Apa sih resep di balik bisnis FinTech yang baik? Keamanan? Efektivitas? Minimnya resiko? Ketika kita berbicara tentang sistem kompleks yang mengelola, menyimpan, meminjamkan, dan mendapatkan keuntungan dari uang, sedikit saja ada kekurangan pada keamanan atau efektivitasnya pasti akan mengurangi kepercayaan publik terhadapnya secara signifikan.
Lalu bagaimana Danakini, sebuah perusahaan FinTech anak usaha dari Kawan Lama yang menangani lebih dari Rp 1 Triliun dana pinjaman sejak mereka berdiri, menjalankan keseharian operasional mereka hingga berjalan mulus? Kupas tuntas kunci suksesnya di bawah ini.
Pertumbuhan pesat financial technology membuka ruang untuk peluang dan Indonesia adalah salah satu negara yang mengadopsi teknologi tersebut. Selain itu, besarnya populasi di Indonesia telah memacu inovasi. Adopsi mobile banking dan FinTech mengubah lanskap keuangan di Indonesia.
Menurut survei tahun 2017 yang dilakukan oleh Hootsuite, dari 4,153 miliar total populasi di kawasan Asia-Pasifik, terdapat 1,909 miliar pengguna internet, 1,541 miliar pengguna media sosial aktif, 3,999 miliar langganan seluler, dan 1,441 miliar pengguna seluler aktif. pengguna sosial.
Sejak 2016 di Asia-Pasifik, pengguna Internet tumbuh 15%, pengguna media sosial aktif 25%, pengguna seluler unik 4%, dan pengguna sosial seluler aktif 35%. Setidaknya dua atau lebih layanan FinTech digunakan oleh setiap konsumen.
Dana Kini merupakan perusahaan layanan finansial berbasis teknologi Informasi (Fintech Lending) yang mempertemukan Pemilik Dana dan Peminjam Dana untuk keperluan pembiayaan konsumer.
Menjawab peluang FinTech di Indonesia, Dana Kini menawarkan berbagai produk yang dapat dinikmati para penggunanya. Terdapat beberapa produk untuk para pengguna yang membutuhkan pembiayaan:
- kiniCintaku: Layanan pembiayaan pembelian barang konsumer dengan cara cicilan.
- kiniFlexi: Layanan Pinjaman Dana Tunai dengan bunga rendah, jangka waktu cicilan yang sangat fleksibel, biaya administrasi yang ringan, yang diperuntukan khusus KARYAWAN perusahaan yang telah bekerjasama dengan Danakini.
- kiniTunai: Pinjaman dana tunai khusus untuk customer yang telah mengajukan dan mendapatkan limit dari Danakini. Produk kiniTunai hanya dapat diajukan maksimal 40% dari limit yang telah diterbitkan oleh Danakini.
- kiniBayar: Fasilitas pembiayaan pembelian barang di mitra Danakini khusus untuk customer Danakini yang telah memiliki limit hanya dengan menggunakan scan QR.
- kiniGajian: Fasilitas pencairan gaji kapan saja yang dapat digunakan oleh karyawan Kawan Lama group.
- kiniUsaha: kiniUsaha terdiri dari 2, yaitu kiniUsaha PRO dan kiniUsaha PO. kiniUsaha Pro adalah fasilitas kredit untuk pembelian barang usaha dari mitra-mitra Danakini. Sementara itu, kiniUsaha PO adalah fasilitas pinjaman dana usaha untuk vendor Kawan Lama Group dengan jaminan Purchase Order / Invoice.
Sementara untuk pengguna yang ingin melakukan pendanaan, terdapat produk kiniDanaku yang merupakan produk pendanaan pembelian barang di Indonesia dengan Imbal Hasil. Cek lebih lanjut tentang DanaKini di sini!
Semua produk ini pada akhirnya akan diarahkan kepada agents yang membantu pengguna mendapatkan produk yang diinginkan. Maka itu, customer service yang mendukung produk-produk Danakini harus bekerja secara efisien.
Baca juga: Rahasia Yuna & Co. Tingkatkan Performa Customer Support
Danakini memanfaatkan OneTalk agar agents mereka bekerja dengan lebih cermat dan efisien. Bagaimana OneTalk membantu Dana Kini?
Bagaimana OneTalk Membantu Danakini Memberikan Layanan Terbaik
Sebagai sebuah bisnis financial technology yang fokus pada lending, performa customer service Danakini harus cepat dan efisien.
Broadcast Messages menjadi salah satu fitur yang digunakan oleh Danakini. Jika sebelumnya Danakini melakukan broadcast manual untuk customer dengan personal WhatsApp dan email, kini mereka bisa melakukannya dengan lebih mudah menggunakan Single Dashboard OneTalk dan mencapai 3000 customer.
Fitur Broadcast Messages dari OneTalk memberikan keuntungan lebih daripada broadcast message biasa. OneTalk mendukung Advanced Broadcast yang terdiri dari:
1. Contact Segment
Pesan yang dikirim kepada segmen tertentu pada kontak Anda. Misal: pesan yang Anda kirim ditujukan kepada pelanggan dengan domisili Jakarta saja.
2. Schedule Broadcast
Menjadwalkan pesan broadcast.
3. Multiple Message Broadcast
Mengirim beberapa pesan sekaligus saat membuat pesan broadcast kepada pelanggan
4. Personalized Broadcast.
Membuat pesan dengan isi yang dipersonalisasi dengan penerimanya.
Selain itu, Case Label juga menjadi fitur yang berperan penting dibalik customer service Danakini.
Dengan fitur Case Label, Anda bisa menambahkan label atau keterangan yang sesuai dengan case klien. Misal, Anda membuat case label dengan Continue in Meeting untuk case yang diteruskan dengan meeting, Existing Customer untuk pelanggan Anda, Spam untuk pesan yang mengganggu, atau Custom Order untuk pelanggan yang meminta permintaan khusus.
Fitur ini berguna untuk Anda yang ingin mengorganisasi pesan agar lebih terkoordinasi. Label ini juga bisa digunakan untuk memisahkan pesan spam/junk agar tidak tercampur dengan pesan penting yang bisa memberikan Anda pelanggan potensial.
Baca juga: Ini Contoh Template Pesan Broadcast WhatsApp yang Kreatif!
Itu dia kunci dari sistem customer service Danakini. Menangani 41.595 peminjam individu aktif dan 24 peminjam institusi aktif, tentu support yang dimiliki harus baik.
Jadilah seperti Danakini dan tingkatkan efektivitas dan efisiensi agent Anda! Buat sistem customer service yang semakin baik dan buat bisnis Anda semakin sukses.
Percayakan bisnis Anda dengan OneTalk by TapTalk.io sekarang. Saatnya miliki sistem customer service yang efisien dan tingkatkan produktivitas agent!
Hubungi agent kami di sini atau mulai percakapan live chat dengan kami.