pt tap talk teknologi blog
5 Langkah Mudah Cara Membuat Bot di WhatsApp, Dijamin Cepat!

5 Langkah Mudah Cara Membuat Bot di WhatsApp, Dijamin Cepat!

By Jessica Jacob
02 / 07 / 2024

Dalam beberapa tahun terakhir, chatbot telah mengambil peranan besar di dunia yang semakin digital. Bot kecil ini telah berevolusi untuk berinteraksi lebih baik dengan kita dan memberi pengalaman customer support yang lebih baik.

Mereka telah membawa bisnis ke tingkat teknologi baru dan telah berhasil menghemat anggaran staf perusahaan untuk sektor layanan pelanggan.

Semakin banyak perusahaan membuat chatbot mereka sendiri dan ada aplikasi tertentu yang memperluas platform mereka untuk menawarkannya. Contohnya adalah WhatsApp. Pada blog ini, kita akan membahas tentang cara membuat bot di WhatsApp dan keuntungan yang bisa Anda dapatkan. Sebelum itu, mari kita pahami lebih dalam pengertian chatbot dan fitur-fiturnya.

5 Langkah Mudah Cara Membuat Bot di WhatsApp, Dijamin Cepat!

Key Takeaways:

  • WhatsApp Bot adalah perangkat lunak atau chatbot yang dapat digunakan secara khusus di aplikasi WhatsApp.
  • Whatsapp bot dapat menangani pengiriman reminder, notifikasi, promosi, pesan pemasaran, hingga menjawab pertanyaan umum.
  • Dengan lebih dari 2 miliar pengguna di seluruh dunia dan lintas generasi, WhatsApp adalah aplikasi perpesanan populer.

Pengertian Chatbot

Chatbot adalah sistem atau program komputer yang didukung oleh kecerdasan buatan yang mampu mengelola percakapan dengan manusia.

Mereka bertanggung jawab untuk mensimulasikan percakapan manusia. Tujuannya adalah untuk membantu berbagai departemen layanan pelanggan dari semua perusahaan untuk menghemat anggaran dan memastikan pengalaman pelanggan yang lebih menyenangkan. 

Sementara sebagian besar iklan chatbot berfokus pada skenario yang dihadapi pelanggan, ada manfaat yang signifikan bagi pekerja juga. Chatbot dapat membantu menyederhanakan alur kerja dan membantu pekerja Anda menyiapkan dan mengambil data dan survei kepuasan.

Apa itu WhatsApp Bot?

WhatsApp Bot adalah perangkat lunak atau chatbot yang dapat digunakan secara khusus di aplikasi WhatsApp. Bot WhatsApp dapat digunakan untuk pemasaran, penjualan, dan promosi dan dapat membantu Anda mengelola permintaan support dari pelanggan, dengan sedikit atau bahkan tanpa pengawasan manusia.

Anda juga dapat memberikan bantuan kepada pelanggan Anda tentang cara membeli dan menjawab pertanyaan mereka secara langsung. Hal ini memungkinkan Anda untuk berinteraksi dengan banyak pelanggan secara lebih efisien dengan memberikan jawaban atas pertanyaan umum secara otomatis atau dengan mengkonfirmasi janji temu, pembelian, dan pengiriman secara real-time, meningkatkan pengalaman pelanggan, dan menghemat banyak waktu dan uang yang berharga.

Ketika Anda membuat bot WhatsApp Anda sendiri, peluang e-commerce Anda menjadi tidak terbatas. Dengan menyesuaikan jawaban yang menggunakan bot WhatsApp, Anda dapat menyesuaikan pengalaman untuk semua pelanggan Anda.

Enkripsi WhatsApp juga menjadikannya cara yang mudah dan aman untuk berkomunikasi dengan mereka secara real-time.

Perbedaan WhatsApp Business dan WhatsApp Bot

Keduanya memiliki end-to-end encrypted untuk pesan, jadi Anda tidak perlu khawatir tentang keamanan. Setiap pesan dilindungi oleh protokol berlapis-lapis yang tidak dapat diakses oleh pihak ketiga. Hal ini memastikan bahwa setiap pesan yang dikirim melalui kedua sistem mencapai penerima yang dituju dengan cara yang aman.

