pt tap talk teknologi blog
Pentingnya Pakai WhatsApp Business API dalam Industri Asuransi

Pentingnya Pakai WhatsApp Business API dalam Industri Asuransi

By Jessica Jacob
07 / 01 / 2022

Perusahaan asuransi membantu nasabahnya mengurangi risiko dan memberikan rasa aman. Tidak seperti di e-commerce dan real estate, asuransi bukanlah jenis industri yang mengedepankan visual atau tampilan terbaik untuk memenangkan hati pelanggan.

Anda belum tentu memenangkan pelanggan dengan memiliki situs web tercantik. Atau bahkan brand ambassador paling terkenal. Meskipun kedua faktor tersebut mungkin juga memiliki peran.

Dalam asuransi, Anda akan unggul dengan memberikan pengalaman pelanggan yang sangat baik, memberikan layanan yang cepat, juga dengan memberikan premi murah. 

Pentingnya Pakai WhatsApp Business API dalam Industri Asuransi

Itu sebabnya, komunikasi merupakan hal yang penting bagi industri ini. Penggunaan WhatsApp sebagai media komunikasi untuk industri asuransi dengan cepat menjadi pilihan yang paling efektif. 

Dalam blog ini, kita akan membahas tantangan utama yang dihadapi industri asuransi, manfaat menggunakan solusi WhatsApp Business, dan menyediakan template pesan untuk membantu meningkatkan komunikasi.

Tantangan Terbesar Industri Asuransi 

Pertama-tama, mari kita lihat beberapa tantangan yang dihadapi industri saat ini.

  1. Ada ekspektasi yang tinggi dari pemegang polis. Dari komunikasi hingga metode pembayaran, konsumen saat ini lebih menekankan pada kebutuhan akan fleksibilitas dan kemudahan.
  2. Pemegang polis tidak memiliki penjelasan yang jelas tentang prosedur klaim. Rasanya sudah sangat umum bagi pemegang polis merasa bingung dan kewalahan saat ingin mengajukan klaim asuransi. Sebagian besar bingung dengan prosedurnya, termasuk dokumen apa saja yang diperlukan. Setelah pengajuan, jarang ada komunikasi dari pihak asuransi untuk memberi tahu apakah klaim  mereka telah diterima. 
  3. Pekerja asuransi tidak memiliki keterampilan pemasaran dan komunikasi digital. Menurut sebuah laporan oleh PwC, praktik perekrutan perusahaan asuransi tidak berubah dalam 20 tahun. Fokus pada agent dengan keterampilan tatap muka yang baik tidak lagi cukup. Untuk beradaptasi dengan era digital, agent juga harus mampu bekerja dengan perangkat teknologi dan komunikasi terkini.

Semua tantangan ini adalah mengapa sudah saatnya bagi perusahaan asuransi untuk mempertimbangkan merampingkan dan meningkatkan layanan mereka – dimulai dengan komunikasi.

Manfaat Menggunakan WhatsApp API untuk Industri Asuransi

Mau itu penggunaan fitur chat bot atau hanya opsi komunikasi lewat WhatsApp, hal ini sudah membantu meningkatkan pengalaman pelanggan.

Karena chatbot WhatsApp menawarkan layanan 24 jam, mereka membantu memulai proses bahkan di luar jam kantor.

Fitur ini berguna ketika pemegang polis perlu mengajukan klaim. Dari perspektif perusahaan, hal ini juga mempercepat pemrosesan dan layanan informasi karena pengguna tidak perlu menunggu sampai agent online untuk mendapatkan bantuan.

Ada 3 cara populer yang dapat dilakukan oleh perusahaan asuransi dengan menggunakan WhatsApp Business API.

1. Mengajukan Klaim (On-the-Move) dengan Aman 

Kemungkinan untuk mengirim file multimedia melalui WhatsApp Business mungkin adalah salah satu fitur terbaik dari alat ini. Saat mengajukan klaim, pemegang polis dapat mengirim semuanya mulai dari foto dan video hingga file, pesan audio, dan bahkan lokasi mereka – semuanya melalui WhatsApp.

