Back to Home

OneTalk

Brand Equity untuk Bisnis, Simak Manfaatnya!

BY
Jessica Jacob

Jessica Jacob

VP Business Development
Jessica Jacob memiliki lebih dari empat tahun pengalaman dalam pengembangan strategis di sektor teknologi, dengan latar belakang kuat dalam penjualan korporat dan manajemen proyek. Di TapTalk.io, dia berfokus pada inovasi dan pertumbuhan bisnis, membangun kemitraan strategis lintas industri. Sebelumnya, Jessica berperan aktif dalam mengembangkan kemitraan kanal baru dan memimpin tim lintas fungsi yang berhasil meningkatkan penjualan tahunan sebesar 45%.

Persepsi brand di mata publik kini menjadi lebih penting setelah perusahaan mengalihkan fokus mereka dari produsen ke konsumen. Hampir 74% pelanggan saat ini mengharapkan lebih dari merek dalam cara mereka memperlakukan pelanggan, karyawan, dan lingkungan. 

Untuk tetap terdepan dalam perubahan ini, organisasi perlu mempertimbangkan bagaimana berbagai inisiatif pemasaran mereka dapat berkontribusi pada peningkatan kesadaran merek. 

Itulah mengapa Anda harus memberikan perhatian kepada brand equity perusahaan Anda.

Dalam artikel kali ini kita akan membahas apa itu brand equity, keuntungan yang diberikan brand equity, elemen brand equity, dan cara menerapkan brand equity.

Brand Equity untuk Bisnis, Simak Manfaatnya!

Key Takeaways:

  • Brand equity adalah istilah pemasaran yang menggambarkan nilai merek.
  • Brand equity memiliki berbagai manfaat yang bisa mendukung merek Anda di pasar, beberapa diantaranya adalah: mudah dikenali, membantu merek untuk lebih menonjol dari pesaing, mendapatkan kredibilitas saat memperkenalkan produk baru, meningkatkan pendapatan, dll.
  • Terdapat 5 elemen brand equity menurut David Aaker, yaitu: brand awareness, brand associations, perceived quality, brand loyalty, dan proprietary assets.

Apa itu Brand Equity?

Brand equity adalah istilah pemasaran yang menggambarkan nilai merek. Nilai ini ditentukan oleh persepsi dan pengalaman konsumen terhadap merek tersebut. Jika orang berpikir baik tentang suatu merek, itu berarti brand tersebut memiliki merek yang positif. 

Ketika sebuah merek terus menerus mengecewakan pelanggan hingga banyak yang menyarankan untuk tidak menggunakan merek tersebut, itu berarti brand tersebut memiliki nilai yang negatif. 

Brand equity yang positif memiliki nilai:

  • Perusahaan dapat membebankan biaya lebih untuk produk yang memiliki ekuitas merek dagang dalam jumlah signifikan.
  • Bagian ini dapat diubah menjadi perluasan lini produk terkait merek yang menyertakan nama merek sehingga perusahaan dapat menghasilkan lebih banyak uang dari merek tersebut.
  • Dapat membantu meningkatkan harga saham perusahaan.

Brand equity mengacu pada nilai produk sebuah perusahaan jika dibandingkan produk setara. Perusahaan dapat menciptakan ekuitas untuk produk mereka dengan membuatnya mudah diingat, mudah dikenali, dan unggul dalam kualitas dan keandalan. Kampanye pemasaran massal juga membantu menciptakan brand equity.

Ketika sebuah perusahaan memiliki merek yang positif, pelanggan rela membayar harga tinggi untuk produknya, meskipun mereka bisa mendapatkan barang yang sama dari pesaing dengan harga lebih murah. Pelanggan, pada dasarnya, membayar harga premium untuk melakukan bisnis dengan perusahaan yang mereka kenal dan kagumi. Karena perusahaan yang memiliki merek tidak mengeluarkan biaya yang lebih tinggi daripada pesaingnya untuk menghasilkan produk dan membawanya ke pasar, selisih harga menjadi margin. Ekuitas merek perusahaan memungkinkannya menghasilkan lebih banyak keuntungan per penjualan.

Baca juga: Brand Positioning: Kiat Penting Untuk Kesuksesan Brand

Manfaat Memiliki Brand Equity Yang Kuat

Memang brand equity sepenting itu? Tentu saja. Berikut adalah beberapa manfaat memiliki brand equity yang kuat untuk membuktikan perannya untuk perusahaan Anda.

