Google adalah website yang paling banyak dikunjungi di dunia. Saat ini, Google memegang lebih dari 92% pangsa market mesin pencari. Membuat Google My Business (kini dikenal sebagai Google Business Profile) adalah cara penting untuk menarik pelanggan baru ke bisnis Anda melalui penelusuran Google.
Anda mungkin akrab dengan proses ini: Sekarang hampir jam makan siang, dan Anda ingin melihat daftar restoran di area di dekat Anda. Apa yang biasanya Anda lakukan? Bukankah mengeluarkan ponsel Anda dan mengetikkan "restoran di dekat saya" di Google?
Gym terdekat, mall yang paling mudah diakses, supermarket terdekat di mana Anda bisa berbelanja kebutuhan Anda — orang-orang mengandalkan Google untuk semuanya.
Inilah alasan mengapa penting bagi bisnis untuk mengoptimalkan halaman mereka untuk pencarian Google. Semakin "searchable" bisnis Anda, semakin besar peluang untuk mengarahkan calon pelanggan ke arah Anda.
Untungnya, ini bukan fitur yang terbatas pada bisnis berskala besar. Berkat Google My Business, bahkan startup dapat membuat profil online mereka untuk memudahkan orang menemukannya.
Key Takeaway:
- Google My Business (Google Business Profile) adalah layanan berbasis internet gratis yang dirancang untuk membantu mempromosikan bisnis lokal secara online di Google.
- Dengan Google My Business, Anda bisa lebih mudah ditemukan di Google, membangun kepercayaan melalui review, dan mendapatkan insight yang lebih lengkap tentang calon pelanggan Anda.
- Untuk mengoptimalkan Google My Business, Anda perlu melengkapi semua elemen yang dibutuhkan, verifikasi lokasi Anda, tambahkan foto/gambar, sertakan kata kunci yang tepat, jawab ulasan/review pelanggan, dan tambahkan fitur menarik lainnya yang diberikan Google.
Apa itu Google My Business?
Google My Business (Google Business Profile) adalah layanan berbasis internet gratis yang dirancang untuk membantu mempromosikan bisnis lokal secara online di Google. Ini memungkinkan Anda memberikan detail dan foto bisnis Anda, termasuk lokasi, layanan, dan produk Anda.
Membuat profil gratis ini adalah cara yang bagus untuk meningkatkan visibilitas Anda di seluruh layanan Google. Informasi dari Google Business Profile dapat muncul di Google search, Google Maps, dan Google Shopping.
Google Business Profile hanya tersedia untuk bisnis yang memiliki kontak dengan pelanggan. Ini mencakup bisnis dengan lokasi fisik (seperti restoran atau toko) dan bisnis yang menyediakan layanan dengan bertemu klien di lokasi (seperti konsultan atau servis kendaraan).
Apa Manfaat Google My Business?
Dengan Google Business Profile, Anda dapat menampilkan informasi penting tentang bisnis Anda, termasuk jam buka/tutup, detail kontak, atau tautan ke situs web Anda.
Selain itu, manfaat yang bisa Anda dapatkan dari Google My Business adalah:
1. Mudah Ditemukan di Google (dan Google Maps)
Google Business Profile dapat membantu orang menemukan bisnis Anda saat mencari produk dan layanan yang Anda miliki di area lokal mereka.
Bisnis dengan Google Business Profile yang dioptimalkan dengan baik lebih mungkin muncul di hasil pencarian user.
Penelusuran mobile yang menyertakan frasa seperti "tempat membeli" dan "dekat saya" telah meningkat lebih dari 200% dalam beberapa tahun terakhir.
Ini dianggap sebagai "discovery searches". Daripada mencari brand tertentu, pengguna mencari kategori secara lebih umum.
Jadi, jika pengguna secara fisik berada di dekat bisnis Anda dan menelusuri istilah umum seperti "restoran", bisnis Anda kemungkinan besar akan muncul sebagai hasil geolokasi jika dioptimalkan dengan baik.
