pt tap talk teknologi blog
Pengertian Promosi, Tujuan, Manfaat, dan Jenisnya

Pengertian Promosi, Tujuan, Manfaat, dan Jenisnya

By Jessica Jacob
13 / 01 / 2023

Perusahaan menggunakan berbagai strategi pemasaran, seperti promosi, untuk menarik pelanggan baru, menyebarkan pesan ke target audiens mereka, dan meningkatkan penjualan barang dan jasa. 

Mereka mungkin menggunakan beragam teknik promosi, seperti pemasaran langsung, penjualan pribadi, dan PR, untuk mencapai tujuan mereka. 

Memilih teknik promosi bisnis yang tepat dapat membantu Anda meningkatkan pendapatan organisasi dan menciptakan citra merek yang kuat.

Simak artikel ini untuk mengetahui pengertian promosi, tujuan, manfaat, dan jenis-jenisnya.

Pengertian Promosi, Tujuan, Manfaat, dan Jenisnya

Key Takeaways

  • Dalam dunia bisnis, promosi adalah upaya untuk meningkatkan visibilitas brand, produk, atau layanan perusahaan.
  • Promosi bertujuan untuk menginformasikan pelanggan, memperkenalkan produk baru, dan meningkatkan penjualan
  • Beberapa jenis promosi antara lain direct marketing, personal selling, word of mouth, public relation, dan lainnya
  • Salah satu cara menjalankan kampanye promosi adalah memilih channel yang tepat. Anda dapat menggunakan Omnichannel karena ini sudah mencakup berbagai saluran yang sering digunakan pelanggan.

Apa itu Promosi?

Pengertian promosi adalah salah satu bentuk komunikasi antara penjual dan pembeli. Penjual mencoba membujuk pembeli untuk membeli barang atau jasa mereka melalui promosi. 

Ini membantu dalam membuat orang sadar akan suatu produk, layanan, atau perusahaan. Promosi juga membantu meningkatkan citra publik suatu perusahaan. 

Cara pemasaran ini juga dapat menimbulkan minat di benak pembeli dan juga dapat menghasilkan pelanggan yang loyal di masa yang akan datang.

Apa Tujuan dari Promosi?

Berikut adalah beberapa tujuan promosi yang dilakukan oleh bisnis.

1. Menginformasikan Pelanggan

Promosi ditujukan untuk menginformasikan konsumen tentang fitur, kualitas, kinerja, harga, dan ketersediaan produk perusahaan. 

Promosi juga merupakan sarana yang berharga untuk menginformasikan kepada konsumen tentang perubahan yang dilakukan pada produk yang sudah ada atau pengenalan produk baru.

2. Memperkenalkan Produk atau Layanan Baru

Promosi adalah salah satu media yang dibutuhkan untuk mempromosikan produk baru. Dengan strategi promosi yang sesuai, perusahaan dapat berhasil memperkenalkan produk baru di pasar dibandingkan dengan produk yang sudah ada. 

Perusahaan dapat menginformasikan tentang ketersediaan, fitur yang berbeda, dan harga produk yang baru diluncurkan. Dalam setiap tahap perkenalan konsumen terhadap produk baru, promosi memainkan peran penting.

3. Pengembangan Citra Brand

Periklanan, publisitas, dan public relation – semua alat promosi – mampu menciptakan atau meningkatkan citra dan reputasi perusahaan. Banyak perusahaan telah menjadi populer di pasar karena promosi yang efektif. Dengan adanya promosi, perusahaan dapat menjangkau pelanggan di setiap sudut dunia.

4. Meningkatkan Penjualan dan Keuntungan

Tujuan utama dari setiap promosi adalah meningkatkan pendapatan perusahaan sambil tetap berada dalam budget yang ditetapkan. 

Pemasar memiliki banyak pilihan penawaran promo untuk menarik dan mengonversi pembeli, mulai dari kode promo hingga hadiah menarik dan kontes di media sosial.

Manfaat Melakukan Promosi Bisnis

Berikut adalah beberapa manfaat menggunakan teknik promosi bisnis:

1. Mengidentifikasi Target Pasar

Ketika sebuah perusahaan menjalankan kampanye promosi, ia meneliti teknik promosi bisnis yang paling efektif tergantung pada produknya, seperti platform mana yang akan digunakan dan pasar mana yang akan ditargetkan. 