1. Mudah Dikenali

Merek yang kuat akan menghasilkan customer recognition yang baik. Konsistensi di berbagai channel komunikasi pelanggan juga membantu nilai merek Anda. Semakin sering pelanggan melihat logo, warna, tagline, dan ekspresi perusahaan Anda, mereka akan semakin akrab dengan brand

Bagaimana pelanggan bisa mengabaikan merek yang ada di mana-mana?

Meskipun tidak semua perusahaan bisa menjangkau audiens di seluruh dunia, tujuan menciptakan merek yang kuat dan konsisten untuk meningkatkan recognition harus tetap diingat. 

2. Membantu merek menonjol dari pesaing

Semua perusahaan memiliki persaingan. Anda mungkin menyediakan produk dan layanan yang sama dengan perusahaan lain, tetapi tidak berarti Anda benar-benar sama dengan perusahaan tersebut. Dengan brand equity yang baik, Anda dapat membedakan diri lebih baik dari pesaing. Merek Anda dapat memposisikan Anda dengan cara yang membuat Anda berbeda dari pesaing, meskipun Anda mungkin menawarkan layanan dan opsi serupa.

Dalam kasus ini, orang tidak hanya datang untuk apa yang Anda tawarkan. Mereka datang karena mereka mengenali merek Anda dan mempercayai Anda. Merek, entah itu dari tampilan produk Anda, kemasannya, atau cerita Anda, adalah yang membantu Anda menonjol dari semua pesaing Anda.

3. Memberi harga lebih mahal dibanding pesaing

Salah satu keuntungan utama lainnya dari brand equity yang kuat adalah kemampuan membebankan biaya lebih untuk produk dan layanan yang Anda tawarkan. Ketika orang melihat merek Anda lebih baik dari yang lain, mereka bersedia membayar mahal untuk penawaran Anda. Apple misalnya, ponsel, komputer, dan tablet yang dijual Apple biasanya jauh lebih mahal daripada merek lain. Namun, setiap kali ada rilis iPhone baru, orang berduyun-duyun untuk membeli produk tidak peduli berapa biayanya.

Dengan banyaknya barang yang identik di pasaran, orang sering kali memilih untuk membeli nama merek yang mereka kenal.

Meskipun harga produk mungkin lebih mahal, brand equity membuat orang berpikir bahwa membeli nama merek adalah pilihan yang lebih baik. Hal ini bahkan berlaku ketika produk tidak hanya berfungsi sama tetapi memiliki proporsi bahan yang sama persis. 

Jika Anda ingin membebankan biaya premium untuk produk dan layanan Anda, Anda harus memiliki brand equity yang kuat. Inilah salah satu alasan utama mengapa banyak perusahaan bekerja keras untuk mengembangkan dan memperkuat merek mereka.

4. Mendapatkan kredibilitas ketika memperkenalkan produk atau layanan baru

Jika Anda memiliki lebih dari satu produk atau layanan, Anda cenderung berinovasi dan membuat item baru yang ingin Anda jual ke pelanggan Anda. Ketika Anda memiliki ekuitas merek yang kuat, Anda akan menemukan bahwa meluncurkan produk baru menjadi lebih mudah. Bukan berarti bahwa departemen pemasaran dapat bersantai, tetapi hal ini membuktikan bahwa beberapa usaha baik sudah dilakukan. 

Orang yang sudah mengetahui merek Anda akan lebih bersedia mempertimbangkan penawaran baru dari perusahaan Anda. Mereka sudah mempercayai perusahaan Anda dan semakin mudah meyakinkan mereka untuk membeli. Hal ini berarti brand equity berkaitan erat dengan retensi produk.

Lagi lagi, produk Apple adalah contoh sempurna untuk ini. Ketika mereka mengeluarkan produk baru, orang bersedia membelinya karena branding. Orang tahu bahwa ada peluang bagus mereka akan mendapatkan produk yang berkualitas.

Merek yang kuat meningkatkan loyalitas pelanggan dan loyalitas pelanggan sama dengan lebih banyak penjualan. Hal ini juga berarti bahwa Anda cenderung memiliki lebih banyak pemasaran dari mulut ke mulut, berkat pelanggan yang senang akan produk Anda.

5. Merekrut dan mempertahankan Karyawan Terbaik

Manfaat yang satu ini adalah keuntungan yang jarang diperhitungkan banyak orang. Seringkali, bisnis mengutamakan pelanggan mereka terlebih dahulu dalam hal branding mereka. Tetapi faktanya brand equity yang kuat juga dapat membantu karyawan Anda saat ini dan masa depan.

Ketika Anda memiliki merek yang memiliki misi dan nilai yang jelas, orang pasti ingin bekerja untuk perusahaan tersebut. Mereka akan bangga bisa terasosiasi dengan bisnis Anda.

