Apakah Anda tahu balasan pesan otomatis di WhatsApp? Atau mungkin pernah menerimanya?
Seperti namanya, fitur balasan otomatis memungkinkan Anda mengatur pesan untuk menanggapi pelanggan Anda secara otomatis. Dengan ini, Anda bisa menjawab mereka lebih cepat bahkan ketika sedang tidak online.
Table of Contents
WhatsApp adalah aplikasi messenger yang paling banyak digunakan di dunia. Artinya, besar kemungkinan pelanggan menghubungi Anda melalui WhatsApp.
Namun apa yang akan terjadi jika Anda telat atau bahkan tidak merespon mereka? Apakah mereka tetap akan minat dengan bisnis Anda?
Sepertinya mereka tidak akan menghubungi Anda lagi. Customer experience yang buruk akan membuat mereka merasa kecewa, tidak bahagia, dan marah. Sebanyak 65% pelanggan juga mengatakan bahwa mereka akan beralih ke brand lain karena pengalaman yang buruk.
Hal ini memang sering terjadi, tetapi Anda bisa mencegahnya dengan membuat pesan otomatis.
Anda dapat membuat pesan otomatis menggunakan chatbot. Chatbot WhatsApp adalah perangkat lunak otomatis yang didukung oleh artificial intelligence (AI) dan berjalan di platform WhatsApp.
Dengan menggunakan chatbot, pelanggan Anda seolah-olah akan berbicara dengan orang sungguhan. Namun, fitur ini hanya bisa didapatkan dengan menggunakan WhatsApp Business API.
Sebelum bisa menggunakan layanan bisnis WhatsApp API, Anda membutuhkan:
Setelah menyiapkan semuanya, Anda hanya perlu melakukan langkah-langkah ini:
Masukkan data seperti nama dan nomor telepon Anda ke akun WhatsApp Business.
Setelah semua verifikasi dan entri data ini selesai, Anda dapat melakukan langkah selanjutnya yaitu mendaftarkan klien WhatsApp Business API.
Klien WhatsApp API Business didasarkan pada Docker. Proses ini berjalan di komputer yang memiliki koneksi internet dan menjalankan Docker.
Anda dapat melakukan pemasangan sendiri klien WhatsApp Business API dengan dua cara, yaitu penginstalan di tempat dan Amazon Web Service (AWS).
Kemudian Anda bisa mendaftarkan nomor telepon dengan mengirimkan panggilan API ke endpoint akun Anda atau mengisi formulir pendaftaran di pengaturan bisnis web.
Setelah melakukan pendaftaran, Anda dapat mengubah pengaturan aplikasi setelah klien WhatsApp API Business berjalan.
WhatsApp Business API memberikan Anda kesempatan untuk mengirim empat jenis pesan pengujian, yaitu teks, template pesan, dokumen, atau media.
Namun, Anda harus memiliki template pesan yang disetujui di akun WhatsApp API Business Anda untuk menguji fungsinya.
Baca juga: Ini Contoh Template Pesan Broadcast WhatsApp yang Kreatif!
Bisnis Anda akan ditinjau kesesuaiannya dengan Persyaratan Layanan WhatsApp dan Kebijakan Perdagangan WhatsApp. Proses ini akan dimulai secara otomatis dan Anda dapat memeriksa verifikasi bisnis dan statusnya di tab pengaturan akun bisnis WhatsApp.
Biasanya, dibutuhkan waktu yang lama untuk mendapatkan akun WhatsApp Business API. Hal ini dikarenakan aturannya yang lebih kompleks.
Namun, jika Anda ingin membuat akun WhatsApp Business API, Anda dapat menggunakan OneTalk. PT. Tap Talk Teknologi merupakan salah satu penyedia layanan WhatsApp Business API terpercaya di Indonesia.
Dengan WhatsApp Business API OneTalk, Anda dapat menjawab customer lebih cepat. Anda hanya perlu mengatur:
Biasanya, Anda akan menerima berbagai pertanyaan umum. Dengan mengatur quick reply, Anda dapat membuat jawaban dari berbagai pertanyaan ini.
