pt tap talk teknologi blog
bisnis kecantikan

Bisnis Kecantikan Jadi Lebih Mudah dengan Omnichannel

By Jessica Jacob
17 / 10 / 2021

Selama pandemi, hampir semua bisnis beralih dan fokus ke penjualan online. Mengalihkan promosi lewat e-commerce, sosial media, dan lainnya. Sama seperti bisnis online lainnya, bisnis kecantikan juga bisa mulai menyesuaikan new normal. Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah mengubah teknik marketing dengan strategi omnichannel.

Sebuah studi pada 2020 menunjukkan bisnis yang mengintegrasikan setidaknya tiga channel, sukses mengalami peningkatan penjualan hingga 287%. Di luar negeri sudah banyak brand kecantikan yang menerapkan omnichannel ke dalam strategi marketingnya, seperti Sephora, MAC, NYX, Glossier, dan lainnya.

bisnis kecantikan

Baca juga: Ini Dia 7 Keuntungan Menggunakan Chatbot

Namun, apa saja manfaat menggunakan omnichannel? Bagaimana omnichannel dapat memudahkan bisnis kecantikan? Lewat artikel ini, TapTalk.io akan bantu menjawab pertanyaan tersebut:

1. Menawarkan Berbagai Channel untuk Pengalaman Terbaik 

Sesuai dengan namanya, omnichannel menawarkan kombinasi beberapa channel yang bisa bisnis Anda gunakan untuk berkomunikasi dengan customer. Menggunakan layanan omnichannel OneTalk by TapTalk.io, Anda bisa mengelola WhatsApp, Twitter, FB Messenger, Telegram, LINE dan email dalam satu dashboard.

Kenyamanan juga jadi faktor penting untuk pelanggan, mereka ingin menghubungi Anda dengan mudah. Oleh karena itu, pengalaman omnichannel adalah cara terbaik untuk membantu menjawab berbagai kebutuhan pelanggan dari berbagai platform.

2. Bisa Diakses oleh Banyak Agent

Lewat layanan omnichannel, Anda tidak perlu khawatir kewalahan dalam menghadapi customer. Agent-agent Anda dapat mengakses aplikasi chat OneTalk dalam waktu yang bersamaan, agar pesan bisa dibalas dengan cepat dan efisien. Daripada menjawab customer satu per satu, Anda bisa membuat waktu tunggu pelanggan jadi lebih singkat dengan memperbanyak agent.

Ada yang bertanya tentang urutan skincare? Atau bertanya rekomendasi penyimpanan foundation? Anda bisa menugaskan agent yang ahli di bidangnya untuk menjawab pertanyaan setiap pelanggan. Hal ini bisa membantu komplain atau masukkan yang masuk bisa diatasi dengan lebih efisien. 

3. Memberikan Customer Support 24/7

Selain menggabungkan beberapa channel ke dalam satu inbox, beberapa penyedia layanan ini juga menawarkan fitur FAQ Bot. 

Dengan FAQ Bot, Anda bisa menangani atau menjawab pertanyaan customer  kapan pun. Bahkan saat tengah malam, bot akan selalu tersedia untuk berbicara dengan pelanggan bahkan menawarkan bantuan.

Untuk mulai mengatur bot, Anda hanya perlu mengumpulkan beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan pelanggan dan menyediakan template jawabannya.

Selain menggunakan bot, Anda juga dapat memanfaatkan fitur Live Chat. Dengan fitur ini, pelanggan Anda dapat berkomunikasi dengan agent secara real-time pada jam kerja yang ditentukan. 

Live chat juga dapat membantu membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan. Dalam obrolan yang sedang berlangsung, agent Anda dapat mengamati customer dan menyesuaikan gaya obrolan agar sesuai dengan situasi dan kebutuhan. 

Baca juga: Desain Chat Menarik untuk Bangun Kepercayaan Pelanggan

4. Mengirim Promo Terbaru dengan Broadcast 

Salah satu fitur yang paling berguna dari omnichannel adalah kemampuan untuk mengirim pesan secara bersamaan ke pelanggan atau broadcast. Anda dapat berbagi informasi tentang produk makeup terbaru, promo khusus dan informasi lainnya ke pelanggan. 

Pesan yang rutin dikirim ini juga dapat membantu meningkatkan penjualan. Untuk mengingatkan pelanggan membeli produk, Anda bisa cantumkan call to action di akhir pesan broadcast.

