Back to Home

WhatsApp

3 Cara Efektif Meningkatkan Penjualan Melalui WhatsApp

BY
Carissa Tirta Wijaya

Carissa Tirta Wijaya

Carissa adalah strategis konten dan desainer grafis dengan keahlian mendalam dalam mengembangkan strategi konten yang meningkatkan keterlibatan dan konversi. Sejak 2021, ia telah memimpin inisiatif desain dan konten di TapTalk.io, menerapkan solusi kreatif yang memajukan tujuan bisnis. Dengan latar belakang yang kuat dalam desain dan komunikasi visual dari BINUS University, Carissa menggabungkan pendekatan analitis dan kreatif dalam setiap proyek. Pengalamannya mencakup pekerjaan dengan berbagai brand di Indonesia, di mana ia menyempurnakan kemampuannya dalam desain dan strategi konten.
meningkatkan penjualan melalui whatsapp

Banyak orang mencari informasi bagaimana cara meningkatkan penjualan dengan cara promosi di WhatsApp. Sebenarnya ada beberapa tips promosi menggunakan aplikasi WhatsApp untuk meningkatkan penjualan. Namun, tidak semua pengusaha mengetahui dan mempraktekkannya dengan baik. Promosi WhatsApp yang benar dan efektif akan mampu mendatangkan banyak pembeli.

Sebagian besar pemilik toko online, penjual di internet, dropshipper, reseller maupun para pedagang yang memanfaatkan internet akan menggunakan WhatsApp sebagai social messaging solution sebagai tempat interaksi dengan pelanggan. Karena aplikasi WhatsApp yang cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia Anda juga harus memanfaatkannya sebagai media promosi. Sebagai social messaging solution aplikasi WhatsApp tersinkronisasi dengan data kontak Anda, sehingga Anda akan langsung terhubung melalui WhatsApp dengan kontak yang Anda simpan.

Baca juga: Cara jualan melalui WhatsApp Business

Cara Promosi Menggunakan WhatsApp

Jika dibandingkan dengan aplikasi chat lain seperti BBM atau Facebook messenger, aplikasi WhatsApp lebih ringan dan cepat serta jarang lag atau lemot. Kelebihan inilah yang juga membuat pengguna whatsapp semakin bertambah setiap harinya. Berikut ini beberapa cara promosi yang efektif menggunakan WhatsApp yang bisa Anda praktekkan:

1. Gunakan Profile Yang Profesional

Profil WhatsApp memegang peranan yang cukup penting untuk promosi bisnis Anda. Agar lebih mudah dikenali oleh konsumen gantilah foto profil whatsapp Anda dengan produk yang akan dijual. Gunakan foto dengan kualitas terbaik (HD) agar konsumen dapat melihat dengan jelas mengenai barang yang dijual.

Dalam aplikasi WhatsApp juga terdapat fitur history profile, utamanya di dalam bingkai foto profil. Anda bisa memanfaatkan fitur history profile ini untuk mengupload video. Upload video mengenai penjelasan, detail, maupun info promosi yang sedang anda lakukan. Short video cukup ampuh untuk menjelaskan secara rinci tentang produk ataupun promosi usaha Anda.

2. Lakukan Broadcasting Secara Proporsional

Jangan pernah sekali-kali melakukan spam dengan broadcast sampah yang isinya hanya menjual dan menjual. Ini akan membuat kontak WhatsApp Anda diblokir secara permanen oleh konsumen. Sebagian besar orang akan merasa broadcast Anda mengganggu dan sangat menyebalkan jika dilakukan terus menerus. Anda boleh melakukan broadcast dengan tenggat waktu tertentu. Selain itu, konten yang Anda berikan harus berisi informasi yang bermanfaat. Jangan pernah menyebarkan berita hoax karena kredibilitas Anda akan diragukan.

3. Gabung Dengan Group

Aktif di grup WhatsApp yang memiliki banyak member bisa Anda coba untuk mengenalkan usaha Anda. Untuk lebih menonjol Anda harus lebih sering berkontribusi dalam grup tersebut. Lakukan beberapa cara ini agar Anda bisa aktif dalam group :

  • Aktif membalas chat group
  • Gunakan nama brand, nama produk, atau nama website Anda
  • Sesekali balas chat penggunan dengan menyisipkan link website Anda. Secara tidak langsung orang-orang yang ada di group tersebut akan membaca signature kita.

