Untuk mengembangkan bisnis, Anda harus menyesuaikannya dengan kebutuhan target audience Anda.
Sebuah bisnis mungkin tidak bisa memuaskan semua konsumennya. Kebutuhan semua orang tentunya tidak sama.
Satu produk mungkin hanya bisa memuaskan kelompok tertentu. Oleh karena itu, banyak bisnis biasanya mengadopsi metode yang disebut segmentasi pasar.
Metode ini melibatkan pembagian pasar menjadi segmen-segmen yang lebih kecil, yang akan membantu bisnis untuk memenuhi kebutuhan konsumennya yang beragam.
Apa itu segmen pasar dan apa saja manfaat menerapkan segmen pasar? Temukan jawabannya di blog ini.
Table of Contents
Segmentasi pasar mengacu pada kategorisasi populasi target konsumen ke dalam kelompok atau segmen berdasarkan karakteristik yang sama. Ini membantu Anda menentukan dengan tepat pesan apa yang akan mendorong pelanggan untuk melakukan pembelian.
Segmentasi pasar juga memungkinkan bisnis untuk mengelola waktu dan sumber daya mereka dengan cara yang lebih baik.
Saat Anda mengelompokkan konsumen, Anda dapat mengidentifikasi konsumen mana yang paling mungkin melakukan pembelian dan mana yang tidak.
Ini memungkinkan Anda untuk memfokuskan upaya pemasaran pada pelanggan yang paling berharga.
Ada empat jenis strategi segmentasi pasar yang paling sering digunakan. Inilah yang akan membantu dalam pemasaran yang efektif dan meningkatkan penjualan.
Segmentasi ini melibatkan pembagian pasar berdasarkan lokasi konsumen atau batas geografis.
Kebutuhan dan minat calon pelanggan bisa berbeda-beda sesuai dengan lokasi geografis, iklim, dan wilayah mereka. Dapat memahami perbedaan ini memungkinkan Anda menentukan tempat untuk menjual dan mengiklankan brand, serta tempat untuk mengembangkan bisnis.
Segmentasi demografis terdiri dari membagi pasar melalui variabel yang berbeda seperti usia, jenis kelamin, kebangsaan, tingkat pendidikan, ukuran keluarga, pekerjaan, pendapatan, dan lainnya.
Karena variabel-variabel ini lebih mudah diukur, segmentasi pasar ini lebih populer dibandingkan yang lain.
Melacak variabel demografis juga jauh lebih mudah dibandingkan dengan strategi segmen pasar lainnya.
Baca juga: 5 Cara Pikat Gen Z sebagai Pelanggan Anda
Segmentasi psikografis terdiri dari pengelompokan target audience berdasarkan perilaku, gaya hidup, sikap, dan minat mereka.
Pelanggan yang beragam akan membutuhkan strategi pemasaran yang berbeda. Cara menanggapi orang biasa dan millionaire tentunya tidak sama.
Untuk memahami target audience, metode riset pasar seperti focus group, survei, wawancara, dan studi kasus dapat berhasil menyusun segmentasi ini.
Segmentasi perilaku adalah proses membagi segmen pasar berdasarkan perilaku pembelian pelanggan. Segmentasi ini bisa tergantung pada beberapa faktor, seperti perilaku pembelian tertentu, frekuensi belanja, sikap konsumen terhadap brand, dan cara mereka menggunakan produk.
Proses mengumpulkan data segmentasi perilaku cukup mirip dengan cara Anda mendapatkan data psikografis. Hal ini memungkinkan pemasar untuk mengembangkan pendekatan yang lebih bertarget.
Data yang dikumpulkan menggunakan segmentasi pasar dapat membantu proses penyusunan kampanye marketing.
Ini juga membantu Anda memanfaatkan waktu dan sumber daya secara efisien. Anda dapat menghindari menawarkan produk dan layanan yang tidak akan pernah menarik minat pelanggan.
Segmentasi pasar menawarkan serangkaian keuntungan, seperti:
Menyegmentasikan target pasar dapat membantu Anda menemukan peluang untuk membuat kampanye yang dipersonalisasi.
Data memungkinkan Anda untuk memahami kebutuhan, preferensi, dan alasan perilaku pelanggan. Dengan cara ini, Anda dapat membangun strategi yang memasarkan produk sesuai dengan kebutuhan segmen tertentu.