Pikirkan tentang beberapa merek terbesar dan jenis bakat yang dapat mereka pertahankan. Bukan hanya karena mereka cenderung membayar dengan baik, tetapi mereka memiliki jenis kekuatan dan reputasi yang dicari orang di perusahaan. Merek yang hebat juga akan membantu mempertahankan karyawan yang dimiliki.

Hal ini juga bisa berarti bakat yang lebih baik datang di semua tingkatan perusahaan Anda. 

6. Meningkatkan umur perusahaan Anda

Anda ingin perusahaan Anda sukses, tetapi tanpa brand equity yang kuat, hal ini tidak akan dapat dicapai dengan mudah. Namun, ketika Anda meluangkan waktu untuk memperkuat merek Anda, bersama dengan produk dan layanan Anda, bisnis Anda akan memperoleh kesuksesan jangka panjang. Sebelum itu, tentu saja Anda harus berupaya meningkatkan merk Anda. 

Anda ingin merek Anda konsisten di seluruh platform, dan Anda ingin memiliki komunikasi merek online dan offline yang sangat baik. Berikan pelanggan dan calon pelanggan Anda konten yang berkualitas dan relevan, jujur, dan pertahankan kehadiran sosial yang aktif. Berikan pengalaman pelanggan yang luar biasa, seperti yang disebutkan di atas, dan itu akan memperkuat ekuitas merek Anda.

7. Meningkatkan pendapatan

Tujuan utama brand equity adalah agar bisnis Anda tumbuh dan kinerja keuangan Anda terus meningkat. Semakin kuat dan semakin dikenal merek Anda, semakin mudah hal ini terjadi. 

Merek yang kuat sering merasa lebih mudah untuk memperluas bisnis mereka ke negara bagian lain dan bahkan negara lain, dan seringkali reputasi merek akan mengikuti mereka. Mereka akan memiliki basis pelanggan yang siap membeli dari mereka di mana pun mereka mencoba menjual. Untuk alasan ini saja, menguatkan brand equity menjadi prioritas yang seharusnya diingat setiap brand.

Baca juga: Tujuan & Cara Menyusun Strategi Komunikasi Pemasaran

Elemen Brand Equity

Elemen Brand Equity

Untuk memahami lebih lanjut mengenai brand equity, David Aaker menciptakan model yang menampilkan semua komponen ekuitas merek. Berikut komponennya :

1. Brand awareness

Dapatkah konsumen dengan mudah mengenali merek Anda? Kesadaran merek mempertimbangkan keakraban publik dengan suatu merek. Misalnya, sebuah perusahaan memiliki kesadaran merek yang tinggi jika mayoritas orang yang tinggal di suatu daerah mengenali nama perusahaan dan mengetahui apa yang mereka jual. 

Model Aaker menunjukkan bahwa perusahaan dengan kesadaran merek dapat menggunakan visibilitas mereka di komunitas untuk menarik lebih banyak pelanggan, yang dapat meningkatkan pendapatan mereka. Kesadaran ini juga dapat membantu pelanggan merasa lebih nyaman dengan keputusan mereka untuk membeli produk atau jasa dari suatu perusahaan.

2. Brand associations

Komponen ini mengukur hubungan yang dimiliki pelanggan dengan suatu merek. Asosiasi ini dapat mencakup informasi yang dikumpulkan pelanggan tentang perusahaan, seperti melalui iklan, atau perasaan mereka tentang suatu merek.

Misalnya, jika pelanggan merasa senang setelah mendengar nama perusahaan, mereka memiliki asosiasi positif dengan merek tersebut. Asosiasi merek dapat membantu menciptakan sikap positif terhadap perusahaan yang dapat mendorong pelanggan untuk membeli produk atau layanannya.

3. Perceived quality

Meningkatkan nilai akan meningkatkan pengalaman pelanggan dan penjualan. Kualitas yang dimaksud disini adalah ketika pelanggan menilai kualitas produk berdasarkan pengalaman merek secara keseluruhan. 

Produk itu sendiri mungkin bagus, tetapi jika pelanggan tidak memiliki pengalaman yang baik dengan merek tersebut, mereka cenderung tidak bereaksi positif terhadap produk dan merek tersebut.

4. Brand Loyalty

Loyalitas merek terdiri dari pengalaman masa lalu dan saat ini dengan merek, brand awareness, dan brand attributes. Meskipun loyalitas merek sebagian besar adalah preferensi pelanggan, membangun kualitas merek lain ini akan memungkinkan Anda meningkatkan margin keuntungan dan mendapatkan kontrol lebih besar atas pengaruh pelanggan Anda.

Tentu saja, hal ini karena brand loyalty akan berbanding lurus dengan tingkat retensi pelanggan.

