pt tap talk teknologi blog
Inilah Syarat dan Ketentuan WhatsApp yang Harus Anda Ketahui

Inilah Syarat dan Ketentuan WhatsApp yang Harus Anda Ketahui

By Jessica Jacob
13 / 10 / 2023

Siapa yang tidak mengetahui aplikasi WhatsApp? WhatsApp merupakan anak perusahaan dari Meta milik Mark Zuckerberg sejak tahun 2014. Kini WhatsApp merupakan platform media sosial penyedia layanan pesan instan yang paling banyak digunakan di dunia.

Banyak orang yang lebih memilih WhatsApp sebagai alat komunikasi utama mereka karena dikenal dengan fitur-fitur pesan instannya yang sederhana sehingga mudah untuk dioperasikan. Fitur-fitur pesan WhatsApp seperti notifikasi chat, WhatsApp grup, pengiriman foto atau video, voice call, video call, WhatsApp Business, dll telah terbukti membantu banyak orang untuk semakin terhubung dan meningkatkan kemampuan bisnis masyarakat dunia. Selain itu, WhatsApp juga memiliki fitur-fitur pendukung lainnya seperti foto profil, story, status, dll yang menjadikan masyarakat semakin aktif menggunakan WhatsApp.

Dibalik semua fitur-fitur menarik yang ditawarkan tersebut, WhatsApp juga memiliki syarat dan ketentuan yang berguna untuk mengatur penggunaan platform pesan instan tersebut. Syarat dan ketentuan yang telah dibuat pihak WhatsApp dimaksudkan untuk menjaga prinsip privasi dan keamanan bagi seluruh pengguna WhatsApp.

Kebanyakan orang langsung menyetujui pakta syarat dan ketentuan WhatsApp tanpa membacanya secara teliti. Padahal di dalam pakta tersebut berisi tentang perlindungan privasi, syarat penggunaan, dan keamanan. Hal tersebut bukanlah hal sepele yang bisa kita lewati begitu saja.

Artikel ini akan mencoba merangkum hal-hal penting yang harus Anda ketahui ketika menggunakan maupun akan menggunakan layanan pesan instan WhatsApp Messenger menjadi tiga bagian, yaitu untuk layanan WhatsApp secara garis besar, ketentuan dan kebijakan privasi WhatsApp, dan apa saja pelanggaran-pelanggaran dalam penggunaan WhatsApp beserta sanksi-sanksi nya.

Inilah Syarat dan Ketentuan WhatsApp yang Harus Anda Ketahui

Key Takeaways:

  • WhatsApp merupakan platform media sosial penyedia layanan pesan instan yang memiliki ketentuan dalam penggunaanya.
  • Ketentuan privasi dan keamanan diciptakan oleh pihak WhatsApp tidak hanya diperuntukkan melindungi pihak WhatsApp itu sendiri, namun juga untuk melindungi pengguna-pengguna layanannya.
  • Pelanggaran-pelanggaran terhadap syarat dan ketentuan WhatsApp akan dikenakan tindak lanjut oleh pihak WhatsApp sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Tentang Layanan WhatsApp

1. Menghubungkan Anda dengan Orang Lain

Pihak WhatsApp sebagai penyedia layanan berkomitmen untuk selalu menyediakan dan menyempurnakan layanannya, sehingga Anda dapat berkomunikasi dengan para pengguna WhatsApp lainnya dengan lebih sempurna. Hal yang dimaksud ini mencakup komunikasi melalui pesan, panggilan suara dan video, pengiriman gambar dan video, penampilan status, dan membagikan lokasi Anda kepada orang lain.

2. Buku Kontak

Anda dapat menggunakan fitur unggah kontak dan memberikan nomor telepon di buku alamat telepon seluler.

3. Usia

Anda harus berusia minimal 13 tahun untuk mendaftar dan menggunakan layanan WhatsApp. Selain memenuhi persyaratan usia minimal untuk menggunakan layanan menurut hukum yang berlaku, jika usia Anda belum memenuhi syarat untuk memiliki kewenangan dalam menyetujui ketentuan WhatsApp di negara atau wilayah Anda, orang tua atau wali dapat menyetujui syarat dan ketentuan atas nama Anda.

