Selama pandemi COVID-19 (corona virus), aktivitas sehari-hari kita menjadi lebih terbatas. Sebagian dari kita mungkin akan lebih memilih berada di dalam rumah saja dan sisanya akan menjalankan aktivitasnya di era #NewNormal sesuai dengan protokol kesehatan. Meskipun kita sedang melalui sebuah masa yang belum pernah terjadi sebelumnya, kita bisa memanfaatkan peluang yang ada. Misalnya adalah meningkatkan customer engagement. Banyak bank yang memanfaatkan momen ini untuk mempercepat transformasi digital keterlibatan nasabah mereka. Mereka menggunakan web, mobile app, atau chat messenger app sebagai marketing dan sales tools untuk berkomunikasi.
Table of Contents
Perbankan selalu menjadi sektor yang berfokus pada pelanggan. Etos sentimen ini didorong lebih jauh oleh banyaknya transaksi yang sekarang terjadi di internet. Selain itu, kepercayaan merupakan aspek terpenting dalam dunia perbankan. Sangat penting untuk membangun kepercayaan dengan mengutamakan aktivitas keterlibatan pelanggan.
Berikut adalah beberapa manfaat nyata dari customer engagement strategy yang terencana dengan baik:
Pelanggan yang terlibat secara aktif terbuka untuk menjajaki peluang investasi dan produk keuangan lain di dalam bank. Hal ini akan membantu meningkatkan pendapatan bank.
Sudah menjadi praktik umum bagi setiap individu untuk memiliki banyak rekening di bank yang berbeda. Jika Anda berhasil melibatkan pelanggan sepenuhnya dengan jenis aktivitas keterlibatan pelanggan yang tepat, bank Anda menjadi bank utama untuk semua kebutuhan perbankan pelanggan Anda.
Proses keterlibatan pelanggan yang solid akan membantu pelanggan Anda memahami bahwa bank Anda mampu menangani semua kebutuhan keuangan mereka. Mereka tidak harus mengkhawatirkan pilihan yang berbeda untuk kebutuhan keuangan yang berbeda.
Jika pelanggan Anda sangat puas dengan layanan yang Anda berikan, mereka akan dengan sendirinya menjadi brand ambassador. Artinya, mereka secara tidak langsung memperkenalkan bank Anda kepada teman dan keluarganya dengan cara menceritakan pengalaman baik mereka dalam menggunakan bank Anda.
Perbankan menjadi lebih mudah dengan teknologi dan layanan baru. Hal ini mengubah cara kita berpikir tentang perbankan, uang kita dan aplikasi serta kemampuan teknologi. Transformasi digital semakin diakui sebagai prioritas oleh industri perbankan ritel, tetapi masih banyak bank yang masih belum mengaitkan digitalisasi dan penghematan biaya.
Customer mendambakan pengalaman yang sederhana dan langsung. Artinya, perusahaan harus siap, tanggap, dan sudah mengantisipasi pertanyaan atau masalah apa yang mungkin dimiliki pelanggan - terdengar jelas tetapi itu adalah sesuatu yang tidak dilakukan dengan baik oleh bank saat ini. Pelanggan harus merasa bahwa bank mereka tidak hanya mudah dihubungi, tetapi merupakan mitra bagi mereka dan ada untuk mengulurkan 'uluran tangan'.
Konsumen terlibat dengan bank mereka dengan cara mengunjungi kantor cabang, situs web, menggunakan mobile app, menelepon customer service, dan berhubungan melalui obrolan/email. Pada saat pandemi ini, tentunya tidak mungkin bagi nasabah untuk mengunjungi langsung kantor cabang terdekat. Mereka akan mencari cara lain untuk menghindari tempat yang ramai atau mengurangi kontak/interaksi langsung. Sehingga memberikan layanan terbaik di seluruh saluran channel online menjadi jawabannya.
Umumnya di setiap website bank, terdapat kolom contact us untuk berhubungan langsung dengan customer service perbankan. Nasabah dapat menghubungi dengan cara menelepon, mengirim pesan melalui WhatsApp atau sms, serta mengirim e-mail. Tentunya setiap bank menggunakan nama atau channel yang kredibel. Misalnya alamat email yang menggunakan nama bank (customerservice@bank.com) bukan menggunakan host email yang sering digunakan banyak orang (seperti @gmail, @yahoo, dan lainnya). Bank juga bisa menggunakan WhatsApp verified atau centang hijau. Tanda ini menunjukkan bahwa WhatsApp tersebut merupakan channel resmi dari bank.
Untuk mempermudah berkomunikasi dengan nasabah, bank dapat menggunakan layanan omnichannel. Omnichannel adalah pendekatan terintegrasi untuk proses yang berpusat pada pelanggan di mana beberapa channel digabungkan menjadi satu sistem manajemen untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan pengalaman customer. Dapat dikatakan bahwa omnichannel adalah social messaging solution.
Salah satu produk omnichannel yang bisa bank atau Anda yang ingin memiliki usaha gunakan adalah OneTalk. OneTalk merupakan produk Omnichannel Customer Engagement dari TapTalk.io yang bertujuan meningkatkan efisiensi dan kualitas hubungan dengan nasabah/customer.
Messanging channel yang didukung OneTalk.io adalah WhatsApp, Telegram, Facebook Messenger, Twitter DM, LINE, Instagram, Email, dan lainnya.
Baca juga: Tips untuk melakukan social media marketing lewat Instagram
TapTalk.io menyediakan WhatsApp yang ber-badge hijau/lencana terverifikasi untuk WhatsApp Official Business API. Artinya WhatsApp anda memiliki tingkat kredibilitas yang lebih tinggi dibanding WhatsApp pada umumnya. Selain itu, terdapat fitur Working Hours & Automated Messages, Anda dapat menginformasikan jam kerja Anda ke customer dan membalas mereka dengan pesan otomatis ketika customer Anda menghubungi Anda di luar jam kerja.
By Ardian
Setiap software yang dimiliki oleh perusahaan mana pun diharapkan memiliki ciri tampilan yang khas sehingga menarik bagi konsumen, karakteristik tersebut dikenal dengan istilah desain. Oleh karena itu, suatu software harus didesain dengan spesial agar bisa menarik perhatian pelanggan dan juga memberikan nilai bagi mereka. Desain suatu software adalah kesan pertama yang dimiliki pelanggan tentang perusahaan […]
By Ardian
Ketika kita mendengar “pemasaran lewat media sosial”, platform sosial seperti Facebook dan Twitter langsung muncul di benak Anda. Namun, aplikasi messenger seperti WhatsApp telah mengikuti jejaring sosial utama dalam hal basis pengguna, dan itulah mengapa Anda memerlukan strategi pemasaran WhatsApp. Pada Januari 2018, WhatsApp meluncurkan Aplikasi Bisnis WhatsApp yang sangat dinanti-nantikan ke pasar terbatas. Sejak […]
By Jessica Jacob
YouGov 2021 International FMCG/CPG report: Consumer Goods in Crisis reveals changes in FMCG/FMCG consumption in Singapore since the pandemic. Two of five (38%) of Singaporeans say they have purchased groceries or household necessities through an online supermarket, and more than two in five (46%) have done so in April 2021. Nearly two-thirds (63%) agree that […]
Reach us by phone at (021) 27939266
© 2020 - 2021 TapTalk.io (PT Tap Talk Teknologi)