Setiap bisnis yang bergelut dengan strategi marketing online pasti pernah mendengar kata conversion rate. Kita juga sering mendengar istilah ini sehari-hari misalnya, “Conversion rate untuk industri e-commerce memiliki peningkatan tahun ini” atau “Bulan ini, conversion rate dari media sosial meningkat tajam”. Conversion rate dapat dikatakan menjadi salah satu tolak ukur keberhasilan strategi marketing online yang digunakan oleh bisnis.
Tapi, sebenarnya apa itu conversion rate?
Pada blog ini, kita akan menggali lebih dalam mengenai conversion rate, mulai dari pengertian conversion rate, cara meningkatkan conversion rate untuk bisnis Anda, dan cara ampuh bangun customer relation setelah melakukan conversion.
Table of Contents
Conversion rate adalah persentase pengunjung ke situs web yang menyelesaikan tujuan yang diinginkan dari jumlah total pengunjung. Konversi yang dihitung adalah saat pengunjung menyelesaikan misi mereka saat mengunjungi situs bisnis Anda. Conversion rate yang tinggi menunjukkan pemasaran dan desain web yang sukses: hal ini artinya orang-orang menginginkan apa yang Anda tawarkan, dan mereka dapat dengan mudah mendapatkannya!
Tenang, conversion rate ini bisa Anda coba hitung sendiri. Cara menghitung conversion rate adalah dengan menghitung jumlah conversion dengan jumlah pengunjung website, kemudian hasilnya dikalikan 100.
Berdasarkan survei dari Wordstream, rata-rata conversion rate dari sebuah landing page adalah 2,35%. Tapi, untuk 25% dari pengiklan yang memiliki conversion rate terbaik, conversion rate mereka adalah dua kali lipat dari angka tersebut, yaitu 5,31% atau lebih. Jumlah ini bukan untuk landing page individual – pengiklan tersebut mencapai konversi 11,45% dan lebih tinggi di seluruh akun mereka.
Jelas, ini bukan anomali; hal ini adalah sesuatu yang bisa Anda capai juga. Jika saat ini Anda mendapatkan tingkat konversi 5%, Anda memang unggul dari 75% pengiklan, tetapi masih sangat banyak ruang untuk berkembang!
Baca juga: Tahapan Marketing Funnel, Strategi, dan Cara Menggunakannya
Meningkatkan conversion rate berarti bahwa lebih banyak lalu lintas situs Anda dikonversi menjadi tindakan signifikan yang mengembangkan bisnis Anda, baik itu berarti mengisi formulir untuk menjadi calon pelanggan (misalnya, meminta penawaran untuk layanan perbaikan) atau melakukan pembelian.
Tingkat konversi yang rendah dapat menunjukkan adanya salah satu dari masalah ini:
Untuk itu, di bawah ini ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengoptimasi conversion rate Anda:
Pertama-tama, sajikan penawaran yang sangat menguntungkan pengunjung website Anda yang pasti tidak dapat dilewatkan oleh mereka. Misal memberikan diskon 75% berlangganan layanan Anda di bulan pertama dengan menjadi anggota, atau memberikan trial premium layanan Anda untuk pemakaian di bulan pertama.
Tes, tes, dan tes? Tentu, mengetes landing page memang harus dilakukan berkali-kali hingga menemukan formula yang memberikan hasil yang baik. Tapi, Anda harus mengetesnya dengan lebih cerdas, bukan lebih sering. Anda mungkin perlu menguji 10 variasi landing page unik untuk menemukan 1 yang berkinerja terbaik. Tetapi ini bukan hanya mengubah warna font dan menyebutnya sebagai variasi landing page.
Anda tidak perlu membuat ribuan landing page. Anda hanya perlu menemukan kinerja terbaik yang sudah Anda miliki dan memfokuskan upaya Anda di sana. Jika Anda hanya memiliki satu halaman arahan yang bagus, lebih cerdas untuk memfokuskan upaya Anda di sana.
Pastikan pengunjung website Anda melalui perjalanan sesingkat mungkin untuk mencapai konversi. Tidak ada yang suka mengisi form satu halaman sebelum konversi. Yang ada, mereka hanya akan berhenti di tengah jalan atau bahkan malas mengisi dan malah batal melakukan konversi yang seharusnya terjadi.
Jika conversion rate rata-rata semua industri adalah 2,35%, tandanya dari 100 orang pengunjung website, hanya 2 orang yang melakukan konversi, bukan? Rata-rata, 96% orang yang mengunjungi situs web akan pergi tanpa mengonversi menjadi prospek atau penjualan. Nah, itulah kenapa perlu dilakukan remarketing. Remarketing membantu produk atau layanan Anda ditampilkan lagi kepada pengunjung website Anda dengan ketika mereka melakukan aktivitas lain di internet.