Mereka juga tidak perlu khawatir tentang peretas atau informasi mereka dicuri berkat enkripsi pesan WhatsApp.

Plus, WhatsApp juga baru-baru ini meluncurkan fitur pesan "disappearing messages" yang hanya dapat dilihat sekali.

2. Otomatiskan Pemrosesan Informasi

Perusahaan asuransi dapat menggunakan chatbot WhatsApp untuk mengotomatiskan pengumpulan informasi pengguna (nama, usia, jenis asuransi yang dibutuhkan, pendapatan, anggaran, info kontak, dll) untuk membantu mengevaluasi kebijakan apa yang tersedia.

Hal ini dapat dilakukan untuk memperlancar proses. Karena semua ini otomatis, waktu dan energi dapat digunakan dengan lebih efektif.  Jadi, ketika agent akhirnya mulai menyelesaikan case tersebut, mereka sudah memiliki gambaran umum tentang profil dan kebutuhan pelanggan.

3. Otomatisasi Kualifikasi Prospek

Bagian ini terkait dengan poin sebelumnya.

Informasi yang dikumpulkan dapat membantu agent Anda memfilter dan memisahkan prospek berkualitas dari prospek yang tidak mungkin menghasilkan penjualan.

Misalnya, jika klien potensial memiliki anggaran yang kurang dari premi terendah yang ditawarkan berbagai polis asuransi Anda, atau masalah lain apa pun yang segera meniadakan peluangnya untuk mendapatkan pertanggungan dari perusahaan Anda, Anda dapat segera menolaknya.

Hal ini juga dapat diatur di WhatsApp Business sehingga daftar kebijakan dapat disajikan kepada klien secara otomatis.

Di sini, Anda dapat mengirim tautan ke halaman tertentu di situs web Anda yang menjelaskan dengan lengkap kebijakan Anda. Atau, Anda juga dapat menawarkan opsi kepada klien untuk menerima file PDF dengan detail kebijakan.

Semua ini dapat diotomatisasi menggunakan solusi WhatsApp Business API, yang dapat memfokuskan agent Anda untuk proses penjualan yang lebih penting seperti closing penjualan.

Baca juga: WhatsApp Beta vs WhatsApp Business API: Mana Pilihan Terbaik untuk Bisnismu?

Cara Memberikan Pengalaman Pelanggan Asuransi yang Lebih Personal Menggunakan WhatsApp Business API

1. Buat penawaran dan pesan asuransi yang dipersonalisasi

Manfaatkan platform data untuk membawa semua data internal dan eksternal Anda di satu tempat untuk memprediksi kebutuhan pelanggan Anda dan memberikan penawaran dan pesan yang dipersonalisasi melalui saluran pilihan mereka.

Dengan ribuan pelanggan di seluruh penjuru negeri, sebuah perusahaan asuransi harus bisa mengintegrasikan WhatsApp Business API untuk melengkapi sistem yang ada. Dengan integrasi ini, penyedia asuransi dapat menangani beberapa alur kerja percakapan di lebih dari 1.000 topik, termasuk:

  • Tambahkan konten tergantung kebutuhan pelanggan.
  • Informasi yang disesuaikan terkait dengan klaim tertentu
  • Pertanyaan tentang klaim saat ini
  • Akses ke inisiatif loyalitas dan kupon
  • Penawaran diskon untuk pelanggan setia

Perusahaan asuransi dapat meningkatkan keterlibatan pelanggan dan menghemat uang dengan mengembangkan pendekatan omnichannel dan membangun saluran percakapan mereka sendiri seperti WhatsApp, Messenger, LINE, e-mail, dan banyak lagi.

2. Pesan proaktif otomatis

Perusahaan asuransi dapat memanfaatkan data pelanggan dengan menciptakan alur kerja yang cerdas melalui omnichannel sehingga pemegang polis dapat dikirimi pesan kontekstual pada waktu yang tepat, dan pada saluran yang tepat.

Mengintegrasikan LINE Notification Service dan saluran SMS dengan CRM membantu Asia Insurance 1950 mengotomatiskan tugas dan kampanye pengiriman pesan yang membosankan dan memakan waktu.

