pt tap talk teknologi blog
Ketahui Apa Itu Nostalgia Marketing dan Dampaknya Pada Bisnis

Ketahui Apa Itu Nostalgia Marketing dan Dampaknya Pada Bisnis

By Jessica Jacob
14 / 12 / 2023

Apakah Anda seorang pemilik bisnis? Tentu saja dalam menjalankan sebuah bisnis, Anda akan menghadapi berbagai jenis tantangan di dunia bisnis, misalnya saja persaingan usaha, disrupsi teknologi, dan lain sebagainya. Pada prinsipnya, memiliki atau menjalankan sebuah bisnis bak menaiki wahana roller coaster yakni kadang berada di atas dan kadang berada di bawah, hal ini jelas berbeda dengan karyawan swasta yang telah memiliki pendapatan tetap setiap bulannya. Akan tetapi, perlu kita akui bersama bahwa memiliki bisnis akan memberikan Anda kesempatan yang lebih luas dibandingkan menjadi pegawai kantoran.

Agar bisnis Anda terus dapat berjalan dengan optimal, biasanya Anda memerlukan strategi pemasaran guna menjaga produktivitas bisnis Anda. Berbicara mengenai strategi pemasaran, tentunya terdapat banyak sekali jenis strategi yang dapat Anda gunakan, usahakan untuk memilih strategi yang sejalan dengan visi dan misi bisnis Anda, hal ini guna mencegah adanya perbedaan pandangan antara strategi pemasaran dan visi-misi bisnis Anda.

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas lebih lanjut mengenai nostalgia marketing, sebuah strategi pemasaran yang cukup unik serta cukup efektif dalam meningkatkan penjualan produk.

Ketahui Apa Itu Nostalgia Marketing dan Dampaknya Pada Bisnis

Key Takeaways:

  • Strategi nostalgia marketing atau strategi pemasaran nostalgia adalah suatu strategi promosi yang bertujuan untuk membangkitkan perasaan atau asosiasi positif dengan masa lalu.
  • Penerapan nostalgia marketing dapat mengingatkan pelanggan akan momen-momen mengesankan, menjadikan sebuah brand berbeda dari lainnya, serta berpotensi untuk mengembangkan hubungan yang lebih personal dengan pelanggan.
  • Beberapa brand yang sukses dalam menerapkan nostalgia marketing adalah McDonald’s dengan produkknya Chicken McNuggets dan Wall’s dengan es krimnya Viennetta.

Apa Itu Nostalgia Marketing

Strategi nostalgia marketing atau strategi pemasaran nostalgia adalah suatu strategi promosi yang bertujuan untuk membangkitkan perasaan atau asosiasi positif dengan masa lalu. Dalam praktiknya, biasanya para marketer sengaja mereferensikan konsep, ide, peristiwa, atau tokoh tertentu yang sangat ikonik dengan dekade atau periode sebelumnya.

Penerapan strategi nostalgia marketing tentu saja dapat cukup efektif dalam meningkatkan penjualan sebuah produk, hal ini tak lepas dari efek psikologis yang dihasilkan oleh implementasi strategi pemasaran tersebut. Biasanya, orang-orang cenderung memiliki masa lampau yang berkesan serta pasti akan mengingat barang atau produk yang sempat ada di zamannya, hal inilah yang menjadi audiens target dari nostalgia marketing. Anda pun sebagai pemilik bisnis pasti akan merasa senang dan kembali mengingat masa lampau jika menemukan sebuah produk yang diproduksi kembali persis seperti pada masanya.

Baca juga: Storytelling Marketing: Membangun Memori Bisnis dalam Benak Masyarakat

Alasan Mengapa Nostalgia Marketing Baik untuk Bisnis

Menurut sebuah studi tentang memori otobiografi, ketika manusia diingatkan dengan momen masa lalunya, seketika itu pula mereka akan merasakan emosi yang terkait dengan momen aslinya. Apabila kenangan tersebut bersifat positif, maka kita juga akan memikirkan hal-hal yang menyenangkan serta cenderung mengalami keceriaan yang sama.

Beberapa penelitian lain juga menunjukkan bahwa dengan mengingat masa lalu dapat membuat kita melawan kebosanan, kesepian, serta kecemasan. Bahkan, dapat berfungsi sebagai cara yang efektif untuk mengatasi transisi kehidupan yang sulit atau sedang dalam masa-masa yang penuh dengan tekanan.

