Generasi Z saat ini adalah kaum yang memiliki daya beli yang tinggi, apalagi mereka memang sudah memasuki usia produktif. Dikatakan lebih dari 30% populasi global ini memiliki daya beli yang besar. Angka ini tentunya tidak boleh disia-siakan para pebisnis.
Perusahaan di seluruh dunia sedang mencari cara terbaik untuk pikat Gen Z sebagai pelanggan.
Jika Anda ingin membangun basis pelanggan Gen Z, Anda dapat mengikuti 5 cara ini untuk memikat dan menarik perhatian mereka.
Table of Contents
Gen Z adalah penduduk digital; mereka selalu memiliki akses ke smartphone dan media sosial. Jika Anda ingin menjual kepada generasi ini, perusahaan Anda perlu mempelajari siapa mereka dan bagaimana mereka berinteraksi dengan brand.
Dalam hal menarik perhatian Gen Z di sosial, penelitian menyarankan untuk menggunakan kombinasi kreativitas dan interaktivitas.
Apa pun yang dapat Anda lakukan untuk mendorong interaksi di media sosial adalah nilai tambah. Misalnya, Anda dapat menggunakan polling di Instagram. Selain untuk menarik perhatian mereka, polling juga berfungsi untuk mempelajari customer Anda.
Konten interaktif juga membantu dalam mendorong pelanggan untuk membuat keputusan pembelian.
Membangun kepercayaan sangatlah penting bagi pembeli Gen Z. Generasi ini cenderung tidak tertarik dengan iklan yang hard selling. Mereka ingin teknik marketing yang terasa personal dan nyata.
Anda bisa mulai dengan bersikap transparan, seperti melakukan hal-hal ini:
Gen Z umumnya memiliki keinginan untuk membuat dunia menjadi tempat yang sedikit lebih baik dari generasi milenium. Mereka cenderung lebih mendukung perusahaan yang selaras dengan keingannnya itu.
Anda bisa memulai dengan mencari suatu masalah tertentu dan menunjukkan bahwa brand Anda bisa membantu meringankan/menyelesaikan masalah tersebut.
Misalnya, jika Anda memiliki produk kecantikan, Anda bisa menjual produk tersebut dengan kemasan ramah lingkungan yang bisa didaur ulang. Hal seperti ini dapat menunjukkan bahwa perusahaan Anda peduli dengan lingkungan dan menawarkan solusi yang sesuai.
Namun, perlu diingat, jangan pernah memasukkan masalah sosial yang tidak Anda pahami ke dalam brand Anda. Karena hal tersebut bisa beresiko besar terhadap brand. Lakukanlah riset yang mendalam sebelum melakukan strategi ini.
Memberikan perhatian penuh kepada customer Gen Z berjalan seiring dengan meningkatkan loyalitas brand. Menurut Microsoft, 96% pelanggan mengatakan bahwa customer service merupakan faktor penting dalam pilihan loyalitas mereka terhadap suatu brand.
Oleh karena itu, customer service menjadi salah satu bagian terpenting dalam memikat Gen Z. Generasi ini adalah penduduk digital dan mereka tentunya memiliki berbagai channel atau sosial media. Oleh karena itu, penting sekali bagi bisnis Anda untuk memiliki berbagai channel juga untuk mempermudah mereka.
Solusinya adalah mengintegrasikan omnichannel dalam bisnis Anda. Dengan omnichannel, mereka memiliki opsi untuk memilih kapan, di mana, dan bagaimana berkomunikasi dengan brand.
Baca juga: Pentingnya Omnichannel untuk Bertahan dalam Pandemi
Terakhir, cara terbaik untuk memikat Gen Z adalah dengan Gen Z sendiri. Mungkin terdengar sepele, tetapi mayoritas Gen Z ingin memilih brand yang mereka anggap "menyenangkan" dan "keren". Memiliki perwakilan Gen Z di tim marketing Anda akan membantu mencapai hal tersebut.
Carilah Gen Z yang mau bekerja sama dengan Anda dan tawarkan benefit seperti jam kerja fleksibel, peluang untuk berkembang, melibatkan mereka dalam proyek besar.
Trik marketing ke Generasi Z akan sangat berbeda dari teknik marketing ke generasi lainnya. Hal ini pasti akan menjadi tantangan dan memerlukan banyak usaha dan kerja keras.
Namun, dengan meluangkan waktu untuk mempelajari preferensi Gen Z, brand dapat membangun hubungan berharga yang menguntungkan semua pihak yang terlibat.
Anda dapat memulai memikat Gen Z dengan melakukan integrasi omnichannel dalam rencana bisnis Anda. OneTalk by Taptalk menawarkan berbagai channel, seperti Instagram, Facebook Messenger, Line, WhatsApp, Telegram, dan Twitter. Semua pesan yang datang dari berbagai channel ini akan masuk ke dalam satu inbox sehingga Anda tidak perlu membuka satu per satu app channel tersebut. Berkomunikasi dengan customer menjadi lebih cepat dan mudah.
Selain itu OneTalk masih memiliki banyak fitur lainnya. Dan, jika Anda masih ingin mengenal lebih dalam tentang OneTalk, Anda dapat menghubungi agent kami di sini.
Baca juga: 5 Cara Manfaatkan Instagram DM untuk Bisnis
By Ardian
Ketika bisnis Anda memiliki budget terbatas, mungkin ada beberapa hal yang menjadi prioritas saat mengalokasikan dana. Tentu saja, tim produk Anda dapat menggunakan beberapa bantuan keuangan dan pemasaran, terutama periklanan. Namun, menginvestasikan anggaran ke tim customer service Anda mungkin tampak sia-sia. Lagi pula, Anda pasti mempertimbangkan bagaimana hal itu bisa benar-benar meningkatkan sales dan marketing? […]
By Jessica Jacob
Mau produk Anda cepat laku secara online? Sudahkah Anda menjual di tempat yang tepat? Ini saatnya Anda mencoba berjualan di Facebook! Dengan berbagai keuntungan, pelajari cara jitu agar jualan laris di Facebook. Menjual barang-barang Anda secara online tidak pernah semudah saat ini, berkat sejumlah situs web dan aplikasi yang melayani pembeli dan penjual semua barang […]
By Ardian
Ketika kita mendengar “pemasaran lewat media sosial”, platform sosial seperti Facebook dan Twitter langsung muncul di benak Anda. Namun, aplikasi messenger seperti WhatsApp telah mengikuti jejaring sosial utama dalam hal basis pengguna, dan itulah mengapa Anda memerlukan strategi pemasaran WhatsApp. Pada Januari 2018, WhatsApp meluncurkan Aplikasi Bisnis WhatsApp yang sangat dinanti-nantikan ke pasar terbatas. Sejak […]
Reach us by phone at (021) 27939266
© 2020 - 2023 TapTalk.io (PT Tap Talk Teknologi)