Back to Home

Customer

Ramadhan 2021: Silaturahmi Rasa Online dengan Customer

BY
Carissa Tirta Wijaya

Carissa Tirta Wijaya

Carissa adalah strategis konten dan desainer grafis dengan keahlian mendalam dalam mengembangkan strategi konten yang meningkatkan keterlibatan dan konversi. Sejak 2021, ia telah memimpin inisiatif desain dan konten di TapTalk.io, menerapkan solusi kreatif yang memajukan tujuan bisnis. Dengan latar belakang yang kuat dalam desain dan komunikasi visual dari BINUS University, Carissa menggabungkan pendekatan analitis dan kreatif dalam setiap proyek. Pengalamannya mencakup pekerjaan dengan berbagai brand di Indonesia, di mana ia menyempurnakan kemampuannya dalam desain dan strategi konten.
Ramadhan 2021: Silaturahmi Rasa Online dengan Customer

Ramadhan adalah periode belanja terbesar bagi Muslim di Indonesia, dan untuk brands, ini adalah waktu yang krusial untuk terhubung dengan pelanggan secara online

Namun, dengan banyaknya tantangan yang ditimbulkan oleh COVID-19, ruang digital pada tahun 2020 menjadi lebih ramai - dan lebih berisik dari sebelumnya. Pada saat yang sama, perilaku konsumen berubah dengan cepat karena mereka beradaptasi dengan prioritas baru dan batasan pemerintah.

Untuk tetap menjadi yang terdepan, mereka harus beradaptasi dengan cepat - memanfaatkan wawasan konsumen saat ini untuk memikirkan kembali cara mereka mendekati komunikasi Ramadhan.

Di sini, kami melihat bagaimana tiga merek mengubah pendekatan mereka untuk terhubung dengan konsumen selama Ramadhan 2020.

Berkolaborasi dengan Content Creator

Selama Ramadhan, semakin penting untuk mengingatkan konsumen tentang bagaimana merek dapat membantu selama periode perayaan. Namun, dengan lebih banyak pengiklan yang bersaing untuk mendapatkan perhatian orang, brand harus kreatif dalam cara menjangkau audiens mereka.

Setelah mengetahui bahwa 93 juta orang dewasa Indonesia menghabiskan waktu menonton YouTube setiap bulan selama lockdown dan Ramadhan, Wings, perusahaan barang konsumen yang bergerak cepat (FMCG), mencoba cara baru untuk menjangkau orang-orang secara online.

Perusahaan memutuskan untuk berkolaborasi dengan sejumlah pembuat konten YouTube untuk menampilkan produk Wings dalam video dan streaming langsung mereka dengan cara yang halus, dan tidak terlalu berfokus pada penjualan produk. Setiap pembuat konten diminta untuk memasukkan produk ke dalam videonya dengan cara yang terasa alami dan relevan dengan saluran masing-masing pembuat konten.

Jadilah “manusia” dalam olah pesan Anda

Sementara donasi biasanya meningkat selama Ramadhan, karena pandemi mempengaruhi banyak orang Indonesia, orang-orang ingin saling membantu melalui donasi lebih dari tahun-tahun sebelumnya.

Nestlé Indonesia melihat peningkatan minat penelusuran pada "donasi" dan memutuskan untuk mengalihkan fokus iklan Ramadhan mereka. Daripada mencoba selalu menjadi yang pertama diingat oleh konsumen, Nestlé meminta orang-orang yang melihat iklan Bear Brand mereka untuk mengunjungi halaman donasi Kitabisa - platform untuk kegiatan medis sosial dan pribadi di Indonesia - di mana mereka didorong untuk berdonasi kepada mereka yang pekerjaannya terkena COVID, seperti pengemudi taksi Gojek, pedagang kaki lima, dan praktisi medis.

Kampanye ini dimulai setiap pagi dengan pesan yang mengundang konsumen untuk meminum minuman Bear Brand mereka selama Iftar untuk mendorong mereka memulai hari dengan niat baik untuk tetap sehat.

