Bisnis Anda menggunakan pesan Broadcast untuk sarana promosi? Pasti Anda berharap dapat menarik pelanggan dengan berbagai penawaran menarik, bukan?
Membuat pesan broadcast tentu tidak semudah itu. Banyak tantangan dan hal-hal yang harus diperhatikan. Mulai dari pesan spam, nada bahasa yang tepat, dan lain-lain.
Ingin tahu cara membuat template pesan broadcast WhatsApp yang kreatif dan menarik? Simak artikel ini sampai habis ya.
Perhatikan Hal Ini Sebelum Mengirim Pesan Template WhatsApp
Gunakan nada yang menarik
Brand terus-menerus berjuang untuk mendapatkan perhatian pelanggan karena orang-orang memiliki rentang perhatian yang terbatas. Dan hanya karena pelanggan lebih cenderung membuka pesan teks, hal ini bukan alasan untuk mengirim pesan yang membosankan!
Saat membuat template pesan, ingatlah untuk mengetik dengan cara yang menarik perhatian penerima, seperti menggunakan nama mereka atau mengakhiri kalimat dengan tanda seru.
Waktu mereka sangat penting dan Anda ingin menarik perhatian pelanggan Anda sehingga mereka akan tertarik dengan pesan Anda.
Jangan promosi berlebihan
Anda mempromosikan bisnis Anda, tapi ada garis tipis antara mempromosikan dan OVERpromoting. Tidak ada yang suka mendapatkan pesan yang “berjualan” saja.
Pesan yang dimaksud adalah pesan yang:
- Tidak memberikan nilai yang jelas kepada pelanggan
- Terlalu “promosi”
- Tidak memiliki ajakan yang jelas
- Terlalu sering menggunakan caps lock
- Menyertakan terlalu banyak kata kunci seperti "gratis"
Jangan mengirimkan konten spam
Pesan spam di WhatsApp biasanya berisi konten berbahaya untuk mendapatkan informasi pribadi.
Jangan pernah meminta pelanggan untuk memberikan informasi pribadi apapun melalui teks atau mengirim tautan yang memberikan kesan sekecil apapun bahwa Anda adalah akun spam.
Itulah mengapa penting juga untuk tidak melakukan promosi berlebihan karena Anda dapat ditandai sebagai spam. Hal terakhir yang Anda inginkan adalah pelanggan Anda memblokir Anda di WhatsApp bahkan setelah mereka dengan sukarela memberi Anda detail kontak mereka.
Baca juga: Hal yang Harus Dihindari dalam Menggunakan WhatsApp Business API
Template Pesan Apa Yang Dapat Anda Gunakan untuk Promosi Kreatif?
1. Template Pesan Sambutan - Auto Reply
Tentu saja sebuah bisnis tidak bisa aktif selama 24 jam. Anda pasti memiliki working hours dan away hours. Menyetel Away Messages adalah pilihan tepat jika Anda ingin pelanggan merasa tetap direspon meskipun di luar jam kantor.
Beberapa bisnis dapat menyetel away messages dengan bantuan pihak ketiga (misalnya saja menggunakan omnichannel messaging platform untuk customer support-nya). Dengan menyetel jam kerja, pesan yang masuk di luar jam kerja akan otomatis terjawab menggunakan pesan yang sudah dibuat sebelumnya.
Ini dia template pesan untuk membalas pesan yang masuk ketika agent Anda tidak dapat menjawabnya secara langsung:
“Terima kasih sudah menghubungi kami. Tapi, sayangnya kamu menghubungi [nama brand] di luar waktu operasional nih. Kami akan segera membalas pesan Anda. Selagi menunggu, mungkin FAQ kami dapat membantu kamu.”
2. Template Pesan Pemberitahuan Item Baru
Jika Anda menggunakan WhatsApp sebagai sarana komunikasi dan update mengenai produk-produk terbaru, maka Anda harus membuat template pesan yang sesuai. Misal, sebuah bisnis dengan katalog yang terbatas dan diperbaharui setiap bulannya akan melakukan update eksklusif kepada member. Selain menggunakan sistem membership (yang mana membuat pelanggan merasa spesial dan mendapat keuntungan khusus), pesan yang personal ini tentu akan mempermudah sales dan promosi Anda.
Pikirkan saja – jika pengguna membeli dari toko Anda sebelumnya, hal ini berarti dia sudah mengetahui toko Anda dan kemungkinan besar akan tertarik dengan hal lain yang mungkin Anda tawarkan.
Jadi mengapa tidak menghubungi mereka dengan mengirimkan pesan iklan WhatsApp untuk memberitahu mereka tentang produk baru? Ini cukup mudah dan juga dapat dengan mudah menjadi bagian dari kampanye peluncuran produk yang lebih besar.