5. Customer Insight yang Lebih Mendalam

Anda dapat mengumpulkan dan menyatukan data pelanggan dari berbagai channel yang berbeda ke dalam satu laporan. Data yang dikumpulkan seperti ID, keranjang belanja, riwayat belanja, media sosial bisa sangat bermanfaat untuk perkembangan bisnis. 

Anda juga dapat dengan mudah mengukur bagaimana setiap channel berkontribusi pada marketing. Dengan cara ini Anda dapat mengetahui channel mana yang punya performa baik atau bisa ditingkatkan lagi.

Seperti yang sudah dijelaskan, omnichannel sangat penting untuk meningkatkan pengalaman belanja yang nyaman dan unik bagi pelanggan produk kecantikan. 

Keuntungan ini tidak hanya untuk brand besar, brand kecantikan baru juga dapat menikmati keuntungan ini dengan menggunakan layanan omnichannel. Semua keuntungan penggunaan omnichannel dapat Anda dapatkan dengan OneTalk.

Pelanggan ingin didengarkan, dimengerti, dan mendapatkan pengalaman istimewa. Usaha ini bisa dilakukan dengan lebih mudah, lewat integrasi bisnis dengan omnichannel.

Jadi tunggu apalagi? Selagi belum terlambat, ayo integrasikan omnichannel ke dalam strategi bisnis kecantikan Anda!

Cari tahu fitur lainnya yang bisa Anda dapatkan dari omnichannel ke dalam bisnis Anda, klik di sini.

Baca juga: 5 Keuntungan Omnichannel untuk Layanan Logistik

Trial Akun Demo TapTalk
Jessica Jacob
Jessica Jacob memiliki lebih dari empat tahun pengalaman dalam pengembangan strategis di sektor teknologi, dengan latar belakang kuat dalam penjualan korporat dan manajemen proyek. Di TapTalk.io, dia berfokus pada inovasi dan pertumbuhan bisnis, membangun kemitraan strategis lintas industri. Sebelumnya, Jessica berperan aktif dalam mengembangkan kemitraan kanal baru dan memimpin tim lintas fungsi yang berhasil meningkatkan penjualan tahunan sebesar 45%.
linkedin penulisemail penulis

Related Posts

By Jessica Jacob

21 / 10 / 2022

Apa saja kelebihan chatbot vs call centre? Menghubungi customer service melalui call center seringkali bisa menjadi pengalaman yang menantang. Hal ini dikarenakan pengalaman yang tidak selalu memenuhi harapan penelepon.  Harus menunggu agent, mengulangi informasi dari satu agent ke agent berikutnya, dan akhirnya menghabiskan terlalu banyak waktu. Semua itu dapat menyebabkan proses perjalanan pelanggan yang panjang […]

Read More

By Jessica Jacob

09 / 03 / 2023

Pernahkah Anda menilik lebih dalam nilai yang sedang dihargai pasar sebelum menciptakan produk? Yakinkah Anda telah menunjukkan kelebihan layanan Anda secara tepat sasaran? Jika belum, mungkin Anda perlu pelajaran lebih detail soal customer value.  Kemampuan untuk memperlihatkan dengan tepat customer value suatu produk atau layanan di depan mata pelanggan menjadi sangat krusial bagi bisnis Anda […]

Read More

By Regita

03 / 07 / 2021

Menjawab pertanyaan pelanggan menjadi kunci dalam mendapatkan loyalitas, terutama bagi bisnis online. Namun, bagaimana kalau misalnya ada pelanggan yang menghubungi Anda di luar jam operasional? Dalam skenario seperti itu, solusi yang tepat adalah menggunakan fitur chatbot. Pada tahun 2020, sekitar 80% bisnis akan menggunakan chatbot. Chatbots telah menjadi bagian penting dalam pertumbuhan bisnis dan penggunaan […]

Read More
1 2 3 99
TapTalk
PowerTalk
OneTalk
SendTalk
whatsappfacebooktwitterinstagramlinkedin

Reach us by phone at (021) 27939266

Business Park Kebon Jeruk blok C2-3, Jl. Meruya Ilir Raya no.88, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, 11620

© 2020 - 2023 TapTalk.io (PT Tap Talk Teknologi)

tap talk logo for footer