pt tap talk teknologi blog
Semua Tentang Affiliate Marketing yang Perlu Kamu Ketahui

Semua Tentang Affiliate Marketing yang Perlu Kamu Ketahui

By Jessica Jacob
02 / 02 / 2023

Pemilik bisnis cermat yang menjalankan bisnis yang berkembang tahu pasti ada banyak cara yang bisa mereka lakukan untuk membuat bisnis itu terus tumbuh. Salah satu cara untuk membawa hal-hal ke tingkat berikutnya adalah dengan menemukan pendapatan alternatif.

Semua Tentang Affiliate Marketing yang Perlu Kamu Ketahui

Key Takeaways:

  • Affiliate Marketing adalah model pemasaran di mana perusahaan memberi kompensasi kepada pihak ketiga yang dapat menjual produk dan layanan perusahaan.
  • Affiliate marketing pada dasarnya adalah program pemasaran berbayar untuk kinerja di mana proses penjualan dialihdayakan ke jaringan yang luas
  • Ada tiga jenis utama affiliate marketing: Unattached Affiliate Marketing, Related Affiliate Marketing, dan Involved Affiliate Marketing.
  • Program affiliate marketing dapat membawa imbalan besar bagi perusahaan dan affiliate marketer.
  • Pemasaran afiliasi yang efektif membutuhkan beberapa perencanaan matang. Syarat dan ketentuan harus dinyatakan dengan jelas, terutama jika perjanjian kontrak membayar traffic alih-alih penjualan. 
  • Menjadi sukses melalui pemasaran afiliasi atau affiliate marketer membutuhkan waktu, keterampilan, dan pengalaman.

Apa Itu Affiliate Marketing

Affiliate Marketing adalah model pemasaran di mana perusahaan memberi kompensasi kepada pihak ketiga yang dapat menjual produk dan layanan perusahaan. Pihak ketiga adalah afiliasi atau dapat disebut affiliate marketer, dan biaya komisi memberi insentif kepada mereka untuk menemukan cara mempromosikan perusahaan.

Pernah mendengar istilah “Shopee Affiliate”? Sebenarnya, pencetus affiliate marketing pertama kali adalah Amazon. Amazon mempopulerkan praktik ini dengan membuat program affiliate marketing di mana situs web dan blogger menempatkan tautan ke halaman Amazon dari produk yang ditinjau atau dibahas untuk menerima biaya iklan saat pembelian dilakukan. 

Dalam pengertian ini, affiliate marketing pada dasarnya adalah program pemasaran berbayar untuk kinerja di mana proses penjualan dialihdayakan ke jaringan yang luas.

Cara Kerja Affiliate Marketing

Internet telah meningkatkan keunggulan affiliate marketing. Lantas bagaimana cara kerja affiliate marketing?

Program affiliate marketing mendahului internet, tetapi dalam dunia pemasaran digital di era big data, analitik dan cookie telah menjadikannya industri multi-miliar dolar. Perusahaan yang menjalankan program afiliasi dapat melacak tautan mana yang menghasilkan prospek dan, melalui analitik internal, melihat berapa banyak yang dikonversi menjadi penjualan.

Penjual e-commerce yang ingin menjangkau basis pengguna internet dan pembeli yang lebih luas dapat menggunakan sistem afiliasi ini. Affiliate marketer biasanya adalah pemilik situs web; semakin banyak situs web atau mailing list yang dimiliki afiliasi, semakin luas jaringannya. 

Affiliate marketer kemudian mengkomunikasikan dan mempromosikan produk yang ditawarkan pada platform e-commerce jaringan mereka ataupun media sosial. Afiliasi melakukan ini dengan menjalankan iklan banner atau iklan teks, memposting tautan di situs webnya, atau mengirim email ke pelanggan. Perusahaan menggunakan iklan dalam bentuk artikel, video, dan gambar untuk menarik perhatian audiens terhadap suatu layanan atau produk.

Jenis-Jenis Affiliate Marketing

Ada tiga jenis utama program affiliate marketing: Unattached Affiliate Marketing, Related Affiliate Marketing, dan Involved Affiliate Marketing.

