pt tap talk teknologi blog
7 Program Loyalitas Untuk Meningkatkan Kesetiaan Pelanggan

7 Program Loyalitas Untuk Meningkatkan Kesetiaan Pelanggan

By Jessica Jacob
08 / 06 / 2022

Customer reward telah menjadi rahasia umum sebagai alat promosi yang rendah biaya. Namun, sistem ini sudah beredar lebih dari 1 dekade, membuat banyak perusahaan mulai menerapkan hal yang sama satu sama lain. Dari maskapai penerbangan yang menawarkan penawaran frequent flier hingga perusahaan telekomunikasi yang menurunkan biaya mereka untuk mendapatkan lebih banyak volume, organisasi menghabiskan jutaan untuk mengembangkan dan menerapkan program reward.

7 Program Loyalitas Untuk Meningkatkan Kesetiaan Pelanggan

Program reward dapat menghasilkan siklus loyalty. Misalnya saja dengan program loyalitas atau loyalty program. Dengan perencanaan dan implementasi sebagai bagian dari strategi manajemen loyalitas yang lebih besar, hal ini dapat menghasilkan customer loyalty dan kepuasan pelanggan.

Ada banyak jenis program loyalitas yang dapat Anda pilih. Di bawah ini adalah yang paling umum dari program loyalty yang berhasil diimplementasikan beberapa bisnis.

1. Loyalty Points

Loyalty Points

Program Loyalty Points memungkinkan pelanggan mengumpulkan poin yang dapat mereka tukarkan dengan hadiah dan produk atau layanan gratis.

Ini adalah salah satu jenis program loyalitas yang paling umum dan sering menggunakan sistem kartu.

Starbucks telah menggunakan strategi ini dan membuat program mereka lebih menarik dan menonjol dari para kompetitor dengan menjadikannya digital dan dengan memberikan lebih banyak hadiah unik.

Anggota Starbucks tidak hanya mendapatkan poin, tetapi mereka juga dapat menggunakan aplikasi untuk memesan, membayar pesanan, dan bahkan mendengarkan musik.

Strategi ini bekerja dengan baik dengan value brand Starbucks dan audiens target, yang akan mencari kafein di pagi hari dalam perjalanan mereka untuk bekerja atau ketika waktu kritis di siang hari ketika mulai mengantuk.

Semua ini membantu memperkuat citra Starbucks sebagai peningkatan lifestyle, yang mencerminkan tujuan dan nilai perusahaan.

2. Loyalty Tier Program/Tingkatan

Loyalty Tier Program mirip dengan program poin karena biasanya memungkinkan pelanggan untuk mendapatkan poin dengan pembelian mereka.

Namun, perbedaannya di sini adalah status pelanggan sebagai advokat untuk merek Anda akan meningkat karena mereka mengumpulkan lebih banyak poin, misalnya saja brand Gojek dengan GoClub.

Loyalty Tier Program/Tingkatan
source: gojek.com/goclub/

Bergantung pada tingkatan pelanggan, mereka memenuhi syarat untuk berbagai hadiah termasuk kupon promo cashback, diskon, prioritas pemesanan, tiket nonton bioskop gratis, hingga potongan harga pada program subscription.

Menggunakan tingkatan dalam program reward memastikan ada nilai nyata bagi pelanggan, terlepas dari apakah mereka memilih untuk membeli setahun sekali, sebulan sekali, atau setiap hari.

3. Partnership

Dalam program ini, setiap pelanggan akan mendapatkan keuntungan berupa kesempatan untuk menjadi partner atau partner bisnis di dalam perusahaan. Selain itu, pelanggan juga akan mendapatkan keuntungan dari penawaran harga khusus.

Kemitraan yang ditawarkan kepada klien dan sering diterapkan oleh banyak brand adalah dalam bentuk software. Pelanggan yang memiliki pengaruh penting dan terkenal di dunia maya dapat berpartisipasi dalam promosi produk perusahaan.

Karena pelanggan telah membantu brand dalam mempromosikan produk, pelanggan juga berhak mendapatkan produk secara gratis dan beberapa hadiah diberikan sesuai kesepakatan yang disepakati bersama.

Contoh yang paling sederhana dari program ini adalah sistem endorsement. Pelanggan yang mempromosikan produk bisa mendapat imbalan dengan produk gratis atau dengan perjanjian tertentu.

4. Membership

Dalam metode ini, sebuah bisnis dapat menawarkan rasa berada dalam komunitas kepada pelanggan dengan meminta mereka untuk bergabung sebagai anggota. Jika pelanggan tertarik dan mendaftar untuk program ini, mereka dapat bergabung dan mempersiapkan diri untuk menjadi anggota keanggotaan klub yang dibuat.

Mereka nantinya akan merasa puas karena mereka akan menerima beberapa fasilitas sebagai hasil dari keanggotaan mereka. Diskon, promosi anggota eksklusif, atau layanan anggota eksklusif adalah beberapa keuntungan yang dapat Anda berikan kepada mereka.

5. Limited Event/Event Terbatas

Contoh lain adalah program limited events atau event terbatas. Program limited events ini akan ditawarkan baik secara pribadi atau publik oleh bisnis.

Namun, program acara terbatas ini dapat diberikan kemudian untuk acara lain atau khusus, atau pada akhir tahun acara, untuk kategori umum.

Dalam hal ini, bisnis dapat memberikan manfaat besar bagi klien setianya, seperti diskon besar.

6. Program berbasis value

Jika Anda tahu bahwa pelanggan Anda memiliki keyakinan dan nilai yang kuat seputar masalah tanggung jawab sosial perusahaan, maka Anda mungkin menemukan bahwa program berbasis value adalah yang terbaik untuk Anda dan mereka.