5. Proprietary assets

Proprietary assets atau aset eksklusif, komponen terakhir dari brand equity dalam model Aaker, mengacu pada aset tidak berwujud dari merek. Aset ini mungkin termasuk paten, merek dagang, hak cipta, atau hak kekayaan intelektual. 

Meskipun tidak memiliki nilai uang, aset ini dapat meningkatkan reputasi perusahaan. Mengembangkan aset hak milik dapat memberi perusahaan keunggulan atas pesaing mereka dengan menciptakan lebih banyak ekuitas merek, menurut model Aaker.

Misalnya saja seperti iPhone yang mempertahankan iOS sebagai aset tak berbentuk dari brand Apple. 

Cara Menerapkan Brand Equity

Lantas, bagaimana cara menerapkan brand equity yang kuat? Berikut beberapa langkahnya.

Langkah 1 – Identitas brand: bangun awareness.

Mulailah dari dasar dengan menentukan identitas merek. Bangun basic awareness akan merek Anda. Pastikan pelanggan mengenali merek Anda dan melihatnya sesuai keinginan Anda.

Langkah 2 – Arti: komunikasikan arti merek Anda.

Ketahui apa arti merek Anda (kinerja) dan apa artinya untuk publik (citra). Kinerja menjelaskan seberapa baik produk Anda memenuhi kebutuhan pelanggan. Citra mengacu pada aspek sosial dan psikologis. 

Misalnya, sebuah perusahaan yang benar-benar berkomitmen untuk bertanggung jawab terhadap lingkungan akan membangun loyalitas dari pelanggan dan menarik karyawan yang mengidentifikasi dan mendukung nilai-nilai tersebut. Anda dapat mengembangkan makna merek yang lebih besar melalui pemasaran bertarget, dari mulut ke mulut, dan pengalaman pelanggan langsung yang positif.

Langkah 3 – Tanggapan: bentuk ulang cara pelanggan berpikir dan merasa tentang merek Anda.

Pelanggan merespons merek Anda melalui penilaian dan perasaan. Penilaian berkaitan dengan hal-hal seperti kualitas, kredibilitas, seberapa relevan produk Anda dengan kebutuhan pelanggan, dan apakah merek Anda lebih unggul dari pesaing Anda. Perasaan positif dapat mencakup kehangatan, kesenangan, kegembiraan, keamanan, persetujuan sosial, dan harga diri.

Langkah 4 – Hubungan: bangun ikatan yang lebih dalam dengan pelanggan.

Level yang paling kuat – dan sulit dicapai – dalam piramida brand equity adalah resonansi. Hal ini mengacu pada bagaimana sebuah merek membangun hubungan pelanggan yang lebih dalam. Jika Anda berhasil mencapai hal ini, berarti pelanggan Anda telah membentuk ikatan psikologis yang mendalam dengan merek Anda. Mereka melakukan pembelian berulang dan merasakan keterikatan dengan merek atau produk Anda. Mereka mungkin merasakan kebersamaan dengan konsumen lain dan perwakilan perusahaan. Dan mereka dapat secara aktif terlibat sebagai brand ambassador dengan ikut serta dalam obrolan online, menghadiri acara, atau mengikuti merek Anda di media sosial, seperti Twitter atau Facebook.

Baca juga: Interactive Marketing: Strategi Ampuh Digital Marketing

Meningkatkan Brand Equity Melalui Omnichannel

Brand equity merupakan indikator utama kekuatan dan kinerja perusahaan, khususnya di pasar publik. Seringkali, perusahaan dalam industri atau sektor yang sama bersaing dalam ekuitas merek.

Tetapi tahukah Anda, melakukan strategi untuk meningkatkan hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan omnichannel messaging platform yang baik. Lewat omnichannel messaging platform seperti OneTalk by TapTalk.io, Anda sudah memastikan bahwa merek Anda berada di semua saluran perpesanan yang mungkin dimiliki oleh calon pelanggan Anda. Hal ini karena Anda telah mengintegrasikan berbagai platform perpesanan dalam satu dasbor, membuat semua pesan yang masuk dapat direspon lebih mudah.

Dengan demikian, komunikasi yang lebih dalam dapat tercapai dan Anda dapat mengkomunikasikan identitas brand melalui dukungan pelanggan yang baik. Tidak hanya itu, Anda juga menyediakan komunikasi berkualitas karena agent customer service Anda akan didukung dengan fitur-fitur tambahan.

Mulai dari fitur tambahan WhatsApp Business API, fitur analitik, Disposition, Case Detail, hingga Chatbot, semua bisa Anda sediakan untuk pelanggan Anda.

