pt tap talk teknologi blog
AIDA: Pengertian dan Cara Penerapannya dalam Marketing

AIDA: Pengertian dan Cara Penerapannya dalam Marketing

By Jessica Jacob
06 / 01 / 2023

Model AIDA, yang melacak perjalanan pelanggan melalui Awareness, Interest, Desire, dan Action, mungkin merupakan model pemasaran klasik yang paling dikenal di dunia bisnis.

Banyak pemasar menganggap AIDA bermanfaat karena menerapkan model ini setiap hari, secara sadar atau tidak sadar, saat merencanakan strategi komunikasi pemasaran.

Khususnya selama periode inflasi ini, memelihara pelanggan potensial selama proses pengambilan keputusan menjadi lebih penting dari sebelumnya.

Suatu merek menggunakan model AIDA memiliki tujuan untuk menentukan cara mereka menyusun dan mendistribusikan pesan pemasaran ke audiens target mereka di setiap tahap perjalanan pembeli.

AIDA: Pengertian dan Cara Penerapannya dalam Marketing

Model AIDA dianggap sebagai model hirarki efek, yang berarti konsumen harus bergerak melalui setiap tahapan model untuk menyelesaikan tindakan yang diinginkan. Sama seperti corong pemasaran pada umumnya, setiap tahap memiliki lebih sedikit konsumen daripada tahap sebelumnya.

Pengertian

Model AIDA mengidentifikasi tahapan kognitif yang dilalui seseorang selama proses pembelian untuk suatu produk atau layanan. Model ini adalah funneling atau corong tempat pembeli bolak-balik di setiap tahap, untuk mendukung mereka dalam melakukan pembelian akhir.

AIDA bukan lagi hubungan murni antara pembeli dan perusahaan karena media sosial telah memperluasnya untuk mencapai berbagai tujuan melalui informasi yang ditambahkan oleh pelanggan lain melalui media sosial dan komunitas.

Apa Kepanjangan Dari AIDA?

Apa Kepanjangan Dari AIDA?

Awareness (Kesadaran)

Jika konten Anda dapat menarik perhatian pelanggan dan melibatkan mereka secara mendalam, audiens target Anda akan mulai penasaran dengan apa yang sebenarnya dilakukan perusahaan Anda.

Pada tahap ini, konsumen bertanya, "Apa itu?"

Untuk mencapai tahap ini, Anda harus terlebih dahulu menampilkan konten Anda di depan mereka. Konten ini hadir dengan peningkatan kesadaran merek dan pengiriman pesan yang efektif.

Interest (Ketertarikan)

Kemudian, setelah target audiens Anda mulai tertarik dengan produk atau layanan Anda, mereka akan ingin mempelajari lebih lanjut tentang merek Anda, manfaat solusi Anda, dan potensi kesesuaian Anda dengan mereka.

Pada tahap ini, tujuannya adalah membuat mereka berpikir, "Saya menyukainya."

Untuk mencapai tahap ini, konten Anda harus persuasif dan menarik. Jika tahap pertama sebelumnya adalah untuk menarik perhatian, tahap ini adalah salah satu tahap yang bertahan lebih lama. 

Desire (Keinginan/Kehendak)

Orang berbisnis dengan orang yang mereka kenal, sukai, dan percayai. Dua tahap pertama dari model AIDA membangun pengetahuan dan banyak lagi.

Tujuan langkah ini adalah mengubah "Saya menyukainya" menjadi "Saya menginginkannya".

Langkah ini dilakukan dengan menetepkan kepercayaan kepada brand.

Untuk melakukannya, konten harus tersedia secara terus menerus. Pastikan mereka mengikuti blog Anda, mengikuti Anda di media sosial, dan mengunduh penawaran. Semakin banyak pelanggan potensial berinteraksi dengan merek Anda, semakin besar kemungkinan mereka akan mempercayai Anda dan akhirnya membeli produk atau layanan Anda.

