Apakah Anda tahu balasan pesan otomatis di WhatsApp? Atau mungkin pernah menerimanya?
Seperti namanya, fitur balasan otomatis memungkinkan Anda mengatur pesan untuk menanggapi pelanggan Anda secara otomatis. Dengan ini, Anda bisa menjawab mereka lebih cepat bahkan ketika sedang tidak online.
Table of Contents
WhatsApp adalah aplikasi messenger yang paling banyak digunakan di dunia. Artinya, besar kemungkinan pelanggan menghubungi Anda melalui WhatsApp.
Namun apa yang akan terjadi jika Anda telat atau bahkan tidak merespon mereka? Apakah mereka tetap akan minat dengan bisnis Anda?
Sepertinya mereka tidak akan menghubungi Anda lagi. Customer experience yang buruk akan membuat mereka merasa kecewa, tidak bahagia, dan marah. Sebanyak 65% pelanggan juga mengatakan bahwa mereka akan beralih ke brand lain karena pengalaman yang buruk.
Hal ini memang sering terjadi, tetapi Anda bisa mencegahnya dengan membuat pesan otomatis.
Anda dapat membuat pesan otomatis menggunakan chatbot. Chatbot WhatsApp adalah perangkat lunak otomatis yang didukung oleh artificial intelligence (AI) dan berjalan di platform WhatsApp.
Dengan menggunakan chatbot, pelanggan Anda seolah-olah akan berbicara dengan orang sungguhan. Namun, fitur ini hanya bisa didapatkan dengan menggunakan WhatsApp Business API.
Sebelum bisa menggunakan layanan bisnis WhatsApp API, Anda membutuhkan:
Setelah menyiapkan semuanya, Anda hanya perlu melakukan langkah-langkah ini:
Masukkan data seperti nama dan nomor telepon Anda ke akun WhatsApp Business.
Setelah semua verifikasi dan entri data ini selesai, Anda dapat melakukan langkah selanjutnya yaitu mendaftarkan klien WhatsApp Business API.
Klien WhatsApp API Business didasarkan pada Docker. Proses ini berjalan di komputer yang memiliki koneksi internet dan menjalankan Docker.
Anda dapat melakukan pemasangan sendiri klien WhatsApp Business API dengan dua cara, yaitu penginstalan di tempat dan Amazon Web Service (AWS).
Kemudian Anda bisa mendaftarkan nomor telepon dengan mengirimkan panggilan API ke endpoint akun Anda atau mengisi formulir pendaftaran di pengaturan bisnis web.
Setelah melakukan pendaftaran, Anda dapat mengubah pengaturan aplikasi setelah klien WhatsApp API Business berjalan.
WhatsApp Business API memberikan Anda kesempatan untuk mengirim empat jenis pesan pengujian, yaitu teks, template pesan, dokumen, atau media.
Namun, Anda harus memiliki template pesan yang disetujui di akun WhatsApp API Business Anda untuk menguji fungsinya.
Baca juga: Ini Contoh Template Pesan Broadcast WhatsApp yang Kreatif!
Bisnis Anda akan ditinjau kesesuaiannya dengan Persyaratan Layanan WhatsApp dan Kebijakan Perdagangan WhatsApp. Proses ini akan dimulai secara otomatis dan Anda dapat memeriksa verifikasi bisnis dan statusnya di tab pengaturan akun bisnis WhatsApp.
Biasanya, dibutuhkan waktu yang lama untuk mendapatkan akun WhatsApp Business API. Hal ini dikarenakan aturannya yang lebih kompleks.
Namun, jika Anda ingin membuat akun WhatsApp Business API, Anda dapat menggunakan OneTalk. PT. Tap Talk Teknologi merupakan salah satu penyedia layanan WhatsApp Business API terpercaya di Indonesia.
Dengan WhatsApp Business API OneTalk, Anda dapat menjawab customer lebih cepat. Anda hanya perlu mengatur:
Biasanya, Anda akan menerima berbagai pertanyaan umum. Dengan mengatur quick reply, Anda dapat membuat jawaban dari berbagai pertanyaan ini.
