Dengan fitur Advanced Broadcast dari OneTalk, Anda bisa mengirim pesan broadcast ke ratusan bahkan ribuan kontak sekaligus hanya dalam satu kali klik.
Broadcast via OneTalk memiliki dua tipe pengiriman broadcast, yaitu Single Broadcast yang ditujukan untuk mengirim broadcast ke beberapa kontak individual atau ke satu contact segment dan Multiple Broadcast yang ditujukan untuk mengirim broadcast ke beberapa contact segment sekaligus.
Cara Membuat Single Broadcast via WhatsApp Business API di Dashboard OneTalk.
Berikut cara membuat Single Broadcast via WhatsApp Business API di dashboard OneTalk:
- Buka halaman dashboard OneTalk pada browser Anda. Lalu, masukan email dan password Anda dan klik Log In.
- Pilih menu “Operational”, pilih “Broadcast Message” dan klik “+ Create Broadcast”
- Pilih Broadcast Type “Single Broadcast”. Pilih Channel Type “WhatsApp BA”
Single Broadcast: Ditujukan untuk mengirim broadcast ke beberapa kontak individual atau ke satu contact segment.
- Pilih “Channel Account”. Lalu, klik “Continue”.
* Catatan: Pastikan Anda sudah membuat template messagenya terlebih dahulu. Jika belum, Anda bisa melihat tutorial cara membuat Message Template WABA di sini
- Selanjutnya, di sini terdapat kolom informasi terkait Channel Account dan Phone Number.
- Selanjutnya, isi kolom “Broadcast Name”.
- Lalu, pilih Recipient Type, “Contact”, “Contact Segment”, atau “Contacts (Import from CSV)”.
- Jika Anda memilih “Contact”:
- Klik “+ Add Recipient”.
- Pilih metode untuk menginput kontak, antara lain:
- Add from Contact dengan cara memilih kontak satu per satu dari Contact yang sudah Anda simpan di OneTalk.
- Add Manually dengan cara memasukkan nomor kontak secara manual.
- Jika Anda memilih “Contact Segment”:
- Klik “Select Segment” untuk memilih satu contact segment.
- Jika Anda memilih “Contacts (Import from CSV)”:
- Klik “Select File” untuk mengupload dokumen CSV yang berisikan kontak.
- Klik “Download CSV Template” untuk mendownload format isi dokumen CSV.
- Pilih waktu pengiriman broadcast, “Immediate” atau “Scheduled”.
- Immediate: Untuk pengiriman pesan broadcast secara langsung.
- Scheduled: Untuk pengiriman pesan broadcast sesuai waktu yang Anda tentukan.
- Untuk pengiriman broadcast “Scheduled”, Anda bisa mengatur tanggal dan waktu sesuai kebutuhan Anda. Jika sudah, klik “Select date”.
- Lalu, pilih “Message Template” yang sudah Anda buat sebelumnya. Kolom “Language” akan terisi secara otomatis sesuai message template yang sudah Anda buat.
- Selanjutnya, di sini Anda bisa mengaktifkan atau menonaktifkan toggle “Create Message as Case”.
Jika toggle “Create Message as Case” ON, maka pesan broadcast yang dikirimkan ke semua recipient akan menjadi sebuah case, baik itu menjadi case baru atau case yang sudah ada. Tetapi ketika toggle nya OFF, maka tidak akan terbuat case pada inbox, sehingga agent harus menunggu dari customer membalas pesan broadcast tersebut (case yang masuk ke inbox nantinya adalah pesan broadcast yang direspon oleh customer).
*Catatan: Disarankan apabila melakukan broadcast dalam jumlah besar, tidak mengaktifkan toggle "Create Message as Case". Jika case sudah ada pada inbox, broadcast tersebut akan menjadi message baru.
- Jika sudah, klik “Preview Message”.
- Jika Immediate Broadcast, klik pernyataan “I accept and agree to the terms and conditions”.
- Jika Scheduled Broadcast, klik “I accept and agree to the terms and conditions” dan terdapat keterangan tanggal dan waktu pengiriman broadcast yang sudah Anda pilih dan juga tampilan broadcastnya.
- Jika sudah, klik “Send Message”.
Cara Membuat Multiple Broadcast via WhatsApp Business API di Dashboard OneTalk.
Berikut cara membuat multiple broadcast via WhatsApp Business API di dashboard OneTalk:
- Buka halaman dashboard OneTalk pada browser Anda. Lalu, masukan email dan password Anda dan klik Log In.
- Pilih menu “Operational”, pilih “Broadcast Message” dan klik “+ Create Broadcast”.
- Pilih Broadcast Type “Multiple Broadcast”
Multiple Broadcast: Ditujukan untuk mengirim broadcast ke beberapa contact segment sekaligus.
- Pilih Channel Type “WhatsApp BA”. Pilih “Channel Account”. Lalu, klik “Continue”.
*Catatan: Jika Anda memilih Multiple Broadcast via WhatsApp BA, satu channel WhatsApp BA hanya bisa mengirim satu template message ke beberapa contact segment dan pastikan Anda sudah membuat template messagenya terlebih dahulu. Jika belum, Anda bisa melihat tutorial cara membuat Message Template WABA di sini:
- Selanjutnya, di sini terdapat kolom informasi terkait Channel Account, Phone Number, dan Recipient Type.
- Selanjutnya, isi kolom “Broadcast Name”.
- Pilih waktu pengiriman broadcast, “Immediate” atau “Scheduled”.
- Immediate: Untuk pengiriman pesan broadcast secara langsung.
- Scheduled: Untuk pengiriman pesan broadcast sesuai waktu yang Anda tentukan.
- Untuk pengiriman broadcast “Scheduled”, Anda bisa mengatur tanggal dan waktu sesuai kebutuhan Anda. Jika sudah, klik “Select date”.
- Lalu, pilih “Message Template” yang sudah Anda buat sebelumnya. Kolom “Language” akan terisi secara otomatis sesuai message template yang sudah Anda buat.
- Selanjutnya, di sini Anda bisa mengaktifkan atau menonaktifkan toggle “Create Message as Case”.
Jika toggle “Create Message as Case” ON, maka pesan broadcast yang dikirimkan ke semua recepient akan menjadi sebuah case, baik itu menjadi case baru atau case yang sudah ada. Tetapi ketika toggle nya OFF, maka tidak akan terbuat case pada inbox, sehingga agent harus menunggu dari customer membalas pesan broadcast tersebut (case yang masuk ke inbox nantinya adalah pesan broadcast yang direspon oleh customer).
*Catatan: Disarankan apabila melakukan broadcast dalam jumlah besar, tidak mengaktifkan toggle "Create Message as Case". Jika case sudah ada pada inbox, broadcast tersebut akan menjadi message baru.
- Lalu, pilih “Contact Segment” sebanyak yang Anda butuhkan.
*Catatan: Untuk pengiriman broadcast via WABA, Anda bisa mengirim satu template message ke beberapa contact segment dari satu channel account.
- Jika sudah, klik “Preview Message”.
- Jika Immediate Broadcast, klik pernyataan “I accept and agree to the terms and conditions”.
- Jika Scheduled Broadcast, klik pernyataan “I accept and agree to the terms and conditions” dan terdapat keterangan tanggal dan waktu pengiriman broadcast yang sudah Anda pilih dan juga tampilan broadcastnya.
- Jika sudah, klik “Send Message”.
Informasi Tambahan: Jumlah list broadcast tergantung dengan jumlah Contact Segment per channel.
Contoh: Jika Anda memilih 1 channel dengan 3 Contact Segment, nantinya akan membuat 3 broadcast yang berbeda dengan isi konten yang sama.
Anda bisa menghubungi kami untuk informasi lebih lanjut terkait membuat Broadcast Message via WhatsApp Business Account.