pt tap talk teknologi blog
Ketahui Definisi dan Manfaat Supply Chain Management

Ketahui Definisi dan Manfaat Supply Chain Management

By Jessica Jacob
27 / 01 / 2024

Demi kelangsungan bisnis, sebuah bisnis harus memiliki daya saing yang tinggi, terutama di era hiperkompetisi saat ini. Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi daya saing bisnis di pasar, salah satunya adalah Supply Chain Management (SCM).

Supply Chain Management atau manajemen rantai pasok dapat membantu perusahaan untuk memperoleh keuntungan. Untuk itu, penting bagi pengusaha untuk memahami apa itu Supply Chain Management dan mengetahui manfaatnya penerapan Supply Chain Management bagi perusahaan.

Pada artikel berikut, kami akan membahas lebih lanjut mengenai apa itu Supply Chain Management dan manfaatnya bagi perusahaan.

Ketahui Definisi dan Manfaat Supply Chain Management

Key Takeaways: 

  • Supply Chain Management atau SCM merupakan serangkaian aktivitas yang terlihat dalam mengelola aliran barang, jasa, informasi, dan dana dari pemasok hingga ke pelanggan akhir. 
  • Supply Chain Management mencakup proses perencanaan, pengendalian, dan pengawasan terhadap semua tahapan yang ada dalam rantai pasokan. 
  • Aktivitas Supply Chain Management diharapkan dapat membantu perusahaan dalam mengoptimalkan sumber daya dan meminimalisir biaya yang dikeluarkan, sehingga perusahaan dapat berjalan dengan lebih efisien.
  • Beberapa manfaat Supply Chain Management bagi perusahaan, antara lain meningkatkan keuntungan, mengurangi biaya, meningkatkan kepuasan konsumen, meningkatkan kepercayaan pelanggan, mendorong optimalisasi pemanfaatan aset perusahaan, menjaga relasi bisnis, dan mediasi pasar. 

Apa Itu Supply Chain Management?

Supply Chain Management atau SCM merupakan serangkaian aktivitas yang terlihat dalam mengelola aliran barang, jasa, informasi, dan dana dari pemasok hingga ke pelanggan akhir. Supply Chain Management dikenal juga sebagai manajemen rantai pasokan.

Supply Chain Management mencakup proses perencanaan, pengendalian, dan pengawasan terhadap semua tahapan yang ada dalam rantai pasokan. Kegiatan Supply Chain Management akan merancang aktivitas yang sesuai dengan operasional perusahaan agar kegiatan proses produksi dan distribusi menjadi lebih efektif dan efisien.

Aktivitas Supply Chain Management diharapkan dapat membantu perusahaan dalam mengoptimalkan sumber daya dan meminimalisir biaya yang dikeluarkan, sehingga perusahaan dapat berjalan dengan lebih efisien.

Tujuan Penerapan Supply Chain Management

Kegiatan Supply Chain Management dilakukan untuk beberapa tujuan. Salah satu tujuan utama dari aplikasi Supply Chain Management adalah untuk menyelaraskan permintaan dengan pasokan yang ada agar perusahaan dapat menyediakan produk yang berkualitas, bervariasi, murah, dan tepat waktu.

Di samping tujuan di atas, berikut adalah tujuan-tujuan lain dari dilakukannya Supply Chain Management.

1. Menyelidiki Potensi Masalah

Bisnis sangatlah rentan akan berbagai macam masalah. Salah satu contoh masalah yang sering terjadi dalam suatu bisnis adalah adanya jumlah permintaan yang lebih besar daripada jumlah stok yang dimiliki.

Ketika konsumen memesan produk dalam jumlah yang lebih banyak daripada stok yang ada di gudang, maka konsumen umumnya akan komplain dan merasa tidak puas akan pelayanan yang perusahaan berikan. Hal ini kemudian akan menyebabkan dampak buruk kepada perusahaan dan menciptakan reputasi perusahaan yang kurang baik.

Masalah ini dapat diantisipasi jika pemasok menganalisis data supply chain dahulu dengan melakukan Supply Chain Management. Dengan menggunakan software Supply Chain Management, Anda dapat mengantisipasi potensi kekurangan produk tersebut dan meminimalisir dampak buruk yang akan dirasakan perusahaan.