Fitur ini memungkinkan Anda menyimpan jawaban dan menggunakannya kembali sehingga Anda dapat dengan mudah menjawab pertanyaan umum dalam waktu singkat.
Cukup tekan "/" pada keyboard Anda untuk memilih balasan cepat dan kirim.
WhatsApp memungkinkan Anda untuk membuat pesan salam yang akan diterima pengguna saat mereka memulai percakapan. Dengan mengirim pesan instan ini, Anda dapat menyambut dan memperkenalkan perusahaan kepada calon pelanggan baru tanpa penundaan atau waktu tunggu.
Anda dapat membuatnya di pengaturan dengan membuat pesan greeting baru atau mengedit yang sudah ada.
Mirip dengan pesan welcome, fitur ini dibuat untuk orang-orang yang mencoba menghubungi perusahaan setelah jam kerja Anda. Anda dapat menulis pesan khusus atau mengirim jam operasional bisnis.
Selain itu, Anda juga dapat mengedit pesan away dan menjadwalkan kapan Anda ingin mengirim pesan ini. Contohnya, pesan ini dapat diaktifkan setelah jam kerja berakhir.
Fitur quick reply tadi masih membutuhkan Anda untuk memilih jawaban yang tepat. Nah, dengan chatbot, pesan customer akan terjawab secara langsung.
Anda dapat memberikan opsi pertanyaan yang biasa diajukan pelanggan. Setelah mereka memilih apa yang mereka ingin tanyakan, chatbot dapat menjawabnya berdasarkan template atau menunjukkan rute ke pelanggan sesuai dengan apa yang mereka cari.
Fitur ini dapat menghemat biaya penambahan agent. Selain itu, chatbots dapat tersedia selama 24 jam untuk menjawab ribuan pesan pelanggan.
Saat Anda menggunakan balasan otomatis di WhatsApp, Anda tidak hanya menghemat waktu, tetapi juga membantu meyakinkan pelanggan bahwa mereka tidak diabaikan.
Pelanggan yang mengirim pesan kepada Anda akan secara otomatis menerima pesan yang dapat disesuaikan, seperti memberitahu mereka bahwa Anda sedang sibuk atau jauh dari handphone.
Tidak hanya penting, menggunakan pesan otomatis juga lebih mudah bukan? Jadi, mau sampai kapan Anda membalas pesan satu per satu? Yuk, gunakan pesan otomatis di WhatsApp dengan OneTalk.
Jika, Anda ingin menanyakan lebih dalam tentang pesan otomatis, Anda dapat menghubungi kami di sini.
Baca juga: WhatsApp Beta vs WhatsApp Business API: Mana Pilihan Terbaik untuk Bisnismu?
By Jessica Jacob
Banyak orang yang masih belum mengetahui cara mendapatkan badge verified centang hijau di WhatsApp Business. Bagi sebagian orang, mendapatkan WhatsApp green badge bukanlah hal yang mudah. Centang hijau ini biasanya diberikan ke akun tertentu. Menurut halaman FAQ WhatsApp, centang hijau di sebelah nama kontak menunjukkan bahwa akun tersebut adalah bisnis yang terverifikasi. Table of Contents […]
By Ardian
Customers are a basic element of every business. The customer is the determining factor for the existence of a company. It is from customers that the source of the company's revenue comes from. The more customers the more income opportunities are obtained. The more the frequency of purchases, the more opportunities for increased income. Customer […]
By Jessica Jacob
Panggilan telepon tidaklah cocok untuk konsumen dari zona waktu yang berbeda. Email membutuhkan waktu terlalu lama untuk direspon. Opsi self-service juga tidak memiliki personalisasi dan tidak dapat mencakup semua kemungkinan masalah yang dialami pengguna. Lalu, apa solusinya? Live chat. Pengguna menginginkan keterlibatan waktu nyata, dan mereka juga mengharapkan dukungan yang cepat. Itu sebabnya banyak bisnis […]
Reach us by phone at (021) 27939266
© 2020 - 2023 TapTalk.io (PT Tap Talk Teknologi)