Berikut adalah contoh template pesan pemberitahuan item baru:
3. Template Pesan Pengingat Janji Temu
Selain dapat mencegah kemungkinan pembatalan janji atau ketidakhadiran pelanggan, Anda juga dapat membantu mereka untuk mengingatkan jadwal yang akan datang.
Jujur saja, merencanakan janji temu dari 1 minggu atau 2 minggu sebelumnya dapat dengan mudah dilupakan dengan aktivitas keseharian yang beragam. Untuk itu, pesan pengingat janji temu bisa membantu Anda mendayung 2 pulau sekaligus. Anda mendapat konfirmasi dan mencegah kemungkinan ghosting, pelanggan juga dapat mengingat bahwa mereka memiliki janji temu dengan Anda.
Gunakan pesan template ini untuk mengirimi mereka pengingat dan konfirmasi.
Hai, [nama pelanggan]! Terima kasih sudah membuat janji temu bersama [nama brand] pada [tanggal janji temu]. Kami berharap Anda bisa datang 10 menit lebih awal sebelum janji temu. Sampai jumpa!
4. Template Pesan Pengingat Event
Bukan hanya janji temu, pengingat event juga penting untuk pelanggan yang sudah mengadaptasi hustle-culture di zaman ini.
Untuk apa ada pengingat event?
Katakan saja brand Anda membuat launching party eksklusif untuk member, atau live streaming yang di dalamnya terdapat berbagai promo menggiurkan. Anda dapat memastikan peserta dalam event tersebut hadir. Tidak hanya hal tersebut berguna bagi mereka (karena mereka tentu senang dengan promo), hal ini juga memastikan event Anda sukses dan dihadiri banyak orang.
Anda dapat menggunakan template di bawah ini untuk pengingat event:
5. Template Pesan Promo Diskon
Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, pesan promosi akan ditolak oleh WhatsApp. Ini dapat mencakup apa saja mulai dari kode kupon hingga survei.
Dengan mengingat hal itu, template WhatsApp promosi ini hanya akan berfungsi untuk pengguna OneTalk by TapTalk.io karena kami melewati semua batasan ini.
Berikut adalah beberapa contoh yang dapat Anda gunakan:
6. Template Pesan Back-In-Stock
Seperti yang sudah dibahas di atas, jika sudah sampai pada tahap pesan back-in-stock, pelanggan biasanya sudah pernah membeli produk Anda. Hal ini berarti mereka mungkin tertarik dengan barang yang kembali ada. Bahkan, bisa saja mereka salah satu diantara mereka yang menunggu kembalinya produk Anda.
Untuk itu, ini dia template pesan yang bisa Anda gunakan untuk notifikasi produk back-in-stock
Yang dicari-cari hadir kembali, [nama item] datang lagi. 10 pembeli pertama dapat keuntungan, diskon [jumlah diskon] tanpa minimal pembelian!
Menggunakan OneTalk by TapTalk.io, aplikasi pesan instan, membuat pengiriman pesan broadcast dan away messages menjadi lebih mudah. Away Messages adalah pesan otomatis yang dikirimkan ketika pelanggan mengirimkan pesan kepada bisnis Anda di luar Office Hours, yang bisa diatur menggunakan fitur OneTalk. Ketika Anda mengatur Office Hours, maka secara otomatis pesan ini akan dikirimkan. Ketika mereka menghubungi Anda pada Office Hours, maka yang dikirimkan adalah Welcome Messages. Welcome Messages akan otomatis dikirimkan ketika sebuah case (atau percakapan) dimulai.
Pesan broadcast pada WhatsApp tentu merupakan fitur yang sangat membantu Anda dalam melakukan promosi. Apalagi, jika Anda bisa mensegmentasi kontak! Fitur Broadcast Message di OneTalk dilengkapi dengan Contact Segments yang mengkategorikan kontak-kontak Anda. Hal ini dapat mempermudah pekerjaan Anda jika pesan yang dikirim hanya ditujukan untuk pelanggan-pelanggan tertentu. Misal: pesan yang dikirim hanya untuk pelanggan yang sudah lama berlangganan, pesan promosi hanya dikirim kepada pembeli pertama, atau pesan yang dikirim hanya yang berdomisili di Jabodetabek.
Ingin tahu apalagi yang ditawarkan OneTalk? Pastinya tidak hanya fitur-fitur tersebut. Cek di sini untuk melihat fitur OneTalk lainnya.
Baca juga: Cara Menggunakan WhatsApp Business dengan Multi User