Menurut kebijakan privasi yang baru, semua aktivitas di WhatsApp tetap privat. WhatsApp tidak dapat membaca pesan Anda, mendengar panggilan Anda, melihat lokasi Anda, atau lampiran file yang ditukarkan dalam percakapan Anda.

1. Profil Individu

Di kedua aplikasi, profil pengguna berbeda. Anda dapat menggunakan WhatsApp Business untuk menampilkan nama perusahaan, logo, kategori, URL situs web, katalog produk, deskripsi perusahaan, lokasi, dan jam buka.

Di sisi lain, bagian profil WhatsApp pribadi hanya berisi informasi tentang departemen, nama, gambar tampilan dan nomor telepon.

2. Statistik Pesan

Di WhatsApp Business, Message Statistics Report memberikan analisis lengkap. Metrik dapat dianalisis untuk aplikasi, seperti jumlah pesan yang dikirim, terkirim, dibaca, dan diterima.

3. Buat Profil Koneksi

Kedua aplikasi mendukung tautan klik untuk mengobrol, koneksi kode QR, dan bahkan interaksi nomor telepon. Fungsi ini paling baik digunakan dalam obrolan WhatsApp pribadi atau bisnis.

Fitur WhatsApp Bot

Apa saja fitur WhatsApp Bot Indonesia? Bot WhatsApp mendukung fungsionalitas WhatsApp lebih baik daripada hanya mengirim pesan biasa. Memiliki bot WhatsApp ini, terutama untuk para pebisnis, membantu meningkatkan bisnis, terutama dalam layanan pelanggan.

Inilah yang dapat dilakukan WhatsApp bot untuk bisnis Anda:

1. Multi-agent dan Multi-device

Akun WhatsApp API bot dapat digunakan oleh beberapa administrator atau agent dengan nomor yang sama dari perangkat yang berbeda. Artinya nomor WhatsApp Anda dapat diakses oleh beberapa agent layanan pelanggan dari perangkat yang berbeda. Dengan cara ini, Anda akan dapat merespons pelanggan lebih cepat.

2. Green Tick / Centang Hijau

Centang hijau menunjukkan bahwa akun WhatsApp Anda telah diverifikasi atau memiliki bukti bisnis. Dengan adanya centang hijau pada akun WhatsApp bot API, Anda dapat meningkatkan kredibilitas di mata pelanggan dan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis Anda.

Baca juga: Tutorial Cara Mendapatkan WhatsApp Green Badge

3. Otomatisasi

Otomatisasi WhatsApp memungkinkan bot WhatsApp untuk mengotomatiskan penyimpanan dan pengunduhan semua kontak WhatsApp, obrolan, dan basis data pelanggan lainnya. Dengan cara ini, Anda membantu tim support memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik.

4. Rotator

Rotator akan meneruskan pesan utama sesuai dengan kemampuan layanan pelanggan. Tujuannya untuk menghindari ketidakpuasan pelanggan terhadap layanan yang diberikan, karena membantu tim customer service untuk merespon lebih cepat dan akurat.

5. Balasan Otomatis

Auto Reply pada WhatsApp memiliki kemampuan untuk membalas pesan yang masuk secara otomatis. Pesan balasan otomatis dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis seperti pesan selamat datang, harga produk, transaksi tambahan, penyediaan gambar produk, dll.

6. Blast Message

WhatsApp Blast dapat mengirim pesan dalam jumlah tak terbatas secara bersamaan tanpa harus mengingat nomor penerima. Hal ini dapat menghemat waktu dan energi tim customer service untuk menjangkau banyak klien secara bersamaan.

7. Laporan Analitik

Bot WhatsApp dilengkapi dengan laporan analitik tentang interaksi bisnis dengan pelanggan dalam satu dasbor. Laporan tersebut menguraikan pencapaian kinerja tim, tren penjualan, dan data pelanggan yang digunakan tim CS untuk memberikan layanan pelanggan yang lebih baik.

8. Integrasi CRM

Integrasi CRM membantu perusahaan mengembangkan hubungan pelanggan, mendorong pertumbuhan bisnis, dan meningkatkan loyalitas pelanggan melalui manajemen.

