Back to Home

Customer

Strategi dan Tips Jitu Berbisnis yang dapat Ditiru!

BY
Carissa Tirta Wijaya

Carissa Tirta Wijaya

Carissa adalah strategis konten dan desainer grafis dengan keahlian mendalam dalam mengembangkan strategi konten yang meningkatkan keterlibatan dan konversi. Sejak 2021, ia telah memimpin inisiatif desain dan konten di TapTalk.io, menerapkan solusi kreatif yang memajukan tujuan bisnis. Dengan latar belakang yang kuat dalam desain dan komunikasi visual dari BINUS University, Carissa menggabungkan pendekatan analitis dan kreatif dalam setiap proyek. Pengalamannya mencakup pekerjaan dengan berbagai brand di Indonesia, di mana ia menyempurnakan kemampuannya dalam desain dan strategi konten.

Perusahaan membutuhkan semua keunggulan kompetitif yang bisa mereka peroleh untuk menjadi sukses. Namun, menemukan keunggulan kompetitif melalui produk dan layanan mereka sendiri menjadi sulit atau bahkan tidak mungkin. 

Jika Anda mencari cara untuk memberikan pengalaman pelanggan atau customer experience  yang sangat baik untuk  prospek dan pelanggan, sekarang bukan lagi saatnya anda menelepon.

Chat

Menelepon membutuhkan waktu lebih milik prospek atau pelanggan anda yang tidak bisa mereka sia-siakan. Membuang-buang waktu sungguh akan membuat pelanggan terganggu dan malah memberikan pengalaman buruk bagi mereka.

Untuk itu, saatnya Anda mulai mengganti strategi customer experience Anda. Menggunakan chat atau pesan untuk memberikan pengalaman pelanggan yang baik, dapat Anda mulai dengan menambahkan saluran percakapan ke dalam perjalanan pelanggan digital Anda, misalnya saja: WhatsApp, SMS, Facebook Messenger, LINE, dll. Dengan demikian, Anda menghindari kemungkinan bahwa pelanggan akan mengabaikan telepon Anda.

Menurut survei We Are Social tahun 2020, terdapat 3,80 milyar orang pengguna aktif media sosial di dunia. Hal ini tentu mengubah kultur penggunaan gawai, dan membuat orang lebih memilih menggunakan fitur chat atau pesan yang terdapat dalam gawai mereka, ketimbang telepon.

Apa saja keuntungan dari optimalisasi chat untuk menciptakan customer experience yang baik?

  1. Menciptakan Perjalanan Digital yang Mulus Bagi Pelanggan

Sederhananya, pengalaman pelanggan yang mulus ada untuk pelanggan Anda saat ini dan di masa depan ketika mereka menginginkannya dan yang paling penting, di mana mereka menginginkannya. Baik itu panggilan telepon tindak lanjut, respons cepat melalui chat di situs Anda, atau menjawab komentar di media sosial. Anda harus berada di sana saat mereka menunjukkan ‘Saya tertarik dengan produk Anda’.

Hasil dari menciptakan perjalanan digital yang mulus ini cukup luar biasa - pelanggan setia dan pertumbuhan pelanggan yang stabil.

Hal ini dapat dicapai lebih baik dan efektif dengan respons menggunakan chat. Waktu yang dikeluarkan oleh pelanggan dapat lebih efektif, dan tentunya, salah satu kelebihan dengan menggunakan chat untuk menciptakan pengalaman ini adalah mereka dapat melihat balasan atau pesan dari Anda kapanpun mereka bisa dan ingin.

  1. Pelanggan Dapat Menghubungi Anda lewat Saluran Mana Pun yang Mereka Inginkan

Menjawab kebutuhan pelanggan lewat menanggapi pesan lewat saluran pesan yang mereka pilih dapat dikatakan akan menciptakan CX yang lebih baik. Pelanggan saat ini menggunakan berbagai saluran dan mode komunikasi. Mereka membutuhkan waktu respons yang lebih cepat, interaksi multi-saluran, dan transisi yang lebih lancar antara komunikasi di berbagai platform. Saat ini, pengalaman pelanggan adalah tentang kenyamanan, personalisasi, dan ketepatan waktu.