Ramadhan akan selalu menjadi periode yang ramai di Indonesia, jadi terserah merek untuk memikirkan kembali bagaimana mereka dapat mengeksplorasi cara-cara kreatif untuk tidak hanya menjangkau audiens baru dan yang sudah ada tetapi juga menghubungkan dan menginspirasi mereka saat perilaku mereka berubah.

Jadilah bagian dari perjalanan pertimbangan audiens Anda

Dengan lebih banyak waktu di rumah, orang tidak perlu terlalu fokus pada kenyamanan, dan malah memilih menghabiskan waktu memasak makanan mereka sendiri, belajar tentang rutinitas perawatan kulit baru, dan mengambil bagian dalam latihan online.

Selama Ramadhan, minat penelusuran untuk "Iftar" (makan malam puasa selama Ramadhan) melonjak sebesar 1.950%, sementara "Tarawih" (sholat malam) meningkat sebesar 1.150%.

Sebagian besar pengguna mencari resep tujuh jam sebelum buka puasa, untuk menyiapkan bahan-bahan mereka. Tapi karena waktu sahur (waktu buka puasa pagi) dan buka puasa berubah setiap hari di setiap kota, begitu pula waktu orang-orang menelusuri resep yang berhubungan dengan Ramadhan.

Optimalkan Customer Service Anda

Dalam mengelola bisnis untuk pasar yang selalu dinamis, Anda harus tetap ingat bahwa customer service memiliki peran penting dalam bisnis. Ada beberapa hal yang dapat Anda kembangkan untuk mengoptimalkan customer service Anda.

  1. Empathy, patience and consistency

Empati, kesabaran, dan konsistensi diperlukan dalam customer service. Tidak dapat dipungkiri, setiap customer akan memiliki temperamen dan kesabaran yang berbeda-beda. Dalam beberapa kasus, menghadapi pelanggan yang memiliki temperamen buruk tidak akan dapat dielakan. Maka itu, kesabaran, empati dan konsistensi harus dapat dilakukan. 

  1. Adaptability

Setiap customer berbeda dan bahkan beberapa tampak seperti selalu berubah-ubah tiap minggunya. Kemampuan beradaptasi harus dapat dikuasai untuk menghadapi customer. 

  1. Clear Communication

Pastikan Anda menyampaikan maksud Anda sesuai dengan yang Anda harapkan.

  1. Work Ethic

Pastikan Anda memiliki etika bekerja yang baik, sehingga pelanggan dapat melihat kinerja perusahaan melalui bagaimana Anda berusaha melayani mereka.

  1. Knowledge

Pengetahuan adalah hal yang penting untuk menangani pelanggan. Hal ini untuk menunjukkan ketulusan perusahaan dalam menangani permasalahanyang dihadapi pelanggannya.

  1. Good attitude

Perilaku dan sifat yang baik akan membuat pelanggan merasa dihormati dan diperlakukan secara baik.

Selain itu, untuk mengoptimalkan customer service, Anda dapat menggunakan omnichannel sebagai salah satu solusi perpesanan. Omnichannel berorientasi di sekitar pelanggan Anda dan menciptakan pengalaman pelanggan singular di seluruh brand Anda dengan menyatukan penjualan dan pemasaran yang menyebabkan limpahan antar channel. Salah satu omnichannel messaging platform yang terpercaya adalah OneTalk by TapTalk.io. OneTalk menawarkan berbagai fitur yang dapat membuat customer service Anda menjadi yang terdepan.

Anda dapat Log in ke WhatsApp di berbagai perangkat dengan banyak user. OneTalk memiliki fitur All-In-One Inbox dan Single Dashboard untuk memberikan dukungan pelanggan terbaik untuk bisnis Anda. Tidak ada lagi kerumitan untuk menjawab tumpukan pesan WhatsApp Anda dengan pesan tambahan dari platform perpesanan lain. OneTalk menyediakan kotak masuk lengkap yang mengintegrasikan semua platform perpesanan dalam satu dasbor. OneTalk adalah kunci untuk memudahkan pelanggan Anda sehingga mereka dapat menghubungi Anda dengan berbagai platform perpesanan, seperti WhatsApp, Telegram, Facebook Messenger, Twitter DM, Line, email, dll.

Tertarik menggunakan OneTalk untuk mengoptimalkan customer service Anda? Hubungi kami via email dan agent kami via WhatsApp.