Mengapa Anda Memerlukan Whatsapp Bot?

Setelah mengetahui apa itu WhatsApp bot, mungkin Anda belum menyadari alasan apa yang mendasari untuk menggunakan Whatsapp bot. Berikut ini beberapa alasan kuat yang mendukung hal tersebut:

1. Meningkatkan Layanan Pelanggan

Dengan menggunakan Chatbot Whatsapp, Anda dapat meningkatkan efisiensi layanan pelanggan melalui tugas-tugas sederhana yang otomatis dan berulang. Sudah banyak sekali perusahaan di berbagai sektor industri yang menggunakan WhatsApp sebagai saluran komunikasi untuk layanan pelanggan mereka, beberapa di antaranya Netflix, Spotify, Amazon, dan lain sebagainya.

Whatsapp bot dapat menangani pengiriman reminder, notifikasi, promosi, pesan pemasaran, hingga menjawab pertanyaan umum. Sedangkan untuk pesan yang lebih kompleks dapat dijawab oleh manusia.

Beberapa pertanyaan umum yang sering ditanyakan sering disebut dengan istilah Frequently Asked Question. Ini dapat menjadi dasar pada respon Whatsapp bot terhadap pelanggan. Dengan menyusun dan menyediakan FAQ yang sesuai, diharapkan efisiensi waktu dalam menangani masalah umum yang pelanggan hadapi meningkat.

Melalui jawaban yang sudah dipersiapkan sebelumnya, Whatsapp bot akan mendeteksi kata kunci sesuai dengan masalah yang diajukan pelanggan dan memberikan jawaban serta respons yang sesuai.

2. Meningkatkan Identitas Brand Perusahaan

Whatsapp bot dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing perusahaan atau bisnis. Misalnya, memberikan pesan sambutan serta balasan yang sesuai dengan karakteristik perusahaan. Ditambah lagi, bot ini tidak terpengaruh dengan emosi atau kepribadian sehingga dapat konsisten dalam menciptakan dan mempertahankan karakter brand perusahaan.

Anda juga bisa menambahkan corak atau karakter tertentu yang mencerminkan karakter perusahaan. Hal ini dapat menciptakan kesan positif pada pelanggan, meningkatkan loyalitas pada brand, dan meningkatkan hubungan dengan pelanggan serta penjualan secara signifikan.

3. Mengumpulkan Informasi Pelanggan

Seperti yang telah diketahui, untuk merencanakan strategi pemasaran, meramal perilaku konsumen, dan melakukan pengembangan produk yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan, diperlukan data pelanggan agar hal tersebut dapat berjalan dengan efektif.

Dalam dunia bisnis, Whatsapp bot dapat membantu Anda dalam menghimpun informasi pelanggan. Hal terjadi karena interaksi terjadi melalui aplikasi Whatsapp, sehingga bot dapat membaca dan mengumpulkan data serta informasi yang penting terkait pelanggan.

4. Mengembangkan Campaign Pemasaran

Alasan selanjutnya yaitu Anda dapat memaksimalkan interaksi dengan pelanggan atau calon pelanggan melalui Whatsapp bot. Ini dilakukan dengan berfokus pada pertumbuhan jumlah calon pelanggan dan penjualan serta strategi yang mendorong adanya interaksi di media sosial dengan pelanggan.

Contohnya, menanggapi pelanggan secepat mungkin. Dengan Whatsapp bot, Anda dapat mengatur waktu membalas pelanggan sesegera mungkin. Menurut verloop.io, sebuah perusahaan penyedia solusi AI, WhatsApp chatbot memungkinkan agent untuk memberikan layanan yang cepat karena dapat langsung mengambil percakapan dari bot tanpa harus melalui ribuan percakapan (Gaurav Singh, 2022).

5. Lebih Ekonomis dan Hemat Biaya

Anda tidak perlu lagi merekrut karyawan layanan pelanggan karena hal ini dapat dilakukan oleh Whatsapp bot. Selain itu, Anda juga tidak perlu mengalokasikan sumber daya lebih dalam menangani respons pelanggan secara langsung sehingga lebih ekonomis dan menghemat biaya.

