pt tap talk teknologi blog
Kelebihan Chatbot VS Call Centre Konvensional

Kelebihan Chatbot VS Call Centre Konvensional

By Jessica Jacob
21 / 10 / 2022

Apa saja kelebihan chatbot vs call centre? Menghubungi customer service melalui call center seringkali bisa menjadi pengalaman yang menantang. Hal ini dikarenakan pengalaman yang tidak selalu memenuhi harapan penelepon. 

Harus menunggu agent, mengulangi informasi dari satu agent ke agent berikutnya, dan akhirnya menghabiskan terlalu banyak waktu. Semua itu dapat menyebabkan proses perjalanan pelanggan yang panjang dan seringkali membuat mereka frustrasi. 

Kini, AI (Artificial Intelligence) memainkan peran dalam meningkatkan pengalaman pelanggan melalui chatbot - asisten atau robot virtual yang cerdas dan alami. 

Kelebihan Chatbot VS Call Centre Konvensional

Chatbot ini dapat mengenali percakapan manusia dan memahami maksud mereka tanpa mengharuskan pelanggan untuk berbicara dalam frasa tertentu. 

Pelanggan dapat melakukan kegiatan seperti mengubah kata sandi, periksa saldo pada akun, atau menjadwalkan janji temu, tanpa perlu berbicara dengan agent.

Selain itu, chatbot juga memiliki sejumlah kelebihan lainnya jika dibanding dengan call centre konvensional. Yuk, simak kelebihan chatbot vs call centre berikut!

Apa Saja Kelebihan Chatbot untuk Bisnis? 

Apa Saja Kelebihan Chatbot untuk Bisnis? 

1. Tidak Ada Waktu Tunggu

Ini mungkin manfaat yang paling jelas dari chatbot, tetapi tetap sangat penting dalam hal mengoptimalkan pengalaman pelanggan.

Pelanggan sama sekali tidak suka menunggu—waktu tunggu apa pun dapat menyebabkan frustrasi dan potensi churn. Pada saat yang sama, tidak masuk akal secara teori dan praktiknya untuk memiliki  banyak agent yang siap untuk menanggapi setiap obrolan yang masuk secara instan. 

Chatbot adalah cara yang lebih cerdas dan efisien untuk memastikan bahwa pelanggan menerima respons instan sesuai seperti yang mereka harapkan.

2. Proses Tukar/ Perpindahan Agent Diminimalkan

Manfaat tambahan dari chatbot adalah mereka mengklasifikasikan masalah untuk membantu mengarahkan tiket ke agent yang tepat untuk pertama kalinya.

Memiliki orang yang langsung menjawab pertanyaan awal dan kemudian secara manual mengkategorikan (atau menugaskan) tiket membutuhkan waktu. 

Chatbot yang dikombinasikan dengan routing otomatis dapat menangani proses ini secara akurat dan instan, sehingga mengurangi waktu dan biaya yang terkait dengan pemindahan pelanggan antar divisi yang berbeda.

3. Penyelesaian Masalah Lebih Cepat

Memberikan tanggapan langsung sangatlah berharga, tetapi bisa memberikan solusi yang cepat bisa dibilang lebih penting bagi pelanggan.

Pelanggan tidak hanya ingin didengar, mereka menginginkan tindakan cepat. Dengan chatbot yang mengumpulkan informasi tentang pelanggan dan masalah sebelumnya, agent akan dipersenjatai dengan semua data yang mereka butuhkan untuk menyelesaikan masalah secara efisien. 

Manfaat tambahannya adalah jika pelanggan memiliki pertanyaan lanjutan, agent juga dapat menjawabnya secara real time.

4. Peningkatan Layanan Mandiri

Layanan mandiri bukanlah hal baru, tetapi ketika dilapisi dengan machine learning dan interface chatbot, itu dapat memberikan nilai tambah yang bagus. 

Secara historis, chatbot telah menerima reputasi buruk karena merutekan dan merespons pelanggan secara tidak akurat. Namun, dengan machine learning dan data yang ditingkatkan, chatbot dapat mengarahkan pelanggan dengan lebih efisien ke jawaban yang benar-benar akan membantu mereka. 

Ini secara bersamaan akan meningkatkan kepuasan pelanggan.

5. Pengoptimalan Biaya

Chatbot dapat menghemat hingga 30% dari biaya dukungan pelanggan dengan layanan yang berkualitas. Ia dapat menangani banyak tiket pada saat yang sama tanpa ada penundaan, sambil menjaga biaya tetap terkendali. 

Chatbot mampu melakukan penyempurnaan yang konstan dan otomatis. Mereka dilatih melalui pertanyaan pengguna dan memahaminya untuk memberikan respons terbaik.

6. Peningkatan Brand Awareness 

Selain membantu klien, chatbot juga dapat menjadi brand ambassador untuk bisnis. Beri nama, kepribadian, mungkin wajah juga dan calon pelanggan akan mulai mengaitkan brand dengan chatbot Anda. Siri dan Alexa adalah contoh langsung dari strategi ini.