2. Bangun Kepercayaan Melalui Review
Review adalah elemen kunci penting untuk membangun kepercayaan dan kredibilitas.
Rating Google dan ruang untuk ulasan mendetail memungkinkan pelanggan berbagi informasi sebanyak atau sesedikit mungkin tentang pengalaman mereka dengan bisnis Anda.
Semua itu membantu calon pelanggan di masa depan memutuskan bisnis mana yang akan dikunjungi dan produk yang akan dibeli.
Mungkin menakutkan untuk memikirkan ulasan yang masuk pada platform publik seperti itu, terutama ketika Anda tidak dapat memilih ulasan mana yang akan dibagikan.
Tapi jangan panik: Google menemukan bahwa adanya ulasan positif, maupun negatif untuk suatu bisnis membuat bisnis tersebut lebih dapat dipercaya.
3. Memberikan Insight yang Bermanfaat
Tidak hanya mempromosikan produk atau layanan Anda, Google My Business juga membantu Anda memahami market.
GMB hadir dengan fitur canggih yang memberikan insight tentang area penting untuk membantu Anda membuat strategi dan membuat keputusan. Alat ini memungkinkan Anda untuk mengakses statistik dan wawasan yang dapat membantu menentukan dari mana audiens Anda berasal.
Sebagai contoh, berikut insight yang bisa diberikan Google My Business
a. Views
GMB dapat menunjukkan kepada Anda jumlah views yang diperoleh profil bisnis, foto, dan postingan Anda. Hal ini sangat penting untuk memverifikasi keefektifan campaign Anda, seperti apakah itu bekerja dengan baik dan mendapatkan perhatian yang Anda inginkan, atau tidak melakukan apa pun untuk bisnis Anda.
b. Engagement
GMB dapat menunjukkan kepada Anda bagaimana audiens Anda berinteraksi dengan postingan Anda. Ini memungkinkan Anda untuk melihat posting apa yang mereka bagikan dan jenis komentar apa yang mereka tinggalkan. Dengan cara ini, Anda akan memiliki gambaran tentang jenis bahan yang cocok untuk bisnis Anda.
c. Audience
GMB juga memiliki bagian di mana Anda dapat menemukan ringkasan profil orang yang mengikuti Anda. Anda dapat melihat kelompok usia, jenis kelamin, dan bahkan negara asal mereka. Ini semua berguna saat Anda membuat campaign.
d. Search queries
GMB menyediakan laporan untuk Anda pelajari dan pahami cara konsumen menemukan bisnis Anda. Ini menunjukkan bagaimana orang mencari — khususnya kata kunci apa yang mereka masukkan — untuk menemukan bisnis Anda.
Mengetahui kata kunci apa yang relevan dengan kehadiran online Anda dapat membantu Anda meningkatkan traffic secara signifikan.
Baca juga: Verify Google My Business Agar Bisnis Terdeteksi Pelanggan
Bagaimana Cara Membuat Google My Business?
Menyiapkan Google My Business adalah proses yang sederhana. Berikut adalah langkah-langkahnya:
- Buka https://business.google.com/create dan masuk menggunakan akun Google Anda. Jika belum punya, buatlah akun baru, itu wajib.
- Masukkan nama bisnis Anda. Jika bisnis Anda sudah ada dalam daftar, Anda harus mengklaim kepemilikannya. Listing duplikat berbahaya secara SEO.
- Masukkan detail bisnis Anda – nama, jenis bisnis, URL, nomor telepon, lokasi Google Map, cara pengiriman, dan lainnya.
- Tinjau detail yang telah Anda masukkan, tekan 'Lanjutkan'.
- Anda akan dibawa ke layar 'Pilih cara untuk memverifikasi' tempat Anda harus memilih cara menerima kode verifikasi. Klik 'verifikasi nanti' karena selalu lebih baik menyelesaikan pendaftaran Anda terlebih dahulu.
