pt tap talk teknologi blog
User Impact Review BPK Penabur: Sentralisasi Pelayanan Siswa

User Impact Review BPK Penabur: Sentralisasi Pelayanan Siswa

By Jessica Jacob
31 / 03 / 2024

Tak hanya terus-terusan menjadi pegawai kantoran, beberapa kalangan masyarakat justru ingin memulai usaha atau bisnisnya sendiri. Kini mulai banyak UMKM ataupun perusahaan start-up yang bermunculan. Jenis usahanya pun sangat beragam, mulai dari makanan dan minuman, fashion, jasa desain foto dan video, hingga jasa mengisi kuesioner pun dapat diakses dengan mudah. 

Berbagai jenis usaha tersebut dapat diakses secara offline maupun online. Beberapa tahun lalu, tepatnya saat pandemi sedang melanda, transaksi jual beli seringnya melalui sosial media dalam rangka menghindari kontak fisik untuk meminimalisir penyebaran virus. Oleh karena itu, penjualan secara online pun marak dilakukan oleh berbagai lapisan masyarakat. Hal ini pun merambah ke bidang pendidikan, dimana proses belajar dan mengajar dilakukan melalui daring. 

Dengan adanya perubahan tersebut, kita harus bisa cepat beradaptasi dengan keadaan. Begitu pula yang dilakukan oleh BPK Penabur dalam menghadapi tantangan selama pandemi dengan menggunakan OneTalk untuk mempermudah layanan administrasi sekolah. Mari simak user impact review BPK Penabur!

User Impact Review BPK Penabur: Sentralisasi Pelayanan Siswa

Key Takeaways:

  • Badan Pendidikan Kristen Penabur (BPK Penabur) pada awalnya berasal dari Badan Pendidikan Tionghoa Kie Tok Kauw Hwee Khu Hwee Djawa Barat (BP THKTKHKH Djabar), yaitu sebuah lembaga pendidikan dari Gereja Kristen Indonesia Djawa Barat.
  • Nama BPK Penabur diresmikan pada tanggal 21 Maret 1989 mengingat adanya sekolah yang terletak di luar pulau Jawa, sehingga digunakan istilah yang lebih umum.
  • Pada tahun 2021, BPK Penabur Jakarta mengelola sebanyak 80 sekolah yang terdiri dari sekolah nasional dan sekolah internasional.
  • Ketika pandemi Covid-19 melanda, BPK Penabur mengalami tantangan berupa memindahkan layanan sekolah secara daring, yakni menggunakan WhatsApp. Banyaknya jumlah sekolah yang harus dikelola dan mempunyai banyak nomor WhatsApp membuat para orang tua bingung dan pihak sekolah yang kewalahan.
  • Dengan OneTalk yang dapat menjadikan satu nomor ponsel saja sebagai sentral sangat memudahkan proses pelayanan sekolah ini. 
  • Perubahan yang dialami oleh BPK Penabur Jakarta adalah alur komunikasi dengan orang tua murid terasa lebih terintegrasi dan tertata rapi. Karena terdapat satu nomor sebagai sentral yang akan mengarahkan orang tua ke nomor sekolah yang dituju.

Ketahui Kilas Balik Sejarah BPK Penabur

BPK Penabur awalnya berasal dari Badan Pendidikan Tionghoa Kie Tok Kauw Hwee Khu Hwee Djawa Barat (BP THKTKHKH Djabar). Lembaga pendidikan ini berdiri pada 19 Juli 1950 yang merupakan sebuah langkah konkret dari Gereja Kristen Indonesia Djawa Barat yang menganggap gereja juga harus mengabdi pada pendidikan. 

Pada awalnya BP THKTKHKH memiliki sekolah peninggalan dari Vereniging Christelijke Scholen (VCS), sebuah organisasi sekolah Kristen milik Belanda. Prinsip yang dianut dalam membina sekolah peninggalan Belanda ini dijadikan dasar penting dalam perkembangan sekolah-sekolah Kristen yang kelak akan berubah nama menjadi Badan Pendidikan Kristen Penabur (BPK Penabur).

Pada tahun 1967, tepatnya setelah 17 tahun berdiri, BP THKTKHKH berganti nama dari nama Tionghoa menjadi YBPK Djawa Barat. Alasannya adalah karena seiring berjalannya waktu timbul rasa nasionalisme di badan pendidikan Kristen ini. BPK Djabar ini semakin melebarkan sayapnya ke luar pulau Jawa, seperti ke provinsi Lampung dan mendirikan sejumlah sekolah di sana. Dengan adanya sekolah yang tidak hanya berlokasi di Jakarta saja, melainkan ada pula yang terletak di Lampung, maka muncullah pemikiran untuk merubah nama Badan Pendidikan Kristen Jawa Barat dengan istilah lain.