4. Perangkat dan Perangkat Lunak

Pihak WhatsApp tidak menyediakan perangkat, perangkat lunak, dan koneksi data. Oleh karena itu Anda harus menyediakan hal-hal tersebut secara mandiri untuk dapat menggunakan layanan WhatsApp. Selain itu, Anda perlu mengunduh aplikasi dan memasang pembaruan layanan WhatsApp, baik secara manual maupun otomatis.

5. Biaya dan Pajak

Anda bertanggung jawab atas semua paket data operator, biaya Internet, dan biaya serta pajak lainnya yang berkaitan dengan penggunaan layanan WhatsApp.

6. Berkomunikasi dengan Bisnis

Selain selalu berusaha menyediakan dan menyempurnakan layanannya, WhatsApp juga berkomitmen untuk meningkatkan keterhubungan bisnis serta organisasi lainnya untuk berkomunikasi satu sama lain melalui pesan-pesan, transaksi, informasi jadwal pertemuan, pemberitahuan penerimaan dan pengiriman, informasi terbaru produk dan layanan, dan pemasaran.

WhatsApp menganalisis bagaimana kebiasaan Anda dalam menggunakan WhatsApp untuk meningkatkan layanannya, termasuk membantu mengembangkan bisnis yang menggunakan WhatsApp untuk mengukur efektivitas dan distribusi layanan dan pesan. Untuk melakukan hal tersebut, WhatsApp menggunakan informasi yang dimiliki dan juga bekerja sama dengan sejumlah mitra, penyedia layanan, dan perusahaan-perusahaan afiliasi untuk melakukan hal tersebut.

7. Perusahaan-Perusahaan Afiliasi

WhatsApp adalah bagian dari perusahaan-perusahaan Meta. Sebagai bagian dari perusahaan-perusahaan Meta, WhatsApp menerima informasi dari, dan berbagi informasi dengan perusahaan-perusahaan Facebook sebagaimana dijelaskan dalam Kebijakan Privasi WhatsApp, termasuk untuk menyediakan integrasi yang memungkinkan Anda menghubungkan pengalaman WhatsApp dengan Produk Perusahaan Facebook lainnya.

8. Mengaktifkan Akses ke Layanan WhatsApp

Untuk menjalankan layanan-layanan globalnya, WhatsApp menyimpan serta mendistribusikan konten dan informasi dalam pusat data dan sistem di seluruh dunia, termasuk pusat data dan sistem yang berada di luar negara tempat tinggal Anda. Infrastruktur ini mungkin dimiliki atau dijalankan oleh WhatsApp, termasuk perusahaan-perusahaan afiliasinya.

Baca juga: Cara Membuat WhatsApp Verified Hanya Dengan 5 Langkah!

Privasi dan Keamanan Data Pengguna

Sebagai penyedia layanan pesan online, WhatsApp telah menjamin keamanan dan kerahasiaan pengguna dengan membangun layanan pesan online yang berprinsip privasi dan keamanan berstandar internasional.

1. Informasi yang Pihak WhatsApp Kumpulkan

WhatsApp akan menerima atau mengumpulkan sebagian informasi untuk menjalankan, menyediakan, meningkatkan, memahami, menyesuaikan, mendukung, dan memasarkan layanannya, termasuk saat Anda memasang, mengakses, atau menggunakan WhatsApp.

WhatsApp memiliki fitur-fitur opsional yang jika digunakan, mengharuskan pihak WhatsApp mengumpulkan informasi tambahan guna menyediakan fitur tersebut. Anda akan diberitahu tentang pengumpulan tersebut. Jika Anda memilih untuk tidak memberikan informasi yang diperlukan untuk menggunakan sebuah fitur, Anda tidak akan dapat menggunakan fitur tersebut. Misalnya, Anda tidak dapat membagikan lokasi dengan kontak Anda jika Anda tidak mengizinkan pihak WhatsApp untuk mengumpulkan data lokasi dari perangkat Anda. Izin dapat dikelola melalui menu Setelan di perangkat Android atau perangkat iOS Anda.

Informasi yang Anda Sediakan

  • Informasi Akun Anda

Anda harus mencantumkan nomor telepon seluler untuk membuat akun WhatsApp. Jika Anda tidak memberikan informasi tersebut, Anda tidak akan dapat membuat akun WhatsApp. Anda dapat menambahkan informasi lain ke akun Anda, seperti foto profil dan keterangan "info" Anda.