6. Memudahkan Akses terhadap Produk

Berbagai platform e-commerce telah berkembang dalam memaksimalkan proses belanja pelanggan. Whatsapp bot juga dapat membantu Anda terkait hal ini. Melalui fitur catalogue pada Whatsapp bot, Anda dapat memberikan gambar serta daftar harga atas produk yang dijual. Selain itu, pelanggan juga dapat dengan mudah bertanya akan produk yang diinginkan.

7. Menanggapi Feedback Pelanggan 24/7

Ditambah lagi, bot hadir memberikan layanan dan tanggapan terhadap feedback yang diberikan pelanggan kapanpun dan dimanapun. Fitur ini dapat bekerja 24 jam sehari dan 7 hari seminggu pada bisnis global atau internasional yang mungkin beroperasi di berbagai zona waktu.

8. Meningkatkan Pengalaman Pelanggan

Alasan yang terakhir yaitu Whatsapp bot dapat meningkatkan pengalaman dan kepuasan pengalaman. Ini dilakukan melalui pengalaman proses percakapan yang baik. Anda dapat menyediakan template pesan untuk digunakan oleh Whatsapp bot. Template tersebut juga harus ditinjau dengan hati-hati dan pastikan komunikasi yang terjadi berkualitas tinggi serta mengandung pesan yang bermakna dan tidak ambigu.

Manfaat Menggunakan WhatsApp Bot

Chatbots WhatsApp menggabungkan dua tren yang mendominasi: WhatsApp + chatbots.

Dengan lebih dari 2 miliar pengguna di seluruh dunia dan lintas generasi, WhatsApp adalah aplikasi perpesanan populer (Tamina Steil, 2020). Aplikasi ini kemudian menjadi saluran yang relevan untuk komunikasi pelanggan juga. Pada tahun 2020, WhatsApp melaporkan lebih dari 50 juta pengguna, pertumbuhan sepuluh kali lipat dari tahun sebelumnya (WhatsApp, 2020).

Demikian juga, chatbots jelas meningkat. Menurut Gartner, asisten pelanggan virtual telah membantu organisasi mengurangi pertanyaan panggilan, obrolan, dan email hingga 70%, dan mereka tidak hanya bermanfaat untuk bisnis tapi juga sektor lainnya (Gene Alvarez, 2018).

Baca juga: Ini Dia 7 Keuntungan Menggunakan Chatbot

Cara Membuat Bot WhatsApp

Membuat WhatsApp Chatbot itu mudah jika Anda memiliki strategi yang jelas tentang cara melakukannya. Konstruksi Chatbots untuk WhatsApp juga memiliki kesamaan dengan pembuatan Bot Facebook Messenger, tetapi menawarkan lebih banyak fleksibilitas dalam personalisasi.

Berikut adalah langkah-langkah yang Anda butuhkan untuk membuat bot untuk WhatsApp.

Cara Membuat Bot WhatsApp

Langkah 1: Untuk membuat chatbots untuk WhatsApp, Anda harus terlebih dahulu request akun WhatsApp Business API

Meskipun tidak mungkin menggunakan chatbots di WhatsApp Business gratis, alat obrolan terintegrasi adalah opsi yang layak untuk membantu Anda menghemat waktu, seperti dengan welcome message otomatis, quick reply yang telah ditentukan sebelumnya untuk frequently asked question

Namun, fungsi chatbot sebenarnya hanya tersedia dengan WhatsApp Business API. WhatsApp API ini memungkinkan bisnis menengah dan besar untuk meningkatkan dukungan pelanggan mereka dan memanfaatkan WhatsApp untuk pengaturan yang lebih fleksibel dan kompleks.

Dengan kata lain, sebelum Anda dapat membuat Chatbots untuk WhatsApp, Anda harus meminta layanan beta atau meminta untuk menggunakan API mereka melalui pihak ketiga (misalnya saja dengan bantuan OneTalk by TapTalk.io). Saat ini, permintaan langsung ke WhatsApp didorong untuk perusahaan menengah dan besar.

Saat meminta persetujuan, Anda dapat memilih untuk menjadi pelanggan atau penyedia solusi. Aplikasi ini juga memerlukan nama perusahaan Anda, URL situs web, dan nama serta informasi perwakilan perusahaan.

