pt tap talk teknologi blog
Kelebihan Chatbot VS Call Centre Konvensional

Kelebihan Chatbot VS Call Centre Konvensional

By Jessica Jacob
21 / 10 / 2022

Apa saja kelebihan chatbot vs call centre? Menghubungi customer service melalui call center seringkali bisa menjadi pengalaman yang menantang. Hal ini dikarenakan pengalaman yang tidak selalu memenuhi harapan penelepon. 

Harus menunggu agent, mengulangi informasi dari satu agent ke agent berikutnya, dan akhirnya menghabiskan terlalu banyak waktu. Semua itu dapat menyebabkan proses perjalanan pelanggan yang panjang dan seringkali membuat mereka frustrasi. 

Kini, AI (Artificial Intelligence) memainkan peran dalam meningkatkan pengalaman pelanggan melalui chatbot - asisten atau robot virtual yang cerdas dan alami. 

Kelebihan Chatbot VS Call Centre Konvensional

Chatbot ini dapat mengenali percakapan manusia dan memahami maksud mereka tanpa mengharuskan pelanggan untuk berbicara dalam frasa tertentu. 

Pelanggan dapat melakukan kegiatan seperti mengubah kata sandi, periksa saldo pada akun, atau menjadwalkan janji temu, tanpa perlu berbicara dengan agent.

Selain itu, chatbot juga memiliki sejumlah kelebihan lainnya jika dibanding dengan call centre konvensional. Yuk, simak kelebihan chatbot vs call centre berikut!

Apa Saja Kelebihan Chatbot untuk Bisnis? 

Apa Saja Kelebihan Chatbot untuk Bisnis? 

1. Tidak Ada Waktu Tunggu

Ini mungkin manfaat yang paling jelas dari chatbot, tetapi tetap sangat penting dalam hal mengoptimalkan pengalaman pelanggan.

Pelanggan sama sekali tidak suka menunggu—waktu tunggu apa pun dapat menyebabkan frustrasi dan potensi churn. Pada saat yang sama, tidak masuk akal secara teori dan praktiknya untuk memiliki  banyak agent yang siap untuk menanggapi setiap obrolan yang masuk secara instan. 

Chatbot adalah cara yang lebih cerdas dan efisien untuk memastikan bahwa pelanggan menerima respons instan sesuai seperti yang mereka harapkan.

2. Proses Tukar/ Perpindahan Agent Diminimalkan

Manfaat tambahan dari chatbot adalah mereka mengklasifikasikan masalah untuk membantu mengarahkan tiket ke agent yang tepat untuk pertama kalinya.

Memiliki orang yang langsung menjawab pertanyaan awal dan kemudian secara manual mengkategorikan (atau menugaskan) tiket membutuhkan waktu. 

Chatbot yang dikombinasikan dengan routing otomatis dapat menangani proses ini secara akurat dan instan, sehingga mengurangi waktu dan biaya yang terkait dengan pemindahan pelanggan antar divisi yang berbeda.

3. Penyelesaian Masalah Lebih Cepat

Memberikan tanggapan langsung sangatlah berharga, tetapi bisa memberikan solusi yang cepat bisa dibilang lebih penting bagi pelanggan.

Pelanggan tidak hanya ingin didengar, mereka menginginkan tindakan cepat. Dengan chatbot yang mengumpulkan informasi tentang pelanggan dan masalah sebelumnya, agent akan dipersenjatai dengan semua data yang mereka butuhkan untuk menyelesaikan masalah secara efisien. 

Manfaat tambahannya adalah jika pelanggan memiliki pertanyaan lanjutan, agent juga dapat menjawabnya secara real time.

4. Peningkatan Layanan Mandiri

Layanan mandiri bukanlah hal baru, tetapi ketika dilapisi dengan machine learning dan interface chatbot, itu dapat memberikan nilai tambah yang bagus. 

Secara historis, chatbot telah menerima reputasi buruk karena merutekan dan merespons pelanggan secara tidak akurat. Namun, dengan machine learning dan data yang ditingkatkan, chatbot dapat mengarahkan pelanggan dengan lebih efisien ke jawaban yang benar-benar akan membantu mereka. 

Ini secara bersamaan akan meningkatkan kepuasan pelanggan.

5. Pengoptimalan Biaya

Chatbot dapat menghemat hingga 30% dari biaya dukungan pelanggan dengan layanan yang berkualitas. Ia dapat menangani banyak tiket pada saat yang sama tanpa ada penundaan, sambil menjaga biaya tetap terkendali. 

Chatbot mampu melakukan penyempurnaan yang konstan dan otomatis. Mereka dilatih melalui pertanyaan pengguna dan memahaminya untuk memberikan respons terbaik.

6. Peningkatan Brand Awareness 

Selain membantu klien, chatbot juga dapat menjadi brand ambassador untuk bisnis. Beri nama, kepribadian, mungkin wajah juga dan calon pelanggan akan mulai mengaitkan brand dengan chatbot Anda. Siri dan Alexa adalah contoh langsung dari strategi ini.

