pt tap talk teknologi blog
Perusahaan Jasa Adalah: Karakteristik, Manfaat, dan Contoh

Perusahaan Jasa Adalah: Karakteristik, Manfaat, dan Contoh

By Jessica Jacob
17 / 11 / 2023

Istilah perusahaan jasa tentu sudah tidak asing lagi bagi Anda. Dalam kehidupan sehari-hari, kita banyak menggunakan jasa yang dihasilkan oleh perusahaan jasa. Ada banyak contoh perusahaan jasa yang Anda temui dalam lingungan sekitar Anda setiap harinya, misalnya jasa ojek, jasa laundry, jasa kesehatan, dan masih banyak lagi. 

Perusahaan jasa sendiri berbeda dengan perusahaan produk, karena perusahaan produk menghasilkan sebuah produk yang pada akhirnya bisa dijual dan dilihat secara fisik. Penanganan sistem pelayanan yang baik kepada konsumen adalah salah satu unsur terpenting dalam suatu perusahaan yang bergerak di bidang jasa. 

Pada artikel berikut ini, kami akan membahas mengenai apa itu perusahaan jasa hingga jenis-jenis perusahaan jasa yang ada di lingkungan sekitar kita.

Perusahaan Jasa Adalah: Karakteristik, Manfaat, dan Contoh

Key Takeaways: 

  • Perusahaan jasa adalah sebuah perusahaan yang didirikan seseorang atau sekelompok orang dengan kegiatan utama yang bergerak dalam bidang pelayanan jasa atau menjual jasa. 
  • Ada beberapa karakteristik atau ciri-ciri yang dimiliki oleh sebuah perusahaan jasa, yaitu kegiatan utama berupa menjual jasa, tidak menyediakan produk berwujud fisik, hasil produk jasa tidak dapat disamakan, tidak memiliki harga pokok produksi, tidak memiliki standar harga yang umum, tidak memiliki persediaan stok, dan jasa yang ditawarkan beragam. 
  • Meskipun tidak menghasilkan barang atau produk fisik untuk dijual, kegiatan ekonomi dari perusahaan jasa juga mendatangkan banyak manfaat, baik bagi perusahaan jasa itu sendiri maupun bagi masyarakat.

Pengertian Perusahaan Jasa

Perusahaan jasa adalah sebuah perusahaan yang didirikan seseorang atau sekelompok orang dengan kegiatan utama yang bergerak dalam bidang pelayanan jasa atau menjual jasa. Menurut ahli Christian Gronross, perusahaan jasa merupakan segala sesuatu kegiatan yang ada di dalamnya terdiri dari serangkaian aktivitas yang tidak berwujud yang terjadi antara pegawai jasa dan pelanggan dalam mengatasi keperluan pelanggan. 

Secara umum, perusahaan jasa memiliki pengertian sebagai suatu usaha yang memiliki aktivitas produksi produk yang tidak berwujud atau produksi jasa yang bertujuan untuk mendapatkan laba atau keuntungan. Selain itu, perusahaan jasa juga dapat diartikan sebagai suatu perusahaan yang menjual jasa yang memiliki tujuan untuk memenuhi kebutuhan konsumen dan memperoleh keuntungan. 

Kualitas layanan yang diberikan perusahaan jasa adalah faktor utama dari kesuksesan perusahaan jasa. Layanan jasa yang diberikan sangat beragam dan bisa mencakup berbagai bidang, seperti layanan kesehatan, layanan transportasi, layanan pendidikan, dan banyak lagi, sesuai dengan kebutuhan pasar dan permintaan konsumen. 

Jasa ojek online adalah salah satu contoh perusahaan jasa yang sangat umum kita temui saat ini. Keberadaan jasa ojek online sangat membantu kita dalam mempermudah proses kegiatan sehari-hari dalam melakukan perjalanan dari satu tempat ke tempat lain. Di samping itu, bisnis jasa ojek online juga mengurangi angka pengangguran yang terjadi di masyarakat. 

