Back to Home

OneTalk

5 Strategi Digital Engagement Tingkatkan Hubungan Pelanggan

BY
Jessica Jacob

Jessica Jacob

VP Business Development
Jessica Jacob memiliki lebih dari empat tahun pengalaman dalam pengembangan strategis di sektor teknologi, dengan latar belakang kuat dalam penjualan korporat dan manajemen proyek. Di TapTalk.io, dia berfokus pada inovasi dan pertumbuhan bisnis, membangun kemitraan strategis lintas industri. Sebelumnya, Jessica berperan aktif dalam mengembangkan kemitraan kanal baru dan memimpin tim lintas fungsi yang berhasil meningkatkan penjualan tahunan sebesar 45%.

Setiap pemilik bisnis tentunya ingin membuat pelanggan mereka senang dan kembali lagi. Seiring berjalannya waktu, harapan pelanggan juga akan berkembang pesat. Dan, untuk mengantisipasi dan memenuhi kebutuhan pelanggan, brand harus bekerja lebih keras. 

Di sinilah digital engagement dapat membantu Anda. Strategi digital engagement dapat membantu pemilik bisnis memberikan pengalaman dan hubungan pelanggan yang lebih baik.

5 Strategi Digital Engagement Tingkatkan Hubungan Pelanggan

Apa itu Digital Engagement?

Secara sederhana, digital engagement adalah proses terhubung dengan pelanggan. Proses ini tidak hanya mencakup bagaimana pelanggan Anda terhubung dengan brand, tetapi juga bagaimana brand Anda terhubung dengan pelanggan.

Digital engagement lebih dari sekadar interaksi. Ini dapat mencakup hampir semua "titik kontak" yang dimiliki bisnis Anda dengan konsumen. 

Ada banyak channel yang digunakan untuk keterlibatan digital ini. Pelanggan mungkin terlibat dengan brand Anda dengan mengunjungi situs web dan mengklik CTA (call to action), membaca posting blog, berbicara dengan chatbot, like post media sosial, atau bahkan berpartisipasi dalam webinar.

Secara keseluruhan, digital engagement berfungsi untuk membangun hubungan dengan pelanggan. Keterlibatan pelanggan digital yang positif dapat memicu loyalitas brand dan meningkatkan keuntungan. Sebaliknya, keterlibatan pelanggan digital yang negatif dapat merusak reputasi brand Anda. 

Bagaimana Cara Meningkatkan Digital Engagement?

Digital engagement penting bagi bisnis karena ini dapat membantu mereka mengelola harapan pelanggan, meningkatkan perjalanan pelanggan, dan menghasilkan lebih banyak konversi. 

Keterlibatan digital pelanggan juga akan membuat mereka tetap terhubung dengan brand setelah pembelian dan memastikan mereka 100% puas dengan produk dan layanan yang diterima.

Bagaimana Cara Meningkatkan Digital Engagement?

Berikut ini terdapat beberapa strategi yang perlu dipertimbangkan jika Anda ingin meningkatkan keterlibatan digital pelanggan.

1. Memanfaatkan Kekuatan Media Sosial

Melalui media sosial, brand dapat membentuk kepribadian mereka dan menarik pelanggan di seluruh demografi. 

Ini bukan hanya platform untuk terhubung lagi, tetapi ruang digital tempat merek dapat terlibat dengan pelanggan melalui support channel, direct message, berbagi konten, dan banyak lagi.

Media sosial juga dapat membantu membangun loyalitas brand dan hubungan pelanggan yang lebih kuat. Tunjukkan bagaimana Anda menjalankan nilai brand, memposting konten yang menarik, dan mendengarkan apa yang dikatakan pelanggan Anda.

Sebagian besar pengguna setidaknya mengakses media sosial sekali dalam sehari, jadi siapkan posting baru setiap hari agar brand dapat melekat pada pikiran mereka.