  • Pesan-Pesan Anda

Pihak WhatsApp tidak menyimpan pesan-pesan Anda secara umum untuk menyediakan layanan. Melainkan, pesan disimpan di perangkat Anda sendiri dan tidak disimpan di server kami. Setelah pesan Anda tersampaikan, pesan Anda dihapus dari server kami. Skenario berikut menerangkan situasi di mana kami mungkin menyimpan pesan Anda saat proses pengiriman pesan:

  • Pesan yang Tidak Tersampaikan

Jika pesan tidak dapat tersampaikan dengan segera (misalnya, jika penerima sedang offline), pihak WhatsApp akan menyimpannya dalam bentuk terenkripsi di server selama hingga 30 hari sambil berusaha mengirimkannya. Jika pesan masih belum tersampaikan setelah 30 hari, maka akan dihapus dari penyimpanan server.

  • Penerusan Media

Saat pengguna meneruskan media dalam pesan, pihak WhatsApp akan menyimpan media tersebut untuk sementara dalam bentuk terenkripsi di server untuk membantu pengiriman penerusan tambahan yang lebih efisien.

WhatsApp menawarkan end-to-end encryption dalam layanannya. End-to-end encryption berarti bahwa pesan Anda terenkripsi untuk menjaga agar kami dan pihak ketiga tidak dapat membacanya.

  • Kontak Anda

Jika diizinkan oleh hukum yang berlaku, Anda dapat menggunakan fitur unggah kontak dan memberikan nomor telepon di buku alamat telepon Anda secara berkala, termasuk pengguna WhatsApp lainnya. Jika ada kontak Anda yang belum menggunakan WhatsApp, kontak tersebut tidak dapat diidentifikasi. Anda juga dapat membuat, bergabung, atau ditambahkan ke grup dan daftar siaran, dan grup serta daftar tersebut akan dikaitkan dengan informasi akun Anda.

  • Informasi Status

Anda dapat menampilkan status Anda jika Anda memilih untuk menyertakannya di akun Anda.

  • Data Transaksi dan Pembayaran

Jika Anda menggunakan layanan pembayaran WhatsApp atau menggunakan layanan WhatsApp yang dimaksudkan untuk pembelian atau transaksi keuangan lainnya, pihak WhatsApp akan memproses informasi tambahan tentang Anda, termasuk akun pembayaran dan informasi transaksi. Informasi akun dan transaksi pembayaran mencakup informasi yang diperlukan untuk menyelesaikan transaksi (misalnya, informasi tentang metode pembayaran, detail pengiriman, dan jumlah transaksi Anda).

  • Dukungan Pelanggan dan Komunikasi Lainnya

Anda dapat mendapatkan dukungan pelanggan atau komunikasi lainnya dari pihak WhatsApp. Anda dapat memberikan informasi yang terkait dengan penggunaan WhatsApp, termasuk salinan pesan, informasi lain yang dianggap berguna, dan cara menghubungi Anda (misalnya, alamat email). Sebagai contoh, Anda dapat mengirim email kepada kami beserta informasi yang berhubungan dengan kinerja aplikasi atau masalah lainnya.

Informasi yang Dikumpulkan secara Otomatis

  • Informasi Penggunaan dan Log

Pihak WhatsApp mengumpulkan informasi mengenai aktivitas Anda di layanannya, seperti informasi terkait layanan, diagnosis, dan kinerja. Informasi termasuk mengenai aktivitas Anda, seperti bagaimana Anda menggunakan WhatsApp, setelan, bagaimana Anda berinteraksi dengan orang lain, waktu, frekuensi, dan durasi aktivitas dan interaksi Anda.

Informasi tersebut juga mencakup tentang kapan Anda terdaftar menggunakan WhatsApp, fitur-fitur yang digunakan seperti berkirim pesan, last seen, online, panggilan, status, grup (termasuk nama grup, foto grup, deskripsi grup), pembayaran atau fitur-fitur bisnis.

  • Informasi Perangkat dan Koneksi

WhatsApp akan mengumpulkan informasi spesifik mengenai perangkat dan koneksi internet saat Anda memasang, mengakses, atau menggunakan layanannya. Ini mencakup informasi seperti model perangkat keras, informasi sistem operasi, level baterai, kekuatan sinyal, versi aplikasi, informasi browser, jaringan seluler, informasi koneksi (termasuk nomor telepon, operator seluler atau ISP), bahasa dan zona waktu, alamat IP, informasi operasi perangkat, dan pengidentifikasi (termasuk pengidentifikasi unik terhadap produk perusahaan Meta yang dikaitkan dengan perangkat atau akun yang sama).

