pt tap talk teknologi blog
Simak Tutorial Menggunakan Chatbot WhatsApp!

Simak Tutorial Menggunakan Chatbot WhatsApp!

By Jessica Jacob
08 / 09 / 2022

Belakangan ini, chatbot WhatsApp telah menjadi salah satu alat yang harus dimiliki oleh bisnis yang ingin berinteraksi lebih baik dengan pelanggan mereka. 

Jika Anda memiliki bisnis online, Anda tentu tahu bahwa pelanggan mencari respon bisnis yang cepat. Oleh karena itu, chatbot WhatsApp dapat memberdayakan proses komunikasi bisnis Anda untuk memenuhi harapan audiens Anda soal kecepatan.

Simak Tutorial Menggunakan Chatbot WhatsApp!

80% bisnis menengah & besar yang menggunakan chatbot WhatsApp setuju bahwa fitur itu membantu mereka meningkatkan pemasaran dan customer support.

Namun, bagaimana cara membuat dan tutorial menggunakan chatbot WhatsApp? Dan, apa saja keuntungan yang bisa didapatkan dari fitur chatbot? Temukan jawabannya di blog ini.

Cara Membuat Chatbot WhatsApp

Tidak semua nomor WhatsApp biasa bisa mengaktifkan fitur chatbot. Oleh karena itu, ada sejumlah langkah yang perlu Anda lakukan untuk bisa menggunakan chatbot.

Cara Membuat Chatbot WhatsApp

1. Penuhi Syarat Ketentuan WhatsApp Business API

Sebelum Anda mendaftarkan bisnis ke WhatsApp Business API, pastikan Anda telah memenuhi syarat dan ketentuannya.

WhatsApp sangat memperhatikan industri tempat bisnis Anda beroperasi. Misalnya, bagi Anda yang bergerak di industri berikut, Anda akan kesulitan untuk mendapatkan akses API 

  • pemerintah,
  • organisasi politik,
  • vendor perangkat lunak independen,
  • industri uang (permainan, perjudian),
  • konten dewasa, hiburan,
  • senjata,
  • alkohol,
  • tembakau,
  • kesehatan, dan
  • suplemen.

Nah, bagi Anda yang bergerak di industri berikut, Anda akan lebih mudah mendapatkan akses API

  • jasa keuangan,
  • retail,
  • pendidikan,
  • real estate, dan 
  • telekomunikasi.

Berikut daftar lengkap batasan perdagangan WhatsApp: https://www.whatsapp.com/legal/commerce-policy/

2. Mendaftar WhatsApp Business API

Sebelum Anda ingin membuat chatbot WhatsApp, Anda harus menyiapkan WhatsApp Business API.

WhatsApp Business API memudahkan bisnis untuk berkomunikasi dengan pelanggannya. Selain itu, akun WhatsApp Business akan terverifikasi dengan centang hijau sehingga terlihat kredibel.

Sebelum mendapatkan WhatsApp Business API, Anda membutuhkan:

  • Akun manajer bisnis Facebook
  • Bisnis yang terverifikasi
  • Akun bisnis WhatsApp
  • Fasilitas Kredit untuk Akun WhatsApp Business

Namun, proses daftar WhatsApp Business API biasanya membutuhkan proses yang lama. Karena itu, Anda dapat mencari penyedia layanan WhatsApp Business API terpercaya di Indonesia, seperti OneTalk by Taptalk.io.

3. Login ke OneTalk

Cara Membuat Chatbot WhatsApp

Bila Anda menggunakan OneTalk untuk menggunakan WhatsApp Business API, Anda bisa langsung login ke panel TapTalk.io.

Setelah itu, Anda dapat mengklik “Integrasi” yang ada di menu samping untuk melakukan pengaturan akun.

Cara Membuat Chatbot WhatsApp

4. Merencanakan Alur Dialognya

Sebelum menyusun pesan-pesan otomatis chatbot, bisnis perlu merencanakan alur dialog, yaitu, 

  • bagaimana percakapan akan dilanjutkan dengan chatbot
  • pertanyaan apa yang akan dijawab chatbot
  • bagaimana chatbot akan menyapa atau menyambut pelanggan, dan banyak lagi.

Saat merencanakan alur percakapan, perusahaan perlu melakukan diskusi yang ketat dan menyeluruh secara internal. Bisnis perlu merencanakan semua kemungkinan kasus komunikasi dan jawaban atas semua pertanyaan yang mungkin dimiliki pelanggan atau chatbot akan gagal.

5. Susun dan Masukkan Alur Percakapan ke Sistem

Mulailah dengan pesan menarik untuk menyapa orang-orang yang memulai percakapan dengan chatbot Anda.

Tambahkan elemen, seperti nama mereka agar obrolan terasa lebih personal dan tidak seperti berbicara pada “bot”.

Setelah perkenalan selesai, Anda dapat melanjutkan ke pembuatan menu sehingga orang tersebut dapat memilih opsi yang mereka minati.

Isi menunya bisa berupa kumpulan pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan pelanggan.

Berikut contoh FAQ yang perlu Anda siapkan jawabannya.

  • Apakah lagi ada promo?
  • Status pemesanan saya?
  • Jam operasional Anda dijam berapa?
  • Berapa lama proses pengiriman?
  • dan masih banyak lagi.

Setelah menyiapkan berbagai percakapan, ada baiknya untuk menyiapkan percakapan yang memberikan “jalan keluar” yang mulus bagi pelanggan setelah chatbot menjawab pertanyaan mereka.