Pada tanggal 21 Maret 1989, nama BPK Djabar resmi diganti menjadi Badan Pendidikan Kristen Penabur. Saat ini, BPK Penabur menjadi lembaga pendidikan yang memiliki dasar Pancasila dan bertujuan membentuk manusia Indonesia seutuhnya sebagai perwujudan panggilan pelayanan dan kesaksian Kristen. 

BPK Penabur Jakarta yang merupakan bagian dari BPK Penabur mengelola  80 sekolah pada tahun 2021, sejumlah sekolah tersebut tersebar di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi yang terdiri dari sekolah nasional dan internasional. Kelompok sekolah nasional berjumlah 75 sekolah, yang terbagi menjadi 22 TK, 20 SD, 17 SMP, 15 SMA, dan 1 SMK Farmasi (SMKF). Sedangkan kelompok sekolah internasional berjumlah 5 sekolah, terbagi dalam 1 primary, 2 lower secondary, serta 2 upper secondary.

Tantangan yang Dialami BPK Penabur Selama Pandemi

Pandemi Covid-19 memang menjadi musibah yang tidak terelakkan bagi seluruh masyarakat Indonesia. Semenjak pandemi, ada banyak tantangan yang muncul dan harus dihadapi oleh masyarakat. Mulai dari bidang ekonomi, dimana banyak karyawan yang terkena PHK, tingkat penjualan perusahaan yang menurun hingga bisa menyebabkan bangkrut, dan semakin sempitnya lapangan pekerjaan. Bidang pendidikan pun juga memiliki tantangannya sendiri, antara lain kegiatan belajar mengajar yang harus dilakukan secara daring alih-alih bertatap muka. Baik guru maupun murid pasti memiliki kesulitannya masing-masing, semua harus beradaptasi terhadap perubahan yang terjadi secara tiba-tiba.

Tidak hanya proses belajar mengajar, tapi layanan administrasi sekolah yang semula bisa dilakukan secara langsung, semenjak adanya pandemi berubah menjadi serba online. BPK Penabur Jakarta pun tidak luput dari tantangan tersebut. Pada saat pandemi, BPK Penabur Jakarta harus mengelola sekitar 79 sekolah di Jabodetabek. Yang awal mulanya layanan sekolah bisa dilakukan secara langsung, dengan adanya pandemi mau tidak mau BPK Penabur Jakarta jadi beralih dengan menggunakan WhatsApp. Untuk mengelola 79 sekolah, maka diperlukan pula 79 nomor WhatsApp berbeda. 

Hal tersebut cukup menimbulkan kesulitan baik untuk pihak sekolah maupun dari pihak wali murid. Karena dengan adanya banyak nomor tersebut membuat para orang tua bingung dan pihak sekolah pun cukup kewalahan untuk menanganinya.

OneTalk Hadir Sebagai Solusi Permasalahan BPK Penabur

OneTalk Hadir Sebagai Solusi Permasalahan BPK Penabur

OneTalk merupakan produk layanan omnichannel yang ada di Indonesia dari TapTalk.io. bagaimana OneTalk bisa menjadi solusi bagi permasalahan yang sedang dialami oleh BPK Penabur Jakarta? OneTalk memiliki banyak fitur menarik, salah satunya adalah bisa menggabungkan semua channel ke dalam satu inbox supaya memudahkan Anda dalam melihat informasi pelanggan dan pertanyaan apa saja yang diberikan mereka.

Dalam kasus BPK Penabur Jakarta yang merasa kewalahan untuk merespons 79 nomer sekolah berbeda, hal tersebut bisa disederhanakan dengan menggunakan satu nomor ponsel saja. Dengan satu nomor yang dijadikan sentral akan membuat alur komunikasi orang tua murid dan sekolah menjadi lebih terintegrasi dan rapi. Pada awalnya wali murid akan terhubung ke pusat, lalu nantinya akan dilanjutkan ke sekolah. Cara tersebut jadi memudahkan para orang tua agar tidak lagi merasa kebingungan dalam menghubungi pihak sekolah. BPK Penabur pun sangat positif dengan adanya layanan OneTalk ini, karena OneTalk memudahkan mereka dalam berkomunikasi dengan orang tua murid. 

Selain terjadinya alur komunikasi yang efektif dan efisien, dengan menggunakan OneTalk juga bisa mendapatkan pemahaman baru khususnya mengenai kemajuan teknologi. Salah satu fitur OneTalk yang menarik adalah bisa menyisipkan artificial intelligence (AI) ke WhatsApp Business Partner API yang digunakan. Adanya layanan Chatbot ini juga semakin memudahkan dalam mengelola dan melayani komunikasi dengan para wali murid.

