acara langsung dapat mengobrol dalam grup dalam skala besar, atau secara langsung tentang apa yang mereka tonton.

Menurut Mobile Messaging Report pada  2016, 51% orang mengatakan bisnis harus tersedia 24/7 dan 46% lebih suka mengirim pesan melalui email untuk menghubungi bisnis. Lebih dari separuh pengguna di Amerika Serikat yang berusia antara 18 dan 55 tahun telah menggunakan chatbot. Sesi aplikasi messenger juga tumbuh sebanyak 44% dari tahun ke tahun.

In-App Chat  adalah hal penting dari setiap aplikasi dan produk interaktif yang dapat Anda gunakan, baik itu untuk digunakan pada web, seluler, atau aplikasi. 

Apa Itu In-App Messaging?

Di sisi lain, In-App Messaging adalah notifikasi visual yang kaya yang muncul sebagai respons langsung terhadap apa yang dilakukan pengguna (atau, tidak dilakukan, tetapi seharusnya dilakukan) di aplikasi Anda.

Pesan ini otomatis (atau, dipicu oleh perilaku) dan disiapkan oleh developer sebuah aplikasi atau pemasar untuk muncul di titik-titik utama interaktivitas. Tujuannya di sini adalah untuk membina pengguna dan membantu memandu mereka melalui aplikasi menuju tindakan dalam aplikasi kedua dari belakang.

In-App Chat vs In-App Messaging 

In-App Chat adalah komunikasi dua arah secara real time secara personal atau grup yang terjadi di aplikasi atau produk. In-App Messaging adalah pesan otomatis yang dikirimkan dalam aplikasi sebagai tanggapan atas apa yang dilakukan pengguna atau layanan yang mereka gunakan untuk berinteraksi. 

Misalnya, jika pengguna memanggil taksi di aplikasi on-demand, aplikasi tersebut akan mengirimi mereka peringatan seperti memberi tahu mereka seberapa dekat pengemudi mereka, mengkonfirmasi akhir perjalanan, dan meminta mereka untuk menilai pengemudi mereka. Ini semua adalah lansiran otomatis yang dipicu yang membantu meningkatkan pengalaman pengguna dan membuat pengguna tetap dapat memantau saat mereka menggunakan aplikasi.

Singkatnya, In-App Chat berdampak pada komunikasi dan konektivitas, sedangkan In-App Messaging untuk keterlibatan dan pertumbuhan bisnis.

Manfaat In-App Chat untuk model bisnis Anda

  1. Meningkatkan Keterlibatan dan Retensi Pelanggan

Salah satu manfaat utama In-App Chat adalah mempertahankan pengguna dalam aplikasi itu sendiri. Jika pesan dalam aplikasi tidak disertakan, pengguna harus keluar dari aplikasi dan menggunakan cara lain untuk berkomunikasi. Hal ini akan mengakibatkan berkurangnya interaksi dan engagement dalam aplikasi yang juga terkait dengan retensi pengguna.

Saat Anda menyediakan komunitas dan komunikasi yang berkualitas di dalam aplikasi atau produk Anda, Anda dapat menjaga keterlibatan atau engagement pelanggan dan retensi pelanggan.

  1. Menerima Customer Support dan Menjaga Privasi

In-App Chat bisa sangat berharga dalam menjalin komunikasi dengan pelanggan. Beberapa penyedia jasa In-App chat memiliki fitur chat yang aman dan terenkripsi. PowerTalk misalnya, penyedia jasa In-App chat ini memiliki built-in encryption yang memastikan pesan yang ditukarkan tetap aman dan terenkripsi.

  1. Mempermudah Pengguna pada Aplikasi Penyedia Layanan yang Rumit

In-App Chat dibutuhkan untuk aplikasi penyedia layanan dengan tingkat kerumitan yang tinggi. Misalnya, In-App chat akan menjadi komponen menguntungkan dari aplikasi perbankan atau keuangan karena orang seringkali membutuhkan bantuan untuk memahami akun mereka dan mengelola keuangan mereka. In-App chat tidak akan menambah banyak nilai ekstra untuk mempermudah pelanggan yang ingin berkomunikasi saat menghadapi hambatan dan kesulitan memanuver aplikasi atau produk tersebut

  1. Ruang Inovasi dan Bertumbuh

Manfaat utama lainnya dari In-App Chat adalah ruang untuk inovasi dan bertumbuh. Ketika Anda mulai meluncurkan In-App Chat, Anda akan mendapatkan ruang untuk berinovasi dengan mengintegrasikan fitur-fitur adopsi. Misalnya, Anda menambahkan fitur chatbot. Hal ini akan mengembangkan fungsi In-App Chat pada produk Anda dan Anda dapat memperluas layanan yang tepat untuk membangun dan memberdayakan produk Anda.

In-App Chat juga dapat mengembangkan customer support karena membuat pengguna dengan mudah menghubungi Anda saat mereka membutuhkan bantuan. Jika Anda merasa membuat In-App Chat adalah sesuatu yang rumit, carilah penyedia jasa In-App Chat framework yang paling tepat untuk kebutuhan brand Anda. 

PowerTalk by TapTalk.io merupakan salah satu brand yang dapat memungkinkan kustomisasi pada In-App Chat Anda. Selain itu, terdapat banyak fitur lain yang dapat memberikan kemudahan bagi pengguna. Fitur Background Message Delivery memungkinkan file berukuran besar tetap terkirim meskipun aplikasi telah tertutup. Smart Local Cache Management memungkinkan chat yang lewat dari 30 hari terhapus dari penyimpanan lokal ponsel untuk menjaga user experience tetap mulus. Namun, data akan tetap ada untuk perusahaan dan dapat diambil dengan melakukan scroll ke bagian paling atas.

Menggunakan In-App Chat dapat memberikan beberapa manfaat kepada bisnis Anda. Anda dapat meningkatkan keterlibatan dan retensi pengguna, menerima customer support dan menjaga privasi, mempermudah pengguna pada aplikasi jasa layanan yang rumit, dan menjadi ruang inovasi dan bertumbuh. 

Jika Anda tertarik mengembangkan produk Anda, hubungi agent kami untuk informasi lebih lanjut di sini.