Asia Insurance 1950 mampu melakukan transformasi digital dengan mengotomatisasi proses pembaruan polis dari awal hingga akhir.

Hal ini menghasilkan proses pembaruan kebijakan 9x lebih cepat yang menghasilkan pengurangan biaya sebesar 83% dan pengurangan beban kerja sebesar 60%.

3. Manfaatkan AI untuk customer support yang selalu aktif

Dari chatbot hingga yang sistem yang mampu menganalisis sentimen, perusahaan asuransi tidak hanya dapat mengotomatiskan dukungan pelanggan mereka, mereka juga dapat menyediakannya 24 jam di channel pilihan pemegang polis mereka.

OneTalk by TapTalk.io memungkinkan sebuah perusahaan untuk dapat menjawab pertanyaan yang sering ditanyakan oleh pelanggan mereka menggunakan chatbot, tanpa memerlukan kehadiran agent. Hal ini membuat customer support untuk selalu aktif 24 jam untuk pelanggan.

4. Mempercepat pengambilan keputusan dan membantu ketika ada masalah

Selain membangun platform chatbot, menambahkan pusat kontak digital membantu perusahaan asuransi mempersonalisasi dukungan layanan pelanggan mereka untuk memberikan pengalaman yang sangat dipersonalisasi, yang mengarah pada kepuasan pelanggan yang lebih tinggi dan meningkatkan loyalitas.

Mengintegrasikan pendekatan yang berpusat pada pelanggan untuk menyediakan perjalanan pelanggan yang terhubung dapat membantu perusahaan asuransi membangun hubungan yang lebih kuat dengan pemegang polis. Dan solusi komunikasi omnichannel OneTalk  membantu terhubung dengan pelanggan sepanjang perjalanan pelanggan.

Template Pesan WhatsApp untuk Perusahaan Asuransi

1. Pengingat Check-Out

Teks pengingat check-out berfungsi sangat mirip dengan pengingat keranjang belanja untuk perusahaan e-commerce. Namun, pengingat ini biasanya lebih cenderung digunakan untuk industri travelling dan asuransi hewan peliharaan dibanding asuransi jiwa atau medis.

Pesan ini dapat dikirim ke pengguna yang memulai proses, mungkin berhasil sampai di tahap akhir, tetapi tidak menyelesaikannya dengan check-out.

Template pesan:

Halo [nama], terima kasih telah menggunakan fitur Get Quote [nama perusahaan asuransi].

Kami melihat bahwa Anda telah memeriksa kebijakan [nama kebijakan] kami. [Tuliskan beberapa manfaat/karakteristik dari kebijakan ini]

Jika Anda ingin melanjutkan pembelian polis ini dengan kami, cukup klik tautan ini: [tautan]

Jika Anda memiliki pertanyaan tentang kebijakan atau ingin menjelajahi opsi lain, Anda dapat menjawab di sini secara langsung.

Nama saya [nama agen] dan saya akan dengan senang hati membantu Anda.

2. Kirim Pengingat tentang Kebijakan yang Akan Kadaluarsa

Meskipun polis asuransi biasanya diperbarui secara otomatis, hal ini tidak selalu terjadi.

Dengan menggunakan WhatsApp Business API, Anda dapat memberitahu klien Anda saat polis akan kadaluarsa dan mengingatkan mereka untuk memperbarui tepat waktu untuk menghindari kadaluarsa.

Dalam kasus asuransi perjalanan, misalnya, Anda dapat menghubungi mereka untuk melihat apakah mereka memiliki rencana perjalanan yang akan datang dan mengingatkan mereka bahwa Anda (atau chatbot WhatsApp Anda) ada untuk proses pembelian asuransi yang cepat. Ini sangat relevan di masa COVID karena kebijakan untuk bepergian masih belum seperti dulu.

Template pesan:

Halo [nama], ini [nama agen] dari [nama perusahaan asuransi]. 

Polis [nama kebijakan] Anda akan kadaluarsa pada [tanggal kedaluwarsa]. Jika Anda ingin memperbaruinya, cukup klik tautan ini dan ikuti petunjuknya: [tautan]

Jika Anda ingin meningkatkan kebijakan Anda, ingin menjelajahi opsi kebijakan lainnya, atau memiliki pertanyaan sama sekali, jangan ragu untuk memberi tahu kami dengan menanggapi kami di sini langsung di WhatsApp.

