pt tap talk teknologi blog

Cara Bank Meningkatkan Engagement Nasabah di masa #NewNormal

By Ardian
16 / 11 / 2020

Selama pandemi COVID-19 (corona virus), aktivitas sehari-hari kita menjadi lebih terbatas. Sebagian dari kita mungkin akan lebih memilih berada di dalam rumah saja dan sisanya akan menjalankan aktivitasnya di era #NewNormal sesuai dengan protokol kesehatan. Meskipun kita sedang melalui sebuah masa yang belum pernah terjadi sebelumnya, kita bisa memanfaatkan peluang yang ada. Misalnya adalah meningkatkan customer engagement. Banyak bank yang memanfaatkan momen ini untuk mempercepat transformasi digital keterlibatan nasabah mereka. Mereka menggunakan web, mobile app, atau chat messenger app sebagai marketing dan sales tools untuk berkomunikasi.

Mengapa customer engagement penting dalam perbankan?

Perbankan selalu menjadi sektor yang berfokus pada pelanggan. Etos sentimen ini didorong lebih jauh oleh banyaknya transaksi yang sekarang terjadi di internet. Selain itu, kepercayaan merupakan aspek terpenting dalam dunia perbankan. Sangat penting untuk membangun kepercayaan dengan mengutamakan aktivitas keterlibatan pelanggan.

Meningkatkan Engagement Nasabah

Berikut adalah beberapa manfaat nyata dari customer engagement strategy yang terencana dengan baik:

1. Pendapatan Meningkat

Pelanggan yang terlibat secara aktif terbuka untuk menjajaki peluang investasi dan produk keuangan lain di dalam bank. Hal ini akan membantu meningkatkan pendapatan bank.

2. Menjadi Bank Utama yang Sering Digunakan

Sudah menjadi praktik umum bagi setiap individu untuk memiliki banyak rekening di bank yang berbeda. Jika Anda berhasil melibatkan pelanggan sepenuhnya dengan jenis aktivitas keterlibatan pelanggan yang tepat, bank Anda menjadi bank utama untuk semua kebutuhan perbankan pelanggan Anda. 

Proses keterlibatan pelanggan yang solid akan membantu pelanggan Anda memahami bahwa bank Anda mampu menangani semua kebutuhan keuangan mereka. Mereka tidak harus mengkhawatirkan pilihan yang berbeda untuk kebutuhan keuangan yang berbeda.

3. Secara Tidak Langsung, Pelanggan Anda menjadi Brand Ambassador

Jika pelanggan Anda sangat puas dengan layanan yang Anda berikan, mereka akan dengan sendirinya menjadi brand ambassador. Artinya, mereka secara tidak langsung memperkenalkan bank Anda kepada teman dan keluarganya dengan cara menceritakan pengalaman baik mereka dalam menggunakan bank Anda.

Perbankan menjadi lebih mudah dengan teknologi dan layanan baru. Hal ini mengubah cara kita berpikir tentang perbankan, uang kita dan aplikasi serta kemampuan teknologi. Transformasi digital semakin diakui sebagai prioritas oleh industri perbankan ritel, tetapi masih banyak bank yang masih belum mengaitkan digitalisasi dan penghematan biaya.

Customer mendambakan pengalaman yang sederhana dan langsung. Artinya, perusahaan harus siap, tanggap, dan sudah mengantisipasi pertanyaan atau masalah apa yang mungkin dimiliki pelanggan - terdengar jelas tetapi itu adalah sesuatu yang tidak dilakukan dengan baik oleh bank saat ini. Pelanggan harus merasa bahwa bank mereka tidak hanya mudah dihubungi, tetapi merupakan mitra bagi mereka dan ada untuk mengulurkan 'uluran tangan'.

Konsumen terlibat dengan bank mereka dengan cara mengunjungi kantor cabang, situs web, menggunakan mobile app, menelepon customer service, dan berhubungan melalui obrolan/email.  Pada saat pandemi ini, tentunya tidak mungkin bagi nasabah untuk mengunjungi langsung kantor cabang terdekat. Mereka akan mencari cara lain untuk menghindari tempat yang ramai atau mengurangi kontak/interaksi langsung. Sehingga memberikan layanan terbaik di seluruh saluran channel online menjadi jawabannya. 