7 Karakteristik Perusahaan Jasa

Ada beberapa karakteristik atau ciri-ciri yang dimiliki oleh sebuah perusahaan jasa, yaitu: 

1. Kegiatan Utama Berupa Menjual Jasa

Sesuai dengan namanya, perusahaan jasa tidak menjual produk atau barang, tetapi menawarkan sebuah bentuk layanan yang bermanfaat dan dibutuhkan oleh konsumen. 

2. Tidak Menyediakan Produk dalam Wujud Fisik

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, sebuah perusahaan jasa tidak membuat sebuah produk yang memiliki wujud fisik dalam perusahannya. Sebuah perusahaan jasa memiliki kegiatan utama menjual jasa dalam bentuk layanan yang dapat dirasakan oleh konsumen. 

3. Hasil Produk Jasa Tidak Dapat Disamakan

Hasil produk berupa barang yang dijual pasti memiliki bentuk dan hasil yang sama antar konsumen. Sedangkan pada perusahaan jasa, hasil layanan yang akan diperoleh oleh masing-masing konsumen dapat berbeda dari konsumen lain. Perbedaan bisa saja terjadi akibat kualitas layanan atau kemampuan penyedia layanan. 

4. Tidak Memiliki Harga Pokok Produksi

Salah satu ciri-ciri dari perusahaan jasa yang membedakannya dari jenis perusahaan lain adalah perusahaan jasa tidak memiliki harga pokok produksi dan penjualan. Perusahaan jasa tidak membutuhkan bahan baku produksi karena tidak melakukan kegiatan produksi yang menghasilkan barang. Oleh karena itu, pada laporan keuangan perusahaan jasa tidak ada informasi mengenai harga pokok produksi dan penjualan. 

5. Tidak Memiliki Standar Harga yang Umum

Kebutuhan konsumen dan pelanggan yang umumnya selalu berbeda-beda membuat perusahaan jasa tidak memiliki standar harga yang umum. Perbedaan kebutuhan ini umumnya bergantung pada keluhan dan keinginan pelanggan, sehingga harga jasa tidak dapat dipatok secara umum dan harus disesuaikan dengan kebutuhan konsumen. 

6. Tidak Memiliki Persediaan Stok

Sebuah perusahaan yang menjual produk secara fisik pasti memiliki persediaan stok produk mereka yang biasanya diletakkan di gudang. Namun, perusahaan jasa tidak memiliki persediaan stok karena perusahaan jasa hanya akan melayani pembeli jika pembeli datang dan membutuhkan jasa. 

7. Jasa yang Ditawarkan Beragam

Perusahaan jasa menawarkan beragam jenis jasa yang berbeda-beda kepada pelangannya. Hal ini karena jasa yang diberikan ini disesuaikan dengan permintaan dan kebutuhan pelanggan. 

Baca juga: Harus Paham! Ini Dia Semua Tentang Ekonomi Makro

Manfaat Adanya Perusahaan Jasa

Meskipun tidak menghasilkan barang atau produk fisik untuk dijual, kegiatan ekonomi dari perusahaan jasa juga mendatangkan banyak manfaat, baik bagi perusahaan jasa itu sendiri maupun bagi masyarakat. Berikut adalah beberapa manfaat yang dihadirkan oleh perusahaan jasa. 

Manfaat Adanya Perusahaan Jasa

1. Menciptakan Lapangan Pekerjaan yang Baru

Jumlah penduduk Indonesia yang besar membuat kebutuhan akan lapangan pekerjaan yang semakin tinggi. Dengan adanya perusahaan jasa yang cukup besar, Anda akan membutuhkan karyawan dalam jumlah besar pula, yang secara otomatis menciptakan lapangan pekerjaan baru bagi orang lain. 

Hal ini kemudian dapat menjadi sebuah pembangkit ekonomi baru bagi negara. Perusahaan jasa dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat karena masyarakat dapat memperoleh gaji dari bekerja pada bidang tersebut. Perusahaan jasa dapat menjadi tempat dimana mereka menyalurkan bakat mereka dan kemudian menerima gaji sebagai imbalannya. 