SCM dapat membantu perusahaan untuk merencanakan dan mengkoordinasikan seluruh kegiatan yang ada dalam supply chain sehingga pelayanan terhadap konsumen akan maksimal. Selain itu, software ini juga dapat membantu perusahaan untuk mendapatkan konsumen yang loyal.

2. Optimalisasi Dinamika Harga

Dalam bisnis, ada dua macam produk, yaitu produk musiman dan produk yang selalu dibutuhkan oleh konsumen.

Pada masa bisnis Anda menjual produk musiman, maka ada salah satu risiko yang harus Anda antisipasi, yaitu masa simpan produk yang terbatas. Produk musiman ini biasanya akan dibuat atau dijual dengan potongan yang sangat besar jika tidak habis terjual sampai akhir musim.

Produk yang selalu dibutuhkan konsumen adalah produk kebutuhan pokok. Beberapa contoh produk macam ini adalah sembako. Tapi tidak menutup kemungkinan bahwa produk kebutuhan pokok juga memiliki masa simpan yang terbatas.

Karena adanya dua macam produk ini, biasanya bisnis akan menyesuaikan harga sedemikian rupa dalam pemenuhan permintaan pasar. Dengan menganalisis siklus rantai pasokan, perusahaan dapat mengoptimalkan margin keuntungan perusahaan. Sehingga harga yang sudah disesuaikan tetap dapat menghasilkan keuntungan bagi perusahaan.

Supply Chain Management mempertimbangkan semua fasilitas yang mempengaruhi setiap barang atau jasa yang diproduksi serta biaya yang diperlukan dalam memenuhi kebutuhan konsumen. Hal ini membantu perusahaan untuk meningkatkan pendapatan melalui memenuhi kepuasan pelanggan dan meningkatkan kepercayaan pelanggan.

3. Kontrol Stok dengan Mudah

Dengan Supply Chain Management, perusahaan dapat mengembangkan data siklus dengan baik. Jika ditambah lagi dengan penggunaan sistem digital, maka Anda dapat mengalokasikan sumber daya secara otomatis tanpa perlu repot menghitung secara manual.

Alokasi sumber daya dapat dilakukan berdasarkan pada perkiraan penjualan, permintaan pasar secara aktual, serta prediksi ketersediaan barang mentah. Data dari Supply Chain Management akan memudahkan perusahaan dalam mengontrol dan mengelola stok yang ada.

7 Manfaat Supply Chain Management

7 Manfaat Supply Chain Management

Berikut adalah beberapa manfaat Supply Chain Management bagi perusahaan.

1. Meningkatkan Keuntungan

Setiap perusahaan atau bisnis pasti memiliki tujuan utama meningkatkan keuntungan dari menjalankan bisnisnya. Tujuan ini dapat dicapai dengan bantuan Supply Chain Management.

Manfaat Supply Chain Management yang satu ini dapat diperoleh dari optimalisasi proses rantai pasokan yang merupakan hasil dari penerapan Supply Chain Management.

Melalui proses bisnis yang lebih efisien, perusahaan dapat menjual lebih banyak barang atau jasa dengan biaya yang lebih rendah. Hal ini kemudian dapat meningkatkan margin keuntungan dan memenangkan persaingan di pasar.

Selain itu, Anda dapat menerapkan strategi penetapan harga yang lebih baik untuk meningkatkan keuntungan lebih jauh lagi. Dengan bantuan Supply Chain Management, perusahaan dapat memahami dengan lebih baik biaya produksi yang sebenarnya, yang kemudian dapat mereka gunakan untuk menentukan harga kompetitif dan menguntungkan.

2. Mengurangi Biaya

Salah satu manfaat Supply Chain Management yang paling utama untuk bisnis adalah mengurangi biaya dalam setiap tahapan supply chain.

Perusahaan dapat mengidentifikasi area yang memerlukan peningkatan efisiensi melalui analisis yang cermat. Dengan efisiensi yang meningkat ini, perusahaan kemudian dapat menghindari pemborosan atau biaya yang tidak diperlukan.

Perusahaan kemudian dapat meningkatkan profitabilitas dari biaya produksi dan distribusi yang dikurangi.

Misalnya, perusahaan dapat menerapkan manajemen persediaan yang efektif untuk menghindari pemborosan biaya penyimpanan yang berlebihan.

Contoh lainnya adalah Anda dapat mengurangi biaya transportasi dan menghemat waktu dengan memanfaatkan teknologi dalam Supply Chain Management. Melalui penggunaan teknologi ini, Anda dapat mengidentifikasi rute pengiriman yang paling efisien.