Action (Tindakan)

Setelah Anda menghasilkan cukup keinginan (desire) untuk produk atau layanan Anda, berikan prospek Anda kesempatan untuk menindaklanjutinya. Lagi pula, apa gunanya membuat konten dan membangun hubungan yang mendalam dengan prospek jika tidak ada langkah selanjutnya yang jelas?

Tujuannya adalah membuat mereka memutuskan, "Saya akan membelinya."

Apa pun "langkah selanjutnya", Anda harus memaksa mereka untuk merespons dengan ajakan bertindak yang tidak menimbulkan gesekan tetapi dengan insentif tinggi.

Baca juga: Tahapan Marketing Funnel, Strategi, dan Cara Menggunakannya

Cara Penerapan dalam Marketing

Model AIDA bisa disebut sebagai model komunikasi alih-alih model pengambilan keputusan. Hal ini karena model ini mengidentifikasi perusahaan, bagaimana dan kapan berkomunikasi selama setiap tahap karena konsumen akan menggunakan platform yang berbeda, terlibat di titik kontak yang berbeda dan memerlukan informasi yang berbeda di seluruh tahapan dari berbagai sumber.

Jadi menggunakan model ini untuk membantu merencanakan kampanye komunikasi yang disesuaikan dan ditargetkan mungkin merupakan permulaan saja.

Tanyakan pada diri Anda beberapa pertanyaan kunci selama tahapan:

  • Awareness: Bagaimana kita membuat pembeli mengetahui produk atau layanan kita? Apa strategi penjangkauan kita? Apa kampanye kesadaran merek kami? Alat atau platform apa yang kami gunakan? Pesannya harus seperti apa?
  • Interest: Bagaimana kita mendapatkan minat mereka? Apa strategi konten kami? Bukti sosial tersedia untuk mendukung reputasi kita? Bagaimana kami membuat informasi ini tersedia dan di mana? 
  • Desire: Apa yang membuat produk atau layanan kita diminati? Bagaimana kita berinteraksi secara pribadi untuk membuat hubungan emosional? Obrolan online? Tanggapan langsung ke umpan Twitter? Berbagi tips dan saran?
  • Action: Apa ajakan untuk bertindak dan di mana kita menempatkannya? Apakah mudah bagi konsumen untuk terhubung dan di mana mereka berharap menemukannya? Pikirkan saluran/platform pemasaran mana yang Anda gunakan dan cara melibatkannya, yaitu di email, situs web, halaman arahan, panggilan telepon masuk, dll.

Awareness

Pemasaran konten yang efektif adalah salah satu metode untuk menarik pengunjung ke situs web Anda. Jika Anda membuat konten yang memecahkan masalah mereka dan berfokus pada keinginan mereka, Anda dapat menarik mereka dan memberikan solusi. Ketika dijalankan secara efektif, audiens target Anda harus dapat menemukan konten Anda melalui Google, media sosial, dan saluran lainnya.

Contoh: Katakan saja Anda menjalankan bisnis kedai makanan. Pada tahap ini Anda menjalankan kampanye PR empat bulan sebelum pembukaan kedai, mempromosikan menu, chef, nilai lebih kedai, dll. dan diperkuat melalui kampanye DM ke pelanggan sasaran.

Interest

Anggap saja pemasaran konten Anda efektif menarik audiens ke situs web untuk mempelajari masalah atau kebutuhan yang mereka miliki. Anda kemudian dapat membuat mereka terhubung dengan cerita menarik yang menunjukkan alasan di balik solusi Anda.

Cerita akan beresonansi secara emosional dengan manusia, hal ini adalah strategi sederhana untuk menyampaikan informasi dengan cara yang menstimulasi empati dan rasa ingin tahu.

Untuk menghasilkan cukup kegembiraan dalam prospek Anda untuk memaksa mereka bertindak, Anda perlu memastikan afinitas mereka terhadap merek Anda mencapai ambang tertentu. Semakin selaras Anda dengan kebutuhan dan nilai mereka, semakin besar kemungkinan Anda mencapai kesuksesan.