2. Menjadi Sumber Penghasilan Negara yang Baru

Layaknya perusahaan lainnya, penghasilan yang dihasilkan oleh sebuah perusahaan jasa juga akan menjadi sumber penghasilan negara. Penghasilan ini dapat diperoleh dari pajak yang dibayarkan oleh perusahaan jasa tersebut. 

Semakin besar dan semakin banyak jumlah perusahaan jasa yang dibangun, maka penghasilan negara juga akan semakin meningkat. 

3. Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi

Seperti yang telah disebutkan di atas, dengan membuka lapangan pekerjaan yang baru, perusahaan jasa dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Hal ini kemudian membuat pertumbuhan ekonomi masyarakat yang semakin meningkat. 

Jika masyarakat dapat meraih kesuksesan dari bekerja pada perusahaan jasa, mereka dapat meningkatkan taraf ekonomi mereka secara perlahan. Hal ini kemudian juga meningkatkan pertumbuhan ekonomi negara. Selain itu, dibukanya lapangan pekerjaan yang baru juga dapat membantu negara untuk mengurangi angka pengangguran. 

Jenis-Jenis Perusahaan Jasa Beserta Contohnya

Setiap perusahaan jasa akan menyediakan jasa yang berbeda-beda yang disesuaikan dengan kebutuhan konsumennya. Seiring perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, kebutuhan akan perusahaan jasa juga semakin tinggi oleh masyarakat. 

Ada banyak jenis perusahaan jasa yang sudah berkembang di Indonesia, berikut adalah beberapa diantaranya. 

1. Perusahaan Jasa Transportasi

Perusahaan jasa trasnportasi merupakan salah satu jenis perusahaan jasa yang tidak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari manusia. Kegiatan manusia yang kerap kali berpindah tempat membuat manusia membutuhkan alat transportasi demi mempermudah proses kehidupan mereka. 

Perusahaan jasa transportasi adalah perusahaan jasa yang menyediakan berbagai alat transportasi, baik untuk darat, laut, dan udara. Contoh jasa yang ditawarkan oleh perusahaan jasa transportasi adalah jasa sewa kendaraan atau layanan penumpang dan barang. 

2. Perusahaan Jasa Medis dan Kesehatan

Perusahaan jasa yang bergerak pada bidang medis dan kesehatan menawarkan pelayanan jasa kesehatan. Pelayanan ini dapat berupa kemampuan pengobatan, fasilitas, dan lain-lain. 

Pelayanan jasa kesehatan diberikan oleh para tenaga profesional medis, antara lain profesi dokter, perawat, bidan, apoteker, dan lain sebagainya. Pengobatan dan pelayanan ini dilakukan oleh para tenaga profesional medis di sebuah instansi yang disebut rumah sakit. 

Selain rumah sakit, ada juga beberapa jenis perusahaan yang bergerak di bidang jasa kesehatan di Indonesia, diantaranya laboratorium kesehatan, puskesmas, apotek, dan Badan Penyediaan Jaminan Sosial (BPJS). 

3. Perusahaan Jasa Pendidikan

Tidak hanya mengenai pelajaran ilmiah, belajar sendiri juga termasuk belajar untuk menguasai kemampuan dan mengasah bakat. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi membuat belajar dapat dilakukan tidak hanya di sekolah saja, tetapi kini dapat dilakukan di mana saja. 

Sudah ada banyak perusahaan jasa pendidikan yang ada di Indonesia. Perusahaan-perusahaan jasa di bidang pendidikan ini berdiri dengan tujuan untuk mempermudah pembelajaran dan meningkatkan minat dan bakat yang dimiliki oleh masyarakat. Beberapa contoh perusahaan yang termasuk dalam lingkup bidang jasa pendidikan adalah sekolah, tempat kursus, dan tempat bimbingan belajar. 

4. Perusahaan Jasa Keuangan

Perusahaan jasa keuangan adalah jenis perusahaan jasa yang bertanggung jawab untuk menjawab berbagai keluhan dan masalah yang konsumen miliki seputar keuangan. Ada beberapa jenis perusahaan jasa keuangan yang ada di Indonesia, antara lain: 

  • Bank Konvensional

Bank konvensional termasuk dalam perusahaan jasa dalam bidang keuangan yang menyediakan jasa simpan pinjam dengan sistem suku bunga. 