3. Meningkatkan Kepuasan Konsumen

Tujuan utama dari kegiatan produksi barang atau jasa yang dilakukan perusahaan adalah untuk kepuasan konsumen. Kepuasan konsumen sendiri merupakan salah satu indikator yang membuat perusahaan menjadi sustainable.

Sebuah perusahaan dapat memperoleh kepuasan pelanggan dengan membuat pelanggan mereka puas akan produk yang dibeli dan pelayanan yang diberikan. Dengan konsumen yang puas akan hal yang telah kita berikan, Anda dapat memperoleh kepercayaan pelanggan dan pelanggan akan setia untuk memakai produk kita dalam jangka waktu yang lama.

Hanya dengan membuat pelanggan puas dengan perusahaan, barulah kita dapat menjadikan konsumen tetap setia dengan merek kita.

4. Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan

Dalam dunia bisnis, membangun kepercayaan pelanggan adalah salah satu hal yang paling penting untuk menjaga keberlangsungan bisnis. Kepercayaan pelanggan adalah salah satu modal penting perusahaan untuk membangun merek yang kuat dan menjaga loyalitas konsumen.

Untuk memperoleh kepercayaan pelanggan, perusahaan memerlukan Supply Chain Management yang efektif. Supply Chain Management yang efektif memungkinkan perusahaan untuk menjaga kualitas produk, mengurangi keterlambatan pengiriman, dan meningkatkan keandalan layanan.

Dengan begitu, pelanggan akan memperoleh pengalaman positif dengan bisnis kita dan membangun kepercayaan jangka panjang terhadap perusahaan. Dengan memenuhi kebutuhan konsumen secara konsisten, Anda dapat membangun hubungan jangka panjang yang menguntungkan dengan pelanggan.

5. Mendorong Optimalisasi Pemanfaatan Aset Perusahaan

Melalui penerapan Supply Chain Management, perusahaan dapat memanfaatkan aset dengan optimal. Berbagai aset, termasuk sumber daya manusia, peralatan, fasilitas produksi, dan lain-lain, dapat dimaksimalkan efisiensi penggunaannya melalui manajemen yang tepat.

Dengan Supply Chain Management, Anda dapat memaksimalkan efisiensi yang kemudian mengurangi pemborosan dan biaya operasional yang tidak perlu.

Kini, pengetahuan dan keahlian karyawan juga termasuk dalam aset penting perusahaan. Manfaat Supply Chain Management adalah perusahaan dapat memanfaatkan aset karyawan dengan maksimal.

Misalnya, Anda dapat menyelenggarakan pelatihan bagi karyawan untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan mereka, agar kemudian mereka dapat berkontribusi lebih baik dalam rantai pasokan.

6. Menjaga Relasi Bisnis dengan Pemasok dan Mitra Lainnya

Selain manfaat-manfaat di atas, manfaat lainnya dari manajemen rantai pasokan adalah menjaga relasi bisnis. Sebagai alat penjaga relasi bisnis yang baik, Supply Chain Management akan membantu perusahaan untuk memiliki jaringan pemasok yang andal dan terpercaya.

Dengan relasi bisnis yang baik, Anda dapat memastikan ketersediaan bahan baku yang konsisten dari segi kualitasnya. Di samping itu, perusahaan dapat melakukan kolaborasi yang lebih baik dengan pemasok dan mitra bisnis lainnya melalui Supply Chain Management.

Melalui kolaborasi ini, perusahaan dapat meningkatkan efisiensi dan fleksibilitas dalam menghadapi pasar yang dinamis atau selalu berubah.

7. Mediasi Pasar

Supply Chain Management dapat membantu perusahaan untuk mengidentifikasi karakteristik dari barang atau jasa yang diminati konsumen. Dengan begitu, perusahaan dapat memastikan apa yang dipasok oleh rantai pasok mencerminkan apa yang diinginkan oleh konsumen.

Melalui SCM, perusahaan dapat mengidentifikasi seluruh atribut produk yang diharapkan ada oleh konsumen dan mengkomunikasikannya kepada perancang produk.