Share this article

Carissa Tirta Wijaya

Carissa adalah strategis konten dan desainer grafis dengan keahlian mendalam dalam mengembangkan strategi konten yang meningkatkan keterlibatan dan konversi. Sejak 2021, ia telah memimpin inisiatif desain dan konten di TapTalk.io, menerapkan solusi kreatif yang memajukan tujuan bisnis. Dengan latar belakang yang kuat dalam desain dan komunikasi visual dari BINUS University, Carissa menggabungkan pendekatan analitis dan kreatif dalam setiap proyek. Pengalamannya mencakup pekerjaan dengan berbagai brand di Indonesia, di mana ia menyempurnakan kemampuannya dalam desain dan strategi konten.

Ramadhan 2021: Silaturahmi Rasa Online dengan Customer

Ramadhan adalah periode belanja terbesar bagi Muslim di Indonesia, dan untuk brands, ini adalah waktu yang krusial untuk terhubung dengan pelanggan secara online

Namun, dengan banyaknya tantangan yang ditimbulkan oleh COVID-19, ruang digital pada tahun 2020 menjadi lebih ramai - dan lebih berisik dari sebelumnya. Pada saat yang sama, perilaku konsumen berubah dengan cepat karena mereka beradaptasi dengan prioritas baru dan batasan pemerintah.

Untuk tetap menjadi yang terdepan, mereka harus beradaptasi dengan cepat - memanfaatkan wawasan konsumen saat ini untuk memikirkan kembali cara mereka mendekati komunikasi Ramadhan.

Di sini, kami melihat bagaimana tiga merek mengubah pendekatan mereka untuk terhubung dengan konsumen selama Ramadhan 2020.

Berkolaborasi dengan Content Creator

Selama Ramadhan, semakin penting untuk mengingatkan konsumen tentang bagaimana merek dapat membantu selama periode perayaan. Namun, dengan lebih banyak pengiklan yang bersaing untuk mendapatkan perhatian orang, brand harus kreatif dalam cara menjangkau audiens mereka.

Setelah mengetahui bahwa 93 juta orang dewasa Indonesia menghabiskan waktu menonton YouTube setiap bulan selama lockdown dan Ramadhan, Wings, perusahaan barang konsumen yang bergerak cepat (FMCG), mencoba cara baru untuk menjangkau orang-orang secara online.

Perusahaan memutuskan untuk berkolaborasi dengan sejumlah pembuat konten YouTube untuk menampilkan produk Wings dalam video dan streaming langsung mereka dengan cara yang halus, dan tidak terlalu berfokus pada penjualan produk. Setiap pembuat konten diminta untuk memasukkan produk ke dalam videonya dengan cara yang terasa alami dan relevan dengan saluran masing-masing pembuat konten.

Jadilah “manusia” dalam olah pesan Anda

Sementara donasi biasanya meningkat selama Ramadhan, karena pandemi mempengaruhi banyak orang Indonesia, orang-orang ingin saling membantu melalui donasi lebih dari tahun-tahun sebelumnya.

Nestlé Indonesia melihat peningkatan minat penelusuran pada "donasi" dan memutuskan untuk mengalihkan fokus iklan Ramadhan mereka. Daripada mencoba selalu menjadi yang pertama diingat oleh konsumen, Nestlé meminta orang-orang yang melihat iklan Bear Brand mereka untuk mengunjungi halaman donasi Kitabisa - platform untuk kegiatan medis sosial dan pribadi di Indonesia - di mana mereka didorong untuk berdonasi kepada mereka yang pekerjaannya terkena COVID, seperti pengemudi taksi Gojek, pedagang kaki lima, dan praktisi medis.

Kampanye ini dimulai setiap pagi dengan pesan yang mengundang konsumen untuk meminum minuman Bear Brand mereka selama Iftar untuk mendorong mereka memulai hari dengan niat baik untuk tetap sehat.

Ramadhan akan selalu menjadi periode yang ramai di Indonesia, jadi terserah merek untuk memikirkan kembali bagaimana mereka dapat mengeksplorasi cara-cara kreatif untuk tidak hanya menjangkau audiens baru dan yang sudah ada tetapi juga menghubungkan dan menginspirasi mereka saat perilaku mereka berubah.