7. Menjangkau Orang di Semua Channel

Chatbot tidak hanya berfungsi di obrolan situs web, tetapi juga dapat digunakan di seluruh aplikasi messaging, seperti Facebook Messenger, WhatsApp, Twitter, Instagram, dan lainnya.

Hal ini memungkinkan perusahaan untuk melayani pelanggan mereka di channel yang pelanggan ingin gunakan untuk berkomunikasi dengan brand. 

Baca juga: Cara Praktis & Lengkap Menggunakan Chatbot WhatsApp

Perbedaan Utama antara Chatbot VS Call Center Konvensional

Meskipun chatbot dan call center memungkinkan pelanggan menghubungi agent customer service, mereka berbeda dalam banyak hal. Perbedaan tersebut antara lain sebagai berikut:

1. Biaya

Dukungan chatbot biasanya lebih efisien untuk organisasi daripada dukungan call center karena agent dan chatbot dapat menangani banyak pelanggan secara bersamaan.

2. Potensi Penjualan 

Chatbot dapat menggunakan obrolan proaktif untuk memulai percakapan dengan calon pelanggan saat mereka menjelajahi situs web organisasi. 

Pendekatan ini memungkinkan chatbot mengubah prospek menjadi pelanggan baru. Di sisi lain, pelanggan lah yang biasanya memulai interaksi jika menggunakan call center.

Baca juga: 5 Langkah Mudah Cara Membuat Bot di WhatsApp, Dijamin Cepat!

Memilih Chatbot yang Tepat untuk Bisnis Anda

Ketika mencari penyedia layanan chatbot, Anda juga harus mencari chatbot yang menawarkan fitur omnichannel yang mudah.

Carilah chatbot yang telah terintegrasi dalam omnichannel.

Sebagai contoh kasus, pelanggan Anda pertama kali mengirim pesan melalui Instagram, kemudian melalui WhatsApp, atau Facebook.

Dia membicarakan hal yang sama di 3 saluran yang berbeda. Namun, apakah agent Anda tahu bahwa 3 pelanggan ini sama? Kemungkinan besar mereka tidak mengetahuinya.

Oleh karena itu, Anda perlu mencari chatbot yang memiliki fitur terhubungan dengan semua percakapan dari semua channel dan membawanya ke dalam 1 inbox.

Chatbot yang bagus dapat membantu Anda mencapai kebutuhan bisnis seperti menawarkan keterlibatan pelanggan secara real-time, dukungan sepanjang waktu, memberikan resolusi instan, dan mengalihkan jumlah permintaan pelanggan online.

Siap untuk menggunakan chatbot? Anda dapat menggunakan Omnichannel OneTalk by TapTalk.io sebagai platform chatbot Anda.

OneTalk adalah salah satu platform chatbot terbaik di Indonesia. Ada banyak hal yang bisa Anda personalisasi di chatbot ini. Contohnya, Anda bisa mengaplikasikan chatbot pada aplikasi messenger yang Anda miliki

Jadi tunggu apa lagi? Yuk, klik di sini untuk mengobrol dengan agent kami dan melihat lebih banyak fitur chatbot.

Share this article

Related Posts

By Ardian

20 / 11 / 2020

Every business's goal is to sell something to somebody. Whether it is a product, service, or data, for a price, the company has something it offers to its customers. It seems like the point of sales strategies and marketing strategies is the same for that reason, that is to sell the products of services.  But […]

Read More

By Jessica Jacob

09 / 05 / 2022

Pelanggan selalu mengharapkan interaksi yang bermakna ketika mereka menghubungi sebuah bisnis. Mereka juga menginginkan jawaban yang konsisten untuk pertanyaan mereka baik untuk tujuan sales, marketing, atau mendapatkan bantuan. Tanggapan yang cepat dan relevan selalu menambah nilai komunikasi yang baik. Sayangnya, sebagian besar agent customer service masih belum cukup terlatih untuk memahami alur dan seluk-beluk percakapan […]

Read More

By Ardian

03 / 11 / 2020

Dahulu, branding didefinisikan sebagai nama, slogan, tanda, simbol atau desain, atau kombinasi dari elemen-elemen tersebut, yang membedakan satu perusahaan, produk, atau layanan dari yang lain. Saat ini, branding menjadi lebih kompleks dan bahkan lebih penting. Branding, secara konvensional, adalah praktik pemasaran di mana perusahaan membuat nama, simbol, atau desain yang mudah diidentifikasi sebagai milik perusahaan. […]

Read More
1 2 3 58
TapTalk
PowerTalk
OneTalk
SendTalk
whatsappfacebooktwitterinstagramlinkedin

Reach us by phone at (021) 27939266

Jl. Kyai Maja No.25c, RT.12/RW.2, Gunung, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12120

© 2020 - 2021 TapTalk.io (PT Tap Talk Teknologi)

tap talk logo for footer