Menggunakan Platform OneTalk untuk Tools Marketing Anda

Ketika Bisnis anda semakin berkembang dan anda mulai membutuhkan satu dashboard untuk mengatur customer service anda, maka OneTalk dari PT. Tap Talk Teknolgi adalah jawabannya.

OneTalk merupakan messaging platform untuk penjualan, promosi and membantu support bisnis Anda. Keuntungan OneTalk omnichannel sales, marketing dan support adalah memiliki banyak fitur-fitur menarik. Beberapa diantaranya adalah dapat menginformasikan jam kerja Anda ke konsumen dan membalas pesan secara otomatis ketika customer Anda menghubungi Anda di luar jam kerja. Anda juga dapat mengatur case yang masuk dengan mengarahkan ke agent yang tepat berdasarkan departemen mereka masing-masing. Selain itu, konsumen Anda juga dapat memberikan rating untuk agent Anda sehingga memudahkan Anda untuk mengukur tingkat kepuasan customer Anda.

Keuntungan OneTalk omnichannel sales, marketing dan support yang tidak kalah menarik adalah tools ini akan membantu Anda memahami customer Anda lebih jauh dengan mengetahui berapa lama mereka telah menunggu, history case mereka, channel yang mereka gunakan, dan banyak hal lainnya. Anda juga dapat mengetahui bagaimana agent Anda menjawab konsumen dan apa permasalahan konsumen Anda yang dapat diselesaikan. Selain itu, Anda dapat memantau aktivitas agent Anda, dan lihat bagaimana mereka melayani pelanggan Anda.

Baca juga: Pentingnya menggunakan satu dsahboard untuk semua channel messenger anda

Itulah beberapa tips dan trik cara promosi di WhatsApp, semoga bermanfaat. Siap untuk meningkatkan pengalaman dan interaksi customer Anda? Biarkan Taptalk.io membantu Anda!

Share this article

Carissa Tirta Wijaya

Carissa adalah strategis konten dan desainer grafis dengan keahlian mendalam dalam mengembangkan strategi konten yang meningkatkan keterlibatan dan konversi. Sejak 2021, ia telah memimpin inisiatif desain dan konten di TapTalk.io, menerapkan solusi kreatif yang memajukan tujuan bisnis. Dengan latar belakang yang kuat dalam desain dan komunikasi visual dari BINUS University, Carissa menggabungkan pendekatan analitis dan kreatif dalam setiap proyek. Pengalamannya mencakup pekerjaan dengan berbagai brand di Indonesia, di mana ia menyempurnakan kemampuannya dalam desain dan strategi konten.

meningkatkan penjualan melalui whatsapp

Banyak orang mencari informasi bagaimana cara meningkatkan penjualan dengan cara promosi di WhatsApp. Sebenarnya ada beberapa tips promosi menggunakan aplikasi WhatsApp untuk meningkatkan penjualan. Namun, tidak semua pengusaha mengetahui dan mempraktekkannya dengan baik. Promosi WhatsApp yang benar dan efektif akan mampu mendatangkan banyak pembeli.

Sebagian besar pemilik toko online, penjual di internet, dropshipper, reseller maupun para pedagang yang memanfaatkan internet akan menggunakan WhatsApp sebagai social messaging solution sebagai tempat interaksi dengan pelanggan. Karena aplikasi WhatsApp yang cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia Anda juga harus memanfaatkannya sebagai media promosi. Sebagai social messaging solution aplikasi WhatsApp tersinkronisasi dengan data kontak Anda, sehingga Anda akan langsung terhubung melalui WhatsApp dengan kontak yang Anda simpan.