Baca juga: 5 Langkah Memulai Social Media Marketing untuk Bisnis Kecil

2. Tambahkan Fitur Live Chat ke Website Anda

Data dari Forrester menunjukkan bahwa 41% pelanggan mengharapkan website memiliki fitur live chat.

Fitur tersebut dapat membantu menjalin hubungan pribadi dengan pelanggan. Obrolan langsung juga menghemat waktu dan menciptakan peluang untuk memberikan customer support yang hebat. 

3. Siapkan Pesan Otomatis

Live chat memang sangat ideal, tetapi agent tidak dapat tersedia 24/7. Jadi, pertimbangkan untuk menggunakan pesan offline otomatis untuk terlibat dengan pelanggan bahkan ketika Anda tidak ada.

Pesan otomatis ini dapat memberi tahu orang-orang bahwa Anda sedang tidak ada, sehingga mereka tidak perlu mengharapkan tanggapan yang cepat. 

Selain itu, pesan otomatis juga dapat membantu menjawab pertanyaan mereka dan melayani mereka. Anda dapat mengatur tanggapan otomatis untuk langsung menjawab pertanyaan umum (FAQ) tertentu. 

Baca juga: Ini Dia Cara Membalas Pesan Otomatis di WhatsApp

4. Ketahui Apa yang Diinginkan Pelanggan 

Feedback pelanggan sangat penting untuk keberhasilan strategi digital engagement Anda. Ini membantu Anda mempelajari apa yang memicu pelanggan untuk membuat keputusan pembelian dan mengambil tindakan lain. 

Umpan balik customer juga dapat membantu Anda memahami betapa berharganya mereka menganggap produk, layanan, atau konten Anda. Selain itu, kisah pelanggan juga dapat digunakan untuk mempromosikan brand Anda ke calon pelanggan potensial lainnya.

Sebagai bagian dari strategi Anda, cobalah untuk mengirim survei untuk mencari tahu apa yang membuat pelanggan Anda tertarik (dan apa yang tidak).

5. Menawarkan Omnichannel Experience 

Omnichannel memungkinkan Anda memanfaatkan keterlibatan digital di seluruh platform dan melibatkan pelanggan lebih lanjut. 

Faktanya, 73% pelanggan menggunakan lebih dari satu saluran atau platform dalam perjalanan mereka menuju konversi.

Omnichannel tentunya akan memberikan pengalaman yang lancar, sehingga pelanggan tidak perlu melakukan. Anda juga dapat melihat history transaksi mereka dan menjual produk baru berdasarkan pembelian sebelumnya. Omnichannel bertujuan untuk meningkatkan kepuasan dan menyelaraskan semua departemen.

Baca juga: Pentingnya Omnichannel untuk Sosial Media Customer Service

Bagaimana Anda Mengelola Digital Engagement?

Keterlibatan digital pelanggan sangat penting untuk keberhasilan bisnis Anda. Cara terbaik untuk mengelola keterlibatan digital adalah dengan mengandalkan satu platform untuk memudahkan semua interaksi dan menciptakan pengalaman omnichannel yang mulus bagi konsumen.

Bingung dalam mencari penyedia layanan omnichannel? OneTalk by TapTalk.io bisa menjadi solusi yang tepat.

Dirancang untuk meningkatkan digital engagement, OneTalk menyediakan berbagai channel yang dapat diakses dalam satu dashboard. Omnichannel ini dapat melacak aliran lintas platform dan membiarkan pelanggan Anda berkomunikasi di mana mereka berada, baik di Facebook Messenger, WhatsApp, Instagram, dan lainnya.

Selain itu, OneTalk juga menyediakan fitur yang memudahkan Anda untuk membuat pesan otomatis, akses ke riwayat transaksi pelanggan, dan sinkronisasi sesi pengguna sehingga mereka tidak perlu mengisi informasi yang sama berulang kali

Apakah Anda siap untuk meningkatkan digital engagement brand Anda? Anda dapat mencoba OneTalk secara gratis dan mempelajari lebih lanjut tentang fitur yang disediakan. Kunjungi sekarang!