  • Unattached Affiliate Marketing: Ini adalah model periklanan di mana afiliasi tidak memiliki koneksi ke produk atau jasa yang mereka promosikan. Mereka tidak memiliki keterampilan atau keahlian terkait yang diketahui dan tidak berfungsi sebagai otoritas atau membuat klaim tentang penggunaannya. Jenis ini adalah bentuk pemasaran afiliasi yang paling tidak terlibat. Kurangnya keterikatan pada calon pelanggan dan produk membebaskan afiliasi dari kewajiban untuk merekomendasikan atau menasihati.
  • Related Affiliate Marketing: Seperti namanya, related affiliate marketing melibatkan promosi produk atau jasa oleh afiliasi dengan beberapa jenis hubungan dengan penawaran. Umumnya, koneksi antara ceruk afiliasi dan produk atau jasa. Afiliasi memiliki pengaruh dan keahlian yang cukup untuk menghasilkan traffic, dan tingkat otoritas mereka menjadikan mereka sumber terpercaya. Afiliasi, bagaimanapun, tidak membuat klaim tentang penggunaan produk atau jasa.
  • Involved Affiliate Marketing: Jenis pemasaran ini membangun hubungan yang lebih dalam antara afiliasi dan produk atau layanan yang mereka promosikan. Mereka telah menggunakan atau sedang menggunakan produk dan yakin bahwa pengalaman positif mereka dapat dibagikan kepada orang lain. Pengalaman mereka adalah iklan, dan mereka berfungsi sebagai sumber informasi terpercaya. Di sisi lain, karena mereka memberikan rekomendasi, reputasi mereka dapat dikompromikan oleh masalah apa pun yang timbul dari penawaran tersebut.

Baca juga: AIDA: Pengertian dan Cara Penerapannya dalam Marketing

Pro dan Kontra Affiliate Marketing

Program affiliate marketing dapat membawa imbalan besar bagi perusahaan periklanan dan affiliate marketer. Perusahaan yang memiliki produk atau jasa mendapat manfaat dari biaya promosi yang rendah dan upaya pemasaran kreatif dari afiliasinya, dan keuntungan afiliasi dengan mendapatkan penghasilan tambahan dan insentif. Pengembalian investasi untuk pemasaran afiliasi tinggi karena perusahaan hanya membayar traffic yang dikonversi menjadi penjualan. Biaya iklan, jika ada, ditanggung oleh afiliasi.

Perusahaan periklanan menentukan ketentuan program afiliasi. Awalnya, sebagian besar perusahaan membayar BPK (traffic) atau CPM (impression) pada iklan spanduk. Seiring perkembangan teknologi, fokusnya telah beralih ke komisi atas penjualan aktual atau prospek yang memenuhi syarat. Program pemasaran afiliasi rentan terhadap penipuan karena klik dapat dihasilkan oleh program, serta views.

Sekarang, sebagian besar program afiliasi memiliki syarat dan ketentuan yang ketat tentang bagaimana mereka menghasilkan prospek. Ada juga beberapa metode yang dilarang, seperti memasang adware atau spyware yang mengalihkan semua permintaan pencarian untuk suatu produk ke halaman afiliasi. Beberapa program pemasaran afiliasi melangkah lebih jauh dengan menunjukkan bagaimana produk atau jasa akan dibahas dalam konten sebelum tautan afiliasi divalidasi.

Jadi program pemasaran afiliasi yang efektif membutuhkan beberapa perencanaan matang. Syarat dan ketentuan harus dinyatakan dengan jelas, terutama jika perjanjian kontrak membayar traffic alih-alih penjualan. 

Tentu saja, ada pihak-pihak tidak bermoral yang memanfaatkan program affiliate marketing untuk mengambil keuntungan sebesar-besarnya. Afiliasi yang tidak bermoral dapat mengambil nama domain yang salah eja dan mendapatkan komisi untuk pengalihan. Misalnya saja domain faceboo.com alih-alih facebook.com. Meskipun syarat dan ketentuannya jelas, program pemasaran afiliasi mengharuskan seseorang memantau afiliasi dan menegakkan aturan.

Sebagai imbalannya, perusahaan memiliki akses ke orang-orang yang antusias dan kreatif untuk membantu menjual produk atau jasa mereka ke seluruh dunia.

Positif

  • Akses ke pasar yang lebih luas
  • Accounting yang lebih baik untuk prospek yang berkualitas
  • Iklan berbiaya rendah

Kontra

  • Rentan terhadap penipuan
  • Kurang kontrol pada karya akhir
  • Rentan terhadap pencurian

Contoh Affiliate Marketing

Contoh Affiliate Marketing

1. Shopee Affiliate

Di Indonesia, salah satu e-commerce yang menggunakan sistem marketing affiliate ini adalah Shopee. Shopee menetapkan komisi hingga 10% dan komisi tetap hingga 5%. Syarat untuk bergabung ke program afiliasi Shopee adalah: menggunakan akun pribadi, akun yang digunakan aktif, tidak di-private, dan memiliki konten original.