Misalnya, jika perusahaan asuransi mempromosikan layanan asuransi, ia mungkin meneliti platform mana yang memiliki jangkauan tertinggi, promosi penjualan mana yang menarik pelanggan baru dalam jumlah paling signifikan, dan audiens mana yang paling menerima layanan asuransinya. 

Hal ini memungkinkan perusahaan untuk menemukan target pasarnya dan menyesuaikan produk baru untuk memenuhi permintaan konsumen.

2. Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Menawarkan promo harga untuk suatu produk tanpa mengubah kualitasnya dapat meningkatkan loyalitas pelanggan

Tim sales menciptakan hubungan yang baik dengan pelanggan saat mereka mempromosikan produk, meningkatkan pengalaman mereka dengan brand dan meyakinkan mereka untuk tetap setia pada produk perusahaan. 

Perusahaan juga dapat menggunakan loyalitas pelanggan untuk mendorong penjualan. Misalnya, mereka dapat menjalankan kampanye media sosial yang mendorong pelanggan setia untuk memposting gambar produk tertentu dan memilih seseorang untuk memenangkan hadiah. Hal ini dapat mendorong pelanggan setia untuk mengambil tindakan serta meningkatkan produk awareness.

3. Mendapatkan Feedback

Promosi bisnis memungkinkan pelanggan memberikan feedback tentang pengalaman mereka dengan produk atau layanan perusahaan. 

Perusahaan mungkin menerima umpan balik melalui media sosial, komentar di situs web, feedback lisan melalui perwakilan penjualan atau tanggapan email. 

Perusahaan kemudian dapat menganalisis informasi ini dan menyesuaikan produk dan layanannya untuk memenuhi permintaan pelanggan.

4. Membedakan Produk Perusahaan

Strategi promosi memungkinkan bisnis untuk membedakan produk dan layanan mereka dari produk serupa milik kompetitor. 

Ini memungkinkan bisnis menampilkan fitur unik tentang produk atau layanannya yang mungkin tidak diketahui pelanggan. Misalnya, ketika sebuah perusahaan menggunakan personal selling sebagai teknik promosi, perwakilan sales akan menjelaskan fitur yang membedakannya dari produk lain, mendorong pelanggan untuk membeli.

5. Upselling dan Cross-selling

Konsep ini melibatkan upselling, di mana Anda meyakinkan konsumen untuk membeli barang mahal dan cross-selling, di mana Anda menawarkan barang terkait dengan harga lebih rendah atau tanpa biaya tambahan. 

Misalnya, Anda menjual laptop dengan harga tinggi dan memberikan mouse, alas mouse, dan tas laptop gratis. Konsep ini memungkinkan bisnis untuk meningkatkan pendapatan tanpa mengeluarkan uang untuk iklan.

6. Meningkatkan Traffic Website

Teknik promosi meningkatkan kesadaran tentang produk perusahaan, mendorong pelanggan lama dan baru untuk mencari produk ini secara online

Peningkatan traffic di search engine dapat menempatkan situs web perusahaan atau profil media sosial di bagian atas halaman pencarian. Ini membuat situs web lebih terlihat oleh konsumen.

7. Menghabiskan Stock 

Promosi penjualan memungkinkan bisnis untuk menghabiskan kelebihan stok. Meskipun mungkin tidak menghasilkan keuntungan, ini menyediakan ruang untuk stok baru dan mengurangi biaya penyimpanan gudang.

Baca juga: 7 Strategi Pemasaran yang Efektif untuk Tingkatkan Penjualan

Jenis-jenis Promosi 

Sebuah perusahaan dapat memilih untuk meningkatkan kesadaran produk mereka melalui berbagai teknik promosi. 

Jenis promosi pemasaran yang paling umum meliputi:

1. Word of Mouth

Sebuah bentuk promosi tradisional, promosi dari mulut ke mulut memerlukan pelanggan dengan pengalaman positif yang berbagi perasaan atau pengalaman mereka kepada pelanggan lain. 

Pada dasarnya ini adalah jenis exposure gratis. Namun, promosi dari mulut ke mulut mungkin tidak dapat diandalkan karena tidak ada jaminan bahwa pelanggan yang bahagia akan selalu berbagi cerita dengan teman atau keluarga mereka.