Share this article

Jessica Jacob

VP Business Development

Jessica Jacob memiliki lebih dari empat tahun pengalaman dalam pengembangan strategis di sektor teknologi, dengan latar belakang kuat dalam penjualan korporat dan manajemen proyek. Di TapTalk.io, dia berfokus pada inovasi dan pertumbuhan bisnis, membangun kemitraan strategis lintas industri. Sebelumnya, Jessica berperan aktif dalam mengembangkan kemitraan kanal baru dan memimpin tim lintas fungsi yang berhasil meningkatkan penjualan tahunan sebesar 45%.

Setiap pemilik bisnis tentunya ingin membuat pelanggan mereka senang dan kembali lagi. Seiring berjalannya waktu, harapan pelanggan juga akan berkembang pesat. Dan, untuk mengantisipasi dan memenuhi kebutuhan pelanggan, brand harus bekerja lebih keras. 

Di sinilah digital engagement dapat membantu Anda. Strategi digital engagement dapat membantu pemilik bisnis memberikan pengalaman dan hubungan pelanggan yang lebih baik.

5 Strategi Digital Engagement Tingkatkan Hubungan Pelanggan

Apa itu Digital Engagement?

Secara sederhana, digital engagement adalah proses terhubung dengan pelanggan. Proses ini tidak hanya mencakup bagaimana pelanggan Anda terhubung dengan brand, tetapi juga bagaimana brand Anda terhubung dengan pelanggan.

Digital engagement lebih dari sekadar interaksi. Ini dapat mencakup hampir semua "titik kontak" yang dimiliki bisnis Anda dengan konsumen. 

Ada banyak channel yang digunakan untuk keterlibatan digital ini. Pelanggan mungkin terlibat dengan brand Anda dengan mengunjungi situs web dan mengklik CTA (call to action), membaca posting blog, berbicara dengan chatbot, like post media sosial, atau bahkan berpartisipasi dalam webinar.

Secara keseluruhan, digital engagement berfungsi untuk membangun hubungan dengan pelanggan. Keterlibatan pelanggan digital yang positif dapat memicu loyalitas brand dan meningkatkan keuntungan. Sebaliknya, keterlibatan pelanggan digital yang negatif dapat merusak reputasi brand Anda. 

Bagaimana Cara Meningkatkan Digital Engagement?

Digital engagement penting bagi bisnis karena ini dapat membantu mereka mengelola harapan pelanggan, meningkatkan perjalanan pelanggan, dan menghasilkan lebih banyak konversi. 

Keterlibatan digital pelanggan juga akan membuat mereka tetap terhubung dengan brand setelah pembelian dan memastikan mereka 100% puas dengan produk dan layanan yang diterima.

Bagaimana Cara Meningkatkan Digital Engagement?

Berikut ini terdapat beberapa strategi yang perlu dipertimbangkan jika Anda ingin meningkatkan keterlibatan digital pelanggan.

1. Memanfaatkan Kekuatan Media Sosial

Melalui media sosial, brand dapat membentuk kepribadian mereka dan menarik pelanggan di seluruh demografi. 

Ini bukan hanya platform untuk terhubung lagi, tetapi ruang digital tempat merek dapat terlibat dengan pelanggan melalui support channel, direct message, berbagi konten, dan banyak lagi.

Media sosial juga dapat membantu membangun loyalitas brand dan hubungan pelanggan yang lebih kuat. Tunjukkan bagaimana Anda menjalankan nilai brand, memposting konten yang menarik, dan mendengarkan apa yang dikatakan pelanggan Anda.

Sebagian besar pengguna setidaknya mengakses media sosial sekali dalam sehari, jadi siapkan posting baru setiap hari agar brand dapat melekat pada pikiran mereka.

Baca juga: 5 Langkah Memulai Social Media Marketing untuk Bisnis Kecil

2. Tambahkan Fitur Live Chat ke Website Anda

Data dari Forrester menunjukkan bahwa 41% pelanggan mengharapkan website memiliki fitur live chat.