Fitur ini memungkinkan Anda menyimpan jawaban dan menggunakannya kembali sehingga Anda dapat dengan mudah menjawab pertanyaan umum dalam waktu singkat.
Cukup tekan "/" pada keyboard Anda untuk memilih balasan cepat dan kirim.
WhatsApp memungkinkan Anda untuk membuat pesan salam yang akan diterima pengguna saat mereka memulai percakapan. Dengan mengirim pesan instan ini, Anda dapat menyambut dan memperkenalkan perusahaan kepada calon pelanggan baru tanpa penundaan atau waktu tunggu.
Anda dapat membuatnya di pengaturan dengan membuat pesan greeting baru atau mengedit yang sudah ada.
Mirip dengan pesan welcome, fitur ini dibuat untuk orang-orang yang mencoba menghubungi perusahaan setelah jam kerja Anda. Anda dapat menulis pesan khusus atau mengirim jam operasional bisnis.
Selain itu, Anda juga dapat mengedit pesan away dan menjadwalkan kapan Anda ingin mengirim pesan ini. Contohnya, pesan ini dapat diaktifkan setelah jam kerja berakhir.
Fitur quick reply tadi masih membutuhkan Anda untuk memilih jawaban yang tepat. Nah, dengan chatbot, pesan customer akan terjawab secara langsung.
Anda dapat memberikan opsi pertanyaan yang biasa diajukan pelanggan. Setelah mereka memilih apa yang mereka ingin tanyakan, chatbot dapat menjawabnya berdasarkan template atau menunjukkan rute ke pelanggan sesuai dengan apa yang mereka cari.
Fitur ini dapat menghemat biaya penambahan agent. Selain itu, chatbots dapat tersedia selama 24 jam untuk menjawab ribuan pesan pelanggan.
Saat Anda menggunakan balasan otomatis di WhatsApp, Anda tidak hanya menghemat waktu, tetapi juga membantu meyakinkan pelanggan bahwa mereka tidak diabaikan.
Pelanggan yang mengirim pesan kepada Anda akan secara otomatis menerima pesan yang dapat disesuaikan, seperti memberitahu mereka bahwa Anda sedang sibuk atau jauh dari handphone.
Tidak hanya penting, menggunakan pesan otomatis juga lebih mudah bukan? Jadi, mau sampai kapan Anda membalas pesan satu per satu? Yuk, gunakan pesan otomatis di WhatsApp dengan OneTalk.
Jika, Anda ingin menanyakan lebih dalam tentang pesan otomatis, Anda dapat menghubungi kami di sini.
Baca juga: WhatsApp Beta vs WhatsApp Business API: Mana Pilihan Terbaik untuk Bisnismu?
By Jessica Jacob
In today's fast-paced digital world, businesses need to adapt to new technologies and customer demands to stay competitive. One of the most significant changes in customer communication is the shift towards omnichannel chat. Omnichannel chat is a type of communication that enables businesses to interact with customers through multiple messaging channels seamlessly. It provides customers […]
By Jessica Jacob
Ramadan hampir tiba. Artinya sekarang sudah waktunya untuk memulai kampanye marketing Ramadan Anda. Berdasarkan hasil survey yang dilakukan Snapcart, sebanyak 46% orang berencana untuk meningkatkan pengeluarannya selama Ramadan. Table of Contents Mengapa Strategi Pemasaran Saat Ramadan Penting?Apa yang Orang Beli di Bulan Ramadan?Tips Membuat Kampanye Marketing Selama Ramadan1. Buat Rencana dan Menerapkannya Lebih Awal2. Bersikap […]
By Jessica Jacob
Setiap pemilik bisnis tentunya ingin membuat pelanggan mereka senang dan kembali lagi. Seiring berjalannya waktu, harapan pelanggan juga akan berkembang pesat. Dan, untuk mengantisipasi dan memenuhi kebutuhan pelanggan, brand harus bekerja lebih keras. Di sinilah digital engagement dapat membantu Anda. Strategi digital engagement dapat membantu pemilik bisnis memberikan pengalaman dan hubungan pelanggan yang lebih baik. […]
Reach us by phone at (021) 27939266
© 2020 - 2021 TapTalk.io (PT Tap Talk Teknologi)