Ketentuan pembayaran sebagai Shopee Affiliate adalah:

  • Afiliasi yang bergabung pada program Shopee Affiliate akan mendapatkan komisi sebesar hingga 10% untuk pesanan dari toko yang dipromosikan.
  • Komisi akan masuk ke dalam Saldo Akun dan akan dibayarkan melalui ShopeePay setiap 1 minggu sekali, dengan catatan minimal Saldo Akun adalah Rp10.000.
  • Jika pada jadwal pembayaran komisi Saldo Akun-mu belum mencapai Rp10.000, pembayaran akan ditunda dan digabungkan dengan jadwal berikutnya, hingga saldo mencapai nilai Rp10.000
  • Kamu hanya akan mendapat komisi pada transaksi produk yang berasal dari Shopee Mall, Shopee Supermarket, Star+, dan Star Seller
  • Komisi dengan nilai Rp10.000 hingga Rp1.000.000, pembayaran akan dilakukan melalui ShopeePay. Namun, jika nilai komisi di atas Rp1.000.000, pembayaran akan dilakukan melalui transfer bank

2. Amazon

Program pemasaran afiliasi Amazon, Amazon Associates, adalah salah satu program pemasaran afiliasi terbesar di dunia.

Creator, penerbit, dan blogger mendaftar untuk berbagi produk dan layanan Amazon di platform mereka, dan sebagai gantinya, mendapatkan kompensasi atas penjualan yang dihasilkan dari situs mereka.

Amazon menetapkan standar ketat untuk jenis situs dan aplikasi yang menghosting iklannya. Misalnya, situs tidak boleh berisi konten yang disalin dari situs atau creator lain dan tersedia untuk umum. Situs web harus aktif dengan konten segar dan sesuai dengan standar Amazon. Misalnya, mereka tidak boleh mengandung konten eksplisit atau menyinggung, mempromosikan kekerasan atau tindakan ilegal, atau mengandung konten apapun yang dianggap berbahaya bagi orang lain.

Persetujuan didasarkan pada tinjauan menyeluruh oleh personel Amazon dan memenuhi kuota penjualan yang memenuhi syarat (tiga dalam 180 hari setelah pengajuan aplikasi). Jika aplikasi ditolak, itu tidak akan memenuhi syarat untuk dipertimbangkan kembali. Setelah disetujui, komisi diperoleh saat pengunjung situs membeli produk atau layanan dari Amazon.

Amazon Associates dapat memperoleh komisi hingga 20% untuk penjualan yang memenuhi syarat. Harga tetap dan berdasarkan kategori produk dan program. Sebagai bonus, Amazon menawarkan komisi khusus pada acara tertentu.

3. Etsy

Di pasar global, Etsy merupakan tempat e-commerce yang sangat populer. Etsy mempromosikan produknya melalui berbagai saluran, termasuk melalui mitra affiliate marketer. Untuk mendaftar, pelamar harus mengirimkan aplikasi online melalui portal program afiliasi. Untuk memenuhi syarat sebagai mitra pemasaran afiliasi Etsy, kandidat yang memenuhi syarat harus berusia minimal 18 tahun, memiliki situs web yang aktif dan unik, memiliki identitas merek, dan memenuhi kriteria lainnya.

Jika disetujui, Etsy membayar komisi kepada afiliasi untuk penjualan yang mereka beli - penjualan yang dihasilkan oleh promosi produk di situs mereka. Tarif komisi bervariasi dan dibayarkan berdasarkan harga pesanan. Penjual Etsy dapat menjadi affiliate marketer, tetapi mereka tidak dapat memperoleh komisi atas produk mereka tanpa izin khusus. Etsy menyatakan bahwa ia memiliki hak untuk mengakhiri perjanjian kapan saja dengan alasan apapun dan dapat menahan kompensasi untuk alasan apapun yang sah.

4. eBay

Jaringan Mitra eBay adalah program pemasaran afiliasi eBay yang membayar mitra untuk membagikan listing pribadi mereka di luar eBay Inc. (EBAY). Afiliasi mendapatkan komisi dan dapat memperoleh kredit untuk biaya akhir pedagang.

Mitra eBay juga bisa mendapatkan komisi untuk barang-barang penjual lain.

Komisi diperoleh saat pembeli menawar atau langsung membeli barang dalam waktu 24 jam setelah mengklik tautan pembelian eBay di situs web afiliasi. Untuk penawaran yang diajukan, komisi dibayarkan jika pembeli memenangkan lelang dalam waktu 10 hari sejak penawaran.

Tarif komisi bergantung pada kategori barang yang dijual dan berkisar antara 1%-4%. Tidak lebih dari $550 akan dibayarkan pada satu penjualan yang memenuhi syarat. Kartu hadiah, barang yang dijual oleh badan amal, dan promosi khusus umumnya dikecualikan sebagai penjualan yang memenuhi syarat karena aliran pendapatannya yang lebih rendah.

