Back to Home

Tutorial

POV Customer: Message Template WhatsApp Business API Button

BY
Regita Larasati

Regita Larasati

Content Strategic Associate
Regita adalah seorang Content Strategist dan Copywriter yang memulai karirnya sebagai Marketing Intern di TapTalk.io pada tahun 2021 dan secara konsisten menunjukkan dedikasinya hingga mencapai posisinya sekarang. Dengan memanfaatkan latar belakang pendidikan Sastra Jerman dari Universitas Indonesia yang memberinya kemampuan analitis dan kreatif dalam mengembangkan strategi konten yang efektif serta menulis copy yang menarik, menjadikannya aset berharga dalam membangun image dan komunikasi brand di berbagai platform digital.

Jika Anda belum membuat Message Template WhatsApp Business API, Anda bisa membuatnya terlebih dahulu. Untuk mengetahui caranya, Anda bisa meilhatnya di sini.

POV Agent mengirim message template WhatsApp Business API ke customer:

  1. Buka halaman dashboard OneTalk pada browser Anda. Lalu, masukan email dan password Anda dan klik Log In.
  1. Lalu, klik “Inbox”.
  1. Klik “New Message”.
  1. Kemudian pilih channel “WhatsApp Business API”.
    *Catatan: Template Message hanya tersedia di channel WhatsApp Business API.
  1. Isi Channel WhatsApp Business API Anda.
  2. Masukkan nomor kontak penerima di kolom “Recipient”.
  3. Pilih “Topic”.
  4. Lalu, pilih “Message Template” yang sudah Anda buat sebelumnya.

Baca selengkapnya: Tutorial Membuat Message Template WhatsApp Business API

  1. Setelah itu, klik “Continue”.
  1. Jika sudah, tampilan “Preview Message” akan muncul. Cek kembali pesan template yang akan Anda kirim.
  2. Jika sudah, klik “Confirm”.
  3. Lalu, klik “Send message”
  4. Pesan Anda berhasil terkirim ke customer.

Berikut contoh tampilan message template WhatsApp Business API Button dari POV customer:

  1. Jika message template Anda berupa Call to Action, tampilannya akan seperti ini:
  1. Jika message template Anda berupa Quick Reply, tampilannya akan seperti ini:

Berikut perbedaan button Call to Action dan Quick Reply:

  • Call to Action berfungsi untuk mengarahkan pengguna untuk melakukan tindakan tertentu, seperti mengklik tautan atau panggilan telepon.
  • Quick Reply berfungsi agar customer bisa langsung membalas pesan Anda hanya dengan satu klik.

Anda bisa menghubungi kami untuk informasi lebih lanjut terkait POV Customer template message WhatsApp Business API Button.

Share this article

Regita Larasati

Content Strategic Associate

Regita adalah seorang Content Strategist dan Copywriter yang memulai karirnya sebagai Marketing Intern di TapTalk.io pada tahun 2021 dan secara konsisten menunjukkan dedikasinya hingga mencapai posisinya sekarang. Dengan memanfaatkan latar belakang pendidikan Sastra Jerman dari Universitas Indonesia yang memberinya kemampuan analitis dan kreatif dalam mengembangkan strategi konten yang efektif serta menulis copy yang menarik, menjadikannya aset berharga dalam membangun image dan komunikasi brand di berbagai platform digital.

Jika Anda belum membuat Message Template WhatsApp Business API, Anda bisa membuatnya terlebih dahulu. Untuk mengetahui caranya, Anda bisa meilhatnya di sini.

POV Agent mengirim message template WhatsApp Business API ke customer:

  1. Buka halaman dashboard OneTalk pada browser Anda. Lalu, masukan email dan password Anda dan klik Log In.
  1. Lalu, klik “Inbox”.
  1. Klik “New Message”.
  1. Kemudian pilih channel “WhatsApp Business API”.
    *Catatan: Template Message hanya tersedia di channel WhatsApp Business API.
  1. Isi Channel WhatsApp Business API Anda.
  2. Masukkan nomor kontak penerima di kolom “Recipient”.
  3. Pilih “Topic”.
  4. Lalu, pilih “Message Template” yang sudah Anda buat sebelumnya.

Baca selengkapnya: Tutorial Membuat Message Template WhatsApp Business API

  1. Setelah itu, klik “Continue”.
  1. Jika sudah, tampilan “Preview Message” akan muncul. Cek kembali pesan template yang akan Anda kirim.
  2. Jika sudah, klik “Confirm”.
  3. Lalu, klik “Send message”
  4. Pesan Anda berhasil terkirim ke customer.

Berikut contoh tampilan message template WhatsApp Business API Button dari POV customer:

  1. Jika message template Anda berupa Call to Action, tampilannya akan seperti ini:
  1. Jika message template Anda berupa Quick Reply, tampilannya akan seperti ini:

Berikut perbedaan button Call to Action dan Quick Reply:

  • Call to Action berfungsi untuk mengarahkan pengguna untuk melakukan tindakan tertentu, seperti mengklik tautan atau panggilan telepon.
  • Quick Reply berfungsi agar customer bisa langsung membalas pesan Anda hanya dengan satu klik.

Anda bisa menghubungi kami untuk informasi lebih lanjut terkait POV Customer template message WhatsApp Business API Button.

Related Posts