3. Menginformasikan Pengguna tentang Perubahan Kebijakan

Selain kebijakan yang kadaluarsa, Anda juga dapat mengirim pesan untuk memberitahu pengguna tentang perubahan apapun pada kebijakan mereka.

Perhatikan bahwa berita semacam itu sering tidak disukai dan tidak disambut baik oleh pengguna, terutama jika mereka tidak mendukung mereka. Jadi ketika melakukannya, pastikan untuk menjelaskan mengapa perubahan ini dilakukan.

Template pesan:

Halo, [nama]. Ini [nama agen] dari [nama perusahaan asuransi].

[Berikan alasan singkat untuk perubahan kebijakan.]

Karena itu, akan ada perubahan yang dibuat pada kebijakan [nama kebijakan] Anda mulai dari [tanggal].

Jika Anda ingin membaca lebih lanjut tentang perubahan ini dan bagaimana pengaruhnya terhadap Anda, klik tautan ini:

Jika Anda memiliki pertanyaan setelahnya dan ingin klarifikasi lebih lanjut, silahkan balas di sini dan saya akan dengan senang hati membantu Anda.

Baca juga: Hal yang Harus Dihindari dalam Menggunakan WhatsApp Business API

Dengan segala keuntungan yang dapat Anda tawarkan kepada klien Anda, sudah saatnya Anda ubah cara lama perusahaan asuransi. Gunakan WhatsApp Business API yang ditawarkan oleh OneTalk dan tingkatkan kualitas customer support Anda.

OneTalk akan membantu Anda mengintegrasikan pendekatan yang berpusat pada pelanggan dan menyediakan perjalanan pelanggan yang terhubung agar perusahaan asuransi membangun hubungan yang lebih kuat. Omnichannel messaging solution OneTalk by TapTalk.io dapat membantu Anda mendapatkan hal ini.

Lihat fitur-fitur yang kami tawarkan dan hubungi agent kami di sini.

Share this article

Related Posts

By Jessica Jacob

19 / 08 / 2022

Customer loyalty atau loyalitas pelanggan dapat membantu bisnis Anda berkembang pesat di saat-saat terbaik, tetapi juga dapat membantu Anda bertahan di masa-masa sulit atau menantang. Key takeaways: Customer loyalty sangat penting selama pandemi COVID-19, karena konsumen sangat sadar akan anggaran yang mereka keluarkan. Pelanggan tetap atau berulang cenderung menghabiskan lebih banyak uang untuk brand Anda […]

Read More

By Jessica Jacob

16 / 09 / 2021

Selama pandemi, hampir semua kegiatan terjadi secara online, contohnya tren online shopping, di mana pengguna dapat melakukan pembelian langsung dari akun mereka. Menurut Mckinsey, sebanyak 30 juta masyarakat Indonesia telah berbelanja secara online dan 60% perdagangan online saat ini terjadi melalui platform e-commerce, dan sisanya terjadi melalui social commerce. Pelanggan juga mengharapkan pengalaman yang cepat, […]

Read More

By Ardian

25 / 08 / 2020

Customer merupakan sebuah aset berharga yang harus dijaga dan diprioritaskan kebutuhannya bagi sebuah perusahaan. Fakta yang harus dihadapi adalah, sebuah perusahaan tidak akan bisa berdiri tanpa customer sebagai sumber revenue-nya. Disinilah, peran kita sebagai sebuah perusahaan bekerja untuk selalu memberikan pelayanan terbaik bagi customer. Tentu, menjaga pelayanan agar tetap baik adalah hal yang sulit untuk […]

Read More
1 2 3 53
TapTalk
PowerTalk
OneTalk
SendTalk
whatsappfacebooktwitterinstagramlinkedin

Reach us by phone at (021) 27939266

Jl. Kyai Maja No.25c, RT.12/RW.2, Gunung, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12120

© 2020 - 2021 TapTalk.io (PT Tap Talk Teknologi)

tap talk logo for footer