  • Informasi Lokasi

WhatsApp mengumpulkan dan menggunakan informasi lokasi yang akurat dari perangkat dengan izin Anda ketika memilih untuk menggunakan fitur terkait lokasi, dengan begitu Anda dapat membagikan lokasi dengan kontak Anda atau melihat lokasi terdekat atau lokasi yang telah dibagikan orang lain kepada Anda. Terdapat setelan tertentu yang berkaitan dengan informasi terkait lokasi yang dapat Anda temukan di setelan perangkat atau setelan dalam aplikasi, seperti berbagi lokasi. Pihak WhatsApp juga dapat menggunakan alamat IP dan informasi lainnya, seperti kode area nomor telepon, untuk memperkirakan lokasi umum Anda (misalnya, kota dan negara). Kami juga menggunakan informasi lokasi Anda untuk tujuan diagnostik dan pemecahan masalah.

  • Cookie

Pihak WhatsApp juga menggunakan cookie untuk menjalankan dan menyediakan layanannya, termasuk pada layanan yang berbasis web.

Informasi yang Anda dan Pihak WhatsApp Bagikan

Anda membagikan informasi Anda saat menggunakan dan berkomunikasi melalui layanan WhatsApp, dan pihak WhatsApp membagikan informasi Anda untuk membantu kami menjalankan, menyediakan, meningkatkan, memahami, menyesuaikan, mendukung, dan memasarkan WhatsApp.

  • Kirim Informasi Anda kepada Orang-Orang yang Anda Pilih

Anda dapat membagikan informasi Anda, seperti pesan, story, status, dan foto profil kepada semua orang maupun orang-orang tertentu yang Anda kehendaki.

  • Informasi yang Terkait dengan Akun Anda

Nomor telepon, nama dan foto profil, keterangan info/status, informasi terakhir dilihat, dan laporan pesan tersedia bagi siapa pun yang menggunakan WhatsApp.

  • Kontak Anda dan Orang Lain

Pengguna lain yang berkomunikasi dengan Anda dapat menyimpan atau membagikan ulang informasi Anda (termasuk nomor telepon atau pesan Anda) dengan orang lain di dalam dan di luar layanan WhatsApp. Anda dapat menggunakan fitur “blokir” untuk mengelola siapa yang diperkenankan berkomunikasi dengan Anda.

  • Bisnis di WhatsApp

WhatsApp menawarkan layanan khusus untuk bisnis seperti memberi metrik terkait penggunaan layanan.

  • Penyedia Layanan Pihak Ketiga

WhatsApp bekerja sama dengan penyedia layanan pihak ketiga dan perusahaan-perusahaan Meta lainnya untuk membantu menjalankan, menyediakan, meningkatkan, memahami, menyesuaikan, mendukung, dan memasarkan. Bentuk kerja samanya berupa penyediaan infrastruktur teknis, pengiriman, pemasaran, survei, dan penelitian layanan. Selain itu untuk melindungi keselamatan, keamanan, dan integritas pengguna.

  • Layanan Pihak Ketiga

Jika Anda atau orang lain menggunakan layanan pihak ketiga atau produk perusahaan Meta lainnya yang telah terintegrasi, layanan pihak ketiga tersebut dapat menerima informasi mengenai apa yang Anda atau orang lain bagikan dengan mereka.

Misalnya, jika Anda menggunakan layanan pencadangan data yang terintegrasi dengan WhatsApp (seperti iCloud atau Google Drive), layanan ini akan menerima informasi yang Anda bagikan dengan mereka, seperti pesan WhatsApp Anda.

Jika Anda berinteraksi dengan layanan pihak ketiga atau produk perusahaan Meta lain yang ditautkan melalui layanan WhatsApp, seperti saat Anda menggunakan layanan omnichannel dari platform pihak ketiga, informasi tentang Anda, seperti alamat IP dan fakta bahwa Anda adalah pengguna WhatsApp, dapat diberikan kepada pihak tersebut.