Hanya karena ada banyak platform, bukan berarti Anda perlu menghubungi setiap pelanggan Anda menggunakan setiap saluran. Itu tidak realistis atau tidak mungkin dan belum lagi, sangat memaksa dari sudut pandang pelanggan. Untuk meningkatkan komunikasi dengan pelanggan dan mendorong loyalitas pelanggan, yang dibutuhkan adalah pemahaman yang lebih baik tentang preferensi komunikasi.

Survei menemukan bahwa 49% orang lebih suka menerima pemberitahuan(notification) daripada pesan teks sementara 53% pelanggan menghubungi brand melalui email untuk manajemen janji temu. Untuk mendapatkan jawaban atas pertanyaan mereka, 45% pelanggan lebih suka berbicara dengan agent dan 37% lebih menyukai menggunakan pesan teks. Untuk jenis interaksi self-service, 48% pelanggan lebih suka menggunakan opsi online chat.

Jadi, preferensi saluran komunikasi pelanggan sering kali ditentukan oleh tujuan interaksi. Solusinya terletak pada penggunaan saluran pelengkap yang berbeda seperti menelepon, mengirim pesan teks, dan email untuk mendorong proses komunikasi yang mulus yang menghadirkan pelanggan dengan berbagai jalur percakapan yang sesuai untuk tujuan tertentu.

Dengan menggunakan chat, Anda dapat menjangkau pelanggan karena dapat menggunakan berbagai saluran yang disukai mereka. Hal ini akan menghasilkan pengalaman pelanggan yang lebih baik lagi dan meningkatkan pengalaman digital pelanggan.

Penggunaan chat juga dapat menguntungkan bagi agent atau perusahaan, karena setiap case atau obrolan akan terekam dan tercatat oleh perusahaan. Ini juga akan mempermudah karyawan Anda jika di kemudian hari membutuhkan data tersebut. 

Tips untuk mengoptimalisasi chat sebagai strategi bisnis dapat dilakukan dengan cara-cara berikut ini:

  • Be Human

Gunakan nada dan suara yang menunjukkan keaslian dan keinginan Anda untuk membantu.

Tempatkan layanan obrolan langsung di laman situs Anda yang paling masuk akal dan cenderung menghasilkan paling banyak pertanyaan dari pengunjung situs.

  • Be Detailed

Dedikasikan jumlah perhatian yang sama pada detail untuk masalah dan pertanyaan pelanggan Anda seperti yang Anda lakukan jika mereka menghubungi melalui telepon atau email.

  • Be Adaptive

Lihat hasil obrolan Anda dari waktu ke waktu untuk melihat bagian mana yang berkinerja terbaik, apa pertanyaan paling umum, dan bagaimana mereka menghasilkan penjualan untuk melihat bagaimana Anda dapat meningkatkan atau mengubah situs web Anda.

Untuk mempraktekkannya, Anda dapat menggunakan omnichannel messaging platform. Anda dapat mencari solusi untuk mengoptimalisasi chat Anda dengan menggunakan salah satu brand omnichannel yang terpercaya, OneTalk by TapTalk.io. Salah satu fitur OneTalk adalah Mobile Agent, di mana agent Anda dapat menangani pelanggan bahkan dari telepon genggam mereka karena OneTalk menyediakan aplikasi yang dapat diakses dari gawai Anda. Agent Anda dapat mengakses seluruh platform perpesanan perusahaan Anda, baik itu WhatsApp, LINE, Telegram, dan platform lainnya melalui satu channel saja dengan fitur Single Dashboard.

Selain itu, mencatat pesan atau case pelanggan tidak perlu dilakukan secara manual, OneTalk akan membantu Anda mencatatnya dengan Fitur Case Detail. Case Detail memungkinkan Anda untuk mengetahui histori pelanggan tersebut dan membantu Anda untuk menanganinya pada kemudian hari. Dengan fitur ini, Anda akan mengetahui berapa lama seorang client telah menunggu balasan atau respon, history case mereka, channel yang mereka gunakan, dan masih banyak lagi.


Ingin mencari tahu lebih dalam? Kunjungi OneTalk dan bicara dengan Agent untuk informasi lebih lanjut.