  • Pegadaian

Perusahaan pegadaian adalah perusahaan jasa di bidang keuangan yang memberikan pelayanan untuk pembiayaan, emas, dan layanan jasa. Pegadaian juga menawarkan jasa berupa pembayaran tagihan berupa air, listrik, internet, televisi, tiket kereta, dan lain-lain. 

  • Perusahaan Asuransi

Perusahaan asuransi adalah perusahaan jasa kuangan yang membuat perjanjian resmi dengan nasabah untuk melindungi nasabah dari risiko kerugian. Ada beberapa jenis asuransi, antara lain asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi pendidikan, dan lain-lain. 

5. Perusahaan Jasa Desain

Jenis perusahaan jasa selanjutnya adalah perusahaan jasa desain dan seni. Perusahaan jasa desain dan seni mengandalkan kemampuan seseorang untuk menghasilkan sebuah karya yang bisa berhubungan dengan fashion, pemasaran, rumah tinggal, dan lain-lain. 

Seseorang yang berkerja pada bidang desain biasanya disebut sebagai desainer. Desainer yang menawarkan jasa design dapat berdiri sendiri atau ada juga yang dibangun secara berkelompok dengan para desainer lainnya. Desainer yang berdiri sendiri biasanya tetap memiliki label perusahaan yang menaunginya. 

Beberapa contoh perusahaan jasa desain adalah perusahaan yang menawarkan jasa sablon, jasa desain baju, jasa pembuatan desain banner, jasa pembuatan desain logo, jasa pembuatan karikatur, dan masih banyak lagi. 

6. Perusahaan Jasa Telekomunikasi

Perusahaan jasa telekomunikasi merupakan perusahaan jasa yang beroperasi dalam industri telekomunikasi. Jenis perusahaan jasa yang satu ini melibatkan penyediaan layanan komunikasi yang mencakup pengiriman suara, data, dan pesan antara individu menggunakan berbagai teknologi dan infrastruktur.

Secara sederhana, perusahaan jasa telekomunikasi adalah perusahaan jasa yang memungkinkan masyarakat untuk berkomunikasi menggunakan teknologi yang ada, seperti jaringan seluler, internet, dan layanan komunikasi lainnya. Contoh perusahaan jasa telekomunikasi adalah Telkom Indonesia.

7. Perusahaan Jasa Hiburan

Jenis perusahaan jasa yang terakhir adalah perusahaan jasa hiburan. Perusahaan jasa hiburan bergerak di industri hiburan yang berkontribusi untuk memenuhi kebutuhan hiburan masyarakat. Perusahaan jasa hiburan menyediakan beragam bentuk hiburan seperti film, musik, permainan video, pertunjukan langsung, teater, dan masih banyak lagi. 

Beberapa jenis perusahaan jasa hiburan meliputi perusahaan musik, perusahaan game, perusahaan teater dan pertunjukan, perusahaan hiburan di tempat wisata, dan sebagainya. Selain menciptakan beragam bentuk hiburan untuk masyarakat, perusahaan jasa hiburan juga memperoleh pendapatannya melalui penjualan tiket, lisensi, dan iklan. 

Baca juga: Mengenal Pengertian Ekonomi Kreatif, Ciri dan Contohnya

Tingkatkan Kualitas Layanan Konsumen dengan Bantuan OneTalk

Sebagai perusahaan yang menjual layanan kepada pelanggan, sebuah perusahaan jasa harus dapat memberikan layanan dengan kualitas terbaik bagi konsumennya. Kualitas pelayanan sendiri penting bagi perusahaan karena dengan kualitas pelayanan yang baik, perusahaan dapat meningkatkan penjualan dan memperkuat brand perusahaan. Oleh karena itu, layanan pelanggan memiliki peran yang penting dalam perusahaan jasa. 