Baca juga: Interactive Marketing: Strategi Ampuh Digital Marketing

Kesimpulan

Menjadi sukses melalui pemasaran afiliasi atau affiliate marketer membutuhkan waktu, keterampilan, dan pengalaman. Namun, strategi ini mungkin lebih cocok untuk pemula daripada platform alternatif karena Anda tidak perlu berinvestasi dalam barang fisik atau inventaris di awal.

Untuk menjadi affiliate marketer, pertimbangkan platform apa yang akan Anda gunakan untuk mempromosikan produk dan/atau layanan. Blog adalah saluran yang efektif untuk beriklan dan berpromosi karena memungkinkan blogger, untuk mengungkapkan pendapat tentang penawaran tersebut.

Setelah mengidentifikasi platform, temukan kategori spesifik yang membuat Anda nyaman atau tertarik. Segmen yang terfokus dapat membantu Anda menarik basis konsumen yang berdedikasi dengan lebih baik. Teliti program afiliasi dan pilih satu atau lebih berdasarkan kebutuhan Anda, apakah itu menghasilkan komisi tinggi atau menghasilkan lebih banyak traffic. Terakhir, kembangkan konten yang solid dan menarik seputar penawaran dan bekerja untuk meningkatkan lalu lintas ke situs Anda.

Jika Anda adalah pemilik bisnis yang ingin menggunakan affiliate marketing sebagai strategi marketing Anda, jangan lupa untuk menggunakan customer support terpercaya yang bisa menangani berbagai saluran perpesanan sekaligus tanpa kesulitan.

OneTalk by TapTalk.io membantu bisnis dengan customer support yang mumpuni. Sebagai Omnichannel marketing support, OneTalk mengintegrasikan berbagai channel messenger dalam satu dasbor. Strategi marketing apapun yang Anda pilih akan didukung dengan agent yang efektif sebagai customer support.

Kolaborasi bersama OneTalk sekarang dan dapatkan berbagai keuntungannya.

Trial Akun Demo TapTalk
Jessica Jacob
Jessica Jacob memiliki lebih dari empat tahun pengalaman dalam pengembangan strategis di sektor teknologi, dengan latar belakang kuat dalam penjualan korporat dan manajemen proyek. Di TapTalk.io, dia berfokus pada inovasi dan pertumbuhan bisnis, membangun kemitraan strategis lintas industri. Sebelumnya, Jessica berperan aktif dalam mengembangkan kemitraan kanal baru dan memimpin tim lintas fungsi yang berhasil meningkatkan penjualan tahunan sebesar 45%.
linkedin penulisemail penulis

Related Posts

By Jessica Jacob

06 / 01 / 2024

Business to Customer atau yang lebih dikenal dengan singkatan B2C adalah fondasi dari aktivitas ekonomi modern. Di dalamnya terdapat lintasan yang kompleks dari produk dan layanan yang mengalir dari produsen ke konsumen akhir. Sehingga menjadikan B2C marketing sebagai inti dari proses menghubungkan perusahaan dengan jutaan individu yang menjadi konsumennya. Dalam era digital yang terus berkembang, […]

Read More

By Jessica Jacob

29 / 09 / 2022

Pernahkah Anda mendapat respon otomatis ketika menghubungi sebuah bisnis? Di era customer relationship yang kian berkembang, chatbot menjadi solusi percakapan bersama pelanggan.  Seiring dengan berkembangnya teknologi, semakin banyak perusahaan yang beralih dari menggunakan platform tradisional ke melakukan bisnis online. Bisnis menghadirkan kepuasan pelanggan melalui teknologi dengan mengintegrasikan metode Artificial Intelligence (AI) pada platform digital mereka.  […]

Read More

By Jessica Jacob

11 / 11 / 2022

Entah itu merumuskan strategi pasar atau mengevaluasi kembali bisnis yang sudah ada, melakukan analisis pasar atau market analysis adalah inti dari kesuksesan bisnis di masa depan.  Dalam blog, ini kita akan membahas apa itu market analysis, perbedaannya dengan market research, seberapa penting market analysis, dan metode market analysis.  Pada akhirnya, Anda akan dapat menilai ukuran […]

Read More
1 2 3 110
TapTalk
PowerTalk
OneTalk
SendTalk
whatsappfacebooktwitterinstagramlinkedin

Reach us by phone at (021) 27939266

Business Park Kebon Jeruk blok C2-3, Jl. Meruya Ilir Raya no.88, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, 11620

© 2020 - 2023 TapTalk.io (PT Tap Talk Teknologi)

tap talk logo for footer