Share this article

Carissa Tirta Wijaya

Carissa adalah strategis konten dan desainer grafis dengan keahlian mendalam dalam mengembangkan strategi konten yang meningkatkan keterlibatan dan konversi. Sejak 2021, ia telah memimpin inisiatif desain dan konten di TapTalk.io, menerapkan solusi kreatif yang memajukan tujuan bisnis. Dengan latar belakang yang kuat dalam desain dan komunikasi visual dari BINUS University, Carissa menggabungkan pendekatan analitis dan kreatif dalam setiap proyek. Pengalamannya mencakup pekerjaan dengan berbagai brand di Indonesia, di mana ia menyempurnakan kemampuannya dalam desain dan strategi konten.

Perusahaan membutuhkan semua keunggulan kompetitif yang bisa mereka peroleh untuk menjadi sukses. Namun, menemukan keunggulan kompetitif melalui produk dan layanan mereka sendiri menjadi sulit atau bahkan tidak mungkin. 

Jika Anda mencari cara untuk memberikan pengalaman pelanggan atau customer experience  yang sangat baik untuk  prospek dan pelanggan, sekarang bukan lagi saatnya anda menelepon.

Chat

Menelepon membutuhkan waktu lebih milik prospek atau pelanggan anda yang tidak bisa mereka sia-siakan. Membuang-buang waktu sungguh akan membuat pelanggan terganggu dan malah memberikan pengalaman buruk bagi mereka.

Untuk itu, saatnya Anda mulai mengganti strategi customer experience Anda. Menggunakan chat atau pesan untuk memberikan pengalaman pelanggan yang baik, dapat Anda mulai dengan menambahkan saluran percakapan ke dalam perjalanan pelanggan digital Anda, misalnya saja: WhatsApp, SMS, Facebook Messenger, LINE, dll. Dengan demikian, Anda menghindari kemungkinan bahwa pelanggan akan mengabaikan telepon Anda.

Menurut survei We Are Social tahun 2020, terdapat 3,80 milyar orang pengguna aktif media sosial di dunia. Hal ini tentu mengubah kultur penggunaan gawai, dan membuat orang lebih memilih menggunakan fitur chat atau pesan yang terdapat dalam gawai mereka, ketimbang telepon.

Apa saja keuntungan dari optimalisasi chat untuk menciptakan customer experience yang baik?

  1. Menciptakan Perjalanan Digital yang Mulus Bagi Pelanggan

Sederhananya, pengalaman pelanggan yang mulus ada untuk pelanggan Anda saat ini dan di masa depan ketika mereka menginginkannya dan yang paling penting, di mana mereka menginginkannya. Baik itu panggilan telepon tindak lanjut, respons cepat melalui chat di situs Anda, atau menjawab komentar di media sosial. Anda harus berada di sana saat mereka menunjukkan ‘Saya tertarik dengan produk Anda’.

Hasil dari menciptakan perjalanan digital yang mulus ini cukup luar biasa - pelanggan setia dan pertumbuhan pelanggan yang stabil.

Hal ini dapat dicapai lebih baik dan efektif dengan respons menggunakan chat. Waktu yang dikeluarkan oleh pelanggan dapat lebih efektif, dan tentunya, salah satu kelebihan dengan menggunakan chat untuk menciptakan pengalaman ini adalah mereka dapat melihat balasan atau pesan dari Anda kapanpun mereka bisa dan ingin.

  1. Pelanggan Dapat Menghubungi Anda lewat Saluran Mana Pun yang Mereka Inginkan

Menjawab kebutuhan pelanggan lewat menanggapi pesan lewat saluran pesan yang mereka pilih dapat dikatakan akan menciptakan CX yang lebih baik. Pelanggan saat ini menggunakan berbagai saluran dan mode komunikasi. Mereka membutuhkan waktu respons yang lebih cepat, interaksi multi-saluran, dan transisi yang lebih lancar antara komunikasi di berbagai platform. Saat ini, pengalaman pelanggan adalah tentang kenyamanan, personalisasi, dan ketepatan waktu.