Sesuatu yang sederhana, seperti “Ada lagi yang bisa saya bantu?” dapat membantu memenuhi keinginan pelanggan yang ingin didengarkan sampai akhir.

Nah, sebelum meluncurkan chatbot WhatsApp Anda, pastikan untuk melakukan uji coba terlebih dahulu dengan beberapa contoh kasus. Lihat apakah chatbot itu merespons seperti yang akan ditanggapi oleh tim customer support perusahaan Anda.

Jika semua terlihat baik-baik saja, Anda bisa langsung menggunakannya.

Baca juga: Ini Dia 7 Keuntungan Menggunakan Chatbot

Cara Chatbot WhatsApp Dapat Membantu Layanan Customer Support

Jika Anda memiliki klien yang sangat kecil, Anda mungkin dapat bertahan dengan merespons setiap pesan secara manual. Namun, ketika bisnis Anda tumbuh, itu akan menjadi lebih sulit.

Percayalah bahwa berinvestasi di chatbot WhatsApp bukanlah ide yang buruk! Solusi asisten virtual ini dapat meringankan kebutuhan untuk menyiapkan dan menjaga tim layanan pelanggan. 

Berikut beberapa manfaat yang akan tim support dapatkan dengan menggunakan chatbot WhatsApp

  • Chatbot WhatsApp dapat menjawab pertanyaan sederhana dan kompleks untuk pelanggan. Pelanggan mendapatkan jawaban instan atas pertanyaan mereka atas nama organisasi Anda melalui interaksi mereka dengan bot.
  • Kapan pun diperlukan, chatbot memungkinkan agent manusia mengambil alih percakapan di platform yang sama.
  • Chatbot dapat membagikan pin lokasi toko Anda untuk membantu pelanggan menjangkau toko.
  • Tim Anda dapat menggunakan chatbot WhatsApp untuk melakukan survei dan mengumpulkan feedback dari pelanggan dan klien.

Baca juga: Ini Dia Cara Membalas Pesan Otomatis di WhatsApp

Integrasikan WhatsApp Chatbot dengan OneTalk untuk Otomatisasi Customer Support di WhatsApp

Tanpa akses ke API WhatsApp Business, Anda tidak dapat membuat Chatbot WhatsApp Anda menangani pertanyaan penjualan & pelanggan.

OneTalk dapat membantu Anda mendapatkan WhatsApp Business API (beserta chatbot-nya). Tidak hanya itu, OneTalk juga masih memiliki berbagai fitur menarik yang bisa membantu tim customer support Anda, seperti:

  • Quick reply dengan pesan template
  • Tetapkan agent ke topik yang ditentukan
  • Analisis pengguna untuk memberikan business insight
  • Pesan otomatis saat agent Anda pergi

Melihat berbagai keuntungan chatbot, yuk tingkatkan kepuasan pelanggan dengan OneTalk. Klik di sini untuk mengobrol dengan agent kami dan melihat lebih banyak fitur menarik untuk bisnis Anda!

Trial Akun Demo TapTalk
Jessica Jacob
Jessica Jacob memiliki lebih dari empat tahun pengalaman dalam pengembangan strategis di sektor teknologi, dengan latar belakang kuat dalam penjualan korporat dan manajemen proyek. Di TapTalk.io, dia berfokus pada inovasi dan pertumbuhan bisnis, membangun kemitraan strategis lintas industri. Sebelumnya, Jessica berperan aktif dalam mengembangkan kemitraan kanal baru dan memimpin tim lintas fungsi yang berhasil meningkatkan penjualan tahunan sebesar 45%.
linkedin penulisemail penulis

Related Posts

By Jessica Jacob

06 / 01 / 2023

Pernahkah Anda berpikir tentang bagaimana chatbot dapat membantu dalam mengelola call center Anda? Nah, jika jawabannya tidak, sekaranglah waktunya untuk memikirkan kembali hal ini dan mengetahui dampak implementasi chatbot. Menurut Forbes, pasar chatbot diperkirakan mencapai $1,25 miliar pada tahun 2025. Di zaman sekarang, di mana pelanggan percaya bahwa pengalaman yang diberikan perusahaan sama pentingnya dengan […]

Read More

By Jessica Jacob

21 / 07 / 2023

Sejak diperkenalkan pertama kali, model chat berbasis GPT (Generative Pre-trained Transformer) telah menjadi sorotan utama dalam dunia kecerdasan buatan. GPT menggabungkan kekuatan pemodelan bahasa dan teknologi transformer, yang telah menghasilkan sistem yang mampu menghasilkan teks yang alami dan responsif. Dalam beberapa tahun terakhir, perkembangan ChatGPT semakin mengesankan. GPT-3, versi terakhir yang dirilis oleh OpenAI pada […]

Read More

By Jessica Jacob

17 / 11 / 2022

Ketika Anda ingin menyikat gigi, maka apa yang akan pertama Anda cari? Pasta gigi atau odol? Seperti brand pasta gigi Odol, banyak brand-brand lainnya yang sudah memiliki citra sendiri di mata publik hingga mereka menggantikan sebutan untuk produk yang dijual. Contohnya saja Hansaplast dan Betadine yang hingga kini memiliki citra yang dalam di mata publik. […]

Read More
1 2 3 110
TapTalk
PowerTalk
OneTalk
SendTalk
whatsappfacebooktwitterinstagramlinkedin

Reach us by phone at (021) 27939266

Business Park Kebon Jeruk blok C2-3, Jl. Meruya Ilir Raya no.88, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, 11620

© 2020 - 2023 TapTalk.io (PT Tap Talk Teknologi)

tap talk logo for footer