Jadilah bagian dari perjalanan pertimbangan audiens Anda

Dengan lebih banyak waktu di rumah, orang tidak perlu terlalu fokus pada kenyamanan, dan malah memilih menghabiskan waktu memasak makanan mereka sendiri, belajar tentang rutinitas perawatan kulit baru, dan mengambil bagian dalam latihan online.

Selama Ramadhan, minat penelusuran untuk "Iftar" (makan malam puasa selama Ramadhan) melonjak sebesar 1.950%, sementara "Tarawih" (sholat malam) meningkat sebesar 1.150%.

Sebagian besar pengguna mencari resep tujuh jam sebelum buka puasa, untuk menyiapkan bahan-bahan mereka. Tapi karena waktu sahur (waktu buka puasa pagi) dan buka puasa berubah setiap hari di setiap kota, begitu pula waktu orang-orang menelusuri resep yang berhubungan dengan Ramadhan.

Optimalkan Customer Service Anda

Dalam mengelola bisnis untuk pasar yang selalu dinamis, Anda harus tetap ingat bahwa customer service memiliki peran penting dalam bisnis. Ada beberapa hal yang dapat Anda kembangkan untuk mengoptimalkan customer service Anda.

  1. Empathy, patience and consistency

Empati, kesabaran, dan konsistensi diperlukan dalam customer service. Tidak dapat dipungkiri, setiap customer akan memiliki temperamen dan kesabaran yang berbeda-beda. Dalam beberapa kasus, menghadapi pelanggan yang memiliki temperamen buruk tidak akan dapat dielakan. Maka itu, kesabaran, empati dan konsistensi harus dapat dilakukan. 

  1. Adaptability

Setiap customer berbeda dan bahkan beberapa tampak seperti selalu berubah-ubah tiap minggunya. Kemampuan beradaptasi harus dapat dikuasai untuk menghadapi customer. 

  1. Clear Communication

Pastikan Anda menyampaikan maksud Anda sesuai dengan yang Anda harapkan.

  1. Work Ethic

Pastikan Anda memiliki etika bekerja yang baik, sehingga pelanggan dapat melihat kinerja perusahaan melalui bagaimana Anda berusaha melayani mereka.

  1. Knowledge

Pengetahuan adalah hal yang penting untuk menangani pelanggan. Hal ini untuk menunjukkan ketulusan perusahaan dalam menangani permasalahanyang dihadapi pelanggannya.

  1. Good attitude

Perilaku dan sifat yang baik akan membuat pelanggan merasa dihormati dan diperlakukan secara baik.

Selain itu, untuk mengoptimalkan customer service, Anda dapat menggunakan omnichannel sebagai salah satu solusi perpesanan. Omnichannel berorientasi di sekitar pelanggan Anda dan menciptakan pengalaman pelanggan singular di seluruh brand Anda dengan menyatukan penjualan dan pemasaran yang menyebabkan limpahan antar channel. Salah satu omnichannel messaging platform yang terpercaya adalah OneTalk by TapTalk.io. OneTalk menawarkan berbagai fitur yang dapat membuat customer service Anda menjadi yang terdepan.

Anda dapat Log in ke WhatsApp di berbagai perangkat dengan banyak user. OneTalk memiliki fitur All-In-One Inbox dan Single Dashboard untuk memberikan dukungan pelanggan terbaik untuk bisnis Anda. Tidak ada lagi kerumitan untuk menjawab tumpukan pesan WhatsApp Anda dengan pesan tambahan dari platform perpesanan lain. OneTalk menyediakan kotak masuk lengkap yang mengintegrasikan semua platform perpesanan dalam satu dasbor. OneTalk adalah kunci untuk memudahkan pelanggan Anda sehingga mereka dapat menghubungi Anda dengan berbagai platform perpesanan, seperti WhatsApp, Telegram, Facebook Messenger, Twitter DM, Line, email, dll.

Tertarik menggunakan OneTalk untuk mengoptimalkan customer service Anda? Hubungi kami via email dan agent kami via WhatsApp.

Related Posts