Hanya karena ada banyak platform, bukan berarti Anda perlu menghubungi setiap pelanggan Anda menggunakan setiap saluran. Itu tidak realistis atau tidak mungkin dan belum lagi, sangat memaksa dari sudut pandang pelanggan. Untuk meningkatkan komunikasi dengan pelanggan dan mendorong loyalitas pelanggan, yang dibutuhkan adalah pemahaman yang lebih baik tentang preferensi komunikasi.

Survei menemukan bahwa 49% orang lebih suka menerima pemberitahuan(notification) daripada pesan teks sementara 53% pelanggan menghubungi brand melalui email untuk manajemen janji temu. Untuk mendapatkan jawaban atas pertanyaan mereka, 45% pelanggan lebih suka berbicara dengan agent dan 37% lebih menyukai menggunakan pesan teks. Untuk jenis interaksi self-service, 48% pelanggan lebih suka menggunakan opsi online chat.

Jadi, preferensi saluran komunikasi pelanggan sering kali ditentukan oleh tujuan interaksi. Solusinya terletak pada penggunaan saluran pelengkap yang berbeda seperti menelepon, mengirim pesan teks, dan email untuk mendorong proses komunikasi yang mulus yang menghadirkan pelanggan dengan berbagai jalur percakapan yang sesuai untuk tujuan tertentu.

Dengan menggunakan chat, Anda dapat menjangkau pelanggan karena dapat menggunakan berbagai saluran yang disukai mereka. Hal ini akan menghasilkan pengalaman pelanggan yang lebih baik lagi dan meningkatkan pengalaman digital pelanggan.

Penggunaan chat juga dapat menguntungkan bagi agent atau perusahaan, karena setiap case atau obrolan akan terekam dan tercatat oleh perusahaan. Ini juga akan mempermudah karyawan Anda jika di kemudian hari membutuhkan data tersebut. 

Tips untuk mengoptimalisasi chat sebagai strategi bisnis dapat dilakukan dengan cara-cara berikut ini:

  • Be Human

Gunakan nada dan suara yang menunjukkan keaslian dan keinginan Anda untuk membantu.

Tempatkan layanan obrolan langsung di laman situs Anda yang paling masuk akal dan cenderung menghasilkan paling banyak pertanyaan dari pengunjung situs.

  • Be Detailed

Dedikasikan jumlah perhatian yang sama pada detail untuk masalah dan pertanyaan pelanggan Anda seperti yang Anda lakukan jika mereka menghubungi melalui telepon atau email.

  • Be Adaptive

Lihat hasil obrolan Anda dari waktu ke waktu untuk melihat bagian mana yang berkinerja terbaik, apa pertanyaan paling umum, dan bagaimana mereka menghasilkan penjualan untuk melihat bagaimana Anda dapat meningkatkan atau mengubah situs web Anda.

Untuk mempraktekkannya, Anda dapat menggunakan omnichannel messaging platform. Anda dapat mencari solusi untuk mengoptimalisasi chat Anda dengan menggunakan salah satu brand omnichannel yang terpercaya, OneTalk by TapTalk.io. Salah satu fitur OneTalk adalah Mobile Agent, di mana agent Anda dapat menangani pelanggan bahkan dari telepon genggam mereka karena OneTalk menyediakan aplikasi yang dapat diakses dari gawai Anda. Agent Anda dapat mengakses seluruh platform perpesanan perusahaan Anda, baik itu WhatsApp, LINE, Telegram, dan platform lainnya melalui satu channel saja dengan fitur Single Dashboard.

Selain itu, mencatat pesan atau case pelanggan tidak perlu dilakukan secara manual, OneTalk akan membantu Anda mencatatnya dengan Fitur Case Detail. Case Detail memungkinkan Anda untuk mengetahui histori pelanggan tersebut dan membantu Anda untuk menanganinya pada kemudian hari. Dengan fitur ini, Anda akan mengetahui berapa lama seorang client telah menunggu balasan atau respon, history case mereka, channel yang mereka gunakan, dan masih banyak lagi.


Ingin mencari tahu lebih dalam? Kunjungi OneTalk dan bicara dengan Agent untuk informasi lebih lanjut.

Related Posts