Meningkatkan responsivitas terhadap keperluan pelanggan adalah salah satu cara yang dapat Anda terapkan untuk meningkatkan kualitas layanan pelanggan. Perkembangan teknologi telah menciptakan alat bantu yang dapat meningkatkan kelancaran interaksi Anda dengan konsumen, di antaranya yang terbaik adalah teknologi omnichannel messaging

Sistem omnichannel memungkinkan Anda untuk bertemu dengan pelanggan Anda di mana pun mereka berada. Teknologi ini menyediakan komunikasi yang terhubung dan konsisten di seluruh saluran. 

Salah satu penyedia layanan omnichannel yang sudah tepercaya adalah OneTalk by TapTalk.io. OneTalk adalah penyedia platform omnichannel yang menyediakan berbagai channel media sosial, chatbot, dan live chat yang memungkinkan Anda untuk meningkatkan layanan pelanggan. OneTalk diintegrasikan dengan berbagai aplikasi chat populer lainnya, seperti WhatsApp, Instagram DM, Facebook Messenger, Google Business Messages, hingga Tokopedia Chat Dengan aplikasi OneTalk, Anda dapat membuat semua pesan dalam aplikasi-aplikasi tersebut terpusat dalam satu dasbor saja, sehingga Anda tidak mungkin melewatkan satu pun pelanggan. 

Selain itu, OneTalk juga dilengkapi dengan berbagai fitur yang membantu meningkatkan kinerja penjualan dan pemasaran bisnis. Mulai dari Advanced Broadcast, Overview Report, Chatbot, dan lain-lain. Di samping itu, Chatbot OneTalk kini telah memanfaatkan teknologi Chat GPT yang dapat diimplementasikan dalam berbagai platform media sosial bisnis. 

Siap tingkatkan layanan pelanggan Anda bersama OneTalk? Kunjungi website kami untuk mengetahui lebih lanjut. 

Trial Akun Demo TapTalk
Jessica Jacob
Jessica Jacob memiliki lebih dari empat tahun pengalaman dalam pengembangan strategis di sektor teknologi, dengan latar belakang kuat dalam penjualan korporat dan manajemen proyek. Di TapTalk.io, dia berfokus pada inovasi dan pertumbuhan bisnis, membangun kemitraan strategis lintas industri. Sebelumnya, Jessica berperan aktif dalam mengembangkan kemitraan kanal baru dan memimpin tim lintas fungsi yang berhasil meningkatkan penjualan tahunan sebesar 45%.
linkedin penulisemail penulis

Related Posts

By Jessica Jacob

06 / 01 / 2023

Etika bisnis mempelajari kebijakan dan praktik bisnis yang sesuai mengenai subjek yang berpotensi kontroversial, termasuk corporate governance, insider trading, penyuapan, diskriminasi, tanggung jawab sosial perusahaan, tanggung jawab fidusia, dan banyak lagi.  Ingin mengetahui lebih dalam mengenai etika bisnis? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini. Key Takeaways: Etika bisnis adalah panduan mengelola tindakan untuk menangani subjek […]

Read More

By Ardian

15 / 02 / 2021

The ongoing COVID-19 pandemic storms have proved to be very effective in significantly changing consumer behavior. Most of the middle class and above (the middle class) withhold spending or spending in response to economic uncertainty and the risk of recession.  The impact of this behavioral change is very clear, household consumption spending has fallen sharply […]

Read More

By Regita

24 / 04 / 2021

Kini, social media ads menjadi salah satu komponen penting dari strategi marketing. Beriklan di social media memberikan banyak manfaat, seperti meningkatkan brand/product awareness, memperoleh customer baru, dan meningkatkan penjualan. Dengan lebih dari 1 miliar pengguna aktif, Instagram menjadi salah satu social media terbesar di dunia. Selain itu, survei yang dilakukan Ipsos dengan Facebook menunjukkan 54% […]

Read More
1 2 3 48
TapTalk
PowerTalk
OneTalk
SendTalk
whatsappfacebooktwitterinstagramlinkedin

Reach us by phone at (021) 27939266

Business Park Kebon Jeruk blok C2-3, Jl. Meruya Ilir Raya no.88, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, 11620

© 2020 - 2023 TapTalk.io (PT Tap Talk Teknologi)

tap talk logo for footer