2. Keselamatan, Keamanan, dan Integritas

WhatsApp selalu berusaha untuk melindungi keselamatan, keamanan, dan integritas layanannya. Hal ini termasuk menangani secara tepat orang yang melakukan kekerasan dan aktivitas yang melanggar ketentuan WhatsApp.

WhatsApp berusaha untuk melarang penyalahgunaan layanan, termasuk perlakuan yang membahayakan terhadap orang lain, pelanggaran atas ketentuan dan kebijakan, serta mengatasi situasi di mana WhatsApp mungkin dapat membantu mendukung atau melindungi kepentingan masyarakat. WhatsApp berkomitmen untuk mengambil tindakan yang sesuai, termasuk dengan menghapus orang-orang maupun aktivitas tersebut, atau menghubungi penegak hukum bila mengetahui orang-orang atau aktivitas-aktivitas yang melanggar hukum. Penghapusan tersebut akan dijelaskan di bagian “Ketersediaan dan Terminasi Layanan” di bawah ini.

3. Ketersediaan dan Terminasi Layanan

  • Ketersediaan Layanan

WhatsApp dapat memperluas, menambah, atau mengurangi layanan, fitur, fungsionalitas, dan dukungan untuk sejumlah perangkat dan platform tertentu. Layanan Whatsapp mungkin dapat terganggu karena sejumlah hal, termasuk pemeliharaan, perbaikan, pembaruan, atau kesalahan jaringan atau peralatan. Whatsapp dapat menghentikan sebagian atau seluruh layanannya, termasuk fitur tertentu dan dukungan untuk perangkat dan platform tertentu kapan saja.

  • Penghentian/Terminasi Layanan

Sebagai pengguna, Anda dapat mengakhiri hubungan Anda dengan WhatsApp kapan saja karena alasan apapun dengan menghapus akun Anda.

Di lain sisi, WhatsApp juga dapat mengubah, menangguhkan, atau mengakhiri akses Anda terhadap penggunaan layanan WhatsApp kapan saja dengan alasan apa pun, seperti jika Anda secara tersurat maupun tersirat melanggar syarat dan ketentuan WhatsApp, atau menimbulkan kerugian, risiko, dan kemungkinan paparan hukum bagi pihak WhatsApp dan orang lain. WhatsApp juga dapat menonaktifkan atau menghapus akun Anda jika akun tidak aktif setelah pendaftaran akun atau jika tetap tidak aktif untuk jangka waktu yang lama.

Baca juga: Cara Praktis & Lengkap Menggunakan Chatbot WhatsApp

Penggunaan Layanan WhatsApp yang Diperbolehkan

1. Ketentuan dan Kebijakan WhatsApp

Anda harus menggunakan layanan WhatsApp sesuai dengan ketentuan dan kebijakan yang telah dipublikasikan. Pihak WhatsApp dapat mengambil tindakan terhadap akun Anda bila diketahui melanggar atau tidak mengikuti ketentuan dan kebijakan yang telah ditetapkan, termasuk menonaktifkan atau menangguhkan akun Anda, dan jika pihak WhatsApp melakukannya, maka Anda setuju untuk tidak membuat akun lain tanpa izin. Penonaktifan atau penangguhan akun Anda akan dilakukan berdasarkan bagian "Penghentian/Terminasi" di atas.

2. Penggunaan yang Legal dan yang Diperbolehkan

Anda harus mengakses dan menggunakan WhatsApp hanya untuk tujuan yang legal, diizinkan, dan yang diperbolehkan oleh hukum yang berlaku.

Anda tidak boleh menggunakan (atau membantu orang lain dalam menggunakan) WhatsApp untuk:

  1. Melanggar, tidak sesuai dengan, atau melanggar hak WhatsApp, pengguna kami, atau lainnya, termasuk privasi, publisitas, kekayaan intelektual, maupun hak kepemilikan lainnya
  2. Tindak ilegal, tidak senonoh, memfitnah, mengancam, mengintimidasi, pelecehan, penuh kebencian, hinaan atas dasar ras atau etnis, atau menghasut maupun mendorong tindakan yang melanggar hukum atau tidak pantas, seperti dorongan untuk berbuat kejahatan yang disertai kekerasan, membahayakan atau mengeksploitasi anak-anak atau orang lain, atau mengorganisasi tindakan berbahaya
  3. Melibatkan penerbitan pernyataan yang bersifat bohong, representasi yang tidak benar, atau pernyataan yang menyesatkan
  4. Meniru seseorang
  5. Melibatkan pengiriman komunikasi yang ilegal atau yang tidak dilarang, seperti pengiriman pesan secara massal, pengiriman pesan otomatis, panggilan otomatis, dan yang sejenisnya
  6. Melibatkan penggunaan layanan yang tidak bersifat pribadi kecuali jika diizinkan oleh pihak WhatsApp.