Adapun beberapa alasan mengapa strategi nostalgia marketing dapat membawa dampak baik bagi bisnis Anda, berikut alasannya:

1. Mengingatkan Pelanggan akan Momen yang Mengesankan

Seperti pada beberapa penelitian sebelumnya yang mengatakan bahwa kenangan positif di masa lalu akan membuat seseorang menjadi ceria seperti yang telah dialaminya, saat ini beberapa perusahaan telah menerapkan strategi nostalgia marketing, umumnya dikaitkan dengan pop culture.

Dengan begitu, konsumen dapat merasakan kembali momen-momen mengesankan ketika di masa muda.

2. Agar Berbeda dari Brand Lainnya

Menjadi beda dengan brand lain atau bahkan kompetitor merupakan hal yang patut dibanggakan oleh sebuah brand. Bagaimana tidak? Karena dengan menjadi unik tentu akan meningkatkan daya tarik terhadap pelanggan. Selain itu, dengan menjadi unik maka pelanggan akan selalu mencari produk atau jasa yang Anda jual karena mereka tidak akan menemukannya di brand-brand lain.

Misalnya saja toko Anda menjual jajanan khas tahun 90an, besar kemungkinan para pelanggan Anda yang merupakan angkatan 90an akan mencari toko Anda dan bahkan berpotensi menjadi pelanggan loyal. Jika toko Anda terus konsisten menjual jajanan khas 90an, bukan tidak mungkin toko Anda akan menjadi satu-satunya yang menjual produk tersebut, sehingga pelanggan hanya akan mengingat nama toko Anda ketika terbesit mengenai jajanan khas tahun 90an.

3. Mengembangkan Hubungan Personal Khusus Bersama Pelanggan

Jika kita mengambil case study pada poin nomor 2 yaitu tentang bisnis menjual jajanan khas tahun 90an, ketika salah seorang pelanggan sudah menjadi pelanggan yang loyal bukan tidak mungkin hal tersebut akan membuka kesempatan baru untuk membangun hubungan yang lebih personal, dalam hal ini karena memiliki kesukaan yang sama.

Dengan demikian, bisa saja Anda sebagai pemilik bisnis terhubung dengan komunitas-komunitas terkait yang sangat berpotensi mengembangkan bisnis Anda dan juga memperluas relasi.

4. Mempromosikan Brand Secara Tidak Langsung

Brand atau merek yang menerapkan strategi marketing nostalgia cenderung memiliki pelanggan yang memang secara personal memiliki keterkaitan dengan barang atau jasa yang ditawarkan oleh merek tersebut, umumnya mereka akan merasa senang dan gembira ketika menemukan hal masa lalunya kembali.

Dengan perasaan senang tersebut, tidak jarang para pelanggan akan membagikan pengalaman unik dan menarik kepada para kerabat, keluarga, serta sahabat terdekat untuk ikut membeli produk yang dijual oleh brand tersebut. Hal ini tentu saja akan memberikan dampak positif bagi brand tersebut karena secara tidak langsung bisnisnya dipromosikan oleh para pelanggannya.

Dampak positif lainnya tentu saja perusahaan tersebut dapat memangkas biaya promosi yang tidak perlu dikeluarkan serta berpotensi mendapatkan revenue lebih.

3 Strategi Efektif dalam Menerapkan Nostalgia Marketing

Setelah mengetahui pengertian serta apa pentingnya strategi nostalgia marketing, kini saatnya Anda perlu mengetahui bagaimana cara atau strategi yang efektif dalam menerapkan nostalgia marketing. Berikut merupakan 3 strategi yang dapat Anda gunakan:

3 Strategi Efektif dalam Menerapkan Nostalgia Marketing

1. Kenali Kenangan yang Relevan dengan Audience Target Anda

Masing-masing generasi tentu saja memiliki jenis kenangan yang berbeda, terdapat banyak jenis kenangan yang dapat pelanggan Anda miliki, misalnya saja dalam bentuk musik, film, pertunjukkan, kuliner, dan lain sebagainya. Maka dari itu, sebelum Anda memutuskan untuk mengambil suatu tren masa lalu, pastikan Anda sudah mengenal target audiens Anda, kelompok usia mana yang akan Anda sasar.

Satu hal lagi yang perlu Anda perhatikan adalah untuk memilih tren yang selaras dengan nilai-nilai bisnis Anda, karena apabila tidak dapat menjadi bumerang bagi bisnis Anda. Misalnya saja dengan menghindari memilih kenangan yang dapat menyebabkan kontroversi.

