Back to Home

WhatsApp

Penjualan Naik Pesat dengan Official WhatsApp Business API

BY
Carissa Tirta Wijaya

Carissa Tirta Wijaya

Carissa adalah strategis konten dan desainer grafis dengan keahlian mendalam dalam mengembangkan strategi konten yang meningkatkan keterlibatan dan konversi. Sejak 2021, ia telah memimpin inisiatif desain dan konten di TapTalk.io, menerapkan solusi kreatif yang memajukan tujuan bisnis. Dengan latar belakang yang kuat dalam desain dan komunikasi visual dari BINUS University, Carissa menggabungkan pendekatan analitis dan kreatif dalam setiap proyek. Pengalamannya mencakup pekerjaan dengan berbagai brand di Indonesia, di mana ia menyempurnakan kemampuannya dalam desain dan strategi konten.
official whatsapp business api

Ketika kita mendengar “pemasaran lewat media sosial”, platform sosial seperti Facebook dan Twitter langsung muncul di benak Anda. Namun, aplikasi messenger seperti WhatsApp telah mengikuti jejaring sosial utama dalam hal basis pengguna, dan itulah mengapa Anda memerlukan strategi pemasaran WhatsApp.

Pada Januari 2018, WhatsApp meluncurkan Aplikasi Bisnis WhatsApp yang sangat dinanti-nantikan ke pasar terbatas. Sejak itu, minat telah berkembang pesat karena bisnis dari semua ukuran mempertimbangkan nilai penjualan WhatsApp khusus atau saluran layanan pelanggan.

WhatsApp, dengan sekitar 2 miliar pengguna aktif bulanan yang tersebar di 180 negara, sekarang menjadi aplikasi perpesanan seluler paling populer di seluruh dunia, mengungguli Facebook Messenger dan raksasa sosial lainnya. Dengan basis pengguna yang begitu luas dan ketersediaan di lebih dari 50 bahasa, WhatsApp adalah platform yang menjanjikan bagi pemasar untuk menjangkau audiens yang menarik.

baca juga: 3 Cara efektif meningkatkan penjualan melalui WhatsApp

Banyak organisasi jasa keuangan telah memahami keefektifan WhatsApp dalam pengoperasiannya. Perusahaan juga memahami pentingnya pengarsipan pesan tersebut agar sesuai dengan berbagai persyaratan peraturan yang menjadi pokok bahasannya.

Karena popularitas WhatsApp, banyak orang menggunakan versi berbeda dari aplikasi untuk berbagai keperluan. WhatsApp standar biasanya digunakan untuk keperluan pribadi, sedangkan WhatsApp Business dan WhatsApp Business API dapat digunakan untuk operasi resmi perusahaan.

Perbedaan WhatsApp Business dan WhatsApp Business API

all about whatsapp

WhatsApp Business dirilis pada 2018 dan dirancang khusus untuk bisnis kecil agar orang-orang dapat menggunakan dua akun di telepon yang sama tanpa harus menggunakan akun WhatsApp standar lainnya. Karyawan dapat dengan mudah mengidentifikasi aplikasi mana yang untuk penggunaan pribadi mereka dan mana yang untuk tujuan bisnis karena WhatsApp Business memiliki logo yang berbeda.

WhatsApp Business juga dilengkapi dengan fitur "Quick Reply", yang memungkinkan orang mengirim balasan yang telah ditentukan sebelumnya terkait pertanyaan yang sering diajukan. Selain "Quick Reply", WhatsApp Business juga hadir dengan kemampuan untuk mengirim pesan salam dan pesan pergi, untuk melabeli percakapan, dan fitur lainnya.

Baca juga: Cara Jualan melalui WhatsApp Business

Banyak perusahaan tertarik untuk menggunakan WhatsApp Business karena memungkinkan mereka untuk mengirim pesan langsung ke perangkat klien mereka, secara profesional dan gratis, selama mereka memiliki koneksi internet.

WhatsApp Business dirancang untuk bisnis kecil, tetapi WhatsApp Business API secara khusus dibuat untuk perusahaan besar. WhatsApp Business API memberdayakan komunikasi perusahaan dengan pelanggan di seluruh dunia, memungkinkannya terhubung dengan kliennya di seluruh dunia. Hal ini dipengaruhi fakta bahwa pelanggan ingin terhubung dengan bisnis di platform yang sudah dikenal, cepat dan andal.

Menggunakan WhatsApp Business API untuk perpesanan bisnis Anda membuka pintu untuk komunikasi yang lebih baik - mengarah ke keterlibatan pelanggan yang lebih baik, peningkatan kepercayaan, dan hubungan pelanggan jangka panjang.