Hubungi agent di sini kami untuk informasi lebih lanjut.

Share this article

Jessica Jacob

VP Business Development

Jessica Jacob memiliki lebih dari empat tahun pengalaman dalam pengembangan strategis di sektor teknologi, dengan latar belakang kuat dalam penjualan korporat dan manajemen proyek. Di TapTalk.io, dia berfokus pada inovasi dan pertumbuhan bisnis, membangun kemitraan strategis lintas industri. Sebelumnya, Jessica berperan aktif dalam mengembangkan kemitraan kanal baru dan memimpin tim lintas fungsi yang berhasil meningkatkan penjualan tahunan sebesar 45%.

Persepsi brand di mata publik kini menjadi lebih penting setelah perusahaan mengalihkan fokus mereka dari produsen ke konsumen. Hampir 74% pelanggan saat ini mengharapkan lebih dari merek dalam cara mereka memperlakukan pelanggan, karyawan, dan lingkungan. 

Untuk tetap terdepan dalam perubahan ini, organisasi perlu mempertimbangkan bagaimana berbagai inisiatif pemasaran mereka dapat berkontribusi pada peningkatan kesadaran merek. 

Itulah mengapa Anda harus memberikan perhatian kepada brand equity perusahaan Anda.

Dalam artikel kali ini kita akan membahas apa itu brand equity, keuntungan yang diberikan brand equity, elemen brand equity, dan cara menerapkan brand equity.

Brand Equity untuk Bisnis, Simak Manfaatnya!

Key Takeaways:

  • Brand equity adalah istilah pemasaran yang menggambarkan nilai merek.
  • Brand equity memiliki berbagai manfaat yang bisa mendukung merek Anda di pasar, beberapa diantaranya adalah: mudah dikenali, membantu merek untuk lebih menonjol dari pesaing, mendapatkan kredibilitas saat memperkenalkan produk baru, meningkatkan pendapatan, dll.
  • Terdapat 5 elemen brand equity menurut David Aaker, yaitu: brand awareness, brand associations, perceived quality, brand loyalty, dan proprietary assets.

Apa itu Brand Equity?

Brand equity adalah istilah pemasaran yang menggambarkan nilai merek. Nilai ini ditentukan oleh persepsi dan pengalaman konsumen terhadap merek tersebut. Jika orang berpikir baik tentang suatu merek, itu berarti brand tersebut memiliki merek yang positif. 

Ketika sebuah merek terus menerus mengecewakan pelanggan hingga banyak yang menyarankan untuk tidak menggunakan merek tersebut, itu berarti brand tersebut memiliki nilai yang negatif. 

Brand equity yang positif memiliki nilai:

  • Perusahaan dapat membebankan biaya lebih untuk produk yang memiliki ekuitas merek dagang dalam jumlah signifikan.
  • Bagian ini dapat diubah menjadi perluasan lini produk terkait merek yang menyertakan nama merek sehingga perusahaan dapat menghasilkan lebih banyak uang dari merek tersebut.
  • Dapat membantu meningkatkan harga saham perusahaan.

Brand equity mengacu pada nilai produk sebuah perusahaan jika dibandingkan produk setara. Perusahaan dapat menciptakan ekuitas untuk produk mereka dengan membuatnya mudah diingat, mudah dikenali, dan unggul dalam kualitas dan keandalan. Kampanye pemasaran massal juga membantu menciptakan brand equity.

Ketika sebuah perusahaan memiliki merek yang positif, pelanggan rela membayar harga tinggi untuk produknya, meskipun mereka bisa mendapatkan barang yang sama dari pesaing dengan harga lebih murah. Pelanggan, pada dasarnya, membayar harga premium untuk melakukan bisnis dengan perusahaan yang mereka kenal dan kagumi. Karena perusahaan yang memiliki merek tidak mengeluarkan biaya yang lebih tinggi daripada pesaingnya untuk menghasilkan produk dan membawanya ke pasar, selisih harga menjadi margin. Ekuitas merek perusahaan memungkinkannya menghasilkan lebih banyak keuntungan per penjualan.

Baca juga: Brand Positioning: Kiat Penting Untuk Kesuksesan Brand

Manfaat Memiliki Brand Equity Yang Kuat

Memang brand equity sepenting itu? Tentu saja. Berikut adalah beberapa manfaat memiliki brand equity yang kuat untuk membuktikan perannya untuk perusahaan Anda.

1. Mudah Dikenali

Merek yang kuat akan menghasilkan customer recognition yang baik. Konsistensi di berbagai channel komunikasi pelanggan juga membantu nilai merek Anda. Semakin sering pelanggan melihat logo, warna, tagline, dan ekspresi perusahaan Anda, mereka akan semakin akrab dengan brand

Bagaimana pelanggan bisa mengabaikan merek yang ada di mana-mana?