2. Direct Marketing

Dengan adanya media sosial, direct marketing sekarang memungkinkan perusahaan untuk membayar iklan bertarget yang menarik perhatian individu dan memberitahu mereka tentang barang-barang perusahaan. 

Perusahaan dapat menargetkan individu berdasarkan riwayat pencarian mereka atau siapa yang mereka ikuti di media sosial.

3. Situs Web 

Sebuah sarana lain untuk promosi digital. Perusahaan sekarang perlu memiliki situs web informasi yang kuat yang menyampaikan informasi produk, riwayat perusahaan, dan ulasan pelanggan. 

Semua informasi ini dimaksudkan untuk meyakinkan calon pelanggan untuk membeli barang atau jasa.

4. Sales Promotion

Salah satu cara untuk mempromosikan suatu barang adalah dengan mengadakan obral atau potongan harga. Daripada menekankan karakteristik barang, promosi penjualan memberikan perhatian pada potongan harga. 

Saat pelanggan mempertimbangkan harga, mereka lebih cenderung terlibat dan meneliti barang yang didiskon.

5. Personal Selling

Komunikasi one-on-one dengan pelanggan. Personal Selling adalah metode di mana perusahaan mengirimkan agennya kepada konsumen untuk menjual produk secara pribadi. Di sini, umpan baliknya langsung dan mereka juga membangun kepercayaan dengan pelanggan yang sangat penting.

Jenis promosi ini mahal dalam hal waktu dan sumber daya, tetapi cenderung paling menguntungkan dari semua jenis promosi. 

6. Public Relation

Gaya promosi ini merupakan peluang untuk membangun citra merek yang positif dan menarik. Dengan promosi PR, pemasar menganalisis cara orang merespons brand, mencari tahu asosiasi positif dan negatif dengan perusahaan mereka, dan berupaya merekonstruksi citra.

Baca juga: Brand Positioning: Kiat Penting Untuk Kesuksesan Brand

Bagaimana Merencanakan Kampanye Promosi?

Berikut panduan in untuk menjadi pro dalam pemasaran promosi.

Bagaimana Merencanakan Kampanye Promosi?

1. Tentukan Produk

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengidentifikasi produk yang akan dipromosi. Dengan mempertimbangkan biaya dan margin, Anda harus memilih produk yang potensi pendapatannya akan menutup biaya promosi. 

Selain itu, penting untuk mengidentifikasi produk serupa dengan produk yang ingin Anda promosikan. Kegiatan periklanan dan promosi di sekitar produk yang penggantinya memiliki margin tinggi dapat menyebabkan apa yang disebut kanibalisme. Ini akan menghasilkan margin lebih rendah daripada pra-promosi. 

2. Pahami Kebutuhan Audiens 

Saat memilih produk untuk promosi, Anda juga harus menentukan grup target kampanye Anda. Ini akan sangat membantu dalam berkomunikasi dengan konsumen karena dengan mengetahui preferensi dan kecenderungan mereka, Anda akan dapat menyesuaikan penawaran dengan lebih baik. 

Promosi yang ditujukan kepada sekelompok orang tertentu seringkali mendatangkan keuntungan lebih besar daripada jika ditujukan kepada semua orang.

Bagaimana Merencanakan Kampanye Promosi?

3. Tetapkan Target Kampanye Promosi

Dengan menentukan tujuan, Anda dapat memilih tindakan secara efektif. Anda dapat menggunakan promosi penjualan untuk mencapai berbagai sasaran pemasaran dan penjualan. Berikut beberapa di antaranya:

  • Peningkatan penjualan di luar high season.
  • Stimulasi permintaan produk.
  • Meningkatkan loyalitas pelanggan dan brand awareness
  • Pengenalan produk baru yang lancar.
  • Penciptaan keunggulan kompetitif.
  • Arus informasi yang lebih baik tentang produk dan layanan baru.

4. Tetapkan Budget Promosi

Pada titik tertentu, Anda perlu mulai berbicara tentang uang. Analisis berapa banyak uang yang dapat Anda habiskan untuk kampanye promosi. 