- Anda akan dibawa ke dasbor Google My Business, lengkapi listingan Anda dengan menambahkan video dan foto, jam kerja Anda, informasi kontak lainnya, lokasi Anda, pengguna baru, atribut lain yang relevan dengan bisnis Anda, dan lainnya
- Tinjau semuanya lalu, klik 'verifikasi sekarang'.
- Anda akan dibawa kembali ke layar 'Pilih cara untuk memverifikasi', sebagian besar bisnis harus menggunakan opsi 'postcard by mail'. Hanya beberapa orang terpilih yang memiliki opsi untuk memverifikasi melalui email atau telepon.
- Tinjau alamat surat, tambahkan nama kontak Anda, dan klik 'Mail'.
- Anda akan menerima postcard PIN dalam 3-5 hari. Setelah Anda mendapatkannya, masuk ke profil Google Bisnisku, tekan 'Masukkan Kode', masukkan PIN 5 digit ke dalam kolom, dan klik 'Kirim'.
- Catatan: Jangan mengedit listing Anda setelah meminta postcard. Pengeditan selama periode ini dianggap tidak valid dan Anda akan dipaksa untuk mengulang seluruh proses.
Cara Mengoptimalkan Google My Business
Google menentukan peringkat pencarian lokal berdasarkan tiga faktor:
- Relevansi: Seberapa cocok cantuman Google My Business milik Anda dengan penelusuran
- Jarak: Seberapa jauh lokasi Anda dari pencarian atau penelusur
- Prominence: Seberapa terkenal bisnis Anda (berdasarkan faktor seperti tautan, jumlah ulasan, skor ulasan, dan SEO)
Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk memaksimalkan skor Anda untuk ketiga faktor tersebut.
1. Lengkapi Semua Elemen Profil Anda
Pelanggan 2,7 kali lebih cenderung menganggap bisnis Anda bereputasi baik jika Anda memiliki Google Business Profile lengkap. Mereka juga 70% lebih mungkin mengunjungi lokasi Anda.
Google secara khusus mengatakan bahwa “bisnis dengan informasi yang lengkap dan akurat lebih mudah dicocokkan dengan pencarian yang tepat.” Ini meningkatkan skor Anda untuk relevansi. Kuncinya di sini adalah memberitahu pengunjung Google "apa yang Anda lakukan, di mana Anda berada, dan kapan mereka dapat berkunjung".
Jika jam kerja Anda berubah di sekitar hari libur atau musim, pastikan untuk selalu memperbaruinya.
2. Verifikasi Lokasi Anda
Lokasi bisnis terverifikasi “lebih cenderung ditampilkan di hasil penelusuran lokal di seluruh produk Google, seperti Maps dan Search”. Menyertakan lokasi terverifikasi juga membantu meningkatkan skor Anda untuk faktor peringkat jarak.
3. Tambahkan Gambar dan Video Nyata dari Bisnis Anda
Profil Google Bisnis Anda menyertakan logo dan foto profile. Gunakan gambar yang konsisten dengan yang ada di profil sosial Anda untuk memudahkan orang mengenali brand Anda.
Tambahkan juga gambar dan video untuk menampilkan lokasi, lingkungan kerja, dan tim Anda.
Jika Anda menjalankan restoran, poskan foto makanan, menu, dan ruang makan Anda. Pastikan mereka terlihat menggugah selera, profesional, dan tidak beresolusi rendah. Menurut Google, bisnis yang menunjukan foto akan menerima lebih banyak permintaan petunjuk arah dan lebih banyak klik ke situs web mereka.
4. Sertakan Kata Kunci di Profil Anda
Menggunakan kata kunci yang tepat akan meningkatkan relevansi. Tidak yakin harus mulai dari mana? Coba Google Trends atau Keyword Planner.