Setelah aplikasi Anda ditinjau dan disetujui, Anda dapat mulai menggunakan WhatsApp API.

Langkah 2: Pikirkan tentang percakapan yang akan dijalin

Sekarang Anda tahu bagaimana Anda ingin menggunakan bot Anda dan telah menyelesaikan persyaratan teknis, saatnya untuk bagian yang menyenangkan: mengembangkan kepribadian untuk bot Anda.

Chatbots sering memberikan kesan pertama tentang perusahaan Anda. Dengan bot yang cerdas dan mudah diingat, Anda dapat mengatur nada yang tepat untuk persepsi brand yang positif. Menciptakan identitas yang dimodelkan sesuai dengan brand Anda membangun empati dengan pengguna dan mencerminkan keterlibatan yang dipersonalisasi yang mereka terima dari tim Anda.

Selain itu, jika Anda ingin memastikan bahwa chatbot Anda akan menjawab pertanyaan klien Anda, penting untuk memikirkan dialog saat sedang dikembangkan. Ini tidak hanya berlaku untuk salah satu Chatbots untuk WhatsApp tetapi untuk semua jenis Chatbots secara umum.

Itu juga termasuk memikirkan bagaimana bot Anda harus menjawab pertanyaan yang kemungkinan besar akan Anda dapatkan.

Anda dapat memilih antara dua jenis percakapan, langsung/tertutup dan terbuka. Percakapan tertutup memandu pengguna dengan penggunaan opsi dan validasi untuk tujuan tertentu, seperti menanyakan ketersediaan, status pesanan, membuat janji, dll. Percakapan terbuka memungkinkan pengguna mengajukan pertanyaan dan mengirim pesan secara terbuka tanpa diarahkan ke tugas tertentu.

Langkah 3: Gunakan pembuat chatbot dan host di database

Platform chatbot seperti yang ditawarkan oleh OneTalk by TapTalk.io dapat membantu Anda membuat bot dengan pengaturan yang lebih mudah.

Anda dapat menambahkan percakapan untuk tugas tertentu (pembuatan prospek, support ticket, dll.), template respons bawaan, dan alur percakapan dengan cara ini. OneTalk juga akan membantu Anda meningkatkan pengalaman chatbot dengan menunjukkan keakuratan respons, bounce rate, dan sentimen umum percakapan Anda.

Saat Anda menggunakan platform chatbot, Anda dapat membuat demo aplikasi Anda sebelum memproduksi versi lengkapnya. Ini memfasilitasi visualisasi perubahan yang perlu Anda buat sebelum menginvestasikan lebih banyak waktu dan uang dalam produksi bot WhatsApp Anda.

Tidak hanya itu, OneTalk juga akan membantu Anda mendapatkan centang hijau dan akun WhatsApp Business API dengan lebih mudah. Menggunakan platform pihak ketiga seperti ini dapat menguntungkan perusahaan Anda karena mempersingkat langkah-langkah yang rumit dan menghemat lebih banyak waktu bagi bisnis.

Langkah 4: Uji Chatbot Anda untuk WhatsApp

Uji bot Anda untuk memastikannya berfungsi dengan baik dengan menjawab pelanggan Anda. Perbaiki kesalahan dan coba lagi untuk memeriksa fungsinya. Langkah ini akan menjamin bahwa produk akan berkualitas tinggi dan siap untuk meningkatkan pengalaman pelanggan.

Pekerjaan untuk mengembangkan Chatbots untuk WhatsApp tidak harus hanya untuk WhatsApp. Anda dapat menggunakan platform, untuk membuat Bot yang dapat ditampilkan di berbagai saluran. Dengan cara ini Anda dapat menginstal bot yang sama di saluran yang berbeda (Situs Web, Facebook, Telegram, dll.) untuk menawarkan pengalaman standar yang menggunakan skrip dan respons yang sama di semua saluran.

Langkah 5: Pantau dan tingkatkan chatbot Anda

Seperti dalam pengembangan perangkat lunak apa pun, pengujian merupakan bagian integral saat membangun bot. Sebelum Anda mempresentasikan kreasi Anda kepada pelanggan Anda, Anda perlu memastikan itu berfungsi dan berjalan seperti yang seharusnya.