Baca juga: Cara Praktis & Lengkap Menggunakan Chatbot WhatsApp

Bersama OneTalk, Ciptakan Layanan yang Terintegrasi!

Bersama OneTalk, Ciptakan Layanan yang Terintegrasi!

Menciptakan layanan yang terintegrasi dan tertata rapi akan menambah citra bagus bagi perusahaan, termasuk juga lembaga pendidikan. Tidak hanya pelanggan toko online yang diperhatikan kepuasannya, melayani wali murid pun menjadi aspek penting bagi sekolah.

Dengan menggunakan WhatsApp Official Business API kredibilitas pun terjamin karena akan ada badge hijau atau verified badge yang muncul. BPK Penabur memilih OneTalk karena terdapat banyak fitur menarik yang bisa dimanfaatkan, antara lain adalah WhatsApp Broadcast yang memungkinkan pihak sekolah mengirim informasi dalam satu waktu sehingga lebih efisien, juga terasa lebih personal. Selain itu, terdapat pula fitur WhatsApp Auto Reply yang bisa diisi dengan FAQ (frequently asked questions) untuk menjelaskan informasi umum yang sering ditanyakan. Mengelola chat yang masuk juga bisa dilakukan secara instan dan efisien dengan menggunakan satu nomor yang bisa diakses oleh banyak admin di berbagai device.

OneTalk by TapTalk.io juga menawarkan solusi khusus bagi bidang pendidikan. Dengan fitur-fitur yang telah disebutkan, Anda bisa mempromosikan sekolah dengan hanya satu klik, memberikan informasi terkait program sekolah, membantu pendaftar melakukan pendaftaran, mengirim reminder untuk melakukan pembayaran, dan banyak lagi. Tidak perlu mengirim chat satu per satu sesuai kebutuhan, karena dengan OneTalk Anda bisa membuat segmentasi kontak dan mengirim informasi yang dibutuhkan kepada mereka.

Sungguh banyak fitur menarik yang tersedia, bukan? Segera hubungi kami di sini untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Baca juga: User Impact Review Astro dengan Customer Service Cepat dan Instan

Trial Akun Demo TapTalk
Jessica Jacob
Jessica Jacob memiliki lebih dari empat tahun pengalaman dalam pengembangan strategis di sektor teknologi, dengan latar belakang kuat dalam penjualan korporat dan manajemen proyek. Di TapTalk.io, dia berfokus pada inovasi dan pertumbuhan bisnis, membangun kemitraan strategis lintas industri. Sebelumnya, Jessica berperan aktif dalam mengembangkan kemitraan kanal baru dan memimpin tim lintas fungsi yang berhasil meningkatkan penjualan tahunan sebesar 45%.
linkedin penulisemail penulis

Related Posts

By Jessica Jacob

16 / 04 / 2022

Ramadan hampir tiba. Artinya sekarang sudah waktunya untuk memulai kampanye marketing Ramadan Anda. Berdasarkan hasil survey yang dilakukan Snapcart, sebanyak 46% orang berencana untuk meningkatkan pengeluarannya selama Ramadan. Table of Contents Mengapa Strategi Pemasaran Saat Ramadan Penting?Apa yang Orang Beli di Bulan Ramadan?Tips Membuat Kampanye Marketing Selama Ramadan1. Buat Rencana dan Menerapkannya Lebih Awal2. Bersikap […]

Read More

By Jessica Jacob

10 / 02 / 2023

Businesses now frequently use WhatsApp as a platform for marketing purposes, such as promoting their goods or services, in addition to using it to communicate with customers. This is so that businesses can reach and interact with their audience conveniently and privately using WhatsApp. But how do you do marketing on WhatsApp? How successful are […]

Read More

By Jessica Jacob

02 / 09 / 2022

Seberapa sering Anda membuat keputusan dalam satu hari? Apa yang harus Anda pakai hari ini? Parfum apa yang harus Anda pakai? Apa yang akan Anda makan untuk makan siang? Jika Anda memikirkannya, kita telah membuat banyak keputusan setiap hari tanpa banyak memikirkannya. Keputusan-keputusan ini, meskipun kelihatannya sepele, membuat para pemasar terjaga di malam hari. Karena […]

Read More
1 2 3 109
TapTalk
PowerTalk
OneTalk
SendTalk
whatsappfacebooktwitterinstagramlinkedin

Reach us by phone at (021) 27939266

Business Park Kebon Jeruk blok C2-3, Jl. Meruya Ilir Raya no.88, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, 11620

© 2020 - 2023 TapTalk.io (PT Tap Talk Teknologi)

tap talk logo for footer