3. Bahaya terhadap WhatsApp atau Pengguna Lain

Anda tidak diperbolehkan untuk (atau membantu orang lain untuk) baik secara langsung, tidak langsung, melalui cara-cara otomatis, maupun cara-cara lainnya untuk mengakses, menggunakan, menyalin, menyesuaikan, memodifikasi, menyiapkan karya turunan, mendistribusikan, melisensikan, mensublisensikan, mentransfer, menampilkan, menjalankan, atau mengeksploitasi layanan WhatsApp dengan cara-cara yang dilarang atau tidak sah, atau dengan cara-cara yang memberikan beban, merusak, atau membahayakan pihak WhatsApp, yang meliputi larangan bahwa Anda tidak boleh, baik secara langsung atau melalui cara-cara otomatis:

  1. Merekayasa balik, mengubah, memodifikasi, membuat karya turunan, mendekompilasi, atau mengekstrak kode dari layanan WhatsApp.
  2. Mengirim, menyimpan, atau mengirim virus atau kode komputer lain yang berbahaya melalui atau ke layanan WhatsApp.
  3. Memperoleh atau berupaya memperoleh akses yang tidak sah ke Layanan atau sistem kami.
  4. Mengganggu atau mengacaukan keselamatan, keamanan, kerahasiaan, integritas, ketersediaan, atau kinerja layanan WhatsApp.
  5. Membuat akun untuk menggunakan layanan WhatsApp melalui cara-cara yang tidak sah atau otomatis.
  6. Mengumpulkan informasi yang berkaitan dengan pengguna kami dengan cara-cara yang dilarang atau tidak sah.
  7. Menjual, menjual kembali, menyewakan, atau mengenakan biaya untuk menggunakan layanan WhatsApp atau data yang didapatkan dari pihak WhatsApp secara tidak sah.
  8. Mendistribusikan atau membuat layanan WhatsApp tersedia di suatu jaringan yang memungkinkan untuk digunakan oleh beberapa perangkat pada saat yang bersamaan, kecuali jika diperbolehkan melalui alat-alat yang disediakan secara jelas melalui layanan WhatsApp.
  9. Membuat perangkat lunak atau API yang secara substansial memiliki fungsi sama seperti layanan WhatsApp dan menawarkannya untuk digunakan oleh pihak ketiga secara tidak sah.
  10. Menyalahgunakan saluran pelaporan, seperti dengan mengirim laporan atau keberatan palsu atau tidak berdasar.

4. Ganti Rugi

Jika siapa pun membawa klaim ("Klaim Pihak Ketiga") yang ditujukan kepada WhatsApp berkaitan dengan tindakan, informasi, konten, atau penggunaan Anda lainnya, maka Anda harus memberi ganti rugi dan membebaskan Pihak WhatsApp dari segala kewajiban, kerusakan, kerugian, dan pengeluaran dalam bentuk apa pun (termasuk pengeluaran sewajarnya untuk biaya hukum) yang berhubungan dengan atau timbul dari hal apapun yang bersinggungan dengan yang berikut: 

  1. Akses Anda atau penggunaan Anda atas layanan WhatsApp, termasuk informasi dan konten yang diberikan dalam hubungan yang ada di dalamnya.
  2. Pelanggaran Anda atas ketentuan WhatsApp atau hukum yang berlaku.
  3. Representasi yang tidak benar yang dilakukan oleh Anda. Pihak WhatsApp mewajibkan Anda untuk bekerja sama secara sepenuhnya dalam perkara pembelaan atau penyelesaian damai Klaim Pihak Ketiga. Hak-hak Anda yang berhubungan dengan WhatsApp tidak akan diubah oleh ganti rugi sebelumnya jika hukum di negara atau wilayah tempat tinggal Anda, berlaku sebagai hasil dari penggunaan Anda atas layanan WhatsApp, tidak mengizinkannya.