Contoh: Melaksanakan kampanye email langsung untuk menawarkan diskon gratis atau kupon loyalty program. Gunakan penelitian untuk mendukung bahwa ini akan berhasil, karena pelanggan akan setia jika penawarannya menarik.

Desire

Prospek yang kemungkinan besar akan Anda dapatkan adalah konsumen yang membayangkan masa depan bersama Anda. Mereka sudah menikmati konten Anda dan menganggap produk atau layanan Anda akan membuat mereka lebih baik.

Untuk alasan ini, Anda harus memberi jarak antara di mana pelanggan Anda sekarang dan di mana mereka dapat berada dengan solusi Anda. Pada saat yang sama, bukti sosial harus dibangun melalui studi kasus dan testimoni.

Contoh: Menjelang pembukaan kedai, adakan acara peluncuran lokal eksklusif yang diiklankan melalui pers lokal, influencer, dan media sosial. Strategi ini menciptakan desas-desus lokal untuk mereka yang “fear of missing out” dan bersemangat untuk melihat tempat hangout terbaru.

Action

Entah mereka jauh atau dekat dengan keputusan pembelian, langkah selanjutnya yang Anda sajikan harus "bernilai tinggi". Dengan kata lain, itu harus membantu mereka dalam beberapa cara.

Jika mereka memahami apa hasil dari penawaran Anda dan menganggapnya berharga bagi mereka, mereka akan lebih cenderung untuk bertindak (karena mereka tidak hanya melakukan panggilan penjualan atau konten penjualan).

Contoh: CTA yang jelas diposisikan di situs Facebook (panggilan untuk memesan), aplikasi pemesanan makanan online (panggilan untuk memesan) dan iklan lokal (panggilan untuk menerima diskon atau penawaran).

Baca juga: Interactive Marketing: Strategi Ampuh Digital Marketing

Mengapa AIDA Penting dalam Marketing

Keunggulan utama model AIDA adalah kesederhanaannya. Desainnya yang lugas membuat model ini tidak lekang oleh waktu sehingga masih dapat digunakan hingga saat ini. Misalnya, jika pemasar ingin mengoptimalkan keberadaan online merek mereka, mereka dapat menggunakan model AIDA sebagai daftar periksa untuk mengidentifikasi potensi kelemahan.

Model ini merupakan kerangka kerja yang penting karena merupakan model pemasaran dan penjualan yang berguna yang berguna di banyak industri. AIDA memiliki rekam jejak panjang aplikasi yang sukses di banyak bisnis yang berbeda. Menggunakan model ini secara efektif dapat membantu perusahaan meningkatkan penjualan mereka, yang pada akhirnya meningkatkan pendapatan mereka dan meningkatkan keuntungan mereka dari waktu ke waktu.

Beberapa Hal Penting Yang Harus Anda Ketahui Tentang AIDA

Ada beberapa hal yang harus Anda ketahui tentang AIDA terkait dengan relevansinya dengan tren marketing masa kini. 

  1. Dengan model AIDA, iklan bertindak sebagai stimuli yang dimaksudkan untuk memicu keputusan pembelian pada pelanggan sebagai tanggapan. Cara memandang proses keputusan pembelian ini sebagai model stimulus-respons dianggap sudah ketinggalan zaman oleh banyak kritikus.
    Alasan penting di balik ini adalah perjalanan pelanggan menjadi semakin kompleks di tengah pergeseran digital yang semakin berkembang. Proses keputusan pembelian jarang begitu linier. Urutan efek periklanan terkadang juga bervariasi. Misalnya, "minat" tidak selalu dihasilkan dari "kesadaran", tetapi sebenarnya sering muncul sebelum iklan tertentu, seperti yang ditampilkan setelah memasukkan kueri penelusuran di Google dan mesin telusur lainnya.
  2. Saat ini, iklan dikonsumsi dalam volume yang jauh lebih besar dan seringkali berada di latar belakang. Namun, bahkan iklan yang tidak diperhatikan dengan penuh pun dapat memberikan efek positif pada persepsi merek.
  3. Dengan model AIDA, proses keputusan pembelian berakhir ketika produk atau jasa yang diiklankan dibeli atau digunakan. Itu meninggalkan faktor-faktor selanjutnya dari persamaan, seperti kepuasan pelanggan, bagaimana mereka menilai merek, pembelian berulang, dan rekomendasi. Namun, bagi perusahaan untuk membangun ikatan pelanggan yang kuat, aspek tersebut adalah yang paling penting. Mereka adalah bagian tak terpisahkan dari model yang lengkap.
  4. Sampai saat ini, ada kekurangan bukti empiris untuk efektivitas model AIDA. Jenis proses dan metode yang bekerja pada pelanggan suatu merek dapat bervariasi. Oleh karena itu, sangat penting untuk fokus terlebih dahulu dan terutama pada kelompok sasaran dan proses desain yang disesuaikan dengannya.