Umumnya di setiap website bank, terdapat kolom contact us untuk berhubungan langsung dengan customer service perbankan. Nasabah dapat menghubungi dengan cara menelepon, mengirim pesan melalui WhatsApp atau sms, serta mengirim e-mail. Tentunya setiap bank menggunakan nama atau channel yang kredibel. Misalnya alamat email yang menggunakan nama bank (customerservice@bank.com) bukan menggunakan host email yang sering digunakan banyak orang (seperti @gmail, @yahoo, dan lainnya). Bank juga bisa menggunakan WhatsApp verified atau centang hijau. Tanda ini menunjukkan bahwa WhatsApp tersebut merupakan channel resmi dari bank.

Untuk mempermudah berkomunikasi dengan nasabah, bank dapat menggunakan layanan omnichannel. Omnichannel adalah pendekatan terintegrasi untuk proses yang berpusat pada pelanggan di mana beberapa channel digabungkan menjadi satu sistem manajemen untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan pengalaman customer. Dapat dikatakan bahwa omnichannel adalah social messaging solution

Salah satu produk omnichannel yang bisa bank atau Anda yang ingin memiliki usaha gunakan adalah OneTalk. OneTalk merupakan produk Omnichannel Customer Engagement dari TapTalk.io yang bertujuan meningkatkan efisiensi dan kualitas hubungan dengan nasabah/customer.

Messanging channel yang didukung OneTalk.io adalah WhatsApp, Telegram, Facebook Messenger, Twitter DM, LINE, Instagram, Email, dan lainnya. 

Baca juga: Tips untuk melakukan social media marketing lewat Instagram

TapTalk.io menyediakan WhatsApp yang ber-badge hijau/lencana terverifikasi untuk WhatsApp Official Business API. Artinya WhatsApp anda memiliki tingkat kredibilitas yang lebih tinggi dibanding WhatsApp pada umumnya. Selain itu, terdapat fitur Working Hours & Automated Messages, Anda dapat menginformasikan jam kerja Anda ke customer dan membalas mereka dengan pesan otomatis ketika customer Anda menghubungi Anda di luar jam kerja.

Share this article

Related Posts

By Jessica Jacob

10 / 06 / 2022

Customer loyalty dan customer retention adalah bagian penting dari strategi bisnis. Mampu mengukur dan mengelola keduanya adalah bagian penting untuk berhasil di pasar mana pun.  Hari ini kita akan membahas perbedaan antara customer loyalty dan customer retention– menggali lebih dalam tentang cara mengukur keduanya dan bagaimana keduanya memainkan peran kunci dalam pertumbuhan sebuah bisnis. Mari […]

Read More

By Ardian

05 / 11 / 2020

An extremely important part of growing a profitable company is managing customer retention. According to a Harvard Business School study, growing customer retention rates by only 5% will increase the earnings of a company by 25-95%. What is customer retention? Customer retention is a series of practices targeted at retaining consumers and converting them into […]

Read More

By Regita

15 / 05 / 2021

Apakah Anda masih memakai SMS? Di zaman yang serba internet, mungkin kalian sudah tidak menggunakan SMS dan memilih aplikasi chatting lainnya,seperti WhatsApp.  Orang beralih menggunakan WhatsApp karena fiturnya lebih lengkap, serta harganya lebih murah dibandingkan SMS. Selain itu, jumlah kata yang Anda tulis juga tidak terbatas seperti SMS. Anda bisa mengirim pesan sepanjang apa pun […]

Read More
1 2 3 77
TapTalk
PowerTalk
OneTalk
SendTalk
whatsappfacebooktwitterinstagramlinkedin

Reach us by phone at (021) 27939266

Jl. Kyai Maja No.25c, RT.12/RW.2, Gunung, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12120

© 2020 - 2021 TapTalk.io (PT Tap Talk Teknologi)

tap talk logo for footer