Program ini menawarkan imbalan non-moneter kepada pelanggan seperti sumbangan amal, sehingga Anda dapat terhubung dengan mereka lebih dalam dan membangun hubungan etis yang kuat dengan mereka.

Program berbasis value
source: toms.com/us/impact.html

Merek sepatu populer TOMS telah menyempurnakan program ini dengan kampanye ‘Wear Good’, yang menjanjikan untuk membantu mendanai akses ke sumber daya kesehatan mental bagi jutaan orang yang membutuhkannya.

7. Program Loyalitas Berbayar

Program Loyalitas Berbayar
source: amazon.com/amazonprime

Program loyalitas berbayar mengharuskan anggota untuk membayar akses ke layanan khusus, diskon, atau peluang unik – baik bulanan atau tahunan.

Program-program ini membuat pelanggan Anda merasa eksklusif tetapi imbalannya harus sebanding dengan biaya keanggotaan mereka agar berhasil.

Dengan lebih dari 1,5 juta pelanggan (di Amerika Serikat), Amazon Prime Membership menjadi salah satu program loyalitas e-commerce yang paling sukses.

Sebagai imbalan atas biaya keanggotaan tahunan, pelanggan ditawari beberapa opsi pengiriman gratis (termasuk pengiriman di hari yang sama), layanan streaming musik dan video, serta akses awal ke produk yang termasuk dalam penjualan kilat waktu terbatas, seperti penawaran kilat dan penawaran berjalan pada Amazon Prime Day.

Baca juga: 7 Tips Meningkatkan Retensi Pelanggan yang Wajib Dicoba

Sudah siap menerapkan loyalty program di atas untuk brand Anda? Jangan lupa untuk mendukung program Anda dengan komunikasi yang baik bersama pelanggan. Menggunakan strategi omnichannel dalam customer support bisa menjadi hal yang vital di balik customer loyalty program. OneTalk by TapTalk.io, sebuah omnichannel messaging platform yang mengintegrasi berbagai channel sekaligus adalah jawaban bagi Anda yang mencari cara terhubung dengan pelanggan secara mulus.

Pesan dan bentuk komunikasi lainnya dengan pelanggan adalah cara terbaik untuk menggunakan program loyalitas pelanggan ini. Kirim pesan diskon khusus, promo, dan hak istimewa terbatas lainnya untuk program loyalitas pelanggan Anda.

Bagaimana OneTalk dapat membantu Anda? Dengan OneTalk, Anda dapat melakukan ini dengan mudah ke banyak pelanggan di beberapa saluran. Broadcast Messages adalah fitur dengan berbagai keunggulan. Anda tidak hanya dapat mengirim beberapa pesan sekaligus. 

Fitur Broadcast Messages Onetalk

Dengan fitur ini, Anda juga dapat mengirimnya ke penerima yang tersegmentasi dengan Contact Segment. Saat melakukannya, Anda dapat menjadwalkan pesan dan mengirim banyak pesan dalam berbagai jenis–seperti mengirim teks dengan gambar atau video.

Selain itu, Anda bisa mengirimkan pesan API dan menerima Personalized Proactive Notification dengan OneTalk. Kirim notifikasi, reminder, promosi, dan alert tepat waktu untuk memberi informasi kepada pelanggan di seluruh perjalanan mereka.

Hubungi agent kami sekarang dan jadikan kami bagian dari perjalanan loyalty program Anda.

Trial Akun Demo TapTalk

Related Posts

By Jessica Jacob

01 / 04 / 2024

Di era yang serba digital ini, mendapat penghasilan tambahan hanya dengan modal bermain sosial media bukanlah suatu hal yang tidak mungkin. Salah satu caranya adalah dengan menjadi affiliate marketing dari suatu marketplace seperti program Tokopedia Affiliate. Jenis pekerjaan ini bukanlah suatu hal yang baru, mungkin istilah makelar yang sering beredar sehari-harinya sering Anda dengar.   Dalam […]

Read More

By Ardian

08 / 07 / 2020

Banyak orang mencari informasi bagaimana cara meningkatkan penjualan dengan cara promosi di WhatsApp. Sebenarnya ada beberapa tips promosi menggunakan aplikasi WhatsApp untuk meningkatkan penjualan. Namun, tidak semua pengusaha mengetahui dan mempraktekkannya dengan baik. Promosi WhatsApp yang benar dan efektif akan mampu mendatangkan banyak pembeli. Sebagian besar pemilik toko online, penjual di internet, dropshipper, reseller maupun […]

Read More

By Jessica Jacob

26 / 06 / 2023

Dalam era digital yang terus berkembang, fenomena influencer marketing telah mengambil alih dunia pemasaran dengan kilatan kilau yang mengagumkan. Jika Anda telah menjelajahi media sosial dalam beberapa tahun terakhir, Anda mungkin sudah akrab dengan istilah ‘influencer’ atau individu yang memiliki kekuatan untuk mempengaruhi perilaku, pendapat, dan keputusan pembelian orang lain melalui platform online mereka. Influencer […]

Read More
1 2 3 109
TapTalk
PowerTalk
OneTalk
SendTalk
whatsappfacebooktwitterinstagramlinkedin

Reach us by phone at (021) 27939266

Business Park Kebon Jeruk blok C2-3, Jl. Meruya Ilir Raya no.88, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, 11620

© 2020 - 2023 TapTalk.io (PT Tap Talk Teknologi)

tap talk logo for footer