Baca juga: 10 Tips Menciptakan Kampanye Marketing Ramadan yang Tepat
Studi dari Cintell menemukan bahwa segmentasi membuat perusahaan 130% lebih mungkin untuk mengetahui motivasi pelanggan mereka dan 60% lebih mungkin untuk memahami kekhawatiran dan tantangan mereka.
Dengan pemahaman yang lebih baik tentang pelanggan, Anda bisa fokus untuk memuaskan segmen pelanggan tertentu.
Contohnya Anda bisa memberikan produk yang tepat kepada pelanggan sehingga proses transaksi mereka bisa berjalan lancar dan memberikan kepuasan konsumen.
Menjalankan 1 atau 2 kampanye bertarget lebih baik daripada membidik populasi luas dengan kampanye satu ukuran untuk semua.
Ini membantu Anda membuat strategi efektif yang menargetkan segmen yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan mereka.
Dengan demikian, Anda bisa menghemat waktu dan sumber daya dari menawarkan produk dan layanan yang tidak diinginkan pelanggan Anda.
Memiliki pengetahuan tentang setiap segmen dapat membantu Anda merancang produk yang lebih baik.
Brand dapat mendesain produk yang sesuai dengan permintaan dan kebutuhan setiap segmen. Produk dengan potensi pasar yang tinggi dapat dipersonalisasi dan ditargetkan untuk memenuhi target pasar tertentu.
Baca juga: 7 Tips Meningkatkan Retensi Pelanggan yang Wajib Dicoba
Segmentasi pasar adalah strategi yang sangat efektif bagi bisnis karena memungkinkan mereka mengetahui pelanggan mana yang tepat dan bisa memahami kebutuhan mereka lebih baik.
Sekarang setelah Anda mengetahui apa itu segmentasi pasar, Anda bisa mulai menerapkannya ke strategi marketing.
Untuk mengendalikan data audiens yang tersegmentasi, Anda memerlukan tools yang tepat, seperti OneTalk by Taptalk.io.
Omnichannel ini memiliki fitur Disposition yang memungkinkan Anda untuk mengumpulkan berbagai data pelanggan, contohnya riwayat belanja, channel yang mereka sering gunakan, dan lainnya.
Tidak hanya itu, Anda juga bisa membagi pelanggan menjadi kelompok segmen tertentu dengan fitur Contact Segment. Sebagai contoh, Anda bisa mengirim pesan untuk kelompok domisili tertentu saja.
Dengan Onetalk, Anda bisa mempelajari lebih lanjut tentang pelanggan, menyesuaikan pesan, konten, dan strategi Anda dengan kebutuhan mereka. Nantinya, ini juga akan meningkatkan engagement, penjualan, dan kepuasan pelanggan.
Yuk, mulai tingkatkan kampanye marketing Anda dengan segmentasi pasar bersama OneTalk dari aplikasi pesan instan Taptalk.io sekarang!
By Jessica Jacob
Bisnis Anda menggunakan pesan Broadcast untuk sarana promosi? Pasti Anda berharap dapat menarik pelanggan dengan berbagai penawaran menarik, bukan? Membuat pesan broadcast tentu tidak semudah itu. Banyak tantangan dan hal-hal yang harus diperhatikan. Mulai dari pesan spam, nada bahasa yang tepat, dan lain-lain. Ingin tahu cara membuat template pesan broadcast WhatsApp yang kreatif dan menarik? […]
By Ardian
Di dunia digital saat ini, kecepatan adalah yang terpenting. Ini juga berlaku untuk bisnis seperti pengiriman express, akses mudah ke produk yang ditawarkan, dan customer service. Jika Anda tidak memberikan kecepatan kepada pelanggan, mereka beralih ke bisnis serupa lainnya. Salah satu cara terbaik untuk memberikan layanan cepat kepada pelanggan Anda adalah dengan menggunakan live chat. […]
By Ardian
Siapa pun yang ada di dunia e-commerce akan memberitahu Anda bahwa e-commerce adalah tentang permainan angka. Angka-angka atau data yang diandalkan setiap hari menawarkan informasi tentang setiap aspek industri bisnis, dari keberhasilan iklan hingga perbandingan dari tombol 'Beli Sekarang' yang ditempatkan secara strategis. Namun, dalam dunia big data dan analisis kuantitatif ini, kita telah kehilangan […]
Reach us by phone at (021) 27939266
© 2020 - 2023 TapTalk.io (PT Tap Talk Teknologi)