Baca juga: Memahami Integrasi serta Perbedaan CRM dan SCM

Kelola Manajemen Rantai Pasokan Bersama TapTalk.io

Kini setelah mengetahui berbagai manfaat Supply Chain Management, Anda siap untuk menerapkan SCM ke dalam bisnis Anda untuk meningkatkan keuntungan bisnis. Namun, sebelum kamu menerapkannya, pastikan kamu sudah siap untuk melaksanakannya secara optimal.

Untuk mewujudkan Supply Chain Management yang optimal, Anda memerlukan komunikasi yang efektif. Dengan alur komunikasi yang baik, kegiatan Supply Chain Management akan berjalan dengan lebih baik.

TapTalk.io yang merupakan aplikasi pesan instan terbaik menyediakan layanan OneTalk bagi perusahaan untuk mewujudkan komunikasi yang efektif dan efisien. OneTalk by TapTalk.io, adalah layanan omnichannel messaging yang membantu perusahaan untuk menjawab persoalan teknis komunikasi.

Bersama OneTalk, Anda dapat menerima berbagai pesan dari channel yang berbeda-beda. Anda dapat memusatkan obrolan yang dikirimkan pelanggan dari berbagai platform media sosial ke dalam satu dashboard sesuai dengan kebutuhan Anda. OneTalk memungkinkan bisnis Anda untuk terhubung dengan cepat dan mudah dengan konsumen melalui berbagai platform media sosial populer, seperti WhatsApp, Instagram, dan Google, dan juga platform e-commerce, seperti Tokopedia.

Salah satu solusi yang disediakan oleh OneTalk adalah Official WhatsApp Business API. Dengan fitur ini, Anda dapat menjalin komunikasi secara efektif dengan pelanggan melalui WhatsApp. WhatsApp Business API dapat Anda akses melalui dashboard yang disediakan oleh OneTalk, yaitu TapTalk.io. Fitur ini memungkinkan Anda untuk tidak melewatkan satupun permintaan barang atau jasa dari pelanggan.

Tertarik untuk merasakan langsung kemudahan yang ditawarkan OneTalk? Klik link ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai fitur-fitur menarik lainnya dari OneTalk!

Trial Akun Demo TapTalk
Jessica Jacob
Jessica Jacob memiliki lebih dari empat tahun pengalaman dalam pengembangan strategis di sektor teknologi, dengan latar belakang kuat dalam penjualan korporat dan manajemen proyek. Di TapTalk.io, dia berfokus pada inovasi dan pertumbuhan bisnis, membangun kemitraan strategis lintas industri. Sebelumnya, Jessica berperan aktif dalam mengembangkan kemitraan kanal baru dan memimpin tim lintas fungsi yang berhasil meningkatkan penjualan tahunan sebesar 45%.
linkedin penulisemail penulis

Related Posts

By Jessica Jacob

10 / 03 / 2023

As one of the most popular messaging apps today, WhatsApp has over 2.2 billion monthly users worldwide. And WhatsApp makes it much simpler and easier for you to connect with your customers. So what are you still holding out for? Having trouble deciding between the WhatsApp Business API and the WhatsApp Business App? Want to […]

Read More

By Ardian

27 / 05 / 2020

Seiring dengan berkembangnya teknologi informasi dan perubahan tren para pengguna internet di Indonesia, semakin banyak penduduk Indonesia yang menggunakan internet bukan hanya untuk mengkonsumsi media baik itu tulis maupun gambar, tetapi juga untuk kebutuhan berbelanja/commerce. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, pada tahun 2018 terdapat lebih dari 20 juta transaksi online, dengan nilai lebih dari 17 […]

Read More

By Regita

03 / 07 / 2021

Menjawab pertanyaan pelanggan menjadi kunci dalam mendapatkan loyalitas, terutama bagi bisnis online. Namun, bagaimana kalau misalnya ada pelanggan yang menghubungi Anda di luar jam operasional? Dalam skenario seperti itu, solusi yang tepat adalah menggunakan fitur chatbot. Pada tahun 2020, sekitar 80% bisnis akan menggunakan chatbot. Chatbots telah menjadi bagian penting dalam pertumbuhan bisnis dan penggunaan […]

Read More
1 2 3 99
TapTalk
PowerTalk
OneTalk
SendTalk
whatsappfacebooktwitterinstagramlinkedin

Reach us by phone at (021) 27939266

Business Park Kebon Jeruk blok C2-3, Jl. Meruya Ilir Raya no.88, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, 11620

© 2020 - 2023 TapTalk.io (PT Tap Talk Teknologi)

tap talk logo for footer