WhatsApp Business API dirancang untuk perusahaan besar yang menerima pesan dalam jumlah besar, yang tidak lagi dapat ditangani oleh WhatsApp Business. Aplikasi WhatsApp Business hanya dapat digunakan di satu perangkat oleh satu pengguna, yang sangat membatasi untuk perusahaan yang lebih terkemuka. Aplikasi bisnis standar juga dibatasi dalam hal otomatisasi.

Mengembangkan dan memprogram Business API memungkinkan perusahaan untuk menghubungkan API dengan WhatsApp Business Solution atau CRM WhatsApp mereka. Tidak seperti aplikasinya, API juga dapat mendukung pengguna dan perangkat dalam jumlah yang tidak terbatas. Perusahaan juga dapat menggunakan API untuk mengirim pemberitahuan ke klien mereka. Namun, perhatikan bahwa untuk API, membuat akun terlebih dahulu memerlukan persetujuan, pesan harus ditanggapi dalam waktu 24 jam, dan Pesan Template memerlukan persetujuan sebelumnya dari WhatsApp sebelum dikirim. Namun, WhatsApp Business API mampu menjangkau klien dari seluruh dunia.

Keunggulan WhatsApp Business API

WhatsApp Business API lebih kuat daripada aplikasi bisnis standar dan lebih berguna bagi perusahaan yang lebih terkemuka daripada yang terakhir.

1. Meningkatkan kredibilitas dengan Green Tick Badge

Salah satu keunggulan WhatsApp Business API adalah akun Anda akan terverifikasi atau mendapat green thick badge. Hal ini akan membuat akun Anda, atau akun perusahaan Anda menjadi lebih kredibel di mata pelanggan.

2. Chatbot

WhatsApp Business API menyediakan automation yang mendukung chatbot. Chatbot memungkinkan Anda untuk dapat merespon pesan dari pelanggan Anda setiap saat.  80% percakapan dapat diotomatiskan dan layanan pelanggan hanya melakukan pekerjaan yang penting bagi manusia. Sehingga, Anda dapat memfokuskan sumber daya customer service Anda kepada masalah yang lebih kompleks.

3. Gunakan notifikasi

Notifikasi ini akan menjamin reach dari pesan kamu kepada customer, karena dapat menjangkau mereka, bahkan dari lock screen mereka.

4. Konten multimedia

Menjawab pesan dan pertanyaan pelanggan, hingga memberikan pemberitahuan dapat dengan mudah dilakukan dengan menggunakan konten multimedia. WhatsApp Business API memungkinkan Anda untuk menjawab dengan mudah menggunakan konten multimedia. Anda dapat menjawab pesan pelanggan menggunakan medium yang lebih visual, seperti foto, video, atau bahkan file PDF. 

5. Bisa Menggunakan Nomor Perusahaan / Kantor. 

Fitur selanjutnya yang bisa dirasakan yang dimiliki WhatsApp Business API adalah fitur penggunaan telepon perusahaan selain nomor seluler sehingga akan membuat akun WhatsApp Business perusahaan terlihat lebih profesional. Dengan menggunakan nomor dan profil perusahaan secara lebih jelas, pelanggan dapat lebih percaya dengan akun WhatsApp Business perusahaan.

Cara Mendapatkan WhatsApp Business API

mendapatkan whatsapp business api

Penggunaan WhatsApp Business API memang membutuhkan serangkaian proses untuk pendaftarannya yang dapat memakan waktu. Tetapi, solusi lain yang dapat digunakan adalah menggunakan jasa omnichannel messaging platform untuk mendapatkan akun tersebut.

Salah satu penyedia jasa omnichannel adalah OneTalk by TapTalk.io. OneTalk melihat potensi besar yang dimiliki aplikasi bisnis WhatsApp untuk menghubungkan bisnis dengan pelanggan mereka, dan itulah mengapa kami menjadi salah satu integrator pertama dari solusi tersebut.

Sejak pengembangan awal, kami telah berkembang untuk memahami cara mengoptimalkan API untuk memberikan manfaat maksimal bagi pelanggan baik dalam hal mengamankan penjualan baru dan membina hubungan yang baik dengan pelanggan. OneTalk menyediakan WhatsApp Business API dan memungkinkan Anda untuk mengelola data dalam percakapan Anda. Anda dapat dengan mudah mengekspor data Anda dan mengelompokkan chat yang masuk sesuai topik masing-masing.