5. Menjaga Akun Anda Tetap Aman

Anda bertanggung jawab untuk menjaga keselamatan dan keamanan perangkat dan akun WhatsApp Anda, dan Anda harus secepatnya memberi tahu kami jika ada upaya penggunaan yang tidak sah atau pelanggaran keamanan pada akun Anda atau pihak WhatsApp.

Baca juga: 10 Alasan Anda Harus Menggunakan WhatsApp untuk Customer Service

TapTalk.io: Mitra dari WhatsApp yang Cocok untuk Mengembangkan Bisnis Anda

TapTalk.io: Mitra dari WhatsApp yang Cocok untuk Mengembangkan Bisnis Anda

Memilih WhatsApp sebagai platform media sosial utama Anda merupakan keputusan yang tepat dan bijak. Betapa tidak? WhatsApp merupakan penyedia layanan pesan instan terbesar di dunia, sehingga sangat mendukung untuk keperluan marketing bisnis Anda di dunia digital.

Namun, tentunya Anda sadar bahwa kebutuhan pemasaran di dunia digital kini semakin berat dan kompleks. Untuk bisa menjangkau banyak masyarakat, hampir mustahil bila Anda melakukan pemasaran bisnis Anda sendirian. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda memerlukan sebuah alat yang dapat menjangkau masyarakat secara massif.

Alat yang sangat recommended untuk melakukan tugas tersebut adalah omnichannel messaging. Namun, tidak semua layanan omnichannel messaging memiliki lisensi resmi dari berbagai penyedia layanan media sosial seperti WhatsApp. 

Anda tidak perlu bingung lagi untuk itu, karena TapTalk.io hadir dengan layanan OneTalk yang merupakan layanan omnichannel messaging yang telah resmi terintegrasi dengan platform-platform media sosial besar, seperti Instagram, Whatsapp, Facebook, dll. 

Selain itu, Anda juga bisa membalas dan mengatur pesan yang ingin dikirim, karena OneTalk telah menggunakan teknologi AI dalam operasinya, sehingga Anda dapat stay on 24/7 untuk membalas chat dari para konsumen.

Tidak hanya itu, dengan menggunakan OneTalk, pemasaran bisnis Anda akan dapat jauh lebih efektif lagi ketika mengirim pesan ke semua social messenger karena dapat diatur menjadi satu dashboard!

Jadi, tunggu apalagi? Kunjungi situs ini untuk menciptakan social selling yang konsisten serta hubungan yang kuat dengan para konsumen Anda!

Trial Akun Demo TapTalk

Related Posts

By Jessica Jacob

13 / 10 / 2022

Jika Anda sedang mencari cara untuk membuat chat bersama pelanggan lebih efektif, maka Auto Reply adalah fitur yang tepat. Dalam blog ini, kami akan membantu Anda memahami dengan lebih baik, apa itu Auto Reply WhatsApp Business. Untuk memulai, mari kita bicara tentang cara kerja Auto Reply WhatsApp. Ada dua cara menggunakan Auto Reply untuk bisnis […]

Read More

By Jessica Jacob

28 / 09 / 2023

Ada beberapa tujuan yang ingin dicapai oleh hampir setiap bisnis: menarik pelanggan baru, menyediakan layanan atau barang yang tak tertandingi, dan membangun hubungan pelanggan yang sukses yang menghasilkan bisnis yang berulang selama bertahun-tahun. Sehingga dapat dikatakan bahwa aspek terpenting dari setiap bisnis besar maupun kecil adalah pelanggan. Namun, ada lebih banyak hal dalam bisnis daripada […]

Read More

By Ardian

15 / 02 / 2021

The ongoing COVID-19 pandemic storms have proved to be very effective in significantly changing consumer behavior. Most of the middle class and above (the middle class) withhold spending or spending in response to economic uncertainty and the risk of recession.  The impact of this behavioral change is very clear, household consumption spending has fallen sharply […]

Read More
1 2 3 109
TapTalk
PowerTalk
OneTalk
SendTalk
whatsappfacebooktwitterinstagramlinkedin

Reach us by phone at (021) 27939266

Business Park Kebon Jeruk blok C2-3, Jl. Meruya Ilir Raya no.88, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, 11620

© 2020 - 2023 TapTalk.io (PT Tap Talk Teknologi)

tap talk logo for footer