Entah itu merumuskan strategi pasar atau mengevaluasi kembali bisnis yang sudah ada, melakukan analisis pasar atau market analysis adalah inti dari kesuksesan bisnis di masa depan.
Dalam blog, ini kita akan membahas apa itu market analysis, perbedaannya dengan market research, seberapa penting market analysis, dan metode market analysis.
Pada akhirnya, Anda akan dapat menilai ukuran dan komposisi pasar, memperhatikan tren yang paling jelas, dan mengidentifikasi segmen pasar untuk memfasilitasi pekerjaan di masa mendatang.
Key Takeaways:
Table of Contents
Market analysis adalah proses memeriksa semua variabel di pasar tertentu dan bagaimana mereka berinteraksi untuk menghasilkan kondisi yang diamati dan masa depan. Ini bertujuan untuk mendapatkan pandangan yang jelas tentang lingkungan di mana perusahaan beroperasi untuk mengungkap ukuran pasar yang sebenarnya, keadaan persaingan dan jalur pertumbuhan.
Seberapa relevankah penawaran Anda dengan pasar tertentu? Analisis pasar atau market analysis akan menjawab pertanyaan-pertanyaan penting ini. Setiap pelaku pasar - baik itu perusahaan, pendiri, atau klien pribadi - dapat melakukan analisis pasar. Bagaimanapun, mereka berfungsi sebagai dasar untuk membuat keputusan. Informasi dikumpulkan dan dievaluasi dari pemasok dan pembeli untuk membuat keputusan pembelian atau penjualan. Selain itu, Anda dapat mengevaluasi pasar Anda saat ini atau melihat yang baru.
Market analysis memberikan informasi tentang industri, pelanggan, pesaing, dan variabel pasar lainnya. Anda juga dapat menentukan hubungan antara penawaran dan permintaan untuk produk atau layanan tertentu. Berdasarkan wawasan ini, Anda dapat membuat keputusan berdasarkan informasi tentang kemungkinan strategi pemasaran.
Baca juga: Segmen Pasar: Definisi, Jenis, dan Manfaatnya Bagi Bisnis
Market analysis (analisis pasar) dan market research (riset pasar) seringkali dianggap sama. Keduanya memberikan insight penting kepada para stakeholder tentang situasi pasar saat ini, yang membantu para pemimpin menganalisis tren dan memprediksi skenario masa depan. Market analysis dan market research sama-sama mengintegrasikan teknologi big data. Tetapi jangan salah, mereka bukanlah dua hal yang sama.
Sementara market research berurusan dengan pandangan pasar yang terfokus, menjawab pertanyaan tentang perilaku pelanggan. Berbeda dengan market research, market analysis berfokus pada pasar tertentu pada waktu tertentu. Tujuan market analysis adalah untuk mengidentifikasi karakteristik pasar yang paling penting dan untuk menentukan struktur pasar pada titik waktu tertentu.
Market research berarti investigasi sistematis terhadap pasar tertentu, karena riset semacam itu memberikan informasi yang menjadi dasar Anda dapat memilih instrumen pemasaran yang sesuai. Riset ini menggabungkan metodologi penelitian primer, sekunder, kuantitatif, dan kualitatif.
Market research membantu brand dalam memilah:
Market research dilakukan untuk: menentukan kelayakan produk baru, mendapatkan klien baru, dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Sedangkan, market analysis dilakukan untuk: mengembangkan model bisnis Anda, memahami permintaan produk, dan menemukan peluang tersembunyi.
Market analysis menerapkan wawasan yang dikumpulkan dari riset pasar. Market analysis melangkah lebih jauh untuk mempelajari model bisnis, proses produksi, teknologi yang digunakan, kemitraan yang ditempa, dan keberhasilan yang dihasilkan.
Beberapa masalah penelitian dalam market analysis adalah:
Riset dan analisis pasar bertemu pada beberapa poin kunci. Tapi itu hanya karena riset pasar adalah bagian dari proses analisis pasar. Selain itu, mereka adalah proses berbeda yang berfokus pada tujuan berbeda, mengikuti metode berbeda, dan dipengaruhi oleh faktor berbeda.
Baca juga: Pahami Keuntungan, Tipe, dan Model Perilaku Konsumen
Mengapa sebuah brand harus melakukan market analysis? Berikut beberapa alasannya.
Kompetitor selalu berusaha untuk mengambil pelanggan Anda. Mereka akan mencoba melakukan riset perusahaan terlebih dahulu untuk mengetahui apa yang diinginkan pelanggan. Jika ingin bertahan di lahan kompetisi yang sama, Anda juga harus melakukan hal yang sama. Analisis pasar membantu mengidentifikasi pemain kunci di pasar. Selain itu, hal ini memungkinkan Anda untuk mengetahui masalah dengan produk yang Anda jual.
Mengetahui pelanggan membantu Anda untuk mendapatkan kesuksesan dalam bisnis. Selain itu, Anda akan tahu produk seperti apa yang disukai oleh pelanggan.
Berikut adalah pertanyaan untuk memandu proses Anda:
Pengujian produk sangat diperlukan sebelum masuk ke pasar. Anda harus tahu apakah produk tersebut layak berdiri di pasar. Kedua, dengan menguji produk, Anda akan menghemat uang untuk biaya tambahan. Dan Anda akan melindungi diri dari pengiriman produk yang buruk di pasar.
Dengan survei dan pengujian produk, Anda akan tahu apakah pelanggan akan menyukai produk tersebut. Dengan riset, Anda juga akan melihat pendekatan pemasaran yang dapat Anda ambil untuk produk tersebut.