Fitur tersebut dapat membantu menjalin hubungan pribadi dengan pelanggan. Obrolan langsung juga menghemat waktu dan menciptakan peluang untuk memberikan customer support yang hebat. 

3. Siapkan Pesan Otomatis

Live chat memang sangat ideal, tetapi agent tidak dapat tersedia 24/7. Jadi, pertimbangkan untuk menggunakan pesan offline otomatis untuk terlibat dengan pelanggan bahkan ketika Anda tidak ada.

Pesan otomatis ini dapat memberi tahu orang-orang bahwa Anda sedang tidak ada, sehingga mereka tidak perlu mengharapkan tanggapan yang cepat. 

Selain itu, pesan otomatis juga dapat membantu menjawab pertanyaan mereka dan melayani mereka. Anda dapat mengatur tanggapan otomatis untuk langsung menjawab pertanyaan umum (FAQ) tertentu. 

Baca juga: Ini Dia Cara Membalas Pesan Otomatis di WhatsApp

4. Ketahui Apa yang Diinginkan Pelanggan 

Feedback pelanggan sangat penting untuk keberhasilan strategi digital engagement Anda. Ini membantu Anda mempelajari apa yang memicu pelanggan untuk membuat keputusan pembelian dan mengambil tindakan lain. 

Umpan balik customer juga dapat membantu Anda memahami betapa berharganya mereka menganggap produk, layanan, atau konten Anda. Selain itu, kisah pelanggan juga dapat digunakan untuk mempromosikan brand Anda ke calon pelanggan potensial lainnya.

Sebagai bagian dari strategi Anda, cobalah untuk mengirim survei untuk mencari tahu apa yang membuat pelanggan Anda tertarik (dan apa yang tidak).

5. Menawarkan Omnichannel Experience 

Omnichannel memungkinkan Anda memanfaatkan keterlibatan digital di seluruh platform dan melibatkan pelanggan lebih lanjut. 

Faktanya, 73% pelanggan menggunakan lebih dari satu saluran atau platform dalam perjalanan mereka menuju konversi.

Omnichannel tentunya akan memberikan pengalaman yang lancar, sehingga pelanggan tidak perlu melakukan. Anda juga dapat melihat history transaksi mereka dan menjual produk baru berdasarkan pembelian sebelumnya. Omnichannel bertujuan untuk meningkatkan kepuasan dan menyelaraskan semua departemen.

Baca juga: Pentingnya Omnichannel untuk Sosial Media Customer Service

Bagaimana Anda Mengelola Digital Engagement?

Keterlibatan digital pelanggan sangat penting untuk keberhasilan bisnis Anda. Cara terbaik untuk mengelola keterlibatan digital adalah dengan mengandalkan satu platform untuk memudahkan semua interaksi dan menciptakan pengalaman omnichannel yang mulus bagi konsumen.

Bingung dalam mencari penyedia layanan omnichannel? OneTalk by TapTalk.io bisa menjadi solusi yang tepat.

Dirancang untuk meningkatkan digital engagement, OneTalk menyediakan berbagai channel yang dapat diakses dalam satu dashboard. Omnichannel ini dapat melacak aliran lintas platform dan membiarkan pelanggan Anda berkomunikasi di mana mereka berada, baik di Facebook Messenger, WhatsApp, Instagram, dan lainnya.

Selain itu, OneTalk juga menyediakan fitur yang memudahkan Anda untuk membuat pesan otomatis, akses ke riwayat transaksi pelanggan, dan sinkronisasi sesi pengguna sehingga mereka tidak perlu mengisi informasi yang sama berulang kali

Apakah Anda siap untuk meningkatkan digital engagement brand Anda? Anda dapat mencoba OneTalk secara gratis dan mempelajari lebih lanjut tentang fitur yang disediakan. Kunjungi sekarang!

Related Posts