2. Menemukan Timing yang Tepat

Penerapan strategi bisnis ada baiknya untuk memperhatikan beberapa hal, misalnya saja terkait timing yang tepat, hal ini berpotensi untuk memberikan efek keberhasilan yang lebih tinggi dari biasanya. Beberapa momen yang dapat Anda manfaatkan seperti momen rebranding, anniversary, serta adanya perubahan dalam arah tujuan bisnis.

Misalnya saja Anda memilih momen anniversary, kemudian Anda menyediakan produk dengan tema masa lampau. Katakanlah Anda merupakan pionir pembuat mie instan sejak tahun 1970, kemudian ketika perusahaan Anda sedang merayakan anniversary pada tahun 2023, perusahaan Anda meluncurkan kemasan mie instan yang sama seperti saat pertama kali mie instan Anda diproduksi. 

3. Memanfaatkan Media Sosial

Di zaman yang serba digital saat ini, kehadiran media sosial tentu saja sangat membantu dalam proses publikasi serta pemasaran, sehingga ada baiknya Anda memanfaatkan kehadiran media sosial dengan sebaik-baiknya. Pergunakan sebanyak mungkin platform media sosial yang perusahaan Anda miliki agar memiliki jangkauan yang lebih luas terhadap pelanggan dan lakukan posting secara teratur.

Melakukan posting secara teratur akan membuat pelanggan atau viewer konten Anda merasa selalu diingatkan, hingga akhirnya mereka akan mengingat tentang kenangan masa lalunya yang relevan dengan konten nostalgia yang Anda buat. Jangan lupa, bahwa bisa saja konten tersebut akan di-repost oleh pelanggan Anda dan Anda akan mendapatkan endorse secara cuma-cuma.

Baca juga: Guerilla Marketing, Strategi Kreatif untuk Memenangkan Pasar

Bagaimana Cara Menerapkan Nostalgia Marketing dengan Baik

Sebelumnya, Anda telah mengetahui strategi yang efektif serta keuntungannya menerapkan nostalgia marketing, tidak ada salahnya juga bagi Anda untuk mengetahui bagaimana cara menerapkan strategi nostalgia marketing yang proper. Berikut ini merupakan 2 cara menerapkan nostalgia marketing yang proper.

1. Memperhatikan Detail dengan Cermat

Ketika Anda memiliki tujuan untuk membangkitkan kembali kenangan pelanggan Anda, maka hal yang wajib Anda perhatikan adalah untuk memperhatikan setiap detail yang akan Anda buat. Misalnya saja Anda ingin membuat kemasan mie instan seperti pada tahun 90an, tentu saja Anda harus menggunakan warna, font, serta ukuran teks semirip mungkin seperti pada tahun 90an.

Hindari menggunakan pernak-pernik yang menunjukkan bahasa desain kekinian, karena akan merusak tujuan awal Anda yaitu untuk membangkitkan kembali kenangan masa lalu.

2. Jangan Memaksakan

Penerapan strategi pemasaran nostalgia dapat ditarik kesimpulan merupakan strategi yang perlu hati-hati dalam penerapannya, hal ini karena menyangkut memori masa lalu orang-orang yang tentu saja beragam. Nostalgia sendiri dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti brand, produk, musik, hingga film favorit.

Poin pentingnya terletak pada bagaimana Anda mendesain tema nostalgia yang dapat membangkitkan kembali kenangan masa lalu pelanggan Anda, karena apabila Anda salah dalam menyusun tema nostalgia yang akan digunakan, bukan tidak mungkin pelanggan Anda akan memberikan sikap penolakan yang berujung pada citra brand yang akan terganggu.

Maka dari itu, pastikan produk atau tema nostalgia yang akan Anda luncurkan ini sebisa mungkin sesuai dengan tema nostalgia yang dapat membangkitkan memori audiens. Tidak perlu tergesa-gesa atau cukup memungkinkan juga apabila Anda melakukan RnD (Research and Development) sebelum menentukan tema nostalgia apa yang ingin Anda terapkan.

Contoh Beberapa Implementasi Nostalgia Marketing

1. McDonald’s

Siapa yang tak kenal McDonald’s atau lebih sering disebut dengan Mcd di Indonesia. Ya, restoran cepat saji asal Amerika Serikat ini terbukti cukup berhasil dalam menerapkan nostalgia marketing, salah satu menu favoritnya adalah Chicken McNuggets yang populer di kalangan anak-anak serta orang dewasa pada tahun 1980-an, akan tetapi menu tersebut sempat dihentikan.