Pertimbangkan anggaran pemasaran Anda saat ini, prediksi ROI, pajak, biaya vital, dan pengembangan produk. Cobalah mencari solusi promosi siap pakai yang dapat meminimalkan biaya pengembangan dan pemeliharaan. 

Ingatlah bahwa budget harus disesuaikan dengan besarnya pasar, produk, aktivitas pesaing, dan kelompok sasaran.

Bagaimana Merencanakan Kampanye Promosi?

5. Pilih Channel Pemasaran yang Tepat

Komunikasi dengan konsumen tergantung pada siapa yang ingin dijangkau, sifat kelompok sasaran, dan produk yang dipromosikan. 

Selain itu, cakupan dan intensitas kampanye (yaitu frekuensi broadcast, jumlah pengguna, dll.) harus diperhitungkan, serta dampaknya terhadap penerima tertentu. 

Berbagai channel yang dapat Anda gunakan untuk promosi adalah WhatsApp, Facebook Messenger, Telegram, dan lainnya.

Jalankan Kampanye Promosi dengan Omnichannel

Promosi dapat membantu perusahaan mewujudkan berbagai tujuan. Perusahaan dapat meningkatkan penjualan, memperbaiki citranya, dan mempertahankan kontak yang dekat dan langsung dengan pasar melalui upaya promosi yang sesuai. 

Kelangsungan hidup, pertumbuhan, dan perkembangan perusahaan didasarkan pada seberapa efektif komunikasinya dengan pasar.

Anda dapat melakukan promosi lebih mudah dengan omnichannel, OneTalk by TapTalk.io. Layanan omnichannel ini memungkinkan Anda untuk terhubung dengan semua pelanggan dari berbagai channel di sosial media.

OneTalk juga memudahkan Anda dalam mengirimkan pesan broadcast secara otomatis bila Anda ingin memperkenalkan produk baru atau memberikan potongan harga.

Sebanyak 78,6% konsumen mengatakan bahwa mereka hanya cenderung terlibat dengan brand jika promosi tersebut terkait langsung dengan cara mereka berinteraksi sebelumnya.

Hal tersebut dapat dengan mudah dilakukan dengan OneTalk. Hal ini karena, OneTalk memiliki fitur yang memberikan Anda insight bisnis berdasarkan riwayat pelanggan.

Hubungi agent kami di sini dan jadikan kami bagian dari kampanye promosi Anda!

Share this article

Related Posts

By Jessica Jacob

20 / 01 / 2023

Kini, banyak bisnis mencari saluran yang tepat untuk mendistribusikan barang dan jasa mereka, menjangkau audiens yang lebih besar, dan meminimalisir biaya pemasaran dan operasional. Plaform online marketplace dirancang untuk mengatasi masalah ini. Menghubungkan vendor dan pelanggan, marketplace memungkinkan mereka melakukan pembayaran dan pesanan di satu tempat. Organisasi atau individu tidak harus membangun dan mempromosikan situs […]

Read More

By Jessica Jacob

21 / 02 / 2022

Berakhirnya tahun 2021 akan memicu ketertarikan banyak peminat tren digital marketing dan inovasi pemasaran. Tahun 2022 yang datang akan jauh lebih berbeda. andemi yang menekan anggaran marketing akan memaksa pemasar untuk mencari strategi baru dengan biaya yang minim Pengeluaran pemasaran telah anjlok ke level terendah yang pernah tercatat, menurut studi 2021 Gartner State of Marketing […]

Read More

By Jessica Jacob

13 / 10 / 2022

Jika Anda sedang mencari cara untuk membuat chat bersama pelanggan lebih efektif, maka Auto Reply adalah fitur yang tepat. Dalam blog ini, kami akan membantu Anda memahami dengan lebih baik, apa itu Auto Reply WhatsApp Business. Untuk memulai, mari kita bicara tentang cara kerja Auto Reply WhatsApp. Ada dua cara menggunakan Auto Reply untuk bisnis […]

Read More
1 2 3 63
TapTalk
PowerTalk
OneTalk
SendTalk
whatsappfacebooktwitterinstagramlinkedin

Reach us by phone at (021) 27939266

Jl. Kyai Maja No.25c, RT.12/RW.2, Gunung, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12120

© 2020 - 2021 TapTalk.io (PT Tap Talk Teknologi)

tap talk logo for footer