pt tap talk teknologi blog

Solusi Untuk Menangani Customer di Era New Normal

By Ardian
17 / 07 / 2020

Kita hidup di masa-masa sulit yang penuh dengan ketidakpastian. Tidak ada yang bisa menjamin atau tahu untuk apa yang akan terjadi dalam wabah COVID-19 ini. Bisnis yang ingin bertahan di masa COVID-19 ini harus menjaga komunikasi yang konsisten dan relevan dengan customer selama pandemi. Para pemilik bisnis dan konsumer tentu nya juga harus beradaptasi dengan lingkungan ‘new normal’ ini. Sekarang, tantangan terbesar bagi pemilik bisnis adalah bagaimana caranya untuk mempertahankan arus komunikasi terhadap customer mereka secara konsisten dan relevan. Terutama jika bisnis Anda berencana untuk kembali beroperasi di dalam beberapa minggu yang mendatang.

Menurut riset yang kami lakukan, ada beberapa cara yang menurut kami bisa Anda ikuti untuk melayani customer Anda di masa pandemi ini.

  1. Komunikasi dengan baik
    Di masa yang sulit ini, penting untuk Anda tetap berkomunikasi dan melayani customer Anda. Lebih baik berkomunikasi sering daripada kurang berkomunikasi. Yang ditakutkan oleh customer Anda di saat pandemi ini adalah ketidakpastian. Berkomunikasi dengan pelanggan Anda tidak akan mengurangi ketidakpastian global seputar krisis kesehatan. Namun, itu akan memberikan sedikit kepastian tentang bagaimana bisnis Anda beroperasi dan bertahan di saat pandemi ini.

  2. Dengarkan keluhan customer Anda
    Untuk lebih memahami kebutuhan cutomer Anda, kami merekomendasikan untuk secara aktif mendengarkan masalah customer Anda ketika Anda berbicara dengan customer Anda. Karena keluhan yang dihadapi customer Anda terhadap produk Anda, karena bisa saja keluhan di masa lalu itu sangat berbeda dengan keluhan yang mereka hadapi di hari ini. Kami sarankan menempatkan diri Anda pada posisi customer Anda. Ketahuilah bahwa customer bisa menjadi emosional dan cemas. Dengan memberikan empati berarti Anda mengerti situasi customer Anda, tetapi itu bukan berarti Anda harus memberikan semua yang mereka minta. Maka dari itu, dengarkan keluhan customer Anda.

  3. Mindset dimana customer adalah raja
    Kebutuhan customer Anda harus selalu menjadi yang utama dalam segala hal. Saat customer menghubungi Anda, Anda harus pertimbangkan terlebih dahulu apa yang paling perlukan customer Anda saat ini, apakah itu informasi yang akan Anda berikan relevan dan tepat waktu?

  4. Siap siaga dalam melayani customer Anda
    Jika customer Anda telah menghubungi Anda, penting untuk membalas mereka cepat. Karena customer ingin diperhatikan dan ingin mendapatkan solusi tercepat terhadap kendala yang mereka alami. Atribut terpenting untuk memberikan customer Anda pengalaman baik adalah waktu respons yang cepat. Karena itu, merespons dengan cepat berarti Anda memenuhi harapan pelanggan.

Keberhasilan bisnis Anda dapat bergantung pada seberapa baik Anda memenuhi perubahan kebutuhan pelanggan. Jika Anda sudah melakukan 4 hal diatas, yang harus Anda lakukan setelah itu adalah untuk menadaptaskan bisnis Anda dengan situasi pandemi ini. Misalnya, para bisnis sekarang dapat melayani customer secara vitual dan menggunakan layanan sosial lainnya dengan bantuan teknologi. Untuk bisnis online, pastikan bisnis Anda masih bisa dijangkau di saat #NewNormal ini. Dengan OneTalk by TapTalk.io, Anda dapat menjangkau customer dari berbagai aplikasi messenger dan juga sebaliknya. Customers dan konsumen Anda-pun dapat belanja dan tanya jawab bebas repot via online dengan omnichannel OneTalk by TapTalk.io. Gunakan OneTalk untuk mempermudah kinerja Anda.

Semoga bermanfaat dan semoga tips dan trik yang kami berikan bisa memberikan insight untuk membantu Anda menyusun strategi di masa pandemi ini!

Trial Akun Demo TapTalk

Related Posts

By Ardian

05 / 03 / 2021

What are the steps to starting a business? There are thousands of websites, including ours, that provide checklists to remind you of the various tasks you must complete when starting a company. These checklists are simply To-Do lists, despite the fact that they are really helpful in helping you remember important startup steps. They tell […]

Read More

By Jessica Jacob

01 / 06 / 2023

Ketika memulai bisnis, Anda mungkin bertanya-tanya berapa banyak bisnis yang gagal baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.  Sayangnya, kegagalan wirausaha adalah hal biasa: Sekitar 20% bisnis kecil gagal di tahun pertama mereka dan 96% bisnis akan gagal dalam jangka waktu 10 tahun.  Key Takeaway: Faktor yang menyebabkan bisnis gagal adalah kurangnya perencanaan bisnis dan […]

Read More

By Jessica Jacob

03 / 08 / 2023

Apa itu branding perusahaan? Pernahkah Anda teringat beberapa hal setelah mendengar salah satu nama brand? Atau paham betul karakteristik dari suatu brand? Jika iya, hal tersebut bukan suatu kebetulan, melainkan telah direncanakan. Produk dan layanan umumnya memang merencanakan pesan yang ingin ditancap ke benak khalayak atau konsumen. Proses ini disebut branding.   Branding adalah proses pembentukan […]

Read More
1 2 3 142
TapTalk
PowerTalk
OneTalk
SendTalk
whatsappfacebooktwitterinstagramlinkedin

Reach us by phone at (021) 27939266

Business Park Kebon Jeruk blok C2-3, Jl. Meruya Ilir Raya no.88, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, 11620

© 2020 - 2023 TapTalk.io (PT Tap Talk Teknologi)

tap talk logo for footer