Tahukah Anda? UTM Tag biasanya di gunakan untuk keperluan digital marketing untuk menganalisa perkembangan bisnis Anda. Dengan UTM Tag, Anda bisa melacak performa iklan Anda di beberapa channel untuk mengidentifikasi channel mana yang paling efektif. Selain itu, UTM Tag juga bisa memberikan data yang lebih akurat dibandingkan hanya mengandalkan analisa browser.
Fitur Baru UTM Report di OneTalk!
Kini, OneTalk memiliki fitur terbaru, yaitu UTM Report. Sekarang, UTM Tag sudah dapat tertera di dalam chat di inbox.
UTM Report membantu Anda untuk memilah campaign secara real-time tanpa harus menggali banyak data.
Cara memahami UTM Report di dashboard OneTalk.
Berikut cara melihat dan memahami UTM Report di dashboard OneTalk.
- Buka halaman dashboard OneTalk pada browser Anda. Lalu, masukkan email dan password Anda dan klik Log In.
- Pilih menu “Report”, lalu pilih “Referrer & UTM”.
Di sini terdapat 2 Report yaitu, “From URL” dan “UTM”.
- Report From URL adalah laporan dari link website yang menunjukkan dari mana leads berasal. Dengan Report From URL, Anda bisa melihat laporan yang berisi link website dari mana leads tersebut berasal. Pada menu Report “From URL”, pilih periode waktu atau tanggal sesuai kebutuhan Anda. Setelah itu, klik “Search”.
- Di sini terdapat link website yang menunjukkan dari mana leads berasal. Anda juga bisa mendownload report ini.
- Urchin Tracking Mode (UTM) Report adalah laporan dari kode lacak dalam bentuk link website yang digunakan untuk melacak sumber traffic ke website Anda. UTM terdiri dari beberapa data variabel, antara lain Source, Medium, Campaign, Term, dan Content. Dengan UTM Report, Anda bisa lebih mudah melacak berbagai data variabel dari link UTM.Pada menu Report “UTM”,
pilih periode waktu yang Anda inginkan. Untuk Custom, pilih bulan dan tanggal, lalu klik “Apply Dates”. Setelah itu, klik “Search”.
- Di sini terdapat report berdasarkan variabel dari link UTM dari Ads. Berikut penjelasan singkat UTM Report:
- Source adalah data yang kami ambil di variable utm_source dari link UTM dari Ads, yang berisi nama platform dari mana leads berasal.
- Medium adalah data yang kami ambil di variable utm_medium dari link UTM dari ads, yang berisi media yang digunakan oleh leads.
- Campaign adalah data yang kami ambil di variable utm_campaign dari link UTM dari ads, yang berisi nama campaign dari mana leads berasal.
- Term adalah data yang kami ambil di variable utm_term dari link UTM dari ads, yang berisi keyword terkait iklan dari mana leads berasal.
- Content adalah data yang kami ambil di variable utm_content dari link UTM dari ads, yang berisi nama konten iklan yang spesifik dari mana leads berasal.
- Total Cases yaitu jumlah case per UTM.
- Untuk mendownload report tersebut, klik “Download Report”.
Anda bisa menghubungi kami untuk informasi lebih lanjut terkait melihat dan memahami UTM Report di dashboard OneTalk.
Anda juga bisa melihat video tutorial bagaimana cara memahami UTM di sini: