Dalam era digital yang terus berkembang, bisnis yang sukses mengharuskan perusahaan untuk beradaptasi dan menggunakan solusi inovatif. Mengimplementasikan teknologi adalah salah satu strategi yang bisa membantu operasional bisnis dari segala sisi.
Perkembangan teknologi digital juga semakin pesat pasca pandemi. Munculnya berbagai jenis teknologi yang dapat diimplementasikan oleh bisnis di segala industri membuat bisnis harus mencari strategi yang tepat agar penggunaan teknologi bisa berfungsi dengan maksimal dan efektif. Salah satunya adalah dengan menggunakan banyak channel media sosial.
Media sosial memiliki peranan penting dalam digitalisasi bisnis. Semakin banyak media sosial yang digunakan oleh suatu bisnis, makin luas juga jangkauan bisnis tersebut ke pelanggannya. Salah satu platform yang paling banyak digunakan oleh bisnis untuk menjangkau pelanggannya adalah WhatsApp.
Bagaimana tidak? Pengguna WhatsApp di Indonesia sendiri menjadi pengguna terbanyak ketiga di dunia dengan jumlah 84,7 juta orang dan 2,7 miliar pengguna di dunia. Selain itu, Facebook juga memiliki 2,9 miliar pengguna bulanan di dunia dan Instagram menempati tempat ketiga dengan 2,35 miliar pengguna bulanan di dunia. Jumlah yang fanstastis, bukan? Maka dari itu, sangat disayangkan jika bisnis hanya menggunakan salah satu dari ketiga media sosial dengan pengguna paling banyak di dunia.
Namun, bukan upaya yang mudah untuk mengelola berbagai media sosial bisnis dengan sumber daya yang terbatas. Untuk itu, diperlukan solusi yang cukup efektif dan solutif demi perkembangan bisnis yang optimal. Salah satu pendekatan yang semakin populer dalam hal ini adalah solusi omnichannel. Omnichannel adalah strategi yang mengintegrasikan berbagai saluran komunikasi dan penjualan, baik online maupun offline, untuk memberikan pengalaman pelanggan yang mulus dan terpadu.
TapTalk.io sebagai perusahaan yang menyediakan All-in-One Chat Solution untuk segala bisnis, ikut menanggapi keefektifan omnichannel bagi bisnis. TapTalk.io hadir dalam event pameran franchise, license, dan peluang bisnis terbesar di Indonesia, yaitu The 21st IFRA Hybrid Business Expo 2023 yang diadakan pada tanggal 25 - 27 Agustus 2023 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD.
Michele Liong, Head of Sales TapTalk.io dalam event Business Talkshow IFRA 2023 bertemakan “Optimize Your Business with Extraordinary Chat Solution”, mengatakan bahwa dengan menggunakan berbagai media sosial sebagai strategi pemasaran, bisa meningkatkan engagement hingga 80% dan penjualan suatu brand hingga 20%.
Ia juga beranggapan bahwa agar Omnichannel Marketing bisa dijalankan secara efektif, diperlukan tools bisnis yang mendukung, seperti Omnichannel dan Chatbot yang bisa meningkatkan efisiensi bisnis dari segala sisi, terutama customer service.
Teknologi digital seperti Omnichannel dan Chatbot terbukti dapat membantu meningkatkan tidak hanya dari segi customer service, tapi juga dari segi penjualan hingga pemasaran. Dengan bantuan teknologi, bisnis bisa dengan mudah mengelola dan mengatur operasional bisnis, mulai dari menangani pesan pelanggan, sampai memperoleh data analitik secara otomatis. Maka dari itu, TapTalk.io menyediakan solusi efektif dan efisien untuk mendorong lajunya bisnis di era digitalisasi yang terus berkembang.