Meskipun tidak semua perusahaan bisa menjangkau audiens di seluruh dunia, tujuan menciptakan merek yang kuat dan konsisten untuk meningkatkan recognition harus tetap diingat. 

2. Membantu merek menonjol dari pesaing

Semua perusahaan memiliki persaingan. Anda mungkin menyediakan produk dan layanan yang sama dengan perusahaan lain, tetapi tidak berarti Anda benar-benar sama dengan perusahaan tersebut. Dengan brand equity yang baik, Anda dapat membedakan diri lebih baik dari pesaing. Merek Anda dapat memposisikan Anda dengan cara yang membuat Anda berbeda dari pesaing, meskipun Anda mungkin menawarkan layanan dan opsi serupa.

Dalam kasus ini, orang tidak hanya datang untuk apa yang Anda tawarkan. Mereka datang karena mereka mengenali merek Anda dan mempercayai Anda. Merek, entah itu dari tampilan produk Anda, kemasannya, atau cerita Anda, adalah yang membantu Anda menonjol dari semua pesaing Anda.

3. Memberi harga lebih mahal dibanding pesaing

Salah satu keuntungan utama lainnya dari brand equity yang kuat adalah kemampuan membebankan biaya lebih untuk produk dan layanan yang Anda tawarkan. Ketika orang melihat merek Anda lebih baik dari yang lain, mereka bersedia membayar mahal untuk penawaran Anda. Apple misalnya, ponsel, komputer, dan tablet yang dijual Apple biasanya jauh lebih mahal daripada merek lain. Namun, setiap kali ada rilis iPhone baru, orang berduyun-duyun untuk membeli produk tidak peduli berapa biayanya.

Dengan banyaknya barang yang identik di pasaran, orang sering kali memilih untuk membeli nama merek yang mereka kenal.

Meskipun harga produk mungkin lebih mahal, brand equity membuat orang berpikir bahwa membeli nama merek adalah pilihan yang lebih baik. Hal ini bahkan berlaku ketika produk tidak hanya berfungsi sama tetapi memiliki proporsi bahan yang sama persis. 

Jika Anda ingin membebankan biaya premium untuk produk dan layanan Anda, Anda harus memiliki brand equity yang kuat. Inilah salah satu alasan utama mengapa banyak perusahaan bekerja keras untuk mengembangkan dan memperkuat merek mereka.

4. Mendapatkan kredibilitas ketika memperkenalkan produk atau layanan baru

Jika Anda memiliki lebih dari satu produk atau layanan, Anda cenderung berinovasi dan membuat item baru yang ingin Anda jual ke pelanggan Anda. Ketika Anda memiliki ekuitas merek yang kuat, Anda akan menemukan bahwa meluncurkan produk baru menjadi lebih mudah. Bukan berarti bahwa departemen pemasaran dapat bersantai, tetapi hal ini membuktikan bahwa beberapa usaha baik sudah dilakukan. 

Orang yang sudah mengetahui merek Anda akan lebih bersedia mempertimbangkan penawaran baru dari perusahaan Anda. Mereka sudah mempercayai perusahaan Anda dan semakin mudah meyakinkan mereka untuk membeli. Hal ini berarti brand equity berkaitan erat dengan retensi produk.

Lagi lagi, produk Apple adalah contoh sempurna untuk ini. Ketika mereka mengeluarkan produk baru, orang bersedia membelinya karena branding. Orang tahu bahwa ada peluang bagus mereka akan mendapatkan produk yang berkualitas.

Merek yang kuat meningkatkan loyalitas pelanggan dan loyalitas pelanggan sama dengan lebih banyak penjualan. Hal ini juga berarti bahwa Anda cenderung memiliki lebih banyak pemasaran dari mulut ke mulut, berkat pelanggan yang senang akan produk Anda.

5. Merekrut dan mempertahankan Karyawan Terbaik

Manfaat yang satu ini adalah keuntungan yang jarang diperhitungkan banyak orang. Seringkali, bisnis mengutamakan pelanggan mereka terlebih dahulu dalam hal branding mereka. Tetapi faktanya brand equity yang kuat juga dapat membantu karyawan Anda saat ini dan masa depan.

Ketika Anda memiliki merek yang memiliki misi dan nilai yang jelas, orang pasti ingin bekerja untuk perusahaan tersebut. Mereka akan bangga bisa terasosiasi dengan bisnis Anda.