Siapa yang akan membeli produk? Apa kebutuhan dan keinginan mereka? Ini adalah beberapa pertanyaan untuk ditanyakan kepada pelanggan Anda sebelum meluncurkan produk. Demikian pula, dengan lebih banyak pertanyaan, Anda akan mengetahui kebutuhan pelanggan dengan lebih baik. Hal ini akan membuat Anda di depan pesaing Anda. Yang terbaik juga adalah memahami pesaing Anda dalam prosesnya.
Market analysis membantu menyediakan peta lengkap tentang pelanggan dan apa yang mereka inginkan. Mengetahui pelanggan juga akan membantu menentukan ukuran pasar. Anda juga dapat memperoleh wawasan berharga seperti jenis kelamin, pendapatan, usia, dll., dalam membantu Anda mendapatkan kampanye harga.
Tentukan target pasar Anda sesuai dengan karakteristik yang membuat konsumen individu lebih cenderung membeli produk dan layanan dari Anda:
Market analysis membantu dalam memahami kebutuhan pelanggan dengan mempelajari tren dan regulasi pasar. Selanjutnya, hasil ini akan membantu Anda mengetahui kampanye pemasaran yang sempurna. Demikian juga, ada baiknya mengklasifikasikan semua tren untuk menjangkau audiens target.
Jika Anda ingin bisnis berkembang, menemukan kesalahan adalah bagian yang krusial. Kedua, dengan analisis yang bermanfaat, Anda dapat memprediksi celah dalam bisnis. Dengan cara ini, Anda dapat menghemat uang. Memberikan solusi yang menjadi market fit yang sangat baik sehingga membantu pelanggan juga. Riset perusahaan dilakukan untuk mengurangi risiko dan mengetahui strategi hemat biaya untuk bisnis.
Semua merek besar bertahan di pasar karena mereka mengetahui cara yang tepat untuk melakukan riset perusahaan. Misalnya, Nokia gagal memahami kebutuhan pelanggan dan tidak dapat bertahan di pasar. Apple dan Netflix dapat melakukan riset dengan benar dan memanfaatkan semua celah yang mereka bisa isi.
Untuk membuat bisnis tetap relevan, penting untuk mengikuti perubahan. Ketahui tren dengan baik dan pelajari juga tentang kemajuan teknologi. Ketahui juga tentang perubahan harga dan lakukan riset pasar sebaik mungkin.
Baca juga: Cara Ampuh Tingkatkan dan Mengukur Kepuasan Pelanggan
Untuk melakukan market analysis, Anda memerlukan informasi yang dapat dipercaya. Secara umum, perusahaan kecil cenderung melakukan penelitian yang diperlukan untuk analisis pasar mereka sendiri. Perusahaan yang lebih besar, di sisi lain, sering menggunakan lembaga riset pasar untuk melakukannya. Analisis pasar dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai metode pengumpulan data. Perbedaan dibuat antara penelitian primer dan sekunder.
Dengan penelitian primer, para ahli dari target pasar diwawancarai untuk mengumpulkan data baru. Keuntungan dari hal ini adalah bahwa tujuan penelitian Anda sendiri tetap menjadi fokus. Dengan cara primer ini, Anda dapat mengumpulkan data yang Anda butuhkan untuk analisis pasar Anda.
Berbeda dengan penelitian primer, penelitian sekunder menggunakan catatan data yang ada dari survei sebelumnya. Data ini dapat dikumpulkan baik secara internal maupun eksternal. Dengan memilih penelitian sekunder, Anda dapat menghemat waktu dan uang karena Anda tidak perlu melakukan wawancara dan evaluasi yang mahal.
Anda dapat melakukan analisis pasar yang sederhana dengan memanfaatkan omnichannel messaging platform seperti OneTalk by TapTalk.io. Sebagai platform perpesanan omnichannel yang mengintegrasikan berbagai channel pesan ke dalam satu dasbor, menghubungi dan dihubungi pelanggan kini menjadi lebih mudah lagi.
Setiap interaksi dan setiap pesan yang dituka akan menghasilkan analytics yang berharga. Data ini dapat Anda manfaatkan sebagai salah satu dukungan market analysis.
Kolaborasi sekarang bersama OneTalk, dan rasakan potensi tak terbatas dari omnichannel.
By Jessica Jacob
Selama pandemi, hampir semua kegiatan terjadi secara online, contohnya tren online shopping, di mana pengguna dapat melakukan pembelian langsung dari akun mereka. Menurut Mckinsey, sebanyak 30 juta masyarakat Indonesia telah berbelanja secara online dan 60% perdagangan online saat ini terjadi melalui platform e-commerce, dan sisanya terjadi melalui social commerce. Pelanggan juga mengharapkan pengalaman yang cepat, […]
By Jessica Jacob
Digital engagement adalah tentang menyesuaikan pemasaran digital Anda untuk membuat pengalaman pelanggan tentang brand Anda yang membuat mereka kembali lagi dan lagi. Akan lebih baik lagi jika pelanggan Anda memuji brand Anda dan merekomendasikannya kepada teman atau keluarga mereka. Hal ini tidak lepas dari usaha meningkatkan digital engagement. Melakukan “yang seadanya” untuk pelanggan memiliki konsekuensi […]
By Jessica Jacob
Chatbots have advanced significantly in recent years in a world that is increasingly going digital. These tiny robots have been improving their interactions with us and our support experiences over time. They have advanced business technology and enabled employers to reduce staffing costs in the customer service industry. Additionally, many people now prefer messaging to […]
Reach us by phone at (021) 27939266
© 2020 - 2023 TapTalk.io (PT Tap Talk Teknologi)