Ingin melakukan integrasi WhatsApp Business API sendiri? Silahkan baca tutorial Integrasi WhatsApp Business API

Share this article

Carissa Tirta Wijaya

Carissa adalah strategis konten dan desainer grafis dengan keahlian mendalam dalam mengembangkan strategi konten yang meningkatkan keterlibatan dan konversi. Sejak 2021, ia telah memimpin inisiatif desain dan konten di TapTalk.io, menerapkan solusi kreatif yang memajukan tujuan bisnis. Dengan latar belakang yang kuat dalam desain dan komunikasi visual dari BINUS University, Carissa menggabungkan pendekatan analitis dan kreatif dalam setiap proyek. Pengalamannya mencakup pekerjaan dengan berbagai brand di Indonesia, di mana ia menyempurnakan kemampuannya dalam desain dan strategi konten.

official whatsapp business api

Ketika kita mendengar “pemasaran lewat media sosial”, platform sosial seperti Facebook dan Twitter langsung muncul di benak Anda. Namun, aplikasi messenger seperti WhatsApp telah mengikuti jejaring sosial utama dalam hal basis pengguna, dan itulah mengapa Anda memerlukan strategi pemasaran WhatsApp.

Pada Januari 2018, WhatsApp meluncurkan Aplikasi Bisnis WhatsApp yang sangat dinanti-nantikan ke pasar terbatas. Sejak itu, minat telah berkembang pesat karena bisnis dari semua ukuran mempertimbangkan nilai penjualan WhatsApp khusus atau saluran layanan pelanggan.

WhatsApp, dengan sekitar 2 miliar pengguna aktif bulanan yang tersebar di 180 negara, sekarang menjadi aplikasi perpesanan seluler paling populer di seluruh dunia, mengungguli Facebook Messenger dan raksasa sosial lainnya. Dengan basis pengguna yang begitu luas dan ketersediaan di lebih dari 50 bahasa, WhatsApp adalah platform yang menjanjikan bagi pemasar untuk menjangkau audiens yang menarik.

baca juga: 3 Cara efektif meningkatkan penjualan melalui WhatsApp

Banyak organisasi jasa keuangan telah memahami keefektifan WhatsApp dalam pengoperasiannya. Perusahaan juga memahami pentingnya pengarsipan pesan tersebut agar sesuai dengan berbagai persyaratan peraturan yang menjadi pokok bahasannya.

Karena popularitas WhatsApp, banyak orang menggunakan versi berbeda dari aplikasi untuk berbagai keperluan. WhatsApp standar biasanya digunakan untuk keperluan pribadi, sedangkan WhatsApp Business dan WhatsApp Business API dapat digunakan untuk operasi resmi perusahaan.

Perbedaan WhatsApp Business dan WhatsApp Business API

all about whatsapp

WhatsApp Business dirilis pada 2018 dan dirancang khusus untuk bisnis kecil agar orang-orang dapat menggunakan dua akun di telepon yang sama tanpa harus menggunakan akun WhatsApp standar lainnya. Karyawan dapat dengan mudah mengidentifikasi aplikasi mana yang untuk penggunaan pribadi mereka dan mana yang untuk tujuan bisnis karena WhatsApp Business memiliki logo yang berbeda.

WhatsApp Business juga dilengkapi dengan fitur "Quick Reply", yang memungkinkan orang mengirim balasan yang telah ditentukan sebelumnya terkait pertanyaan yang sering diajukan. Selain "Quick Reply", WhatsApp Business juga hadir dengan kemampuan untuk mengirim pesan salam dan pesan pergi, untuk melabeli percakapan, dan fitur lainnya.

Baca juga: Cara Jualan melalui WhatsApp Business

Banyak perusahaan tertarik untuk menggunakan WhatsApp Business karena memungkinkan mereka untuk mengirim pesan langsung ke perangkat klien mereka, secara profesional dan gratis, selama mereka memiliki koneksi internet.

WhatsApp Business dirancang untuk bisnis kecil, tetapi WhatsApp Business API secara khusus dibuat untuk perusahaan besar. WhatsApp Business API memberdayakan komunikasi perusahaan dengan pelanggan di seluruh dunia, memungkinkannya terhubung dengan kliennya di seluruh dunia. Hal ini dipengaruhi fakta bahwa pelanggan ingin terhubung dengan bisnis di platform yang sudah dikenal, cepat dan andal.

Menggunakan WhatsApp Business API untuk perpesanan bisnis Anda membuka pintu untuk komunikasi yang lebih baik - mengarah ke keterlibatan pelanggan yang lebih baik, peningkatan kepercayaan, dan hubungan pelanggan jangka panjang.