Google Analytics, Hootsuite Insights, dan social monitoring tools juga dapat membantu Anda mengungkap istilah yang digunakan orang untuk menelusuri bisnis Anda. Masukkan kata kunci/istilah tersebut secara alami ke dalam deskripsi bisnis Anda. Jangan memasukkan kata kunci atau menggunakan kata kunci yang tidak relevan – ini sebenarnya dapat merusak peringkat pencarian Anda.
5. Push dan Jawab Ulasan dan Pertanyaan
Orang lebih mempercayai orang lain daripada bisnis. Ulasan yang bagus bisa menjadi faktor penentu.
Waktu terbaik untuk meminta ulasan adalah setelah memberikan pengalaman yang luar biasa. Untuk mempermudah, Google menyediakan tautan langsung untuk meminta pelanggan mengulas bisnis Anda.
6. Selalu Perbarui Informasi Bisnis Anda
Pastikan untuk mengedit profil bisnis Anda jika Anda mengubah jam operasi, informasi kontak, dll. Jika Anda memiliki jam khusus untuk liburan atau bahkan hanya sekali saja, pastikan jam tersebut ada di Google Business Profile Anda.
Anda juga dapat membuat postingan Google My Business untuk membagikan pembaruan, informasi produk, penawaran, dan acara.
7. Tambahkan Produk Anda
Jika Anda menjual produk, pastikan untuk menambahkan katalog terbaru ke Profil Bisnis Anda. Selain muncul di profil Anda sendiri, produk Anda bisa muncul di Google Shopping.
8. Tambahkan Fitur dan Atribut Khusus
Fitur khusus tersedia untuk akun bisnis Google, bergantung pada kategori yang Anda pilih.
Berikut ini beberapa fitur khusus kategori yang tersedia:
- Hotel dapat menampilkan jenis kamar, highlight, waktu check-in dan out, dan fasilitas.
- Restoran dan bar dapat mengunggah menu, foto hidangan, dan hidangan populer.
- Bisnis berorientasi layanan dapat menampilkan daftar layanan.
- Bisnis juga memiliki akses ke berbagai jenis button berdasarkan kategorinya, seperti button pemesanan janji temu, reservasi, dan pesanan.
Baca juga: Cara Mendaftarkan Alamat di Google Maps untuk Bisnis
Google Business Chat Juga Sudah Terintegrasi dalam OneTalk
Setelah membuat akun Google Business Profile, user kini juga bisa menghubungi bisnis Anda melalui Google’s Business Messages.
Google's Business Messages (GBM) adalah channel chatting yang memungkinkan pelanggan mengirim pesan ke bisnis secara langsung dari Google Maps, Search, dan lainnya.
Business Messages muncul untuk end user sebagai tombol yang terletak di sebelah tombol "Call" atau "Directions" untuk perangkat iOS dan Android.
Saat pengguna mengklik untuk memulai obrolan langsung secara real-time, Business Messages berubah menjadi saluran percakapan yang dilengkapi dengan pesan yang kaya dan kemampuan personalisasi.
Namun, mengakses pesan dari berbagai channel dengan membuka satu per satu akun akan memakan waktu dan kurang teratur. Anda membutuhkan tools yang memudahkan Anda untuk mengakses semua pesan dari berbagai channel melalui satu inbox saja.
OneTalk by TapTalk.io, aplikasi pesan instan terpercaya, adalah layanan omnichannel yang dapat membantu Anda menerima berbagai pesan dari channel yang berbeda-beda.
Kini, Google Business Messages sudah terintegrasi dalam OneTalk. Jadi, Anda bisa mendapatkan prospek dari search engine favorit pelanggan.
Anda juga dapat memusatkan obrolan pelanggan dari berbagai media sosial ke dalam satu dasbor.
Yuk, kenali lebih lanjut fitur menarik lainnya yang ditawarkan OneTalk di sini!