Pikirkan tentang beberapa merek terbesar dan jenis bakat yang dapat mereka pertahankan. Bukan hanya karena mereka cenderung membayar dengan baik, tetapi mereka memiliki jenis kekuatan dan reputasi yang dicari orang di perusahaan. Merek yang hebat juga akan membantu mempertahankan karyawan yang dimiliki.

Hal ini juga bisa berarti bakat yang lebih baik datang di semua tingkatan perusahaan Anda. 

6. Meningkatkan umur perusahaan Anda

Anda ingin perusahaan Anda sukses, tetapi tanpa brand equity yang kuat, hal ini tidak akan dapat dicapai dengan mudah. Namun, ketika Anda meluangkan waktu untuk memperkuat merek Anda, bersama dengan produk dan layanan Anda, bisnis Anda akan memperoleh kesuksesan jangka panjang. Sebelum itu, tentu saja Anda harus berupaya meningkatkan merk Anda. 

Anda ingin merek Anda konsisten di seluruh platform, dan Anda ingin memiliki komunikasi merek online dan offline yang sangat baik. Berikan pelanggan dan calon pelanggan Anda konten yang berkualitas dan relevan, jujur, dan pertahankan kehadiran sosial yang aktif. Berikan pengalaman pelanggan yang luar biasa, seperti yang disebutkan di atas, dan itu akan memperkuat ekuitas merek Anda.

7. Meningkatkan pendapatan

Tujuan utama brand equity adalah agar bisnis Anda tumbuh dan kinerja keuangan Anda terus meningkat. Semakin kuat dan semakin dikenal merek Anda, semakin mudah hal ini terjadi. 

Merek yang kuat sering merasa lebih mudah untuk memperluas bisnis mereka ke negara bagian lain dan bahkan negara lain, dan seringkali reputasi merek akan mengikuti mereka. Mereka akan memiliki basis pelanggan yang siap membeli dari mereka di mana pun mereka mencoba menjual. Untuk alasan ini saja, menguatkan brand equity menjadi prioritas yang seharusnya diingat setiap brand.

Baca juga: Tujuan & Cara Menyusun Strategi Komunikasi Pemasaran

Elemen Brand Equity

Elemen Brand Equity

Untuk memahami lebih lanjut mengenai brand equity, David Aaker menciptakan model yang menampilkan semua komponen ekuitas merek. Berikut komponennya :

1. Brand awareness

Dapatkah konsumen dengan mudah mengenali merek Anda? Kesadaran merek mempertimbangkan keakraban publik dengan suatu merek. Misalnya, sebuah perusahaan memiliki kesadaran merek yang tinggi jika mayoritas orang yang tinggal di suatu daerah mengenali nama perusahaan dan mengetahui apa yang mereka jual. 

Model Aaker menunjukkan bahwa perusahaan dengan kesadaran merek dapat menggunakan visibilitas mereka di komunitas untuk menarik lebih banyak pelanggan, yang dapat meningkatkan pendapatan mereka. Kesadaran ini juga dapat membantu pelanggan merasa lebih nyaman dengan keputusan mereka untuk membeli produk atau jasa dari suatu perusahaan.

2. Brand associations

Komponen ini mengukur hubungan yang dimiliki pelanggan dengan suatu merek. Asosiasi ini dapat mencakup informasi yang dikumpulkan pelanggan tentang perusahaan, seperti melalui iklan, atau perasaan mereka tentang suatu merek.

Misalnya, jika pelanggan merasa senang setelah mendengar nama perusahaan, mereka memiliki asosiasi positif dengan merek tersebut. Asosiasi merek dapat membantu menciptakan sikap positif terhadap perusahaan yang dapat mendorong pelanggan untuk membeli produk atau layanannya.

3. Perceived quality

Meningkatkan nilai akan meningkatkan pengalaman pelanggan dan penjualan. Kualitas yang dimaksud disini adalah ketika pelanggan menilai kualitas produk berdasarkan pengalaman merek secara keseluruhan. 

Produk itu sendiri mungkin bagus, tetapi jika pelanggan tidak memiliki pengalaman yang baik dengan merek tersebut, mereka cenderung tidak bereaksi positif terhadap produk dan merek tersebut.

4. Brand Loyalty

Loyalitas merek terdiri dari pengalaman masa lalu dan saat ini dengan merek, brand awareness, dan brand attributes. Meskipun loyalitas merek sebagian besar adalah preferensi pelanggan, membangun kualitas merek lain ini akan memungkinkan Anda meningkatkan margin keuntungan dan mendapatkan kontrol lebih besar atas pengaruh pelanggan Anda.

Tentu saja, hal ini karena brand loyalty akan berbanding lurus dengan tingkat retensi pelanggan.