Akhirnya hampir empat dekade kemudian tepatnya pada tahun 2020, McDonald’s kembali menyajikan menu Chicken McNuggets serta menjadikannya sebagai salah satu menu utamanya.

2. Wall’s

Bagi Anda generasi 2000-an pasti sudah tidak asing lagi dengan salah satu merek es krim terkenal yaitu Wall’s, pada saat itu Wall’s meluncurkan produk es krim yang diberi nama Viennetta. Akan tetapi es krim Viennetta sempat dihentikan penjualannya karena penjualan yang tidak signifikan, salah satu penyebabnya bisa saja dikarenakan oleh harga daripada es krim tersebut yang cukup mahal, sehingga anak-anak belum mampu untuk membelinya.

Namun, pada tahun 2020, Wall’s kembali menghadirkan Viennetta dan terbukti sukses menarik perhatian, khususnya orang-orang kelahiran tahun 2000-an. Anak-anak yang dulunya belum mampu untuk membeli es krim tersebut, kini sudah mampu untuk membelinya. Terbukti hingga stok Viennetta sempat langka akibat tingginya peminat es krim tersebut.

Baca juga: Interactive Marketing: Strategi Ampuh Digital Marketing

Maksimalkan Visibilitas Brand Anda Bersama OneTalk by TapTalk.io

Setelah Anda mengetahui apa itu nostalgia marketing, pentingnya nostalgia marketing, serta bagaimana cara menerapkan strategi nostalgia marketing dengan baik, tidak ada salahnya kini Anda perlu memaksimalkan visibilitas brand Anda hasil dari penerapan nostalgia marketing yang sukses.

OneTalk by TapTalk.io merupakan aplikasi penyedia solusi omnichannel yang akan mempermudah bisnis Anda untuk meningkatkan visibilitas brand. Maksimalkan hal tersebut dengan aktif membuat konten serta terbuka akan semua masukan dari pelanggan yang tersedia di berbagai jenis platform sosial media.

Dengan menggunakan OneTalk by TapTalk.io, Anda dapat melihat para agent customer service Anda melayani masukan/tanggapan pelanggan, serta pantau semua chat di dalam satu dashboard. Jangan lupa untuk memanfaatkan fitur chatbot untuk keperluan promosi agar visibilitas brand Anda semakin optimal.

Tunggu apa lagi? Segera hubungi tim kami di sini sekarang juga dan dapatkan berbagai keuntungan bagi usaha Anda.

Trial Akun Demo TapTalk

Related Posts

By Jessica Jacob

13 / 07 / 2023

Google Ads adalah platform periklanan online yang disediakan oleh Google. Dengan Google Ads, pengiklan dapat membuat dan menayangkan iklan berbayar di berbagai platform Google, termasuk hasil pencarian Google, situs web mitra Google, YouTube, Gmail, dan aplikasi seluler. Google My Business (GMB) adalah platform gratis yang disediakan oleh Google untuk mengelola dan mempromosikan bisnis Anda secara […]

Read More

By Jessica Jacob

01 / 06 / 2023

Ketika memulai bisnis, Anda mungkin bertanya-tanya berapa banyak bisnis yang gagal baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.  Sayangnya, kegagalan wirausaha adalah hal biasa: Sekitar 20% bisnis kecil gagal di tahun pertama mereka dan 96% bisnis akan gagal dalam jangka waktu 10 tahun.  Key Takeaway: Faktor yang menyebabkan bisnis gagal adalah kurangnya perencanaan bisnis dan […]

Read More

By Jessica Jacob

12 / 11 / 2021

YouGov 2021 International FMCG/CPG report: Consumer Goods in Crisis reveals changes in FMCG/FMCG consumption in Singapore since the pandemic. Two of five (38%) of Singaporeans say they have purchased groceries or household necessities through an online supermarket, and more than two in five (46%) have done so in April 2021. Nearly two-thirds (63%) agree that […]

Read More
1 2 3 109
TapTalk
PowerTalk
OneTalk
SendTalk
whatsappfacebooktwitterinstagramlinkedin

Reach us by phone at (021) 27939266

Business Park Kebon Jeruk blok C2-3, Jl. Meruya Ilir Raya no.88, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, 11620

© 2020 - 2023 TapTalk.io (PT Tap Talk Teknologi)

tap talk logo for footer