Baca juga: Cara jualan melalui WhatsApp Business

Cara Promosi Menggunakan WhatsApp

Jika dibandingkan dengan aplikasi chat lain seperti BBM atau Facebook messenger, aplikasi WhatsApp lebih ringan dan cepat serta jarang lag atau lemot. Kelebihan inilah yang juga membuat pengguna whatsapp semakin bertambah setiap harinya. Berikut ini beberapa cara promosi yang efektif menggunakan WhatsApp yang bisa Anda praktekkan:

1. Gunakan Profile Yang Profesional

Profil WhatsApp memegang peranan yang cukup penting untuk promosi bisnis Anda. Agar lebih mudah dikenali oleh konsumen gantilah foto profil whatsapp Anda dengan produk yang akan dijual. Gunakan foto dengan kualitas terbaik (HD) agar konsumen dapat melihat dengan jelas mengenai barang yang dijual.

Dalam aplikasi WhatsApp juga terdapat fitur history profile, utamanya di dalam bingkai foto profil. Anda bisa memanfaatkan fitur history profile ini untuk mengupload video. Upload video mengenai penjelasan, detail, maupun info promosi yang sedang anda lakukan. Short video cukup ampuh untuk menjelaskan secara rinci tentang produk ataupun promosi usaha Anda.

2. Lakukan Broadcasting Secara Proporsional

Jangan pernah sekali-kali melakukan spam dengan broadcast sampah yang isinya hanya menjual dan menjual. Ini akan membuat kontak WhatsApp Anda diblokir secara permanen oleh konsumen. Sebagian besar orang akan merasa broadcast Anda mengganggu dan sangat menyebalkan jika dilakukan terus menerus. Anda boleh melakukan broadcast dengan tenggat waktu tertentu. Selain itu, konten yang Anda berikan harus berisi informasi yang bermanfaat. Jangan pernah menyebarkan berita hoax karena kredibilitas Anda akan diragukan.

3. Gabung Dengan Group

Aktif di grup WhatsApp yang memiliki banyak member bisa Anda coba untuk mengenalkan usaha Anda. Untuk lebih menonjol Anda harus lebih sering berkontribusi dalam grup tersebut. Lakukan beberapa cara ini agar Anda bisa aktif dalam group :

  • Aktif membalas chat group
  • Gunakan nama brand, nama produk, atau nama website Anda
  • Sesekali balas chat penggunan dengan menyisipkan link website Anda. Secara tidak langsung orang-orang yang ada di group tersebut akan membaca signature kita.

Menggunakan Platform OneTalk untuk Tools Marketing Anda

Ketika Bisnis anda semakin berkembang dan anda mulai membutuhkan satu dashboard untuk mengatur customer service anda, maka OneTalk dari PT. Tap Talk Teknolgi adalah jawabannya.

OneTalk merupakan messaging platform untuk penjualan, promosi and membantu support bisnis Anda. Keuntungan OneTalk omnichannel sales, marketing dan support adalah memiliki banyak fitur-fitur menarik. Beberapa diantaranya adalah dapat menginformasikan jam kerja Anda ke konsumen dan membalas pesan secara otomatis ketika customer Anda menghubungi Anda di luar jam kerja. Anda juga dapat mengatur case yang masuk dengan mengarahkan ke agent yang tepat berdasarkan departemen mereka masing-masing. Selain itu, konsumen Anda juga dapat memberikan rating untuk agent Anda sehingga memudahkan Anda untuk mengukur tingkat kepuasan customer Anda.

Keuntungan OneTalk omnichannel sales, marketing dan support yang tidak kalah menarik adalah tools ini akan membantu Anda memahami customer Anda lebih jauh dengan mengetahui berapa lama mereka telah menunggu, history case mereka, channel yang mereka gunakan, dan banyak hal lainnya. Anda juga dapat mengetahui bagaimana agent Anda menjawab konsumen dan apa permasalahan konsumen Anda yang dapat diselesaikan. Selain itu, Anda dapat memantau aktivitas agent Anda, dan lihat bagaimana mereka melayani pelanggan Anda.

Baca juga: Pentingnya menggunakan satu dsahboard untuk semua channel messenger anda

Itulah beberapa tips dan trik cara promosi di WhatsApp, semoga bermanfaat. Siap untuk meningkatkan pengalaman dan interaksi customer Anda? Biarkan Taptalk.io membantu Anda!

Related Posts