7. Menjangkau Orang di Semua Channel

Chatbot tidak hanya berfungsi di obrolan situs web, tetapi juga dapat digunakan di seluruh aplikasi messaging, seperti Facebook Messenger, WhatsApp, Twitter, Instagram, dan lainnya.

Hal ini memungkinkan perusahaan untuk melayani pelanggan mereka di channel yang pelanggan ingin gunakan untuk berkomunikasi dengan brand. 

Baca juga: Cara Praktis & Lengkap Menggunakan Chatbot WhatsApp

Perbedaan Utama antara Chatbot VS Call Center Konvensional

Meskipun chatbot dan call center memungkinkan pelanggan menghubungi agent customer service, mereka berbeda dalam banyak hal. Perbedaan tersebut antara lain sebagai berikut:

1. Biaya

Dukungan chatbot biasanya lebih efisien untuk organisasi daripada dukungan call center karena agent dan chatbot dapat menangani banyak pelanggan secara bersamaan.

2. Potensi Penjualan 

Chatbot dapat menggunakan obrolan proaktif untuk memulai percakapan dengan calon pelanggan saat mereka menjelajahi situs web organisasi. 

Pendekatan ini memungkinkan chatbot mengubah prospek menjadi pelanggan baru. Di sisi lain, pelanggan lah yang biasanya memulai interaksi jika menggunakan call center.

Baca juga: 5 Langkah Mudah Cara Membuat Bot di WhatsApp, Dijamin Cepat!

Memilih Chatbot yang Tepat untuk Bisnis Anda

Ketika mencari penyedia layanan chatbot, Anda juga harus mencari chatbot yang menawarkan fitur omnichannel yang mudah.

Carilah chatbot yang telah terintegrasi dalam omnichannel.

Sebagai contoh kasus, pelanggan Anda pertama kali mengirim pesan melalui Instagram, kemudian melalui WhatsApp, atau Facebook.

Dia membicarakan hal yang sama di 3 saluran yang berbeda. Namun, apakah agent Anda tahu bahwa 3 pelanggan ini sama? Kemungkinan besar mereka tidak mengetahuinya.

Oleh karena itu, Anda perlu mencari chatbot yang memiliki fitur terhubungan dengan semua percakapan dari semua channel dan membawanya ke dalam 1 inbox.

Chatbot yang bagus dapat membantu Anda mencapai kebutuhan bisnis seperti menawarkan keterlibatan pelanggan secara real-time, dukungan sepanjang waktu, memberikan resolusi instan, dan mengalihkan jumlah permintaan pelanggan online.

Siap untuk menggunakan chatbot? Anda dapat menggunakan Omnichannel OneTalk by TapTalk.io sebagai platform chatbot Anda.

OneTalk adalah salah satu platform chatbot terbaik di Indonesia. Ada banyak hal yang bisa Anda personalisasi di chatbot ini. Contohnya, Anda bisa mengaplikasikan chatbot pada aplikasi messenger yang Anda miliki

Jadi tunggu apa lagi? Yuk, klik di sini untuk mengobrol dengan agent kami dan melihat lebih banyak fitur chatbot.

Trial Akun Demo TapTalk
Share this article

Related Posts

By Ardian

04 / 01 / 2021

Di dunia digital saat ini, kecepatan adalah yang terpenting. Ini juga berlaku untuk bisnis seperti pengiriman express, akses mudah ke produk yang ditawarkan, dan customer service. Jika Anda tidak memberikan kecepatan kepada pelanggan, mereka beralih ke bisnis serupa lainnya. Salah satu cara terbaik untuk memberikan layanan cepat kepada pelanggan Anda adalah dengan menggunakan live chat. […]

Read More

By Jessica Jacob

18 / 11 / 2022

Persepsi brand di mata publik kini menjadi lebih penting setelah perusahaan mengalihkan fokus mereka dari produsen ke konsumen. Hampir 74% pelanggan saat ini mengharapkan lebih dari merek dalam cara mereka memperlakukan pelanggan, karyawan, dan lingkungan.  Untuk tetap terdepan dalam perubahan ini, organisasi perlu mempertimbangkan bagaimana berbagai inisiatif pemasaran mereka dapat berkontribusi pada peningkatan kesadaran merek.  […]

Read More

By Ardian

02 / 03 / 2021

Ketika bisnis Anda memiliki budget terbatas, mungkin ada beberapa hal yang menjadi prioritas saat mengalokasikan dana. Tentu saja, tim produk Anda dapat menggunakan beberapa bantuan keuangan dan pemasaran, terutama periklanan. Namun, menginvestasikan anggaran ke tim customer service  Anda mungkin tampak sia-sia. Lagi pula, Anda pasti mempertimbangkan bagaimana hal itu bisa benar-benar meningkatkan sales dan marketing? […]

Read More
1 2 3 106
TapTalk
PowerTalk
OneTalk
SendTalk
whatsappfacebooktwitterinstagramlinkedin

Reach us by phone at (021) 27939266

Business Park Kebon Jeruk blok C2-3, Jl. Meruya Ilir Raya no.88, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, 11620

© 2020 - 2023 TapTalk.io (PT Tap Talk Teknologi)

tap talk logo for footer