5. Proprietary assets

Proprietary assets atau aset eksklusif, komponen terakhir dari brand equity dalam model Aaker, mengacu pada aset tidak berwujud dari merek. Aset ini mungkin termasuk paten, merek dagang, hak cipta, atau hak kekayaan intelektual. 

Meskipun tidak memiliki nilai uang, aset ini dapat meningkatkan reputasi perusahaan. Mengembangkan aset hak milik dapat memberi perusahaan keunggulan atas pesaing mereka dengan menciptakan lebih banyak ekuitas merek, menurut model Aaker.

Misalnya saja seperti iPhone yang mempertahankan iOS sebagai aset tak berbentuk dari brand Apple. 

Cara Menerapkan Brand Equity

Lantas, bagaimana cara menerapkan brand equity yang kuat? Berikut beberapa langkahnya.

Langkah 1 – Identitas brand: bangun awareness.

Mulailah dari dasar dengan menentukan identitas merek. Bangun basic awareness akan merek Anda. Pastikan pelanggan mengenali merek Anda dan melihatnya sesuai keinginan Anda.

Langkah 2 – Arti: komunikasikan arti merek Anda.

Ketahui apa arti merek Anda (kinerja) dan apa artinya untuk publik (citra). Kinerja menjelaskan seberapa baik produk Anda memenuhi kebutuhan pelanggan. Citra mengacu pada aspek sosial dan psikologis. 

Misalnya, sebuah perusahaan yang benar-benar berkomitmen untuk bertanggung jawab terhadap lingkungan akan membangun loyalitas dari pelanggan dan menarik karyawan yang mengidentifikasi dan mendukung nilai-nilai tersebut. Anda dapat mengembangkan makna merek yang lebih besar melalui pemasaran bertarget, dari mulut ke mulut, dan pengalaman pelanggan langsung yang positif.

Langkah 3 – Tanggapan: bentuk ulang cara pelanggan berpikir dan merasa tentang merek Anda.

Pelanggan merespons merek Anda melalui penilaian dan perasaan. Penilaian berkaitan dengan hal-hal seperti kualitas, kredibilitas, seberapa relevan produk Anda dengan kebutuhan pelanggan, dan apakah merek Anda lebih unggul dari pesaing Anda. Perasaan positif dapat mencakup kehangatan, kesenangan, kegembiraan, keamanan, persetujuan sosial, dan harga diri.

Langkah 4 – Hubungan: bangun ikatan yang lebih dalam dengan pelanggan.

Level yang paling kuat – dan sulit dicapai – dalam piramida brand equity adalah resonansi. Hal ini mengacu pada bagaimana sebuah merek membangun hubungan pelanggan yang lebih dalam. Jika Anda berhasil mencapai hal ini, berarti pelanggan Anda telah membentuk ikatan psikologis yang mendalam dengan merek Anda. Mereka melakukan pembelian berulang dan merasakan keterikatan dengan merek atau produk Anda. Mereka mungkin merasakan kebersamaan dengan konsumen lain dan perwakilan perusahaan. Dan mereka dapat secara aktif terlibat sebagai brand ambassador dengan ikut serta dalam obrolan online, menghadiri acara, atau mengikuti merek Anda di media sosial, seperti Twitter atau Facebook.

Baca juga: Interactive Marketing: Strategi Ampuh Digital Marketing

Meningkatkan Brand Equity Melalui Omnichannel

Brand equity merupakan indikator utama kekuatan dan kinerja perusahaan, khususnya di pasar publik. Seringkali, perusahaan dalam industri atau sektor yang sama bersaing dalam ekuitas merek.

Tetapi tahukah Anda, melakukan strategi untuk meningkatkan hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan omnichannel messaging platform yang baik. Lewat omnichannel messaging platform seperti OneTalk by TapTalk.io, Anda sudah memastikan bahwa merek Anda berada di semua saluran perpesanan yang mungkin dimiliki oleh calon pelanggan Anda. Hal ini karena Anda telah mengintegrasikan berbagai platform perpesanan dalam satu dasbor, membuat semua pesan yang masuk dapat direspon lebih mudah.

Dengan demikian, komunikasi yang lebih dalam dapat tercapai dan Anda dapat mengkomunikasikan identitas brand melalui dukungan pelanggan yang baik. Tidak hanya itu, Anda juga menyediakan komunikasi berkualitas karena agent customer service Anda akan didukung dengan fitur-fitur tambahan.

Mulai dari fitur tambahan WhatsApp Business API, fitur analitik, Disposition, Case Detail, hingga Chatbot, semua bisa Anda sediakan untuk pelanggan Anda.

Hubungi agent di sini kami untuk informasi lebih lanjut.

Related Posts