Desain tampilan sebuah chat adalah salah satu hal yang seringkali kita sepelekan. Mungkin, Anda merasa desain chat tidak terlalu penting selama masih bisa digunakan dengan baik. Padahal, desain chat menarik adalah hal esensial yang sangat berpengaruh ke pengalaman pelanggan saat berinteraksi dengan bisnis.
Sama halnya seperti live chat. Tanpa kita sadari fitur website yang satu ini telah menjadi aksesoris yang penting untuk bisnis. Meskipun live chat terkesan sebagai ruang untuk pelanggan menghubungi Anda, tetapi fungsi sebenarnya lebih dari itu. Live chat adalah tempat pengunjung situs web atau pelanggan dapat berkomunikasi dengan perusahaan. Chat dalam hal ini bukan hanya berupa live chat, tetapi juga In-App Messaging, dan lain-lain.
Table of Contents
Kita seringkali tidak menyadari peran sesungguhnya desain chat sampai akhirnya kita mendapati keluhan pelanggan.
Seorang pengunjung situs web harus dapat mempercayai agent yang mereka hubungi. Terbatas hanya bisa menghubungi via teks membuat pelanggan perlu merasa aman dalam memberikan informasi berharga mereka kepada Anda. Seolah-olah, mereka sedang dibimbing menuju solusi dari permasalahan yang dimiliki.
Data-data yang berhubungan dengan desain chat tentu termasuk data tentang pelanggan Anda. Siapa mereka? Apa yang mereka nikmati? Bagaimana mereka berkomunikasi dengan teman, keluarga, dan kolega? Ini adalah hal-hal yang perlu Anda catat dan pertimbangkan ketika mendesain tampilan chat untuk pertama kalinya.
Warna yang sesuai untuk jendela chat berperan penting untuk memberi kesan pada pengunjung situs web. Tapi mengapa warna berpengaruh?
Pentingnya warna dalam desain berasal dari pengaruh warna pada pikiran manusia. Tanpa sadar, warna digunakan setiap hari untuk menciptakan ide, mengungkapkan pesan, memicu minat, dan membangkitkan berbagai emosi.
Memilih warna untuk jendela live chat bukan hanya tentang memilih warna favorit. Sama seperti saat mendesain situs web, warna yang dipilih untuk jendela obrolan harus sesuai dengan dan memperkuat citra brand Anda. Jika kombinasi warna yang digunakan salah, jendela live chat bisa terkesan tidak profesional. Lebih parahnya lagi, seperti jendela iklan pop-up yang tidak memiliki kredibilitas.
Dalam live chat di situs web, Anda dapat menemui dua opsi saat memulai percakapan dengan agent. Ada yang menggunakan foto avatar yang mewakili wajah asli agent tersebut, ada juga yang menggunakan lambang tertentu di banner image atau gambar banner. Gambar banner dapat terdiri dari berbagai elemen, seperti logo perusahaan, foto stok, teks sambutan, atau kombinasi elemen lainnya yang dirasa sesuai dengan perusahaan.
Gambar banner dapat disesuaikan sesuai kebutuhan. Hal ini menjadikannya elemen yang sangat multifungsi dari jendela live chat. Ini adalah pilihan yang bagus jika Anda memiliki tim desain untuk membuat gambar ini. Menggunakan gambar banner adalah pilihan yang tepat jika ingin memasukkan slogan perusahaan, atau teks lain yang tidak dapat digunakan bersama dengan avatar agent.
Jika tidak ingin menggunakan gambar banner, Anda dapat memilih untuk mengunggah logo perusahaan atau avatar agent ke jendela live chat.
Menggunakan avatar agent memberikan pengalaman live chat perusahaan yang lebih dekat dan akrab. Pengunjung situs dapat melihat dan membayangkan langsung wajah lawan bicara. Hal ini bagus untuk bisnis yang memiliki agent live chat khusus, atau membuat pelanggan bisa berkomunikasi dengan manajer akun tertentu.
Jika tidak ingin repot membuat live chat untuk situs bisnis, Anda dapat menggunakan jasa penyedia chat SDK atau In-App Messaging. Penyedia jasa ini biasanya menyediakan fitur kustomisasi untuk disesuaikan dengan brand.
PowerTalk by TapTalk.io akan membuat Anda terhindar dari segala kerumitan menyusun live chat dan In-App Messaging. PowerTalk memberikan pengalaman terbaik kepada pengguna dengan interface yang siap pakai. Bahkan, Anda dapat mengembangkan interface sendiri dan membuatnya berinteraksi sesuai keinginan menggunakan fitur Custom Interface.
Dengan PowerTalk, Live Chat dan In-App Messaging menjadi lebih dari sekadar platform chat. Anda dapat melakukan interaksi dengan lebih intens dengan pelanggan, bahkan mendapatkan data MAU, DAU, dan data Push Notification lainnya seputar interaksi dengan pelanggan menggunakan Chat Analytics.
Ingin tahu lebih lanjut? Kami siap menjawab pertanyaan Anda untuk mengenal PowerTalk lebih jauh. Yuk, hubungi kami di sini.
By Jessica Jacob
Semua bisnis pasti ingin mendapatkan pelanggan baru. Namun, apakah Anda tahu apa yang lebih penting? Jawabannya adalah mempertahankan pelanggan yang sudah ada atau retensi pelanggan atau customer retention. Retensi pelanggan akan mendorong peningkatan pendapatan karena pelanggan lama kembali berbelanja di toko Anda. Namun, untuk mendapatkannya perlu memberikan pengalaman terbaik untuk meningkatkan loyalitas pelanggan. Mengelola retensi […]
By Jessica Jacob
Table of Contents Dive Your Marketing Deeper with Telegram BusinessWhat is TelegramAll the things you can do in Telegram App1. Telegram Group2. Telegram Channels3. Telegram PassportWhat is Telegram ChannelEngagement in Telegram ChannelInstead of WhatsApp, Why Use Telegram for Your Marketing Tools?Telegram Business AccountsHow to create a telegram business accountTelegram Business Best PracticesFind Your Customers on […]
By Jessica Jacob
Setiap bisnis yang bergelut dengan strategi marketing online pasti pernah mendengar kata conversion rate. Kita juga sering mendengar istilah ini sehari-hari misalnya, “Conversion rate untuk industri e-commerce memiliki peningkatan tahun ini” atau “Bulan ini, conversion rate dari media sosial meningkat tajam”. Conversion rate dapat dikatakan menjadi salah satu tolak ukur keberhasilan strategi marketing online yang […]
Reach us by phone at (021) 27939266
© 2020 - 2023 TapTalk.io (PT Tap Talk Teknologi)