WhatsApp Business API dirancang untuk perusahaan besar yang menerima pesan dalam jumlah besar, yang tidak lagi dapat ditangani oleh WhatsApp Business. Aplikasi WhatsApp Business hanya dapat digunakan di satu perangkat oleh satu pengguna, yang sangat membatasi untuk perusahaan yang lebih terkemuka. Aplikasi bisnis standar juga dibatasi dalam hal otomatisasi.

Mengembangkan dan memprogram Business API memungkinkan perusahaan untuk menghubungkan API dengan WhatsApp Business Solution atau CRM WhatsApp mereka. Tidak seperti aplikasinya, API juga dapat mendukung pengguna dan perangkat dalam jumlah yang tidak terbatas. Perusahaan juga dapat menggunakan API untuk mengirim pemberitahuan ke klien mereka. Namun, perhatikan bahwa untuk API, membuat akun terlebih dahulu memerlukan persetujuan, pesan harus ditanggapi dalam waktu 24 jam, dan Pesan Template memerlukan persetujuan sebelumnya dari WhatsApp sebelum dikirim. Namun, WhatsApp Business API mampu menjangkau klien dari seluruh dunia.

Keunggulan WhatsApp Business API

WhatsApp Business API lebih kuat daripada aplikasi bisnis standar dan lebih berguna bagi perusahaan yang lebih terkemuka daripada yang terakhir.

1. Meningkatkan kredibilitas dengan Green Tick Badge

Salah satu keunggulan WhatsApp Business API adalah akun Anda akan terverifikasi atau mendapat green thick badge. Hal ini akan membuat akun Anda, atau akun perusahaan Anda menjadi lebih kredibel di mata pelanggan.

2. Chatbot

WhatsApp Business API menyediakan automation yang mendukung chatbot. Chatbot memungkinkan Anda untuk dapat merespon pesan dari pelanggan Anda setiap saat.  80% percakapan dapat diotomatiskan dan layanan pelanggan hanya melakukan pekerjaan yang penting bagi manusia. Sehingga, Anda dapat memfokuskan sumber daya customer service Anda kepada masalah yang lebih kompleks.

3. Gunakan notifikasi

Notifikasi ini akan menjamin reach dari pesan kamu kepada customer, karena dapat menjangkau mereka, bahkan dari lock screen mereka.

4. Konten multimedia

Menjawab pesan dan pertanyaan pelanggan, hingga memberikan pemberitahuan dapat dengan mudah dilakukan dengan menggunakan konten multimedia. WhatsApp Business API memungkinkan Anda untuk menjawab dengan mudah menggunakan konten multimedia. Anda dapat menjawab pesan pelanggan menggunakan medium yang lebih visual, seperti foto, video, atau bahkan file PDF. 

5. Bisa Menggunakan Nomor Perusahaan / Kantor. 

Fitur selanjutnya yang bisa dirasakan yang dimiliki WhatsApp Business API adalah fitur penggunaan telepon perusahaan selain nomor seluler sehingga akan membuat akun WhatsApp Business perusahaan terlihat lebih profesional. Dengan menggunakan nomor dan profil perusahaan secara lebih jelas, pelanggan dapat lebih percaya dengan akun WhatsApp Business perusahaan.

Cara Mendapatkan WhatsApp Business API

mendapatkan whatsapp business api

Penggunaan WhatsApp Business API memang membutuhkan serangkaian proses untuk pendaftarannya yang dapat memakan waktu. Tetapi, solusi lain yang dapat digunakan adalah menggunakan jasa omnichannel messaging platform untuk mendapatkan akun tersebut.

Salah satu penyedia jasa omnichannel adalah OneTalk by TapTalk.io. OneTalk melihat potensi besar yang dimiliki aplikasi bisnis WhatsApp untuk menghubungkan bisnis dengan pelanggan mereka, dan itulah mengapa kami menjadi salah satu integrator pertama dari solusi tersebut.

Sejak pengembangan awal, kami telah berkembang untuk memahami cara mengoptimalkan API untuk memberikan manfaat maksimal bagi pelanggan baik dalam hal mengamankan penjualan baru dan membina hubungan yang baik dengan pelanggan. OneTalk menyediakan WhatsApp Business API dan memungkinkan Anda untuk mengelola data dalam percakapan Anda. Anda dapat dengan mudah mengekspor data Anda dan mengelompokkan chat yang masuk sesuai topik masing-masing.

Ingin melakukan integrasi WhatsApp Business API sendiri? Silahkan baca tutorial Integrasi WhatsApp Business API

Related Posts