pt tap talk teknologi blog
chatbot

Balas Pesan Pelanggan Gak Usah Pakai Mimin, Pakai Chatbot Aja!

By Jessica Jacob
04 / 11 / 2021

“Halo min, boleh minta price list terbaru?”

“Pagi min, mau lihat katalog bulan ini dong. Trims”

“Min, kok pesanan saya belum datang?”

Masih membalas pesan-pesan kayak gitu? Stop menugaskan admin Anda untuk membalas pesan yang sering ditanyakan dan memiliki jawaban yang sama. Saatnya mengalihkan pekerjaan admin untuk hal yang lebih penting dan mendesak dibanding hanya untuk membalas pesan-pesan yang mudah dijawab. Pakai apa? Pakai chatbot, pekerjaan admin Anda dipastikan berkurang dan ringan.

chatbot

Chatbot adalah perangkat lunak yang mensimulasikan percakapan (atau obrolan) dengan pengguna melalui pesan teks di chat. Tugas utamanya adalah membantu menjawab pertanyaan pengguna. Chatbot menjadi solusi otomatis yang memungkinkan bisnis Anda menangani lebih banyak pertanyaan pelanggan dari sebelumnya. Jika customer service Anda saat ini sepenuhnya dilakukan oleh manusia, Anda hanya dapat menangani pelanggan dalam jumlah terbatas karena agent hanya dapat menjawab dua atau tiga pelanggan sekaligus.

Dengan banyaknya pesan pelanggan yang masuk, pertanyaan yang sering diberikan pelanggan tentu dapat lebih mudah direspon menggunakan sistem.

Tetapi, chatbot dapat membantu lebih dari sekedar merespon pertanyaan dengan jawaban template.

Teknologi yang semakin populer di kalangan bisnis ini bukan hanya dapat membantu menjawab pertanyaan yang jawabannya bersifat template, tapi juga dapat digunakan untuk menentukan topik dari pesan yang diberikan pelanggan. 

Dengan OneTalk by TapTalk.io, tidak hanya memberikan jawaban yang bersifat templat, chatbot dapat membantu agent/admin perusahaan Anda dengan mengkategorikan pesan yang masuk sesuai dengan penugasan admin. Fitur Topics yang ditawarkan oleh OneTalk memungkinkan pelanggan melakukan percakapan berdasarkan topik yang ingin mereka bahas. 

Misalnya, jika Anda membedakan pesan pelanggan berdasarkan 3 kategori: Pengembalian barang, Katalog Barang, dan Pertanyaan Lainnya yang akan direspon dengan admin. Maka pelanggan Anda akan mendapatkan respon yang lebih cepat dengan orang yang tepat dan mengerti apa yang sedang dibicarakan pelanggan.

Bagaimana mengkategorikan agent untuk tiga kategori tersebut? OneTalk dapat memfasilitasi Anda sesuai dengan pengaturan yang Anda pilih. Sediakan pesan template untuk memastikan tujuan pelanggan menghubungi Anda dan sediakan pesan balasan. 

Misalnya pengaturan yang Anda pilih adalah, ketik 1 untuk Pengembalian Barang, ketik 2 untuk melihat Katalog Barang, ketik 3 untuk Chat dengan Admin.

Maka pesan-pesan dengan kategori yang sudah ditentukan tersebut dapat : (1) langsung dijawab menggunakan template, atau (2) diteruskan kepada agent bila pelanggan masih merasa pertanyaannya belum terjawab.

Fitur Quick Reply yang berfungsi untuk mempermudah agent dalam membalas pesan pelanggan yang bersifat template atau sering ditanyakan. Fitur ini dapat diaplikasikan ke semua channel yang Anda miliki.

Waktu pelanggan pun tidak akan terbuang sia-sia untuk menunggu admin yang mungkin sedang sibuk menjawab pertanyaan pelanggan yang lainnya. 

Selain hal-hal di atas, chatbot juga memberikan berbagai keuntungan untuk bisnis Anda. Chatbot dapat menangani pembelian online dan manajemen pembayaran, menghasilkan dan mengkualifikasi prospek, meningkatkan penjualan dan masih banyak keuntungan chatbot lainnya.

Tidak hanya menyediakan chatbot, OneTalk yang merupakan omnichannel messaging platform juga menyediakan keuntungan dan fitur-fitur lainnya. Anda dapat mengintegrasikan berbagai platform perpesanan hanya dalam satu dasbor. Jadi, chatbot atau agent Anda dapat menjawab pesan pelanggan dari berbagai platform pesan dengan mudah hanya dalam satu jendela.

Tunggu apa lagi? Gunakanlah OneTalk untuk meningkatkan kepuasan pelanggan Anda Jika Anda masih ingin mengetahui fiturnya lebih lanjut, klik di sini.

Baca juga: Simak Tutorial Menggunakan Chatbot WhatsApp!

Trial Akun Demo TapTalk

Related Posts

By Jessica Jacob

11 / 02 / 2022

Media sosial merupakan salah satu platform yang paling berpengaruh bagi sebuah perusahaan. Platform ini bisa membantu bisnis terhubung dengan customer, meningkatkan brand awareness, dan bahkan meningkatkan penjualan. Media sosial juga suatu solusi tercepat dalam mendapatkan semua informasi, seperti berita, iklan, atau promosi. Jadi, mempunyai satu akun media sosial saja tidak cukup lagi. Sekarang ini, pelanggan […]

Read More

By Jessica Jacob

19 / 01 / 2023

Kini, banyak bisnis mencari saluran yang tepat untuk mendistribusikan barang dan jasa mereka, menjangkau audiens yang lebih besar, dan meminimalisir biaya pemasaran dan operasional. Plaform online marketplace dirancang untuk mengatasi masalah ini. Menghubungkan vendor dan pelanggan, marketplace memungkinkan mereka melakukan pembayaran dan pesanan di satu tempat. Organisasi atau individu tidak harus membangun dan mempromosikan situs […]

Read More

By Jessica Jacob

25 / 03 / 2024

Apakah pernah terbesit di pikiran Anda untuk memulai sebuah bisnis tetapi bingung memulainya karena membutuhkan modal? Ya, mayoritas pasti berpikiran bahwa berjualan itu membutuhkan modal yang cukup besar terutama dalam proses supply stok barang yang memiliki kualitas terbaik serta barang-barang keluaran terbaru. Akan tetapi, dengan kemajuan teknologi, kini Anda dapat mulai berjualan tanpa modal sama […]

Read More
1 2 3 110
TapTalk
PowerTalk
OneTalk
SendTalk
whatsappfacebooktwitterinstagramlinkedin

Reach us by phone at (021) 27939266

Business Park Kebon Jeruk blok C2-3, Jl. Meruya Ilir Raya no.88, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, 11620

© 2020 - 2023 TapTalk.io (PT Tap Talk Teknologi)

tap talk logo for footer