Baca juga: Kupas Tuntas Market Analysis untuk Pertumbuhan Brand

TapTalk.io bisa bantu bisnis melakukan AIDA

Terlepas dari kekurangannya, model AIDA adalah kerangka kerja yang kokoh untuk memandu audiens Anda melalui perjalanan pembeli dan mendorong mereka untuk bertindak. Dan jika Anda menerapkannya pada pemasaran konten Anda, Anda akan memanfaatkan formula yang terbukti dapat secara konsisten melibatkan, membujuk, dan mengubah audiens menjadi pelanggan. Namun, itu dimulai dengan mengetahui perjalanan pelanggan Anda.

Anda dapat mengaplikasikan AIDA bersama OneTalk dari aplikasi pesan instan terbaik TapTalk.io. Libatkan calon pelanggan Anda melalui konten lewat OneTalk. OneTalk adalah omnichannel messaging solution yang mengintegrasi berbagai channel perpesanan dalam satu dasbor. Hal ini memungkinkan komunikasi yang lancar dan responsif antara calon pelanggan/pelanggan dengan Anda.

Tidak hanya melakukan strategi AIDA, Anda juga sekaligus mendapatkan dukungan sales, marketing, dan support yang efektif.

Aman dan terpercaya, tim kami akan membantu setiap kebutuhan Anda. Bersama OneTalk, Anda dapat menikmati berbagai keuntungan lainnya, salah satunya adalah Advanced Broadcast Message yang dapat Anda gunakan untuk pemasaran dan peningkatan customer service.

Hubungi agent kami sekarang dan jadikan kami bagian dari kolaborasi aman strategi AIDA Anda.

Share this article

Related Posts

By Jessica Jacob

20 / 05 / 2022

Yuna & Co adalah sebuah perusahaan fashion yang membantu wanita tampil maksimal melalui berbagai jenis styling yang mereka sediakan. Menjadi sebuah perusahaan yang menjangkau kebutuhan personal setiap pelanggannya, tentu Yuna & Co. membutuhkan layanan customer service yang kuat di balik performa digitalnya. Sebagai bisnis yang yang mengutamakan kepuasan pelanggannya, relasi yang erat dengan customer tentu […]

Read More

By Regita

09 / 06 / 2021

Bingung cara menjaga dan meningkatkan retensi pengguna? Mungkin Anda belum tahu dan menggunakan In-App Messaging. Lihat lebih dekat apa itu In-app messaging

Read More

By Jessica Jacob

12 / 11 / 2021

YouGov 2021 International FMCG/CPG report: Consumer Goods in Crisis reveals changes in FMCG/FMCG consumption in Singapore since the pandemic. Two of five (38%) of Singaporeans say they have purchased groceries or household necessities through an online supermarket, and more than two in five (46%) have done so in April 2021. Nearly two-thirds (63%) agree that […]

Read More
1 2 3 63
TapTalk
PowerTalk
OneTalk
SendTalk
whatsappfacebooktwitterinstagramlinkedin

Reach us by phone at (021) 27939266

Jl. Kyai Maja No.25c, RT.12/RW.2, Gunung, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12120

© 2020 - 2021 TapTalk.io (PT Tap Talk Teknologi)

tap talk logo for footer