Buat perubahan pada bot jika perlu untuk meningkatkan performanya. Namun, perlu diingat bahwa memelihara bot tidak berakhir setelah diluncurkan. Langkah ini adalah proses yang konstan. Rencanakan pengukuran kinerja dan bersiaplah untuk menyesuaikan bot untuk mengoptimalkan pengalaman pelanggan Anda.

Anda dapat memantau percakapan chatbot Anda melalui platform OneTalk untuk mendapatkan pengetahuan tentang cara meningkatkan respons dan dialog chatbot Anda. Periksa tanggapan, informasi yang ditangkap, dan jumlah pengabaian percakapan dari pengguna untuk mendapatkan kiat tentang cara merespons dengan lebih akurat, dan membuat mereka lebih terlibat.

Baca juga: Balas Pesan Pelanggan Gak Usah Pakai Mimin, Pakai Chatbot Aja!

Buat WhatsApp Anda Terintegrasi dengan Chatbot bersama OneTalk

Buat WhatsApp Anda Terintegrasi dengan Chatbot bersama OneTalk

Tidak dapat diragukan lagi, menggunakan OneTalk untuk membantu Anda membuat bot WhatsApp adalah cara paling mudah. OneTalk dapat membantu Anda melakukan request WhatsApp Business API hingga mendapatkan chatbot WhatsApp!

Anda bahkan dapat menyetel berbagai auto-reply dan Q&A path untuk berbagai jawaban pelanggan.

Buat bot Anda sekarang bersama kami dan rasakan berbagai manfaatnya! Klik di sini!

Trial Akun Demo TapTalk
Jessica Jacob
Jessica Jacob memiliki lebih dari empat tahun pengalaman dalam pengembangan strategis di sektor teknologi, dengan latar belakang kuat dalam penjualan korporat dan manajemen proyek. Di TapTalk.io, dia berfokus pada inovasi dan pertumbuhan bisnis, membangun kemitraan strategis lintas industri. Sebelumnya, Jessica berperan aktif dalam mengembangkan kemitraan kanal baru dan memimpin tim lintas fungsi yang berhasil meningkatkan penjualan tahunan sebesar 45%.
linkedin penulisemail penulis

Related Posts

By Jessica Jacob

05 / 08 / 2021

Beriring dengan meningkatnya kasus di seluruh dunia, tahun 2020 terbukti telah memberikan dampak negatif bagi revenue beberapa industri. Di antara industri-industri yang terkena dampak COVID-19, industri ritel adalah salah satu yang paling terdampak.  Dengan tutupnya toko fisik/offline di seluruh dunia karena pembatasan sosial, bisnis tanpa toko online mengalami kesulitan untuk mempertahankan penjualan pada masa pandemi […]

Read More

By Jessica Jacob

02 / 03 / 2023

Anda tentu pernah mendengar istilah Customer Support dan Customer Success. Dua istilah ini sering disebut secara bergantian. Walaupun terdapat perbedaan mencolok, Customer Support vs Customer Success juga memiliki benang merah. Tujuan akhir dari kedua disiplin ini adalah tentang memberikan pengalaman yang luar biasa pada pelanggan dan mempertahankan mereka. Keduanya sangat penting untuk kesuksesan perusahaan di […]

Read More

By Jessica Jacob

08 / 01 / 2024

Dalam menjalankan bisnis atau suatu usaha, Anda pasti pernah mendapatkan keluhan dari pelanggan. Sebenarnya, produk atau layanan jasa yang Anda miliki ditujukan bagi pelanggan yang menjadi target pasarnya. Namun, setiap pelanggan tetap memiliki penilaiannya masing-masing serta standar kepuasan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, datangnya keluhan dari pelanggan adalah suatu hal yang normal ketika Anda sedang […]

Read More
1 2 3 99
TapTalk
PowerTalk
OneTalk
SendTalk
whatsappfacebooktwitterinstagramlinkedin

Reach us by phone at (021) 27939266

Business Park Kebon Jeruk blok C2-3, Jl. Meruya Ilir Raya no.88, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, 11620

© 2020 - 2023 TapTalk.io (PT Tap Talk Teknologi)

tap talk logo for footer