Misalnya setelah mengunjungi website Anda, mereka akan menemukan iklan produk Anda di email, ketika menonton video YouTube, pada iklan di media sosial, atau ketika mereka sedang mencari informasi.
Hal ini akan otomatis terjadi jika Anda menggunakan Google Ads.
Pastikan ada live chat atau chat bubble di landing page Anda yang dapat dengan dihubungi pengunjung laman jika mereka memiliki kesulitan. Akses mudah ini juga akan mempermudah mereka jika ingin melakukan conversion rate lho. Chat ini juga bisa menjadi salah satu media untuk memberitahukan promo atau penawaran yang menguntungkan bagi mereka - yang pastinya sayang jika mereka lewatkan.
Inti dari optimasi conversion rate adalah kemudahan, termasuk memudahkan pengunjung Anda untuk melakukan konversi. Pastikan Anda memberikan CTA atau Call-To-Action yang dapat diakses oleh pengunjung website jika mereka ingin melanjutkan perjalanan mereka. Baik CTA teks maupun banner, hal ini dapat meningkatkan conversion Anda dengan signifikan. Selain itu pastikan copy teks dari CTA Anda mengundang dan memancing pengunjung untuk mengkliknya.
Setelah konversi terjadi dan conversion rate website Anda meningkat, lalu apa? Tentu saja customer service!
Anda harus bisa memastikan mereka akan kembali kepada Anda. Bukan hanya perjalanan menuju konversi, tapi customer service juga harus bisa fast-response ketika pengunjung website telah melakukan konversi. Katakan saja jika ada kendala dalam pengiriman, atau kendala dalam penggunaan layanan Anda, maka kecepatan respon agent customer service Anda akan menjadi penentu citra brand Anda.
Omnichannel merupakan salah satu cara ampuh untuk memastikan perjalanan pengunjung website berjalan lancar, mulai dari sebelum konversi hingga setelah konversi, Dengan mengintegrasikan berbagai platform perpesanan dalam satu dasbor, omnichannel dapat membantu efektivitas agent dalam membalas pesan dan kecepatan balasan.
OneTalk by TapTalk.io. menawarkan berbagai fitur yang bisa memastikan customer service Anda mendukung usaha optimasi conversion rate yang sedang dilakukan.
OneTalk memudahkan Anda mengenali customer dengan fitur Case Details. Anda dapat mengetahui berapa lama mereka telah menunggu, histori case mereka, channel yang mereka gunakan, dan banyak hal lainnya.
Anda juga dapat memonitor bagaimana agent Anda menyelesaikan masalah yang terjadi dengan customer Anda dengan Customer Ongoing Case and History. Anda dapat melihat case pelanggan Anda untuk mengetahui bagaimana agent Anda menjawab mereka dan bagaimana permasalahan customer Anda diselesaikan.
Kini, dengan adanya layanan Instagram DM API dan WhatsApp API yang ditawarkan oleh OneTalk, Anda dapat menambah kualitas customer service dengan lebih baik lagi. Tunggu apa lagi? Customer Anda menunggu Anda untuk menjadi bisnis dengan conversion rate yang didukung dengan customer service unggul. Klik di sini untuk chat agent kami.
By Jessica Jacob
Marketing secara sederhana didefinisikan sebagai meletakkan produk yang tepat di tempat yang tepat, dengan harga yang tepat, dan pada waktu yang tepat. Konsep di balik marketing adalah product, price, place, dan promotion, singkatnya "Marketing Mix" atau "4P". Anda mungkin pernah mendengar tentang 4P marketing ini. Mereka adalah konsep pemasaran yang sangat penting yang dapat Anda […]
By Ardian
Selama pandemi COVID-19 (corona virus), aktivitas sehari-hari kita menjadi lebih terbatas. Sebagian dari kita mungkin akan lebih memilih berada di dalam rumah saja dan sisanya akan menjalankan aktivitasnya di era #NewNormal sesuai dengan protokol kesehatan. Meskipun kita sedang melalui sebuah masa yang belum pernah terjadi sebelumnya, kita bisa memanfaatkan peluang yang ada. Misalnya adalah meningkatkan […]
By Jessica Jacob
Even though you can't be online all the time, you can still reply to direct messages at any time. To respond quickly to customers, many people—from brands and online businesses to creators and influencers—rely on a personalized auto-response. No matter when someone contacts you, auto-replies are a great way to make them feel seen and […]
Reach us by phone at (021) 27939266
© 2020 - 2023 TapTalk.io (PT Tap Talk Teknologi)